Cara Membuat Google Form

Sekarang ini Google Form banyak digunakan baik di bidang pendidikan maupun pekerjaan. Google Form sendiri memiliki fungsi yang beragam seperti untuk mengumpulkan data, membuat jadwal, untuk kuesioner, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana cara membuat Google Form?

Ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk membuat Google Form. Tidak sulit untuk membuat Google Form. Jika kamu ingin membuatnya pastikan kamu punya akun Google karena nantinya akun kamu menjadi syarat pertama untuk bisa membuat Google Form.

Jika kamu sedang ingin mengumpulkan data suatu hal atau ingin membuat kuesioner, bisa lamgsung menggunakan Google Form. Nantinya kamu bisa membuat pertanyaan atau konsep sesuai dengan yang kamu mau. Berikut ini adalah cara mudah untuk Google Form.

2 Cara Mudah Membuat Google Form

Membuat Google Form tidaklah sulit seperti yang kamu bayangkan. Ada dua cara yang paling mudah untuk membuatnya. Kamu bisa membuatnya melalui laptop / pc dan juga melalui smartphone.

1. Membuat Google Form Lewat Google Drive di Laptop

Cara pertama dan yang paling sering digunakan oleh orang-orang dalam membuat Google Form adalah melalui Google Drive.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah login di Google Drive dengan akun Google.
  • Setelah berhasil masuk atau login langsung saja klik tulisan “ New “ yang terdapat di pojok kiri atas tampilan Google Drive.
  • Nanti akan muncul beberapa opsi pilihan dan kamu pilih saja pilihan “ Google Form “.

Nanti akan muncul beberapa opsi pilihan dan kamu pilih saja pilihan Google Form

  • Jika sudah maka nanti akan masuk pada tampilan awal dan kamu bisa membuat form sesuai yang kamu mau.

Hanya dengan mengakses Google Drive kamu sudah bisa membuat form secara online. Hanya perlu beberapa langkah saja untuk membuat Google Drive.

2. Membuat Google Form Lewat Smartphone

Saat ini peran smartphone memang sangat penting dan juga sudah canggih. Kamu bisa mengakses form dari Google menggunakan smartphone.  Selain smartphone juga bisa digunakan untuk membuat form dari Google.

Setelah mengakses maka akan langsung muncul tampilan Google Form.

  • Kamu tinggal menggunakannya dan mengubahnya sesuai kebutuhan
  • Browser yang kamu gunakan juga sudah harus menyambung pada akun Google.

Cara membuat Google Form dari smartphone benar-benar sangat mudah. Cukup dengan mengakses link kamu sudah bisa membuatnya. Sebenarnya link di atas juga bisa diakses melalui pc / laptop.

Cara Menggunakan Google Form

Setelah tahu cara membuat Google Form tentunya kamu juga harus tau cara menggunakannya. Memang sudah banyak yang paham bagaimana cara menggunakan Google Form tapi masih banyak juga yang belum paham dan belum terbiasa.

Akan ada berbagai fitur yang bisa kamu pakai untuk memenuhi pertanyaan dan konsep dari form yang sedang kamu buat. Jika kamu memang masih awam dengan cara menggunakan form ini maka langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Form

Tentukan Tujuan Form

Pertama kali sebelum kamu membuat form pastikan tujuan kamu membuat form jelas. Di tampilan awal paling atas adalah judul dan deskripsi. Di sini kamu harus mengisi judul form sesuai yang ingin kamu teliti atau kumpulkan datanya. Bagian deskripsi jelaskan tujuan dari form yang kamu buat.

2. Membuat Pertanyaan

Membuat Pertanyaan

Karena form berhubungan dengan pengambilan data atau kuesioner,  maka akan ada tampilan yang menunjukkan beberapa pertanyaan. Kamu bisa edit pertanyaan sesuai yang kamu ingin dapatkan jawaban atau datanya.

