Cara Belajar Excel

Mempelajari cara belajar Excel pastinya memiliki banyak sekali manfaat dan berguna bagi bagi kamu yang ingin mengoperasikan penggunaan Excel dengan benar.

Microsoft Excel merupakan salah satu unit terpenting di dalam PC atau laptop yang dapat membantu kamu untuk menyelesaikan tugas penghitungan dengan cepat dan tepat.

Tapi untuk belajar menggunakan Excel, maka kamu harus menyiapkan PC dan Komputer sebagai media belajar pastinya.

Seperti apa fungsi Microsoft Excel?

Seperti apa fungsi Microsoft Excel

Itulah sebabnya artikel ini hadir memberikan bantuan kepada pembaca untuk memperkenalkan seperti apa cara belajar menggunakan Microsoft Excel dengan benar dan tepat.

Sehingga kamu bisa mengoperasikan Microsoft Excel dengan cepat, praktis, dan efisien. Banyak manfaat yang didapatkan ketika mempelajari aplikasi Microsoft Excel tersebut.

Di mana, beberapa manfaat yang dihasilkan di antaranya membantu menghitung luas bangun datar, bangun ruang, menghitung integral, pertambahan pembagian, dan pengurangan.

Tips Belajar Excel

Hal terpenting ketika ingin belajar Excel yaitu tetaplah fokus dengan Tia penjabaran serta ulasan yang terlampir pada layar Microsoft Excel.

Di mana, setiap item dan ikon pada Microsoft Excel memiliki fungsinya masing-masing, terutama dalam pengolahan data. Berikut ini tips belajar menggunakan Microsoft Excel yang benar yaitu :

1. Wajib Mengenal Item pada Microsoft Excel

Wajib Mengenal Item pada Microsoft Excel

Cara belajar Excel yang pertama yaitu kamu harus terlebih dahulu mengenal dan mengetahui setiap item yang tersaji pada Microsoft Excel.

Apalagi Excel merupakan aplikasi pengolahan data berbentuk tabulasi yang juga disebut dengan nama spreadsheet.

Terdapat tiga hal yang perlu kamu ketahui di dalam aplikasi Microsoft Excel yaitu; urutkan dari bagian tepat di posisi sebelah kiri menuju ke posisi kanan beredekatan dengan laya horizontal dalam 1 baris sama.

Pada Excel, baris diwakilkan dengan menggunakan angka secara berurutan dari nomor 1 hingga seterusnya.

Selanjutnya, posisi yang kedua yaitu bersinggungan dari posisi atas menuju ke posisi bawah layar yang berdekatan dengan posisi vertikal.

Adapun item kolom di Excel diwakilkan dengan menggunakan huruf secara berurutan dari urutan A seterusnya.

Terakhir, item yang harus kamu pelajari yaitu memahami cara menggunakan item Cell pada Microsoft Excel.

Dengan tepat titik dimana item sel akan muncul apabila kamu mengklik ruang kosong yang terdapat di halaman lembar kerja Microsoft Excel.

Sel yang terletak pada Microsoft Excel akan diwakilkan menggunakan kombinasi kolom dan beberapa baris, diantaranya yaitu A1, B 2, dan D10. Nah itulah, klik ruang kosong tepat sesuai dengan sasaran.

2. Lakukan Perhitungan Dasar

Lakukan Perhitungan Dasar

pada Microsoft Excel comma ketika pengguna ingin mempelajari Microsoft Excel dengan baik.

Maka cobalah melakukan penghitungan angka dengan cara memanipulasi data lainnya serta istilah beberapa data tersebut dengan profil pribadi menggunakan rumus fungsi.

Fungsi merupakan item terpenting dalam sebuah rumus penghitungan, di mana fungsi akan dikatakan sebagai rumus yang lengkap jika keluar sesuai yang kita diinginkan.

Agar fungsi terdeteksi dengan baik maka kamu harus melakukan klik kotak yang terletak di sisi Excel dan ketik tanda sama (11)

Misalnya, apabila ingin menggunakan tanda dengan hitungan 5 + 5, maka formula secara lengkap akan mendapatkan hasil nilai pertambahan dengan cara melakukan klik = 5 + 5.

Contoh implementasi perhitungan dasar dalam mempelajari Microsoft Excel yaitu misalnya, apabila kamu ingin menghitung 5 + 5,2 maka hasilnya 10.

Kamu dapat menggunakan formula lengkap seperti “5 + 5 = 10”  dengan tepat lalu di enter untuk mendapatkan hasilnya.

