Apa Itu Ambigu

 

Ambigu – Bahasa merupakan sebuah cara orang untuk berkomunikasi, seiring berkembangnya sebuah waktu banyak sekali hal-hal yang telah muncul menggunakan bahasa-bahasa kekinian ataupun bahasa yang disebut keren yang dapat membuat orang-orang yang kurang update menjadi tidak tahu dengan arti bahasa yang baru digunakan tersebut. Kalian pernah bukan, mendengarkan sebuah kata ambigu. Tapi apasih yang dimaksud ambigu?

Jika kalian masih belom mengerti tentang sebuah kata ambigu ini, maka pada artikel ini saya akan menjelaskan sedikit informasi mengenai sebuah kata tersebut. Bagi para warga Indonesia, pasti sering bukan kalian menggunakan sebuah bahasa utama.

Hal tersebut, akan menyebabkan kalian sedikit bingung mendengarkan kata badai termasuk kata “ambigu“. Maka dari itu, jika kalian penasaran dengan kata ini simaklah artikel berikut.

Apasih Yang Dimaksud Ambigu?

Secara umumnya, ambigu memiliki sebuah arti yaitu sebuah kondisi yang tidak tau pastinya ataupun jelasnya untuk di pahami oleh seorang yang bisa menyebabkan salah satu tafsir ataupun multitafsir.

Hal ini menyebabkan sebuah keraguan dan juga ketidak jelasan bagi orang-orang lain. Jika kalian ingin menghindari kata ambigu ini, maka kalian harus mengerti dengan lebih jauh lagi tentang pengertian kata ini.

Ambigu adalah sebuah kata yang telah digunakan untuk menggambarkan suatu ungkapan yang memiliki lebih dari satu makna ataupun makna ganda sehingga dapat mengarah pada sebuah ambiguitas, hal ini juga digunakan untuk kata keraguan dengan suatu pemaham mengenai sebuah kalimat.

Dalam sebuah keraguan, ataupun ambiguitas sebuah frasa ataupun kata yang biasa menjadi ambigu karena telah terstruktur dengan sebuah kalimat yang sudah salah intonasi dan juga pada pada kata penggunaannya.

Menurut KBBI, ambigu memiliki sebuah arti yaitu, suatu kondisi yang bermakna lebih dari satu, bermakna ganda. Kata ambigu seringkali menyebabkan banyak orang salah paham antara orang yang lainnya.

Maka dengan itu, jika kalian sedang berkomunikasi dan ingin menggunakan kata-kata ini maka kalian harus menggunakan kata ini dengan tepat. Hal ini juga biasa terjadi pada kalimat yang ada di media cetak atau elektronik.

Jenis-jenis Sebuah Kalimat Ambigu

  1. Ambiguitas Fonetik, Fonetik ambigu merupakan sebuah jenis kata ambigu yang terjadi di karenakan sebuah persamaan bunyi kata yang sedang diucapkan. Ambigu Fonetik juga biasa keluar pada percakapan yang kita gunakan sehari-hari seperti “Mega memberitahu Lia”. Dalam kata memberitahu tersebut, kalian dapat mengartikannya dengan memberikan sebuah informasi ataupun makanan.
  2. Ambiguitas Gramatikal, merupakan sebuah jenis bigu yang terjadi di saat adanya proses tata letak kebahasaan. Pada dasarnya, ambiguitas Gramatikal ini akan hilang jika sudah tidak ada masukan kedalam konteks kalimatnya. Contoh katanya adalah ‘angkat tangan’, ia termasuk dalam kata ambiguitas Gramatikal karena kata tersebut memiliki 2 buah arti. Arti dari kata tersebut yaitu, menyerah dan mengangkat tangan. Jika di buat kalimat maka ia hanya memiliki 1 arti.
  3. Ambiguitas Leksikal, yaitu merupakan sebuah jenis ambigu yang telah terjadi karena adanya sebuah kata yang telah memiliki lebih dari satuan makna. Ambiguitas Leksikal juga terjadi dikarenakan sebuah faktor Yanga ada dalam kata itu sendiri contohnya yaitu “genting”. Genting ini memiliki sebuah arti yaitu, nama atap dan gawat.

Nah itulah beberapa jenis-jenis kalimat ambigu. Kalian harus memahami beberapa jenis-jenis katanya agar mempermudah kalian dalam berbicara menggunakan kata ini. Ambiguitas juga bisa terjadi di karenakan beberapa buah faktor penyebabnya. Jika kalian ingin mengetahui beberapa faktor terjadinya kata ini, berikut adalah bebera faktor penyebab ambigu.

