Cara Melacak Orang Lewat Nomor HP

Saat ini, teknologi sudah makin canggih. Beberapa hal yang dulunya tidak mungkin bisa dilakukan, sekarang justru kebalikannya. Salah satunya Anda bisa mencari posisi orang yang ingin dicari hanya melalui nomor HP. Cara melacak orang lewat nomor HP pun sangat mudah sekali.

Apalagi, sekarang teknologi HP telah berkembang pesat. Smartphone sudah bukan barang baru dan semua kalangan sepertinya pasti memiliki perangkat tersebut. Teknologi smartphone tidak bisa lepas dari internet. Sehingga, semakin membantu kepentingan banyak orang. Tidak hanya untuk komunikasi saja.

Mencari orang yang hilang, atau melacak keberadaan seseorang sudah bukan perkara sulit lagi. Bagi Anda yang ingin mencari tahu lokasi terakhir seseorang, karena tiba-tiba tidak bisa diketahui, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Anda bisa manfaatkan aplikasi pihak ketiga, atau bisa juga memilih tidak menggunakannya.

Anda mungkin juga pernah tidak sengaja dikirimi pesan-pesan singkat syarat penipuan. Jika penasaran, Anda sebetulnya bisa melacak lokasi pengirim pesan tersebut dengan bantuan aplikasi atau operator telepon seluler. Tidak perlu berlama lagi, berikut bagaimana cara melacak posisi orang dengan mengandalkan nomor HP

Menggunakan Aplikasi WhatsApp Web

Anda bisa mulai melacak posisi seseorang dengan mengandalkan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah WhatsApp. WhatsApp ini merupakan aplikasi perpesanan online yang sudah biasa dipergunakan. Untuk bisa melacak seseorang lewat nomor HP melalui aplikasi ini harus menggunakan WhatsApp Web alias yang bisa dibuka lewat PC. Berikut langkah-langkahnya

Buka WhatsApp Web

Langkah paling awal adalah silahkan buka WhatsApp Web melalui PC. Caranya, pada browser ketik saja web.whatsapp.com, nanti akan muncul semacam scan kode. Lalu buka WhatsApp di HP pilih “application bar” dan klik “whatsapp web”. Scan kode yang muncul pada layar PC, maka web akan langsung login secara otomatis.

Buka Pesan Terakhir Orang Yang Dilacak

Selanjutnya, Anda bisa buka pesan terakhir yang dikirimkan oleh orang yang sedang dicari. Bila pesan terakhir ternyata sudah agak lama, coba dengan mengiriminya kembali sehingga lebih baru. Pesan terakhir tersebut menjadi sumber alamat IP dan data ini bisa dipakai nanti.

Masuk Task Manager

Ketika pesan terakhir sudah didapatkan, artinya nomor IP sudah bisa terlacak. Lanjutkan dengan membuka menu Task Manager. Cara untuk buka menu Task Manager adalah tekan saja Windowc+R. Ingat keduanya harus ditekan secara bersamaan.

Munculkan Kode Comment Prompt

Langkah selanjutnya, Anda harus bisa memunculkan kode comment prompt. Caranya mudah sekali, melalui menu Task Manager tadi, ketika cmd lalu tekan enter. Jika kode comment prompt ini sudah muncul, langsung ketik saja netstat lalu enter lagi. Akan muncul kode IP, Anda harus mencatatnya dengan baik.

Buka Website Tracker

Saat IP sudah didapatkan, Anda mencapai langkah terakhir untuk melacak posisi seseorang. Buka dulu website tracker yaitu www.ip-adress.com/ip_tracer/. Jika sudah terbuka, IP yang telah dicatat tadi masukkan pada kolom yang tersedia. Informasi tentang lokasi terbaru orang yang ingin Anda lacak akan muncul secara otomatis.

melacak dengan nomor hp

Melacak Orang Lewat Nomor Operator Selular

Tidak hanya menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga saja. Melacak posisi terakhir seseorang lewat nomor HP juga bisa mengandalkan provider operator selular. Meskipun tidak semua provider mempunyai fitur ini, namun tetap bisa jadi cara alternatif. Berikut beberapa provider selular yang bisa Anda coba:

Telkomsel

Telkomsel merupakan provider operator selular yang cukup banyak penggemarnya. Telkomsel punya banyak layanan dan fasilitas untuk para pelanggan. Salah satunya adalah fitur melacak HP teman sehingga tahu di mana lokasi terakhirnya. Telkomsel memberikan 2 cara yaitu melalui menu panggilan dan sms atau pesan singkat.

Jika Anda memilih menggunakan panggilan, tinggal masukkan saja kode dial *250#. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu, pilih saja yang “lihat/edit daftar teman”. Lalu masukkan nomor HP orang yang ingin dilacak. Kalau melalui sms Anda bisa buka menu perpesanan pada HP. Lalu ketik dengan kode format “Teman (Nama) (Nomor)” ke 5200.

Baca juga: WA Web

Indosat

Sama dengan provider Telkomsel, Indosat pun bisa Anda manfaatkan untuk melacak seseorang hanya melalui nomor HP saja. Anda juga diberikan 2 pilihan yaitu via panggilan atau sms. Kalau memilih menu panggilan kode dial up nya *777*6*#. Nanti akan muncul beberapa menu yaitu lokasi keluarga, lokasi belanja, dan lainnya. Anda pilih saja opsi lokasi keluarga.

Masukkan nomor HP orang yang dicari dan selesai. Sementara kalau ingin melacak via sms juga sangat mudah sekali. Ketik saja melalui menu perpesanan dengan format “Cari (No. HP)” lalu langsung kirim ke 9111.

XL

Anda pengguna provider XL pun bisa mencoba melacak posisi seseorang dengan nomor HP. Jika memilih menggunakan layanan panggilan, Anda tinggal dial up saja ke *123*573*1#. Sama dengan provider Indosat, setelah mendial nomor tersebut silahkan pilih lokasi keluarga.

Mengecek lokasi via sms melalui provider XL juga tidak kalah mudah. Melalui menu perpesanan bisa langsung ketik dengan format “Cari (No Hp)” contohnya seperti “Cari 0821XXXX” lalu kirim ke 9111.

Baca juga: Cara Cek Rekening Penipu

Akhir Kata

Itu dia tadi cara melacak orang lewat nomor HP dengan mudah. Pertama dengan mengandalkan aplikasi pihak ketiga yaitu whatsapp web dan kedua melalui bantuan provider operator seluler. Anda bisa manfaatkan cara-cara di atas dengan bijak.