4 Cara Melakukan Wrap Text Excel dan Penyebabnya Jika Tidak Berfungsi

 

Dalam artikel kali ini kamu akan mengerti mengenai  pengertian, cara, serta fungsi wrap text Excel. Fitur ini bisa dibilang menjadi salah satu yang banyak disukai dan penting dalam mengatur tampilan data agar lebih baik.

Dengan adanya fitur ini, tampilan data yang kamu telah buat di Microsoft Excel dijamin pasti akan lebih rapi lagi. Sebab fitur ini akan menyesuaikan panjang text dengan cell ataupun kolom dimana text ini berada.

Secara pengaturan awal, Microsoft Excel akan menampilkan data teks dalam sebuah baris di dalam cell. Bagaimanapun panjangnya teks tersebut, maka akan terpotong pada cell dan ini akan membuat tampilan data menjadi berantakan. Disinilah fitur wrap text sangat di perlukan. Berikut ulasannya.

Fungsi Wrap Text Excel

Fungsi Wrap Text Excel

Wrap text merupakan sebuah ikon yang terdapat pada menu Home dalam group Align di software Microsoft Excel, yang manakegunaannya yaitu untuk mengatur teks supaya menyesuaikan lebar kolom, sehingga nanti tulisan bisa terlihat dan terbaca semua.

Pada Microsoft Word, fungsi warp text yaitu dipakai untuk mengatur posisi objek gambar supaya tidak tabrakan dengan teks. Sementara pada Microsoft Excel, fungsi wrap text yang ada pada group Alignment yaitu untuk mengatur teks supaya menyesuaikan lebar kolom dimana tulisan bisa terbaca semua.

Fitur wrap text ini sendiri tentunya akan membantu kamu untuk membuat teks agar menjadi tidak terlalu panjang tampilannya. Dengan demikian, akan lebih mudah kelihatan pada cellnya. Caranya, dengan membagi tulisan yang jika terlalu panjang ke baris di bawahnya.

Jadi, data kamu tetap bisa mudah terlihat oleh siapa pun. Dan ini akan semakin mempermudah pengeditan juga. Isi teks panjang ini mungkin bisa kelihatan jika cell di kanan teks masih kosong.

Namun, kalau cell di sebelah kanan text juga berisi text, maka pasti teks yang di sebelah kiri tidak akan kelihatan. Inilah yang harus kamu perhatikan dahulu.

Intinya adalah dalam Excel, pada satu titik tertentu dimana ketika menginginkan lebar kolom yang sama, tulisan kadang tidak muat atau melebar ke samping. Supaya bisa menyesuaikan lebar dari kolom tersebut maka harus menggunakan fitur Wrap text.

Baca juga: Cara Menjumlahkan Di Excel

Cara Melakukan Wrap Text Excel

Setelah mengetahui apa saja fungsi wrap text Excel, selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana cara mengaplikasikannya, dimana ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Diantaranya:

1. Dengan Perintah Di Tab Home

Dengan Perintah Di Tab Home

Cara pertama untuk melakukan wrap text yaitu dengan perintah di menu home. Langkahnya sebagai berikut :

  • Sorot cell dimana kamu ingin melakukan wrap text ini.
  • Selanjutnya, pastikan Kamu sudah klik tab home di kiri atas. Berikutnya, klik tombol wrap text.
  • Selesai. Text di dalam cell selanjutnya akan menyesuaikan dengan ukuran lebar kolom.

2. Dengan Perintah Shortcut

Dengan Perintah Shortcut

Jika kamu ingin cepat melakukan wrap text Excel tanpa harus menggunakan mouse, maka bisa pakai shortcut. Langkah praktisnya yaitu:

  • Kamu bisa sorot cell data yang ingin diaktifkan fitur wrap text ini.
  • Berikutnya, tekan secara berurutan Alt+H+W. Ingat, tekannya berurutan dan jangan secara bersamaan.
  • Kamu bisa melihat bahwa teks yang ada di sel sudah mengikuti lebar kolom.

