Apa Itu WPS?

Apa Itu WPS? WPS (Wi-Fi Protected Setup) merupakan sebuah sistem keamanan yang dibuat untuk Wi-Fi. Sistem keamanan ini berfungsi untuk menghubungkan router Wi-Fi dengan perangkat penerima Wi-Fi seperti smartphone sehingga menjadi lebih aman, cepat, dan mudah. WPS hanya dapat berjalan pada perangkat yang sudah didukung oleh keamanan WPA Personal dan WPA2. Sistem WPS tidak dapat bekerja atau tidak dapat mendukung perangkat yang menggunakan sistem keamanan WEP. Fitur WPS juga sudah biasa ditemukan pada perangkat router Wi-Fi yang biasa terpasang di rumah.

Jika ingin terhubung pada jaringan Wi-Fi yang menggunakan proteksi berupa password, biasanya pengguna harus mengetahui password yang terpasang pada Wi-Fi tersebut. Dengan adanya WPS, pengguna sudah tidak perlu lagi mengetikkan password karena pengguna hanya perlu melakukan scan Wi-Fi pada perangkat smartphone yang digunakan. Cukup tekan WPS pada router Wi-Fi yang sudah memiliki fitur WPS. Namun, penggunaan WPS ini tidak semudah yang bisa dibayangkan. Dalam beberapa kali percobaan pun pengguna bisa saja tetap gagal dalam menggunakan fitur WPS ini.

Apa Itu WPS? 

WPS merupakan standar jaringan nirkabel yang berfungsi untuk membuat koneksi antara router dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna sehingga koneksi menjadi lebih cepat, mudah, dan aman. WPS merupakan singkatan dari Wifi Protected Setup. WPS diperkenalkan ke seluruh pengguna pada tahun 2007 oleh Wi-Fi Alliance. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna terutama pengguna Wi-Fi di rumah yang tidak terbiasa menggunakan password jaringan nirkabel atau tidak ingin melakukan pengaturan keamanan Wi-Fi yang sulit. Dengan menggunakan WPS memungkinkan pengguna agar cepat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Sistem keamanan WPS hanya dapat bekerja pada keamanan WPA Personal dan WPA2. Sedangkan WEP tidak mendukung. WPS umumnya dipakai pada router – router yang dipakai di rumah atau router fasilitas public yang menyediakan Wi-Fi gratis. Namun, tidak semua router menggunakan WPS. Ketika ingin terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang dilindungi atau terproteksi menggunakan password, pengguna harus memasukkan password terlebih dahulu. Jika menggunakan WPS, pengguna hanya cukup menekan tombol WPS pada router Wi-Fi.

Bagaimana Cara Kerja WPS

Bagaimana cara kerja WPS? Cara kerja WPS terdiri dari dua cara. Cara pertama dengan menggunakan push button atau dapat menekan tombol konfigurasi WPS. Sebelum melakukan cara ini, pengguna terlebih dahulu harus memastikan bahwa perangkat yang yang akan digunakan sudah didukung oleh fitur WPS. Contohnya, pengguna harus menghidupkan fitur Wi-Fi terlebih dahulu pada smartphone. Pengguna dapat membuka menu pengaturan Wi-Fi kemudian mengaktifkan tombol WPS. Setelah itu pengguna dapat menekan tombol QSS yang terdapat pada router atau modem. Kedua perangkat akan saling mendeteksi satu sama lain.

Cara kedua yakni dengan menggunakan entry PIN atau disebut dengan Personal Identification Number. PIN ini digunakan untuk menjamin keaslian dari perangkat atau mencegah masuknya perangkat yang tidak diinginkan. PIN ini nantinya akan melakukan enkripsi data serta autentikasi perangkat. Pengguna dapat masuk ke menu pengaturan Wi-Fi dan mengaktifkan Entry Pin WPS. Setelah itu pengguna dapat beralih dengan memasukkan PIN yang tampil pada menu QSS pada router yang sedang digunakan. Setiap perangkat yang terdeteksi oleh WPS Mode akan mengirim request PIN agar dapat bergabung pada jaringan Wi-Fi.

