Cara Mengganti Nama Email

Mengganti nama email memang harus kamu tahu karena siapa tahu kamu typo atau salah menuliskan nama kamu dengan benar. Email yang paling banyak digunakan adalah Gmail / Google Mail. Maka dari itu kamu harus tahu cara mengganti nama email di Gmail. Caranya tidak ribet dan mudah kamu praktikkan.

Gmail sendiri merupakan sarana mengirim dan menerima pesan email milik Google. Jadi jika kamu ingin membuat Gmail kamu harus punya akun Google. Biasanya saat mulai membuat Gmail kamu kurang benar dalam membuat nama atau bisa juga kamu kurang melengkapi nama panjangmu.

Untuk itu kamu perlu tahu juga cara mengganti nama di Gmail. Dalam mengirim email atau menerima email, nama adalah identitas yang sangat penting. Jangan sampai salah mencantumkan nama dalam email. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengganti nama di Gmail yang wajib kamu tahu.

2 Cara Mengganti Nama Email

Untuk mengganti nama Gmail ada dua cara yang bisa kamu pakai yaitu lewat laptop / pc dan juga lewat smartphone kamu. Kamu bisa pilih cara mana yang paling mudah atau nyaman untuk kamu gunakan. Sebenarnya kedua cara ini hampir sama namun hanya berbeda perangkat saja.

Ingat cara ini adalah cara mengganti nama identitas bukan nama akun. Jika urusan akun sudah berbeda konsep dari mengganti nama Gmail. Jika kamu ingin mengganti nama akun Gmail lebih baik untuk membuat akun Gmail yang baru saja karena jika akun sudah terdaftar maka tidak akan bisa diubah lagi.

1. Cara Ganti Nama Gmail Lewat PC

Cara mengganti nama email yang pertama adalah lewat perangkat PC. Akun Gmail bisa dibuka lewat PC dan juga smartphone jadi kamu otomatis bisa mengganti nama Gmail lewat PC. Caranya cukup mudah untuk dipahami dan bagi kamu yang belum tahu cara mengganti nama akan langsung paham.

Pastikan PC sudah tersambung internet karena untuk mengakses Gmail butuh koneksi internet. Jika sudah kamu bisa langsung mempraktikkan cara berikut.

  • Pertama-tama kamu buka browser dan menuju ke situs Gmail. Jika kamu sudah masuk ke dalam situs Gmail maka langsung saja melakukan login dengan akun yang sudah kamu buat.
  • Setelah masuk pada akun, kamu bisa klik menu “ Setting “. Letaknya di pojok kanan atas dengan simbol gear. Ada beberapa opsi nantinya tapi kamu pilih saja opsi “ See all settings “. Setelah itu kamu akan masuk pada laman pengaturan dan pilih opsi “ Account and Import “.
  • Jika kamu sudah masuk di menu Account and Import langsung saja cari opsi Send Mail As. Tuliskan nama email kamu dan kemudian pilih opsi Edit Info.

Jika kamu sudah masuk di menu Account and Import langsung saja cari opsi Send Mail As. Tuliskan nama email kamu dan kemudian pilih opsi Edit Info.

  • Akan muncul kolom nama yang bisa kamu ubah. Masukkan nama yang ingin kamu gunakan jika sudah pilih opsi Save Changes untuk menyimpan nama yang sudah kamu rubah. Dengan begitu nama Gmail kamu sudah ganti dengan yang baru.

Hanya perlu beberapa tahapan saja buat kamu mengganti nama Gmail. Tentunya kamu tidak akan pusing atau kebingungan jika nama kamu salah atau kurang lengkap. Tinggal praktikkan saja cara di atas maka nama bisa kamu ubah sesuai yang kamu inginkan.

2. Cara Ganti Nama Gmail Lewat HP

Cara mengganti nama email bisa kamu lakukan lewat HP atau smartphonemu. Gmail memang bisa terpasang di smartphone bahkan semua smartphone pasti memiliki akun Gmail. Oleh sebab itu cara mengganti nama Gmail lewat HP merupakan cara yang praktis dan mudah.