3. Dengan Perintah Format Cells

Dengan Perintah Format Cells

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara format cells yang ada di Microsoft Excel. Panduan langkahnya sebagai berikut :

  • Kamu bisa menyorot cells yang mengandung data dan ingin diaktifkan wrap text disana.
  • Berikutnya, kamu bisa klik kanan atau menekan ctrl+1. Kemudian, cari pilihan format cells dan klik.
  • Selanjutnya, cari tab alignment yang ada pada dialog box. Berikutnya, bisa centang checkbox wrap text yang ada pada pilihan di sana.
  • Klik ok untuk menyelesaikannya, maka, tampilan teks di cell akan menyesuaikan dengan lebar.

4. Melakukannya Secara Manual

Melakukannya Secara Manual

Cara lain untuk melakukannya yaitu dapat dilakukan secara manual. Kamu dapat lakukan dengan cara enter di teks. Untuk perintahnya, dilakukan dengan menekan Alt+enter saat kursor ketik ada di depan teks yang ingin Kamu jadikan baris yang baru.

Secara otomatis, Excel akan menyesuaikan tinggi baris dan mengaktifkan wrap text. Jika kamu ingin kembali mengatur barisnya, maka tinggal meletakkan kursor ke dalam teks. Selanjutnya bisa membuat pengaturan sesuai keinginan.

Penyebab Tidak Bisa Wrap Text Excel

Penyebab Tidak Bisa Wrap Text Excel

Apakah kamu merasa sudah mengaktifkan fitur wrap text pada file mu namun masih tidak terlihat tampilan secara keseluruhan? Atau mungkin kamu sudah menggunakan wrap text namun teksmu tidak memisahkan diri menjadi beberapa baris?

Ini adalah salah satu kasus yang sering terjadi saat bekerja dengan Microsoft Excel. Mungkin ada banyak dijumpai jika teks tersebut tidak bisa diberikan perintah wrap text Excel. Tentunya sejumlah hal bisa menyebabkannya, antara lain sebagai berikut:

Tinggi Baris Tidak Mencukupi

Pertama kamu harus cek dahulu tinggi baris tempat kamu menaruh teks dan mengaktifkan wrap textnya. Bisa saja tanpa sengaja, kamu sudah mengubah lagi tinggi barisnya, yang akhirnya membuat teks kembali menjadi tidak terlihat.

Apabila hal itu yang terjadi, maka segera perlebar tinggi barisnya sampai kamu bisa menampilkan seluruh isi dari teks itu.

Cell Merupakan Hasil Gabungan Beberapa Cell/merge Cells

Lalu kemudian silahkan cek cell tempatmu melakukan wrap text dan lihatlah apakah cell tersebut merupakan hasil dari merge cells.

Jika benar, maka kamu harus tahu jika Excel tidak akan otomatis memperlebar baris cell itu apabila kamu mengaktifkan wrap text.  Dalam arti, kamu harus melebarkannya sendiri supaya bisa melihat tampilan teks tadi secara keseluruhan.

Baca juga: Rumus Index Excel

Lebar Kolom Cukup untuk Memperlihatkan Semua Isi Teks

Apabila misalnya teks tersebut tidak memisahkan diri menjadi beberapa baris, maka terakhir coba cek lebar kolom tempat cell ituberada. Apakah kolomnya cukup lebar untuk memperlihatkan semua teks? Jika ya, maka wrap text tidak akan membuat teks terbagimenjadi beberapa baris.

Tujuan dari wrap text yaitu supaya teks tersebut bisa terlihat semua dalam cell termpatnya berada. Jika sudah melewati lebar kolom, maka wrap text tidak perlu membuat teks tadi terbagi menjadi beberapa baris.

Namun apabila kamu ingin membuat teks itu terbagi barisnya dengan wrap text, maka kamu cukup persempit kolom tersebut.  Atau bisa juga dengan melakkukan wrap text secara manual. Pertanyaannya adalah sudahkah kamu mengecek poin-poin di atas?

Jika wrap text tidak berfungsi, maka kemungkinan salah satu poin di ataslah yang menjadi penyebabnya. Sebagai catatan tambahan, pertimbangkanlah juga untuk melakukan merge cell. Cobalah menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dengan sejumlah cara wrap text Excel yang sudah dijabarkan di atas, tentunya akan semakin membuat data yang kamu buat lebih rapi. Bagi para pelajar, profesional, ataupun kamu yang masih pemula, jika bisa menampilkan data secara rapi tentu akan menjadi poin plus.