Keunggulan dan Kelemahan WPS

WPS ternyata memiliki kelebihan dan kelemahan juga. Kelebihan WPS adalah WPS dapat membuat koneksi atau sambungan Wi-Fi antara router dengan perangkat yang digunakan sehingga dapat mempermudah pengguna. Beberapa router sudah support atau didukung oleh sistem operasional lama hingga yang terbaru seperti Windows 10, Windows 8, Windows Vista, bahkan hingga Windows XP. Untuk perangkat android, tersedia mulai dari Android 4.0 Ice Cream hingga Android 7.0 Nougat. Pada Blackberry tersedia versi 6 hingga versi yang terbaru. Untuk kelemahan dari WPS adalah sebagai berikut

  1. Jaringan WiFi pada router yang menggunakan fitur WPS biasanya memiliki keamanan yang sangat rapuh. Dengan berbagi koneksi internet melalui Wi-Fi menggunakan fitur WPS akan sangat rentan mengalami pembobolan password Wi-Fi.
  2. Membutuhkan pengaturan keamanan password WiFi tambahan agar tidak rentan dibobol. Selain itu sudah banyak aplikasi yang dapat membobol jaringan ini.

Fungsi Dari WPS

WPS memiliki cara kerja sederhana dengan bekerja pada perangkat yang mendukung sistem WPS serta tombol konfigurasi. Fitur WPS digunakan untuk sistem keamanan sebagai pengganti kata sandi atau password. Pada setting normal, perangkat tidak dapat terhubung pada jaringan Wi-Fi kecuali pengguna mengetahu informasi jaringan tersebut seperti nama jaringan, SSID, dan password atau sering disebut dengan WPA – PSK. Ketika sudah menemukan jaringan Wi-Fi, pengguna harus memilihnya dan menginput password yang sudah diatur agar terhubung. Pada bagian ini lah WPS bekerja, yakni proses koneksi yang dilakukan menjadi lebih sederhana dan simpel.

Sistem Operasi yang Mendukung WPS

Tidak dapat disangkal bahwa WPS merupakan salah satu operasi yang sangat populer karena sangat sering ditemui pada perangkat yang digunakan. Namun, WPS tidak dapat digunakan pada beberapa OS atau Sistem Operasi. Sistem operasi yang tidak mendukung WPS adalah OS X, Windows Phone, Linux, serta iOS dari Apple. Untuk Windows dan Android sudah didukung oleh WPS.

Cara Menyambungkan Koneksi Jaringan WiFi dengan WPS

 

Cara yang sudah dijelaskan di atas secara singkat terkadang memiliki kendala seperti Wi-Fi tidak berhasil terhubung dengan perangkat yang sedang digunakan. Untuk itu diperlukan cara yang lengkap agar koneksi yang dilakukan berhasil dan berjalan dengan lancar. Berikut merupakan langkah-langkah pada koneksi internet Wi-Fi dengan menggunakan WPS.

  1. Nyalakan Wi-Fi pada perangkat yang sedang digunakan baik laptop maupun smartphone. Kemudian lihat pada menu “Option”. Pada menu option ini terdapat pada layer sebelah kanan di bagian atas. Setelah memilih menu option, akan terlihat beberapa opsi pilihan yang ditampilkan. Kemudian pilih opsi “Advanced” dan biasanya opsi ini terletak pada bagian menu paling bawah daripada opsi – opsi lainnya.
  2. Kemudian pada “Advanced” ini pilih menu “WPS Push Button” yang terletak pada bagian bawah.
  3. Setelah itu perangkat yang digunakan akan melakukan scanning jaringan Wi-Fi yang tersedia pada area tempat berada. Ketika proses ini berlangsung, pengguna harus sambal menekan tombol WPS yang terdapat pada router Wi-Fi.
  4. Setelah tombol WPS selesai ditekan, akan muncul peringatan atau notifikasi bahwa jaringan Wi-Fi tersebut telah terhubung antara perangkat yang sedang digunakan dengan router Wi-Fi. Kemudian klik Done atau OK. Koneksi jaringan Wi-Fi kini sudah dapat digunakan dan dinikmati oleh perangkat yang digunakan.

Manfaat WPS di Smartphone

Ada beberapa manfaat WPS dalam koneksi Wi-Fi. Selain untuk menjaga keamanan password Wi-Fi, WPS juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Berikut merupakan beberapa manfaat dari WPS yang dapat dinikmati oleh para pengguna WPS.