Berikutnya, berikan/peraturan khusus yang akan digunakan untuk melakukan perhitungan dasar pada Microsoft Excel.

Misalnya yaitu tanda + untuk melakukan operasi pertambahan,  “-” Untuk melakukan operasi pengurangan, dan “/” untuk melakukan operasi pembagian.

Pada Microsoft Excel,  perlu adanya latihan dan pengembangan untuk dapat membantu kamu melakukan perhitungan dengan awal dasar yang tepat. Dalam hal ini, kamu harus membuat beberapa perhitungan berbentuk kompleks.

Simak juga: Rumus Rata Rata di Excel

3. Kalkulasi Cepat Menggunakan Autosum

Kalkulasi Cepat Menggunakan Autosum

Apabila kamu mempelajari Microsoft Excel dengan benar, maka kamu dapat melakukan kalkulasi dengan cara cepat menggunakan autosum.

Dengan menggunakan item tersebut, maka kamu dapat mengerjakan hitungan tanpa takut sama sekali adanya kesalahan.

Autosom merupakan salah satu rumus fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan kalkulasi dengan cepat, tanpa perlu repot-repot mengetahui berapa rumus yang akan dihitung.

Misalnya, jika ingin menjumlahkan angka 10 maka di dalam sel harus 10. Saat menggunakan autosum, yang perlu kamu lakukan hanyalah menyeleksi semua sel yang digunakan dengan cara klik home autosum.

Maka dengan cepat semua sel yang dijumlahkan nantinya akan berada pada urutan 10 dalam satu kolom berbentuk 1 baris.

Agar penggunaan rumus fungsi tersebut berjalan efisien dan praktis, maka kamu perlu menyeimbangkan antara angka yang digunakan dengan angka yang keluar saat proses penghitungan di Microsoft Excel.

Dengan begitu hasilnya akan jauh lebih akurat. Rumus lainnya yang digunakan melalui fungsi tersebut antara lain SUM untuk penjumlahan. Average mencari nilai rata-rata .

Count Numbers untuk mendapatkan jumlah sel yang diseleksi. Max untuk mencari nilai paling besar, dan Min untuk  Mencari nilai paling kecil.

4. Melakukan Otomasi Data dengan Cara yang Sederhana

Melakukan Otomasi Data dengan Cara yang Sederhana

Melalui Microsoft Excel, kamu dapat melakukan otomasi data dengan cara yang sederhana pada suatu sel.

Yang mana, pada Microsoft Excel ini kamu bisa memasukkan beberapa data berdasarkan nilai yang ingin kamu hitung agar nantinya mendapatkan otomasi yang sesuai.

Selain itu, selain melakukan otomasi data pada penghitungan Microsoft Excel ini kamu tidak perlu menambah banyak data.

Misalnya, Jika kamu mempunyai tabel dengan kolom berbentuk nomor maka pada nomor tersebut akan berisikan angka 1 berapapun barisnya.

5. Membuat Rangking Berurutan

Membuat Rangking Berurutan

Melalui Microsoft Excel, kamu dapat membuat perengkingan dengan berurutan tanpa harus melakukannya secara manual. Perangkingan tersebut bisa kamu lakukan berdasarkan nilai-nilai yang telah masuk dalam tabulasi.

Selain itu, ketika kamu berhasil mempelajari Microsoft Excel dengan baik maka kamu dapat membuat keterangan pada setiap item. Soalnya, keterangan dari sangat baik, baik, cukup baik, dan tidak baik.

Dengan begitu, pekerjaan akan lebih cepat selesai.

6. Menyelesaikan Statistik dengan Benar

Menyelesaikan Statistik dengan Benar

Terakhir, yang dapat kamu implementasikan melalui Microsoft Excel yaitu kamu bisa menyelesaikan perhitungan statistik dengan benar sesuai rumus yang diberikan.

Dalam hal ini, proses perhitungan statistik akan lebih efisien apabila dilakukan secara hati-hati.

Perhitungan statistik biasanya diperlukan bagi para peneliti yang ingin melihat saran hasil data riset dengan praktis dan cepat.

Baik dalam bentuk grafik ataupun tabulasi, dengan Microsoft Excel maka hasil penghitungan lebih akurat daripada harus melakukan dengan kalkulator.

Simak juga: Formula Bar Excel

Demikianlah informasi seputar hal-hal yang dapat kamu rasakan ketika belajar Excel, yang terpenting saat mempelajari Microsoft Excel lakukanlah berulang-ulang agar kamu tidak melupakannya begitu saja.