Cara Cek Penerima Bansos di Cekbansos Kemensos Go Id Terbaru 2022

 

Cara Cek Penerima Bansos di Cekbansos Kemensos Go Id – Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai Cara Cek Penerima Bansos di Cekbansis Kemensos Go Id. Dimana bahasan ini rasanya cukup menarik untuk kita simak karena tengah hangat di masyarakat sampai sekarang. Berbicara mengenai bantuan covid-19 rupanya hingga saat ini masih belum berakhir. Dan mereka yang mungkin tidak mendapatkan bantuan pastinya merasa penasaran apakah benar nama mereka tidak dapat bantuan?. Hal inilah yang kerap banyak di pertanyakan bagi mereka yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat alias kemensos.

Pandemi di tanah air hingga saat ini rupanya belum berakhir dan juga di lapangan kita tahu sampai sekarang dari kementrian sosial masih ada salur bantuan. Dimana bantuan kali ini yang bersumber dari kemensos yang awalnya BST kini berubah menjadi bantuan BPNT dan PKH yang bisa dikatakan siapapun orangnya ingin mendapatkan bantuan itu. Kita ketahui bahwa sepengetahuan kami bahwa yang ada bantuan BPNT PKH dan BST yang sudah berjalan merupakan bantuan covid-19 yang itu artinya bisa saja memanjang ataupun berhenti kapanpun itu.

Kita ketahui banyak orang di luaran sana yang menginginkan menjadi bagian dari salah satu bantuan yang ada. Karena memang pada dasarnya pemerintah terus memberikan bantuan kepada masyarakat. Yang itu artinya banyak di harapkan bagi mereka yang dapat dan menjadi permasalahan bagi mereka yang tidak dapat. Apalagi di rumorkan bahwa banyak sekali bantuan yang tidak tepat sasaran seperti banyak para jompo tidak dapat dan orang berada yang adapat. Nah, untuk anda yang memang penasaran ingin coba cek penerima bansos atau daftar bantuan sosial secara online simak penjelasanya dibawah ini.

Cara Mendaftar Bantuan Sosial BPNT, PKH dan BST Terbaru

Dibawah ini kami sedikit beri gambaran untuk anda semua yang memang penasaran ingin mencoba melakukan pendaftara agar mendapatkan bantuan dari kemensos. Diantaranya yang sekarang berjalan adalah seperti Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan. Dan untuk lebih jelasnya anda bisa ikuti tutorial yang kami berikan dibawah ini :

1. Cara Daftar Bantuan Sosial BPNT

  • Langkah penting yang perlu anda siapkan adalah diantaranya KTP dan juga KK yang bisa anda bawa ke kelurahan anda tinggal
  • Anda bisa meminta untuk di masukan pada daftar DTKS yang ada di kemensos oleh pihak Operator Kelurahan
  • Jika sudah nantinya akan ada pemberitahuan mengenai pendaftaran anda tadi
  • Dan data yang sudah anda serahkan tadi akan di kirim ke kabupaten untuk di verifikasi
  • Nantinya anda akan mendapatkan ID BDT dan jiga membawa KTP maupun KK untuk proses verifikasi
  • Jika sudah nantinya dari bank akan memberikan rekening pendaftaran dan nantinya anda juga akan dapat Kartu Keluarga Sejahtera atau disebut KKS
  • JIka sudah nantinya anda bisa mendatangi e-waroeng untuk membawa kartu terdekat dan mengecek kartu yang diberikan apakah ada saldo untuk di cairkan sembako atau tidak.
  • Selesai

2. Cara Daftar Bantuan Sosial PKH

  • Langkah pertama anda bisa menyiapkan KTP dan juga KK untuk dibawa ke kantor kelurahan
  • Dan nantinya berkas tersebut untuk di musyawarahkan dan apakah nama anda layak masuk ke DTKS atau tidak
  • Hasil dari tadi akan di tanda tangani oleh kepala desa dan juga perangkat desa
  • Dari berita acara tersbeut untuk dikirimkan pada dinsos untuk dilakukan verifikasi dan kunjungan terhadap ajuan tersebut apakah sudah memenuhi syarat
  • Setelah itu data yang ada akan masuk ke SIKS-NG yang bisa digunakan secara online dan offline
  • Jika sudah nantinya data ini akan diteruskan ke pusat hingga sampai kemensos

