Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel

 

Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel – Mendapatkan diskon tentu menyenangkan, sebab kamu bisa mendapatkan sebuah barang dengan harga yang terjangkau. Namun tidak semua orang bisa menghitung diskon dengan benar, kamu bisa memanfaatkan Excel untuk menghitungnya. Inilah panduan dan cara menghitung rumus diskon di Excel.

Menghitung rumus di Excel dilakukan dengan menggunakan rumus. Rumus untuk menghitung diskon tentu berbeda dengan perhitungan atau penjumlahan. Selengkapnya, kamu bisa membaca penjelasan berikut ini.

Kenapa Menghitung Diskon Menggunakan Excel?

Kenapa Menghitung Diskon Menggunakan Excel

Menghitung diskon sebenarnya bisa dilakukan dengan apa saja, cara manual, menggunakan kalkulator ataupun menggunakan aplikasi lain. Pemilihan excel dianggap lebih mudah karena bisa digunakan di semua perangkat, baik ponsel ataupun PC.

Excel juga menyediakan rumus rumus untuk menghitung diskon dengan lebih rinci. Tidak hanya rumus yang berkaitan dengan diskon biasa, namun juga diskon bersyarat. Ada banyak cara menghitung rumus menggunakan Excel, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Cara Menghitung Diskon di Excel

1. Menghitung Barang Setelah Mendapat Diskon

Menghitung Barang Setelah Mendapat Diskon

Untuk menghitung barang yang mendapatkan diskon, kamu harus mengetahui dulu berapa jumlah yang diberikan. Misalnya, kamu membeli laptop dengan harga 4,5 juta rupiah. Ketika kamu membeli laptop tersebut, kamu mendapatkan diskon sebanyak 25 persen.

Maka kamu harus memasukkan terlebih dahulu harga laptop ke sel dan kolom yang ada di Excel. Misalnya, kamu menempatkan harga laptop di kolom B2 dan diskon yang diberikan pada kolom C2.

Untuk menghitungnya, kamu hanya perlu menggunakan rumus =B2*C2. Dengan rumus tersebut, hasil yang didapatkan adalah 1.125 juta rupiah sebagai diskon. Jadi, harga laptop yang harus kamu bayarkan adalah 3.375.000 rupiah.

Simak juga: Rumus Rata Rata di Excel

2. Menghitung Harga Asli Barang Sebelum Diskon

Menghitung Harga Asli Barang Sebelum Diskon

Selain cara menghitung rumus diskon di Excel, kamu juga bisa menghitung berapa harga asli barang sebelum di diskon. Misalnya, dalam kasus pembelian laptop sebelumnya, harga yang harus dibayarkan adalah 3.375.000.

Harga tersebut sudah termasuk diskon 25 persen, karena penasaran kamu ingin mengetahui berapa harga asli laptop tersebut. Rumusnya adalah (B2*C2)/(100%-C2). B2 merupakan kolom harga laptop tersebut, sedangkan C2 merupakan diskon yang didapatkan.

Dengan perhitungan tersebut, maka didapatkan hasil berupa harga laptop asli, yakni 4,5 juta rupiah. Kamu hanya perlu menambahkan 3,375 juta dengan 1,125 yang merupakan harga diskon yang didapatkan.

3. Cara Menghitung Diskon Cepat

Cara Menghitung Diskon Cepat

Jika kamu malas menggunakan rumus ataupun nama kolom pada Excel, ada cara lain yang bisa kamu lakukan, yakni menghitungsecara langsung dari harga dan diskonnya. Cara ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin menghitung diskon dengan cepat.

Berbeda dibanding cara sebelumnya yang harus memasukkan harga pada kolom Excel, cara menghitung rumus diskon di Excel ini hanya perlu memasukkan angka harga dan diskon yang didapatkan.

Misalnya, kamu mendapatkan diskon 20 persen, maka 100 persen dikurangi 20 persen, hasilnya 80 persen. Kalikan 80 persen dengan 125.000 sebagai harga awal, maka harga yang harus kamu bayarkan adalah 100 ribu rupiah.

4. Cara Menghitung Diskon Tanpa Syarat

Cara Menghitung Diskon Tanpa Syarat

Ini digunakan jika kamu ingin menghitung diskon biasa tanpa syarat khusus. Misalnya, kamu ingin membeli barang seharga 125 ribu rupiah, pembelian tersebut membuat kamu mendapat diskon 20 persen.

Untuk menghitungnya, kamu hanya perlu menghitung 125.000 x 20 persen, hasil yang akan didapatkan adalah 25 ribu rupiah. 25 ribu rupiah merupakan diskon yang akan kamu dapatkan, jadi 125 ribu dikurangi dengan 25 ribu, hasilnya 100 ribu.

