2 Cara Mute Suara Zoom via Hp atau Laptop dengan Praktis dan Mudah

 

Memasuki musim pandemi maka kepopularitasan dari aplikasi video conference semakin meroket. Salah satunya yaitu Zoom yang banyak digunakan sebagai solusi sarana tatap muka. Aplikasi ini juga menyediakan cara mute suara zoom yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Zoom sangat membantu bagi diri seseorang yang sedang belajar online atau bekerja. Seperti yang diketahui bahwa pembelajaran secara online pastinya jauh lebih sulit diatur dibandingkan dengan situasi bertatap muka secara fisik.

Guru dan siswa mempunyai kontrol terhadap aplikasi zoom dari masing-masing yang dimilikinya. Salah satu cara supaya siswa dapat berkontribusi dalam membuat situasi pembelajaran jarak jauh lebih kondusif maka bisa melakukannya dengan mute suara zoom.

Cara Mute Suara Zoom

Secara umum pengguna yang baru saja bergabung ke ruang rapat online akan memperoleh mikrofon yang berada dalam kondisi aktif. Hal ini bisa dilihat dari munculnya icon mikrofon dan indikator teks mute. Pengguna bisa menekan icon mikrofon tersebut sampai gambar berubah menjadi tercoret garis merah.

Selain itu indikator dari tulisan tersebut juga akan berubah ke unmute. Jika Kamu berkeinginan untuk menyalakan audio kembali maka tinggal klik icon mikrofon sampai bertuliskan mute. Untuk cara ini juga sama seperti ketika Kamu ingin menggunakan fitur kamera video.

Jika ingin mematikan video maka tinggal menekan ikon stop video. Letaknya ada di sebelah kanan icon mikrofon tadi sampai dicoret garis warna merah dan berubah menjadi tulisan start video. Pada saat Kamu mematikan video, Kamu tetap dapat mengaktifkan kembali.

Caranya yaitu tinggal mengklik ikon video sampai muncul garis merah yang mencoretnya hilang. Kemudian akan muncul tulisan stop video, Kamu dapat mengatur tombol mute mikrofon karena hal ini dapat dikendalikan juga oleh host rapat secara online.

Baca juga: Zoom APK

Supaya tidak lagi kebingungan mengenai cara mute suara Zoom, maka Kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini diantaranya:

1. Melalui Aplikasi Desktop

  • Kamu bisa langsung klik setting, letaknya ada di sudut atas kanan aplikasi agar bisa segera mengatur pengaturan akun.
  • Setelah itu barulah Kamu pilih audio yang ada di sebelah kiri.
  • Lalu centang kotak dengan tulisan mute microphone joining a meeting.

Lalu centang kotak dengan tulisan mute microphone joining a meeting.

  • Apabila pengguna berkeinginan untuk berbicara di tengah-tengah pertemuan, setelah itu membisukan diri lagi ketika sudah selesai berbicara, maka pertimbangkan juga perihal opsi press and hold place to temporality unmute yourself atau tekan kemudian tahan tombol Space dengan tujuan untuk membersihkan diri.

Apabila pengguna berkeinginan untuk berbicara di tengah-tengah

  • Untuk pengguna bisa langsung spasi ketika ingin berbicara maupun melepaskan tombol spasi agar pengguna bisa membisukan suaranya lagi.
  • Jika dirasa pengguna adalah tuan rumah yang mengadakan pertemuan pada zoom, maka pengguna bisa mengklik pengaturan akun.
  • Kemudian beralih ke opsi bisukan peserta setelah masuk.
  • Pengguna juga dapat membisukan bagi peserta yang sudah di selektif, Apabila mereka memang pernah berbicara ataupun memberikan peserta kemampuan membisukan diri.
  • Sebenarnya cara untuk membisukan mute pada mikrofon Zoom ini tidaklah terlalu sulit dilakukan karena hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Untuk itu pengguna bisa mengikuti step by step yang ada di atas.
  • Jika sudah menyelesaikannya, maka otomatis proses sudah berakhir dan selesai.

Mengapa Harus Mute Zoom?

Banyak orang yang belum mengetahui mengapa harus menonaktifkan suara dari zoom ketika sedang mengikuti belajar online atau meeting secara online. Jika Kamu belum mengetahui mengapa harus mute suara selama kegiatan zoom dilakukan maka silakan simak penjelasan berikut ini:

1. Menghindari Suara Bocor

Menghindari Suara Bocor

Alasan utama mengapa setiap pengguna aplikasi yang harus mengetahui bagaimana cara mute suara zoom yaitu untuk menghindari agar tidak ada suara-suara yang tidak dibutuhkan atau hal ini seringkali disebut sebagai suara bocor.

