Kegunaan Microsoft Excel

Kalau kamu sering bekerja mengolah angka, kamu tentu tidak asing dengan Microsoft Excel. Ada banyak kegunaan Microsoft Excel, mulai dari pengelolaan data angka, pengoperasian hitung lebih mudah dan efisiensi ketika membuat laporan.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan Microsoft Excel, berikut adalah beberapa kegunaan penting Excel yang harus kamu tahu.

Bagi yang belum tahu, Microsoft Office Excel atau lebih sering dikenal sebagai Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang dikelola langsung oleh Windows. Sistem yang digunakan di dalamnya berupa spreadsheets, sehingga memudahkan eksekusi berbagai perintah.

Excel saat ini sudah menjadi aplikasi pengolah angka yang populer, tidak hanya Windows, sistem operasi lain seperti Mac OS juga bisa menggunakan aplikasi ini. Tersedia pula aplikasi yang bisa kamu gunakan via mobile, untuk ponsel Android ataupun iOS.

Fitur Excel

Sebelum mengenal lebih jauh tentang kegunaan Microsoft Excel, kamu harus mengetahui apa saja fitur yanga ada di dalamnya, antara lain:

1. Office Button

Office Button

Fitur yang pertama adalah Office Button, fitur ini hanya tersedia pada Office 2007. Setelah generasi yang lebih baru muncul, fitur diminamilisasi menggunakan fitur Home dan File. Ada beberapa fitur tambahan di bagian ini, yakni Save, Open, New, Close dan lainnya.

Simak juga: Cara Membuat Garis Tepi di Microsoft Word

2. Quick Access

Quick Access

Selanjutnya adalah Quick Acces, fitur ini bisa digunakan untuk mengumpulkan beberapa fitur dalam satu tempat agar aksesnya lebih ringkas. Kamu bisa memasukkan fitur fitur penting di dalamnya, mulai dari New, Save, Undo dan Redo, hingga Paste.

3. Akun

Akun

Agar pengelolaan data lebih mudah, kamu juga bisa login menggunakan akun. Menu akun akan memudahkanmu untuk masuk ke dalam akun Office yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Size Button

Size Button

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda ketika menggunakan Excel, meskipun kegunaan Microsoft Excel yang dimiliki tetap sama. Dengan bantuan size button, kamu bisa melakukan minimize hingga maximize tampilan layar pada Excel.

5. Menu Bar

Menu Bar

Di Excel, kamu akan menemukan Menu Bar yang digunakan untuk memasukkan berbagai tools. Tools ini digunaka untuk memudahkan proses operasi Excel. Di menu bar, kamu akan menemukan menu Home, File, Page Layout, hingga Data dan Review.

6. Tool Bar Menu

Tool Bar Menu

Berikutnya adalah fungsi Tool Bar Menu, fungsi menu ini adalah tempat dimana akses tools dilakukan. Kumpulan tools akan masuk dalam sub menu bar yang dijelaskan sebelumnya. Misalnya, untuk menu Layout di Excel, kamu akan menemukan tool bar menu Margin, Orientasi hingga Tema Halaman.

7. Active Sell

Active Sell

Merupakan bagian sel yang masih aktif, berisi perpotongan antara baris dengan kolom yang ada di lembar kerja. Sel tersebut aktif karena di blok, dipilih, hingga diklik agar data bisa terisi sesuai dengan perintah.

Simak juga: Cara Menambahkan Rp di Excel

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Fungsi dan kegunaan Microsoft Excel cukup beragam, beberapa diantaranya adalah:

1. Kalkulasi Bidang Keuangan

Kamu bisa membuat dokumen, laporan keuangan, hingga pembukuan catatan kas dengan menggunakan Excel. Dengan fungsi dan fiturnya yang beragam, kamu bisa langsung melakukan kalkulasi laporan keuangan secara digital.

2. Pembuatan Dokumen Date and Time

Tidak semua aplikasi bisa digunakan untuk membuat dokumen berformat waktu dan tanggal. Excel merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan fitur ini, kamu bisa menggunakan fungsinya untuk pembuatan laporan harian, transmittal ataupun update file secara efisien.