Maka kamu hanya perlu membayar 100 ribu rupiah untuk menebus barang yang kamu beli. Kamu juga bisa menghitung diskon tanpa syarat ini di aplikasi kalkulator atau sejenisnya, tidak harus di Excel.

5. Menghitung Diskon Ganda

Menghitung Diskon Ganda

Kadang ketika melakukan pembelian barang, kamu mendapatkan diskon ganda, misalnya diskon 50 persen ditambah diskon 20 persen. Meski mendapatkan dua diskon, namun sebenarnya kamu tidak mendapatkan diskon 70 persen.

Cara menghitung rumus diskon di Excel untuk diskon ganda tidak sulit. Logikanya, kamu akan mendapatkan diskon 50 persen dari pembelian barang yang sudah dilakukan. Kemudian hasilnya akan dikurangi lagi dengan diskon 20 persen.

Cara menghitungnya sederhana, misalnya, kamu membeli barang seharga 300 ribu, diskon 50 persen yang kamu dapatkan akan membuat kamu membayar seharga 150 ribu rupiah. 150 ribu ini kemudian akan dikurangi lagi sebanyak 20 persen diskon kedua.

Hasil yang akan kamu dapatkan tentu perlu perhitungan kedua, 20 persen dikalikan dengan 150 ribu rupiah, maka hasilnya 120 ribu rupiah. Jadi, kamu hanya perlu membayar 120 ribu rupiah.

Simak juga: Cara Menghilangkan Garis Di Excel

6. Menghitung Diskon Bersyarat

Menghitung Diskon Bersyarat

Diskon lain yang sering didapatkan adalah diskon bersyarat, diskon ini diberikan kepada kamu yang membeli barang dengan jumlah yang ditentukan. Jika pembelian tidak sesuai dengan batas minimum pembayaran, maka kamu tidak akan mendapatkan diskon.

Diskon seperti ini juga memberikan syarat bahwa makin banyak pembelian, maka makin banyak pula diskon yang didapatkan. Cara menghitung rumus diskon di Excel ketika mendapatkan diskon bersyarat tidak sulit.

Misalnya, kamu akan mendapatkan diskon 10 persen jika belanja di bawah 1 juta rupiah. Berbeda jika kamu belanja antara 1 -10 juta rupiah, kamu akan mendapatkan diskon sebanyak 15 persen. maka perhitungannya adalah sebagai berikut.

Total harga belanja yang akhirnya kamu beli adalah 1.050.000, kamu mendapatkan diskon sebanyak 15 persen. 1.050.000 dikalikan dengan 15 persen, maka kamu mendapatkan diskon sebanyak 157.500 rupiah. Harga yang kamu bayarkan hanya 892.500 rupiah saja.

Keunggulan Excel

Keunggulan Excel

kamu yang masih ragu dengan Excel untuk menghitung diskon, ada baiknya mengetahui kelebihannya terlebih dahulu, beberapa diantaranya adalah:

1. Tampilannya Simpel

Excel merupakan aplikasi yang memiliki desain dan tampilan yang simpel serta mudah untuk dipahami. Kamu yang belum terbiasa menghitung dengan Excel bisa langsung menggunakannya sekaligus belajar.

2. Fitur Lengkap

Selain bisa digunakan sebagai cara menghitung rumus diskon di Excel, Excel juga bisa digunakan untuk membuat data grafik. Tidak semua aplikasi menyediakan fitur dualis seperti ini, karena itu kamu bisa menggunakan Excel untuk sekaligus menampilkan data.

3. Bisa Menyimpan Data

Kekurangan dari kalkulator adalah ketidak mampuannya untuk menyimpan data yang telah dihitung. Berbeda dengan Excel, kamu bisa menyimpan banyak data perhitungan tanpa takut terhapus. Ini tentu membuat kamu bisa membuka kembali data perhitungan yang sudah dilakukan sebelumnya.

4. Bisa Dioperasikan dengan Mudah

Selain digunakan dengan rumus dan logika, Excel juga bisa digunakan menyediakan perhitungan langsung menggunakan simbol. Kamu juga bisa melihat berbagai rumus yang digunakan oleh Excel di kolom panduannya.

Simak juga: Cara Belajar Excel

Cara menghitung rumus diskon di Excel memang banyak, kamu bisa memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih mudah, kamu bisa memasang aplikasi ini di perangkat mobile atau desktop yang dimiliki, sehingga bisa dibuka kapan saja ketika sedang membutuhkan.