Baca Juga : Cara Daftar NPWP Online

Tujuan Adanya Bantuan Sosial Dari Pemerintah Untuk Rakyat

Sepintas mengenai situs yang bisa anda gunakan untuk melakukan cek bansos adalah Cekbansos kemensos go id adalah situs resmi yang bisa anda semua gunakan untuk mengecek penerima bansos. Dan tujuan dari pemerintah memberikan bantuan terhadap masyarakat dalam berbagai macam bantuan pasti ada tujuanya. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengentaskan Kemiskinan

Tujuan pertama dari adanya bansos yang diberikan pemerintah adalah untuk mengenataskan kemisikinan. Dimana tujuan bantuan ini terutama bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan ataupun kurangnya pendapatan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga dengan adanya bantuan ini bisa sedikit membantu mengurangi beban dari mereka.

2. Pemberdayaan Masyarakat

Selain itu bansos juga bisa menjadi pemberdayaan bagi masyarakat yang memang mengalami masalah pada sosial mereka agar bisa kembali bangit dan berkembang. Pastinya semuanya itu bisa di lakukan secara maksimal dan tepat sasaran bagi mereka yang membutuhkanya.

3. Penanggulangan Bencana

Bantuan sosial juga bisa menjadi sebagai solusi bagi mereka yang menjadi korban bencana di daerahnya. Adanya bantuan dari pemerintah ini bisa menjadi mengurangi beban mereka dalam kelangsungan hidup yang lebih baik dan bangkit dari keterpurukan.

4. Jaminan Kehidupan di Masyarakat

Bansos juga di harapakana agar bisa menjadi bagian dari jaminan terhadap masayrakat sebagai kebutuhan dasarnya dan bisa lebih baik lagi dari sebelumnya dan memanfaatkanya dengan baik dan benar.

5. Perlindungan Sosial

Yang terakhir adalah adanya bansos ini bisa menjadi sebagai perlindungan sosial bagi mereka yang mendapatkan bantuan dari pemerintah sebagai jaringan pengaman sosial.

Cara Cek Penerima Bansos Via Cekbansos kemensos Go Id

Ini dia informasi yang paling anda cari yakni cara untuk mengecek penerima bansos lewat situs cekbansos kemensos go id. Penasaran seperti apa caranya simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut :

  • Langkah pertama anda harus menyiapkan KTP yakni nomor NIK ataupun KK
  • Masuk ke browser langganan anda di : cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukan Provinsi, kabupaten serta kecematan dan lainnya dimana anda tinggal hingga memasukan nama anda
  • Masukan verifikasi kode captcha
  • Klik pada Cari Data dan anda bsia menunggu beberapa saat sampai data yang diberikan muncul
  • Selesai

Cara Cek Penerima Bansos Via Aplikasi

Selain cara di atas menggunakan situs web anda juga bisa melakukan pengecekan bansos menggunakan aplikasi. Dimana cara yang satu ini terbilang sama mudahnya dan anda bisa ikuti tutorialnya sebagai berikut :

  • Langkah pertama anda bsia download aplikasi cek bansos via playstore buatan dari kemensos
  • Jika apliksi sudah terpasang anda bisa melakukan registrasi dengan memasukan data diri seperti pada KTP, Foto KTP dan lainnya
  • Ikuti proses registaris hingga selesai dan benar sampai anda berhasil di verifikasi oleh admin
  • Sekarang jika sudah anda bisa melakukan pencarian dan natinya akan muncul nama, status bansos, desa dan lain sebagainya
  • Selesai

Baca Juga : Cara Daftar UMKM

Akhir Kata

Semoga apa yang kami sampaikan mengenai Cara Cek Penerima Bansos Kementrian Sosial ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa. Dan jangan lupa untuk terus update informasi anda hanya di situs loop.co.id yang selalu memberikan berita terupdate dan terkini.