3. Perhitungan Matematika

Rumus yang terdapat di Excel cukup lengkap, tidak hanya penjumlahan, perkalian ataupun pembagian sederhana saja. Kamu bisa menggunakan rumus mencari rata rata, if ataupun mengurutkan data angka. Semua perhitungan yang dilakukan bisa disimpan dengan lebih mudah.

4. Pengumpulan dan Analisa Data

Selanjutnya adalah kegunaan Excel untuk pengolahan dan proses analisis data. Kamu bisa memanfaatkan fitur mean ataupun median untuk melakukan perhitungan data secara menyeluruh. Misalnya mencari nilai rata rata dari data survey yang sudah didapatkan.

5. Mengolah dan Mengumpulkan Data

Kegunaan Microsoft Excel lainnya adalah mengolah dan mengumpulkan data, sehingga kalkulasi database bisa dilakukan lebih mudah. Hanya dengan satu data, kamu bisa mencari nilai maksimal, minimal, hingga nilai rata rata dari data yang sudah didapatkan.

6. Mengelola Sumber Referensi

Berikutnya adalah kegunaan Excel untuk bidang pengelolaan sumber referensi. Data yang sudah didapatkan akan diolah sesuai dengan dokumen lain sebagai sumber referensi. Teknis penulisan dan pengelolaan tentunya lebih mudah untuk dilakukan.

7. Mengelola Data Berformat Teks

Kamu bisa menggunakan Excel untuk mencari teks tertentu, baik di dalam range, cells, maupun kolom. Kamu bisa memanfaatkan fitur find and search yang ada di dalam menu view untuk memudahkan pencarian.

8. Mengoperasikan Tabel Grafik dan Statistika

Pengolahan data yang sudah dalam bentuk grafik dan statistika memang mudah, namun ketika masih dalam data mentah, tidak semua aplikasi bisa mengolahnya. Excel merupaan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah data mentah atau jadi untuk grafik maupun statistic.

Tips Menggunakan Microsoft Excel

Tips Menggunakan Microsoft Excel

Setelah mengetahui kegunaan Microsoft Excel, mungkin kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi pengolah angka ini. Jangan khawatir, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar lebih mudah dalam pemakaiannya.

1. Kalkulasi Cepat dengan Autosum

Selain bisa digunakan untuk mengolah perhitungan dasar, kamu juga bisa menggunakan Excel untuk melakukan kalkulasi hitung cepat. Caranya dengan menggunakna fitur autosum. Fitur ini akan melakukan kalkulasi secara otomatis tanpa memasukkan rumus perhitungan.

2. Otomasi Data dalam Sel

Otomasi data di dalam Excel juga bisa dilakukan, dengan begitu kalau kamu ingin menambah data, kamu tidak perlu mengetik secara manual. Misalnya, kamu ingin membuat angka beurutan, caranya ketik angka 1 dan 2, kemudian blok cells dan geser, nantinya angka akan tertulis secara otomatis.

3. Format Data

Data yang berbeda tetap bisa diolah dengan fitur format data yang ada di Excel. Misalnya, angka yang kamu masukkan sebelumnya adalah 100 %, kamu harus menggantinya dengan Rp. 100. Cukup ketikkan angka 100 kemudian pilih format Number yang tersedia di menu Home.

4. Membuat Tabel

Kegunaan Microsoft Excel tidak hanya pengelolaan angka saja, Excel juga bisa digunakan untuk membuat tabel otomatis. Tabel otomatis bisa kamu buat dengan memilih menu Insert dan menekan menu Table yang ada. Kamu juga bisa mengatur berapa jumlah kolom dan tabel yang hendak digunakan.

Excel akan membantu kamu untuk menyelesaikan berbagai data angka dengan lebih ringkas, tanpa perlu perhitungan secara manual. Agar kamu lebih ahli menggunakan Excel, kamu bisa belajar Excel mulai dari sekarang.

Simak juga: Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

Penjelasan terkait dengan kegunana Microsoft Excel diatas semoga bisa membantumu. Belajar Excel memang tidak bisa dilakukan secara spontan dan langsung, ada baiknya kamu belajar secara bertahap untuk menguasai seluruh fungsi dan rumusnya atau bisa kunjungi grup telegram https://t.me/loopcoid, selamat mencoba!