Cara Main Game PS2 di Android

Cara Main Game PS2 di Android-Pada smartphone Android ada banyak sekali game yang bisa kamu pilih dan semuanya pun memberikan keseruan berbeda. Katakanlah seperti PUBG, Mobile Legend, Free Fire, dan banyak lagi deretan lainnya yang sangat seru.

Namun, ada kalanya pasti kamu ingin bermain game yang berasal dari konsol PS2 dan mencari cara main game PS2 di Android yang sekiranya tidak ribet. Hal ini hanya demi bernostalgia atau mungkin hanya penasaran dengan game-game yang ada di konsol tersebut.

Pasalnya, permainan yang ada di konsol Play Station sejak dulu memang tak bisa dimainkan pada perangkat apapun. Akan tetapi, karena zaman sudah semakin canggih dan banyak orang mulai berinovasi, hal ini bukan suatu yang mustahil dilakukan.

Tapi tentu saja, kamu harus paham betul dengan caranya agar bisa berhasil. Sebab, meski tanpa ribet tapi untuk pemula tentunya akan sangat kebingungan dengan tutorial yang akan dibagikan.

Hal yang Dibutuhkan Agar Bisa Main Games PS2 di Android

Nah, bagi kamu yang memang sudah sangat penasaran ingin bermain game PS2 di Android, berikut ini ada beberapa tutorial yang bisa kamu lakukan. Mari simak selengkapnya.

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa agar bisa memainkan permainan dari konsol PS2 di Android kamu harus mengunduh emulator terlebih dahulu. Ada banyak emulator yang bisa dipakai, seperti misalnya Play! dan juga RetroArch.

Dua emulator tersebut bisa diunduh secara gratis, tapi ada juga yang mesti berbayar seperti misalnya DamonPS2 Pro. Nah, selain itu jika kamu sudah punya kaset game PS2 di Android, kamu bisa segera saja mengubahnya menjadi file ISO melalui aplikasi UltraISO.

Atau jika terlalu ribet kamu bisa unduh saja games-nya melalui beberapa situs yang menyediakan game PS2 ISO seperti RomsMania, CoolROM, PortalRoms dan sebagainya.

Kamu juga membutuhkan ponsel gaming yang versi murah saja agar bisa main tanpa harus khawatir nge-lag. Setidaknya spesifikasi dari HP tersebut harus chipset Octa-core dengan RAM minimal 4GB.

main game ps2

Cara Main Game PS2 di Android tanpa Lag

Ada beberapa pilihan bagi anda yang ingin mencoba bermain game PS2 pada smartphone android ini. Selengkapnya bisa sobat Loop.co.id simak ulasannya.

Bermain dengan Emulator Play!

 Aplikasi ini meskipun bukan yang terbaik tapi cukup ringan digunakan di Android. Adapun untuk tutorialnya mari simak di bawah ini secara langsung.

  • Download emulator Play!
  • Kemudian download juga beberapa file game ISO lewat situs yang sudah disebutkan di atas.
  • Apabila filenya berbentuk ZIP, maka kamu bisa mengekstrak terlebih dahulu file tersebut.
  • Bukalah aplikasi Play!
  • Klik ikon garis 3 yang berada di pojok atas.
  • Silakan pilih opsi Unsorted untuk melihat beberapa game PS2 yang sudah kamu unduh.
  • Tapi jika terjadi kendala game tidak bisa keluar, maka kamu harus lakukan cara lain yaitu dengan klik Settings kemudian UI Settings lalu Rescan Storage.
  • Nantinya di laman Unsorted, kamu bisa pilih games PS2 yang sudah kamu unduh.
  • Kemudian tinggal tunggu saja sampai prosesnya selesai dan kamu bisa main langsung di ponsel Android.

Nah, sebenarnya gampang sekali, bukan? Setelah selesai bermain kamu juga bisa keluar dari game dengan mudah, cukup swipe layar dan pilih menu Exit, lalu selesai.

Bermain dengan Emulator RetroArch

Berikutnya emulator yang bisa kamu coba ialah RetroArch di mana tak hanya sebatas konsol PS2 saja, tapi juga konsol game klasik lainnya pun bisa dicoba. Kamu bisa ikuti tutorial di bawah ini menggunakan RetroArch.

  • Download dulu emulator RetroArch.
  • File ISO dari game yang akan dimainkan harus sudah tersedia dan caranya pun sudah dijelaskan di atas.
  • Buka aplikasi RetroArch, pilih Load Core kemudian pilih lagi Download a Core.
  • Kamu bisa scroll layar ke bagian bawah dan temukan pilihan Sony – Play Station 2 (Play!), setelah klik pilihan ini maka kamu bisa tunggu proses download selesai dulu.
  • Setelah selesai, klik ikon Back agar bisa kembali ke layar utama, barulah kemudian pilih lagi menu Load Core dan klik opsi Sony – Play Station 2 (Play!).
  • Jika kamu dikembalikan pada layar utama, maka selanjutnya yang bisa dilakukan ialah klik Load Content kemudian pilih game mana yang ingin dimainkan.
  • Nah, selamat memainkan game PS2 di ponselmu ya!

Untuk keluar dari game, kamu hanya perlu klik ikon maskot dari RetroArch yang ada di bagian tengah atas. Barulah pilih opsi Close Content jika ingin berhenti bermain.

Sekarang kamu sudah bisa bermain game PS2 sesukamu tanpa harus memiliki konsol tersebut. Pasalnya konsol PS2 kini sudah cukup jarang ditemukan dan diganti oleh Play Station versi terbaru.

Bahkan kaset-kaset games lawas pun kini sudah tak banyak lagi ditemukan keberadaannya. Ada pula yang rela membeli mahal hanya untuk mengoleksi kaset dari konsol game lawas.

Alasan Main Game PS2 di Android

Mungkin tak ada alasan khusus memainkan games PS2 di Android. Semata-mata hanya demi menghilangkan rasa penasaran atau sekedar untuk nostalgia game zaman dulu saja.

Selain Play! dan juga RetroArch, kamu juga bisa menemukan emulator lainnya di internet. Ada juga yang gratis dan ada pula yang berbayar seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tentu emulator berbayar memiliki lebih banyak fitur menarik daripada yang gratisan. Akan tetapi, jika masih ada yang gratis dan mudah, pastinya akan lebih memilih emulator yang gratis ini, bukan?

Apakah Bisa Bermain Game PS2 di Android tanpa Emulator?

Pada dasarnya format game PS2 dan android berbeda. Sehingga apabila anda tidak menggunakan bantuan emulator sebagai media perantara, maka hal tersebut tidak bisa anda lakukan. Namun selain dari aplikasi yang sudah kami sebutkan diatas, masih terdapat pilihan aplikasi lainnya yang bisa anda pergunakan.

Pilihlah emulator yang sesuai dengan perangkat anda. Dengan demikian maka perangkat anda tidak terbebani dengan kehadiran emulator tersebut.

Akhir Kata

Nah, sekian cara main game PS2 di Android. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin bermain games dari konsol tersebut.

Leave a Comment