Kamu hanya perlu mengkases Gmail melalui aplikasi atau melalui browser. Biasanya aplikasi Gmail sudah otomatis terpasang di smartphonemu. Untuk cara mengganti nama Gmail bisa langsung kamu simak saja penjelasan singkat di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah membuka Gmail baik lewat aplikasi maupun browser di smartphonemu. Tapi lebih disarankan menggunakan aplikasi karena lebih simpel.
  • Setelah kamu masuk pada aplikasi Gmail tekan ikon 3 garis yang ada di pojok kiri atas. Nanti akan ada banyak opsi yang muncul tapi kamu pilih opsi Setting.
  • Di sini jika kamu punya dua akun Gmail kamu bisa memilih salah satu yang ingin kamu ubah namanya tapi jika hanya satu akun langsung saja pilih opsi Manage your Google Accounts.

Di sini jika kamu punya dua akun Gmail kamu bisa memilih salah satu yang ingin kamu ubah namanya tapi jika hanya satu akun langsung saja pilih opsi Manage your Google Accounts.

  • Pada tampilan baru kamu langsung saja pilih opsi Personal Info. Nanti akan muncul info personal kamu dan tentunya kolom nama kamu. Di situ kamu tinggal ganti atau masukkan nama baru yang kamu inginkan.

Pada tampilan baru kamu langsung saja pilih opsi Personal Info

  • Jika sudah pilih opsi Save agar nama yang sudah kamu rubah tersimpan. Dengan begini nama Gmail kamu akan berubah seperti yang baru kamu edit.

Hanya lewat smartphone saja kamu sudah bisa mengganti nama Gmail. Tentu sangat praktis dan mudah untuk kamu coba. Sangat disarankan menggunakan aplikasi Gmail saja agar lebih praktis. Pastikan kamu mempraktikkan cara di atas dengan benar agar proses penggantian nama lancar.

Baca juga: Cara Melihat Email Facebook

2 Cara Mengganti Foto Gmail

Selan cara mengganti nama email kamu juga harus tahu cara mengganti foto profil email. Foto merupakan identitas dalam akun Gmail. Jika kamu merasa foto yang kamu pasang kurang bagus atau kamu ingin mengganti foto yang lain maka ikuti langkah berikut.

1. Cara Ganti Foto Gmail Lewat PC

Cara pertama kamu bisa menggunakan PC untuk mengganti foto profil Gmail. Caranya sangat sederhana dan yang kamu butuhkan adalah koneksi internet yang lancar.

  • Pertama kamu buka Gmail lewat browser di PC kamu. Setelah kamu masuk login terlebih dahulu menggunakan akun yang akan kamu ubat foto profilnya. Jika sudah login dan masuk klik opsi Setting.
  • Opsi ini bersimbol gear yang ada di sebelah pojok kanan. Jika sudah masuk pada menu Setting pastikan kamu berada di tab Umum. Scroll saja ke bawah hingga menemukan opsi Tentang Saya yang letaknya berada di opsi Gambar Saya.
  • Sesudah masuk pada opsi Tentang Saya kamu langsung klik saja gambar foto profil. Akan ada opsi untuk memilih foto profil baru dan kamu pilih sesuai yang kamu mau. Jika sudah tunggu proses pergantian selesai.

Sesudah masuk pada opsi Tentang Saya kamu langsung klik saja gambar foto profil

  • Jika foto sudah berganti maka itu tandanya pergantian berhasil.

2. Cara Ganti Foto Gmail Lewat HP

Cara Ganti Foto Gmail Lewat HP

Untuk cara mengganti foto Gmail lewat smartphone ini caranya sama dengan mengganti nama Gmail. Kamu bisa urutkan langkah seperti cara mengganti nama Gmail yang sudah dijelaskan di atas. Caranya sama persis hanya berbeda satu langkah.

Setelah kamu berhasil mencapai Personal Info kamu tekan saja gambar atau foto profil kamu dan pilih Set Profile Photo. Di situ kamu akan diberi pilihan mengambil foto yang sudah ada atau mengambil foto langsung. Pilih sesuka hatimu.  Jika sudah memilih foto maka kamu pilih opsi Accept dan foto akan berganti.

Baca juga: Sayapro Gmail Membuat 1000 Akun Gratis

Akhir Kata

Itulah cara mengganti nama email dan cara mengganti foto profile. Sangat mudah dan praktis untuk kamu praktikkan. Lewat smartphone atau PC semuanya mudah tergantung kamu pilih cara yang mana.