Cara Menggunakan Google Meet

 

Cara Menggunakan Google Meet – Saat banyak sekali aplikasi canggih yang bisa digunakan untuk kegiatan meeting, saking banyaknya diantara developer melakukan pembaruan dengan tambahan beberapa fitur canggih yang bisa dimanfaat oleh pengguna.

Dan salah satu aplikasi yang keren dan bisa untuk melakukan kegiatan rapat atau meeting salah satunya adalah Google Meet. Fungsi Google Meet sendiri adalah untuk kegiatan rapat, seminar sampai kegiatan belajar mengajar secara online.

Karena banyaknya fungsi Google Meet, sehingga aplikasi ini banyak digunakan. Cara menggunakan Google Meet pun tergolong mudah.

Di era yang serba modern ini pastinya sudah tidak asing lagi dengan Google Meet. Google Meet adalah sebuah aplikasi konferensi video. Aplikasi ini merupakan layanan komunikasi berupa video yang diciptakan oleh Google.

Tentang Google Meet

Google Meet

Google Meet sebelumnya dikenal dengan sebutan Hangouts Meet. Google Meet merupakan sebuah aplikasi konferensi video. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan tidak menggunakan tarif biaya. Google Meet adalah layanan komunikasi berupa video yang diciptakan oleh Google.

Google Meet sendiri dapat menampung sebanyak 250 peserta di dalam konferensi video. Hal ini karena berkaitan dengan fungsinya yang digunakan untuk rapat, seminar dan kegiatan belajar mengajar secara online.

Google Meet mengenakan layanan kepemilikan untuk transcoding audio, video dan data. Banyak fitur yang dimiliki oleh Google Meet, diantaranya adalah panggilan video dan audio yang berbentuk dua arah atau multi-arah dengan resolusi sampai 720p.

Fitur lain yang tersedia di dalam Google Meet adalah panggilan enkripsi kepada semua pengguna. Hal ini juga disertai dengan kemampuan untuk bergabung di dalam rapat dengan menggunakan browser web atau aplikasi Android / iOs.

Selain beragamnya fitur yang tersedia, ada beberapa paket yang telah disediakan oleh Google Meet. Masing-masing paket tentunya memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Berikut akan dijelaskan satu persatu paket Google Meet.

Paket Google Meet

Seperti yang telah diketahui, Google membagi paket Google Meet ke dalam tiga jenis. Berikut akan diberikan sedikit penjelasan mengenai ketiga jenis paket Google Meet tersebut dengan update informasi per tahunnya.

1. Always Free

Always Free

Paket ini mengizinkan penggunanya untuk melakukan pertemuan video secara gratis, namun tentunya dengan beberapa keterbatasan. Misalkan seperti tidak ada fitur menyimpan rekaman, polling, angkat tangan dan tanya jawab.

Kapasitas Google Meet dalam paket ini hanya untuk 100 orang saja. Durasinya pun terbatas hanya sekitar 1 jam. Paket Always Free ini cocok dan sesuai untuk kebutuhan perorangan. Selain itu, paket ini tidak dapat digunakan untuk kebutuhan perusahaan.

2. Google Workspace Essentials

Google Workspace Essentials

Paket ini membuat penggunanya bisa melakukan pertemuan video dengan para kolega dan para peserta lainnya. Fitur yang didapatkan pun banyak sehingga bisa menunjang kebutuhan di level perusahaan.

Kapasitas Google Meet dalam paket ini dapat mencapai 150 orang. Durasinya tidak ada batasan atau tanpa ada durasi. Paket ini cocok dan sesuai untuk kebutuhan perusahaan. Harga untuk paket ini adalah sekitar $8 per pengguna/bulan.

Simak juga: Cara Membuat Link Google Drive

3. Google Workspace Enterprise

Google Workspace Enterprise

Paket ini mengizinkan penggunanya untuk dapat melakukan pertemuan video dengan para peserta lainnya. Ini merupakan paket tertinggi sehingga dapat menunjang kebutuhan perusahaan yang sudah mapan dan berskala besar.

Fitur yang disediakan antara lain lebih banyak. Misalnya seperti live streaming di dalam domain 100 ribu audiens, fitur Intelligent noise cancellation, security dashboard dan lain sebagainya. Adanya fitur yang lengkap ini dapat digunakan sebagai penunjang kebutuhan dalam meeting.

