Cara Screenshot HP Samsung

 

Salah satu fitur yang ditawarkan setiap smartphone yaitu kemampuan untuk menangkap gambar layar atau screenshot, tak terkecuali brand  smartphone milik Korea Selatan yaitu Samsung yang juga memiliki fitur tersebut. Namun, sebagian pengguna Samsung tampaknya masih bingung bagaimana cara screenshot HP Samsung.

Tak bisa dipungkiri bahwa Samsung merupakan brand smartphone yang paling populer digunakan, Mungkin Anda termasuk pengguna setia Samsung yang tidak ingin berpindah ke brand lain. Di karenakan spesifikasi dan model HP yang bagus juga ketahanan baterai yang tidak diragukan lagi dengan brand lain.

Fitur screenshot umumnya digunakan untuk menyimpan bukti hasil transfer, struk belanja ataupun menangkap gambar yang diperlukan yang di tampilkan oleh layar ponsel. Akan tetapi, bagi Anda pengguna Samsung namun masih bingung melakukan screenshot, di bawah ini akan diulas cara melakukan tangkapan pada HP Samsung.

Empat cara berikut mungkin bisa menjadi jawaban dari persoalan Anda ketika kesulitan melakukan screenshot. Simak empat cara berikut juga ikuti langkah-langkahnya dengan berurutan dan benar.

cara screenshot hp samsung

Cara Screenshot HP Samsung

Ada cukup banyak cara yang bisa anda pilih untuk bisa menangkap layar atau screenshot pada hp samsung ini. Berikut ini kami akan memberikan 4 cara untuk anda, sehingga anda bisa memilih mana yang anda anggap paling mudah.

Cara Screenshot Samsung Menggunakan Shortcut Tombol

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan shortcut tombol. Umumnya cara ini adalah yang paling disenangi karena simpel dan mudah dilalukan. Berikut langkah melakukan screenshot menggunakan cara ini:

Pertama, tekan secara bersamaan tombol power dan tombol home,  lalu tahan beberapa detik sampai terdengar bunyi “cekrek” atau notifikasi yang terdapat pada  ponsel Anda.

Perlu dipastikan bahwa Anda menekan kedua tombol secara benar dan bersamaan. Karena jika tidak, justru akan mengaktifkan pilihan melakukan restart atau mematikan ponsel.

Cara di atas bisa dilakukan hampir oleh seluruh seri Galaxy kecuali Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Karena kedua seri tersebut tidak memiliki tombol home fisik, maka keduanya memiliki cara tersendiri terkait metode ini.

Caranya yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol Power dan tombol volume down sebagai ganti dari tombol home. Tunggu beberapa detik sampai terdapat notifikasi jika screenshot berhasil dilakukan pada Samsung Galaxy S8 ataupun S8 Plus Anda.

Baca juga: Aplikasi Perekam Layar HP

Menggunakan Shortcut Menu Asisten

Pada cara kedua bisa Anda lakukan untuk menscreenshot gambar di layar ponsel Anda adalah dengan bantuan menu asisten yang tersedia di perangkat Samsung. Nah, berikut langkah-langkah mengaktifkan menu asisten di perangkat Samsung:

  • Pilih menu Setting
  • Klik Accessibility
  • Kemudian pilih Interaction and dexterity
  • Pada menu tersebut pilih tombol Assistant Menu.
  • Selanjutnya menu asiten akan muncun di layar depan ponsel Anda dan bisa di pindah-pindah.
  • Jika ingin mengambil tangkapan layar, maka pilih menu screenshot pada menu asisten tersebut.
  • Setelah terdengar notifikasi dan layar berkedip, maka  screenshot  berhasil dilakukan

Cara Screenshot Samsung Note dengan Menggunakan S Pen Tanpa Tombol Power

Cara ketiga melakukan screenshot hanya bisa dilakukan oleh pengguna Samsung Galaxy Note (3 ke atas) dengan menggunakan S Pen. Cara ini memang terbilang cukup mudah dan bisa Anda gunakan untuk tipe HP Samsung tersebut.

Sebelum mengaktifkan fitur screenshot dengan metode ini, Anda harus masuk ke menu Air Command. Cara dengan menarik keluar stylus atau mengarahkan S Pen pada atas layar dan pilih tombol kecil yang terletak di S Pen tersebut.

  • Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan fitur scrapbooker yang terletak di menu radial air command. Caranya, gambar lingkaran di sekeliling bagian layar yang akan Anda screenshot. Lalu tambahkan tags, catatan, hingga dapat mengkategorisasi gambar ini.
  • Cara kedua adalah dengan screen write yang dilengkapi dengan kemampuan untuk  menulis catatan pada screenshot yang Anda ambil.
  • Cara ketiga yaitu dengan menekan beberapa detik tombol di stylus S Pen, selanjutnya sentuhkan S Pen pada layar Galaxy Note Anda hingga terdapat notifikasi bahwa screenshot berhasil dilakukan.

Cara Screenshot Samsung dengan Rolling Screenshot

Fitur rolling screenshot adalah salah satu fitur pada Samsung seri Galaxy yang sebenarnya diadaptasi dari Samsung Galaxy Note 5. Jadi, bagi seri Galaxi yang cukup lama memungkinkan belum bisa menikmati fitur ini.

Pada fitur screenshoot umumnya tidak bisa mengambil gambar suatu laman secara keseluruhan, namun dilakukan satu persatu. Nah, fitur ini dapat mengatasi masalah tersebut, karena dapat melakukan capture laman web secara menyeluruh di ponsel Anda. Berikut cara melakukan screenshot melalui fitur ini:

  • Pertama, Anda bisa mengambil screenshot dengan cara-cara sebelumnya.
  • Selanjutnya pilih capture more, lalu  scroll  ke bawah laman web hingga ponsel Anda akan menangkap gambar layar secara otomatis, lengkap dari atas ke bawah. Pastikan Anda tetap menekan jari pada layar hingga prosesnya selesai.

Perlu diperhatikan sebelum mengambil rolling screenshot ini adalah resolusi gambar yang dihasilkan nanti akan memiliki ukuran yang amat besar hingga bisa mencapai hingga 6 MB.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Akhir Kata

Sekian ulasan empat cara screenshot HP Samsung yang bisa Anda coba. Pastikan Anda melakukan setiap cara dengan benar dan berurutan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.