Jika banyak suara bocor yang bermunculan maka otomatis hal ini cukup mengganggu jalannya pembelajaran. Mengingat bahwa di aplikasi zoom ini tidak hanya tersedia satu atau dua orang saja. Melainkan ada banyak peserta.

Sehingga jika memunculkan suara yang gaduh atau tidak penting selama berjalannya zoom tersebut akan cukup mengganggu.

2. Menjaga Fokus

Menjaga Fokus

Alasan kedua yaitu untuk menjaga konsentrasi atau fokus oleh anggota zoom yang lainnya. Kamu bisa membayangkan jika tiba-tiba ada orang lain yang yang datang ataupun melakukan sesuatu yang tidak dapat ditunda.

Tentu saja hal ini justru membuat peserta didik atau guru gagal fokus pada kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Sebab itu bagi siswa yang ingin melakukan sesuatu hal yang tidak dapat ditunda maka dapat mematikan suara Zoom terlebih dahulu. Bisa juga dengan mematikan kamera.

Dengan cara inilah, maka diharapkan Kamu bisa lebih fokus pada jalannya belajar secara online. Untuk itulah pentingnya mematikan mute selama kegiatan zoom dilakukan.

Baca juga: Cara Mengganti Background Zoom

Cara Mematikan Suara Zoom Melalui Hp

Jika Kamu menggunakan HP selama proses zoom berlangsung, maka bisa mematikan suara zoom tersebut dengan sangatlah mudah diantaranya yaitu seperti berikut:

  • pada bagian tampilan utama zoom, maka siswa dapat klik icon mikrofon dengan label mute sampai tercoret garis merah maupun tulisannya berubah menjadi unmute agar bisa segera mematikan microphone.
  • Sementara ikon tersebut berada pada bawah kiri dari tampilan utama Zoom.

Sementara ikon tersebut berada pada bawah kiri dari tampilan utama Zoom.

  • Jika berkeinginan untuk menyalakan audio kembali maka Kamu tinggal mengklik icon mikrofon sampai berubah menjadi tulisan mute.
  • Apabila Kamu ingin mematikan video maka bisa langsung mengklik icon stop wi-fi.
  • Proses selesai.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang paling tepat ketika ingin melakukan rapat secara online dengan jumlah anggota yang tidak sedikit. Zoom menjadi aplikasi paling favorit bagi mahasiswa, karyawan, dosen, guru atau yang lainnya karena fiturnya yang sangat membantu.

Terlebih lagi aplikasi ini dapat digunakan secara grati, ada juga versi berbayar. Letak perbedaannya yaitu hanya di bagian waktu rapat yang akan dibatasi hanya 40 menit untuk versi gratis. Sedangkan jika menggunakan fitur premium atau berbayar maka tersedia fitur unlimited.

Sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan. Pada dasarnya aplikasi ini dapat digunakan untuk laptop atau HP. Sehingga cukup mudah digunakan. Berikut ini cara menggunakan aplikasi zoom yang bisa Kamu lakukan di antaranya:

  • Kamu perlu download lalu install Zoom Cloud meeting for PC terlebih dahulu.
  • Setelah itu buatlah akun zoom.
  • Kamu dapat menggunakan sign in with Google SSO atau Facebook.
  • Lalu pilih join agar bisa bergabung dan meeting yang sudah ada.
  • Lalu pilih new meeting agar bisa membuat rapat baru.

Lalu pilih new meeting agar bisa membuat rapat baru.

  • Apabila Kamu sudah memilih join meeting maka Kamu dapat segera mengisi meeting ID beserta nama Kamu.
  • Lalu klik tombol join.
  • Apabila sudah memilih meeting kini saatnya Kamu dialihkan ke tampilan berikutnya.
  • Silahkan pilih invite agar bisa menambahkan peserta rapat online melalui link atau pesan email yang di bagian rekan-rekan kerja. Bisa juga dengan membagikan ID dan password apabila ingin keluar maupun menyelesaikan meeting, Kamu tinggal pilih opsi end meeting.

Kamu bisa dengan bebas mematikan maupun menyalakan mikrofon dan juga audio. Hal ini dikarenakan pada sebuah pembelajaran online mempunyai aturan tersendiri yang erat hubungannya dengan kondisi audio maupun video bagi peserta didik.

Cara mute suara Zoom bisa Kamu coba saat meeting berlangsung. Namun sebelumnya jangan lupa untuk izin kepada guru terlebih dahulu ataupun pembuat ruangan atau host dari masing-masing meeting apabila Kamu berkeinginan untuk mematikan maupun menyalakan microphone dan kamera.