Untuk tipe jawaban sendiri kamu juga bisa memilih sesuai kebutuhan seperti tipe jawaban pilihan ganda, jawaban pendek, jawaban panjang, atau checkbox . Pilih saja tipenya sesuai yang kamu mau agar data yang kamu kumpulkan nantinya mudah untuk dipahami.

Jika kamu sudah membuat beberapa pertanyaan dan tipe pertanyaan yang jelas maka setiap penjawab atau pengisi form nantinya tidak akan kebingungan. Jika kamu ingin menambahkan pertanyaan baru bisa langsung klik tanda ( + ). Letaknya ada di samping kanan tampilan Google Form.

3. Menambahkan Beberapa Opsi

Menambahkan Beberapa Opsi

Kamu bisa menambahkan berbagai opsi tambahan pada form. Contohnya kamu bisa menambahkan gambar atau foto pada form. Opsi ini akan muncul saat kamu sedang membuat pertanyaan. Akan ada simbol gambar kotak di tengah dan langsung saja klik simbol tersebut.

Nantinya kamu akan diarahkan untuk mengambil foto atau gambar sesuai yang kamu butuhkan. Jika kamu ingin penjawab atau pengisi form menjawab dengan mengirimkan file berupa video, gambar, atau audio juga bisa.

Untuk mengedit jawaban pada checkbox kamu bisa menambahkan opsi jawaban lain kepada setiap pengisi form. Jika kamu memilih tipe checkbox maka nanti di opsi box paling bawah akan ada tulisan “ add Other “. Klik saja pilihan tersebut agar opsi jawaban lain bisa ditambahkan.

Jika kamu ingin membuat tampilan form yang berbeda tidak seperti versi aslinya kamu bisa langsung mengklik ikon cat warna yang letaknya di bagian kanan atas. Jika kamu tidak menemukan maka kamu scroll sampai bagian paling atas pasti akan ada ikon cat warna.

Baca juga: Cara Mengganti Nama Email

4. Mengirim Form

Mengirim Form

Jika kamu merasa form yang kamu buat sudah sesuai dengan yang kamu mau maka kamu bisa langsung mengirim form.  Ada dua pilihan pengiriman yang sering digunakan yaitu melalui email dan melalui link. Tergantung kamu mau mengirim lewat cara yang mana.

Untuk mengirim form lewat email kamu bisa menuju ke menu “ Send “ yang letaknya ada di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul tampilan pembagian form. Pilih saja simbol atau gambar surar email. Dengan begitu metode pengiriman form kamu akan melalui email.

Untuk mengirim lewat link caranya juga sama yaitu kamu klik menu “ Send “ . Jika sudah kamu pilih simbol atau gambar rantai di samping simbol surat email. Nantinya link dari form yang kamu buat akan muncul.

5. Mengecek Hasil

Mengecek Hasil

Apabila Google Form sudah kamu kirim baik itu melalui email ataupun link nantinya setiap orang yang mendapatkan form akan mengisinya.  Kamu bisa mengecek berapa orang yang sudah mengisi form, dan kesimpulan jawaban dari form yang buat.

Caranya kamu cukup masuk pada form yang sudah kamu buat. Lalu pilih menu “ Responses “ yang ada di bagian atas tengah. Di sana kamu bisa mengecek berbagai jawaban dari setiap orang dan juga bisa mulai untuk menginput data yang sudah kamu dapatkan.

Baca juga: Cara Membuat Link Google Drive

Langkah yang perlu kamu lakukan untuk cek respon setiap orang yang sudah menerima Google Form dari kamu cukup mudah. Kamu bisa mengecek setiap saat tergantung dari kapan tenggat waktu untuk mengisi form.

Itulah penjelasan tentang cara membuat Google Form dan cara menggunakannya. Bagi kamu yang baru pertama kali ingin mencoba menggunakan atau membuat Google Form maka penjelasan di atas bisa menjadi acuan kamu untuk belajar dan menyesuaikan.