1. Faktor Susunan Kata

Faktor yang menyebabkan terjadinya kata ini adalah karena sebuah faktor susunan kata ataupun sintaksis. Faktor sintaksis inilah merupakan sebuah penyebab terjadinya kata ambigu ini. Hal itu juga terjadi karena adanya susunan yang ada pada setiap kalimat. Agar kalian lebih mudah paham, berikut contohnya :

“Lisa memiliki kepala yang sangat keras seperti batu, sehingga ia dapat memecahkan batu bata dengan menggunakan kepalanya”, Kat keras kepala memiliki sebuah arti yang berbeda tentunya. Makna kata keras kepala juga bisa saja berubah, jika akan terjadi perubahan pada susunan kata yang telah ada pada kalimatnya.

2. Faktor Struktural

Faktor penyebab yang lainnya yaitu terjadinya ambigu di karenakan oleh faktor Struktural. Faktor Struktural juga merupakan sebuah faktor yang menjadi salah satu penyebab ambigu karen pilihan strukturnya terdapat pada satu kalimat yang digunakan. Jika kalian kurang paham, maka kalian bisa melihat contoh di bawah ini.

“Cinta, adik Rara, saat ini di rawat di rumah sakit Moewardi di solo”, kalimat ini menunjukan jika cinta dan juga adik Rara sedang di rawat di rumah sakit Moewardi di solo. Jika kalimat di ganti menjadi “Anton, adik, Rara saat ini di rawat di rumah sakit Moewardi di solo”, maka kalimat ini akan menunjukkan bahwa ketiga orang sedang di rawat di rumah sakit Moewardi di solo.

3. Faktor Morfologi

Faktor Morfologi ambigu merupakan sebuah penyebab terjadinya kata tersebut, yang di karenakan sebuah sumbernya telah berasal dari kata pembentukan yang ada pada kata itu sendiri. Hal ini sering kali muncul pada percakapan yang kalian gunakan setiap harin. Jika kalian masih kurang mengerti, maka kalian bisa melihat salah satu contoh kata di bawah ini.

“Mita sedang berada di depan pintu rumahnya, hal itu membuatnya mengalami masuk angin dan juga demam” , “Di malam Minggu kemarin mita membuka pintu rumahnya kemudian masuk  angin kerumahnya yang sangat kencang”.

Masuk angin dalam kedua kata di atas, memiliki sebuah makna yang berbeda. Hal ini, yang dapat menyebabkan kedua kata tersebut dapat menjadi sebuah pembentukan kata ambigu.

Dari contoh-contoh kalimat yang telah ada diatas, dapat memudahkan kalian untuk mengerti beberapa faktor-faktor kata ambigu. Di atas juga telah jelas tentang struktur kalimat yang dapat berpengaruh pada sebuah makna dari suatu kalimat yang telah kalian baca.

Ambigu juga bisa di artikan sebagai ketaksaan informasi dalam gambar, kata-kata maupun medis lain, yang merupakan kemampuan mengekspresikan lebih dari satuan penafsiran.

Ada juga orang yang menyebutkan bahwa ambigu merupakan konsep yang mungkin diinginkan dalam sebuah ide, sastra, seni, ternyata, musik bahkan hingga matematika. Kadang juga, kata ini menjadi salah satu cara memberikan kompleksitas dan juga kedalaman dalam suatu karya. Ambigu juga sangat penting dan merupakan bagian dari ketatabahasaan yang bisa dibilang penting dipelajari.

Ambiguitas juga biasanya dianggap sebagai sebuah kekurangan dalam menulis, banyak juga para penulis menggunakan sebuah teknik ini untuk dapat memungkinkan mereka dalam berbagai cara yang telah digunakan. Ambiguitas juga merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu, ambiguity yang memiliki arti konstruksi yang dapat di tafsirkan lebih dari satuan arti.

Sebuah frase, kata maupun kalimat dapat bersifat ambigu jika memiliki lebih dari satuan artinya. Adanya sebuah kalimat ambigu ini, juga dapat menimbulkan sebuah kesalahan jika saat kalian menafsirkan isi ataupun maksud dari sebuah bacaan ataupun kalimat.

Kalian dapat menemukan kata tersebut di dalam bahasa yang telah disampaikan secara lisan maupun dengan tertulis. Ambiguitas juga bisa menjadi suatu hal yang baik, apalagi jika dalam sebuah dongeng maupun puisi.

Penutup

Kata ambigu juga sering kali timbul di dalam berbagai tuturan ataupun variasi tulisan. Nah maka dari itu kalimat ini memiliki banyak sekali makna. Kalian harus memahami dengan baik artikel ini untuk memahami kata ambigu.

Simak dengan benar artikel ini dan semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalia, sampai jumpa dan sampai bertemu di artikel selanjutnya hanya di loop.co.id