Kapasitas Google Meet dalam paket ini dapat mencapai 250 orang. Durasinya tidak ada batasan atau tanpa ada durasi. Paket ini cocok dan sesuai untuk kebutuhan perusahaan skala besar. Harganya masih ditentukan oleh sales terlebih dulu.

Selain tersedianya paket yang memadai, ada beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan Google Meet. Alasan ini menjadi beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Google Meet. Berikut ini adalah kelebihannya.

Kelebihan Google Meet

Kelebihan Google Meet

Seperti yang telah diketahui, Google Meet memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Google Meet akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Real-Time Caption

Kelebihan ini memperbolehkan penggunanya untuk menggunakan teknologi speech recognition. Google Meet dapat memunculkan teks otomatis sesuai dengan percakapan yang ada di dalam video. Sehingga sangat sesuai bila digunakan untuk pengguna yang tuna rungu.

2. Akses Fleksibel

Akses Google Meet sangat fleksibel, bisa digunakan ke dalam berbagai perangkat. Melalui PC pun bisa diakses melalui browser. Sehingga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Bisa juga terhubung lewat mobile melalui aplikasi Google Meet.

3. Nomor Telepon Rapat

Google Meet menyediakan fitur nomor telepon rapat. Fitur ini mengizinkan para penggunanya untuk menghubungi nomor itu dan mengikuti rapat. Fitur ini mengatasi keterbatasan peserta yang tidak terhubung di internet.

4. Keamanan

Google Meet sangat memperhatikan keamanan privasi dan informasi. Google memastikan bahwa konferensi video dapat terenkripsi. Fitur keamanan di Google Meet juga terus melakukan update demi kenyamanan pelanggan.

5. Kualitas Video

Google Meet mempunyai kualitas video yang lebih bagus daripada kualitas video dari aplikasi konferensi yang lain. Hal ini menyebabkan para penggunanya lebih memilih Google Meet ketimbang aplikasi konferensi yang lain.

6. Praktis

Google Meet dalam pemakaiannya lebih praktis ketimbang aplikasi konferensi video yang lain. Hal ini dikarenakan desain dan akunnya yang sudah tertaut ke dalam akun Google menyebabkan kepraktisan dalam pemakaiannya.

Google Meet sendiri telah didesain menarik dan dengan penggunaan yang mudah. Cara menggunakan Google Meet  tidak ribet. Jika tertarik untuk mencoba menggunakan Google Meet, maka bisa memperhatikan langkah-langkah berikut.

Simak juga: Cara Membuat Google Form

Cara Menggunakan Google Meet

Pada bagian ini, akan dijelaskan tentang bagaimana cara penggunaan Google Meet. Terdapat beberapa cara yang harus dilakukan. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara-cara yang harus dilakukan untuk menggunakan Google Meet.

Membuat Meeting

  • Buka meet.google.com pada browser yang dimiliki
  • Tekan tombol “New Meeting”
  • Terdapat tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu Create a meeting for later, Start an instant meeting dan Schedule in Google Calendar
  • Kemudian, klik copy link meeting

Kemudian, klik copy link meeting

  • Bagikan kepada orang-orang yang ingin diundang
  • Selesai

Join Google Meet

  • Pastikan sudah mendapatkan link meeting dari pelaksana atau organizer
  • Klik link meeting
  • Sudah langsung terhubung di dalam meeting

Sudah langsung terhubung di dalam meeting

  • Selesai

Google Meet dapat menjadi alternatif bagi kamu yang membutuhkan aplikasi konferensi video. Kebutuhan perorangan bisa menggunakan paket gratis. Sementara untuk perusahaan yang lebih tinggi, maka bisa menggunakan Google Workspace Essentials atau Google Workspace Enterprise.

Agar dapat terakses di Google Meet, maka dapat menggunakan browser dari PC atau aplikasi dari mobile. Aplikasi ini sangat ringan dan mudah untuk digunakan oleh siapa saja dan di mana saja. Aplikasi ini juga terhubung dengan akun Google sehingga lebih praktis dalam penggunaannya.

Simak juga: Screen Recorder PC

Akhir Kata

Demikianlah, penjelasan dan uraian singkat mengenai Google Meet beserta cara menggunakan Google Meet. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka silakan mencoba. Bisa kamu ikuti panduan dan tata cara seperti yang telah diterangkan di atas. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.