  • Dalam proses menghubungkan Wi-Fi dengan smartphone atau perangkat lain yang sedang digunakan menjadi lebih aman, mudah, dan cepat hanya dengan melakukan scanning perangkat dan Wi-Fi.
  • WPS bermanfaat untuk menjaga keamanan password Wi-Fi serta keamanan lainnya dari pengguna lain (Pengguna yang tidak menggunakan WPS).
  • WPS sudah mendukung semua perangkat Android dan iOs.

Cara Menggunakan WPS Connect Agar Terhubung Pada Wi-Fi

Untuk menggunakan WPS, bukan hanya dengan scan Wi-Fi pada smartphone kemudian memilih Wi-Fi tertentu dan menekan tombol WPS pada router. Terdapat langkah – langkah penggunaan WPS yang benar. Berikut merupakan langkah – langkah penggunaanya agar dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

  1. Hidupkan Wi-Fi pada perangkat smartphone atau perangkat lainnya yang sedang digunakan. Kemidian cari menu “More Option”, biasanya terletak pada bagian kanan atas pada layar. Kemudian klik medu “Advanced”.
  2. Kemudian klik menu “WPS Push Button” yang terletak pada bagian paling bawah menu.
  3. Setelah itu, perangkat yang digunakan akan melakukan scanning terhadap jaringan Wi-Fi yang tersedia. Ketika proses ini sedang berjalan pengguna harus menekan tombol WPS yang terdapat pada router Wi-Fi. Tak lama setelah pengguna menekan tombol WPS, perangkat yang digunakan akan otomatis terhubung dengan router yang digunakan. Kemudian klik OK atau Done jika pengguna sudah mendapatkan koneksi Wi-Fi pada smartphone.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi ID Tidak Bisa Login

Cara Menghubungkan WPS Connect pada Windows 10

Langkah pertama, buka daftar jaringan nirkabel Wi-Fi yang tersedia pada laptop. Untuk membuka daftar jaringan nirkabel yang tersedia dapat melakukan klik pada ikon nirkabel pada area notifikasi desktop atau pada bagian pojok kanan bawah layar. Layar akan menampilkan seluruh jaringan Wi-Fi yang tersedia pada area. Klik salah satu jaringan yang ingin digunakan dengan melakukan klik pada nama jaringan. Klik Connect.

Langkah selanjutnya, akan terlihat bahwa jaringan akan meminta untuk memasukkan password atau kata sandi. Jangan memasukkan sandi karena kita akan menggunakan WPS Connect.

Kemudian pergi ke router Wi-Fi atau titik akses nirkabel. Tekan tombol WPS dan tahan selama beberapa detik. Tombol ini dapat ditemukan pada bagian belakang router atau pada bagian sisi lainnya. Tombol WPS dapat terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


Pada beberapa router Wi-Fi, tombol WPS tidak menggunakan label teks WPS. Jika tidak memiliki teks WPS, pengguna dapat mencari tombol seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah beberapa detik, pada desktop akan terlihat secara otomatis bahwa Windows 10 menerima pengaturan dari router Wi-Fi yang digunakan. Desktop dengan router akan terhubung secara otomatis tanpa perlu memasukkan kata sandi Wi-Fi atau password Wi-Fi.

Sekarang desktop sudah terhubung antara Wi-Fi dengan router menggunakan WPS. Ketika ingin melakukannya kembali di lain waktu, pengguna sudah tidak perlu lagi menekan tombol WPS pada router lagi. Router telah mentransfer seluruh pengaturan yang diperlukan ke Windows 10 yang digunakan, termasuk password yang digunakan. Windows 10 sudah menyimpan seluruh detail informasi yang digunakan secara otomatis sehingga ketika pengguna tidak perlu lagi melakukan koneksi ulang pada jaringan yang sama.

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi

Penutup

Demikianlah informasi mengenai apa itu WPS, apa manfaat WPS, serta bagaimana cara menggunakan WPS pada perangkat. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan pengguna mengenai WPS serta mempermudah pengguna pemula yang ingin tahu cara menggunakan WPS pada perangkat. Selamat mencoba!