12 Urutan Zodiak Berdasarkan Tanggal Lahir dan Kepribadiannya

Urutan Zodiak – Zodiak atau ramalan bintang sering digunakan oleh sebagian orang untuk menentukan kepribadian manusia. Urutan zodiakditentukan dari penanggalan tahun Masehi sehingga jumlah zodiak yang dikenal terdiri dari dua belas nama. Meski cukup populer, masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Zodiak sendiri sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, tepatnya pada abad ke-4 sebelum Masehi di zaman Mesir Kuno. Setelah itu, bangsa Yunani mulai mengembangkan konsep zodiak ini merujuk adanya temuan 12 rasi bintang yang ada di langit.

Sampai akhirnya nama-nama zodiak tersebut digunakan untuk menyebut dua belas rasi bintang di luar angkasa yang bisa kita lihat dari bumi. Rasi bintang sendiri merupakan sekelompok bintang yang terlihat saling berdekatan dan membentuk pola tertentu di malam hari.

12 Urutan Zodiak Berdasarkan Tanggalnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penentuan zodiak didasarkan pada penanggalan tahun Masehi dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember. Berikut ini adalah daftar nama-nama zodiak yang ada beserta urutannya sesuai dengan penanggalan tahun Masehi:

1 – Aries (21 Maret – 19 April)

Aries (21 Maret – 19 April)

Zodiak yang pertama adalah Aries yang dilambangkan dengan domba jantan. Seseorang yang lahir di periode 21 Maret sampai dengan 19 April akan memiliki zodiak ini. Dengan simbol domba jantan, Aries diidentikkan dengan sifat kepemimpinan, percaya diri, berani dan menyukai tantangan.

Akan tetapi, di balik sifat-sifat tersebut, Aries juga memiliki sifat yang tempramental, suka terburu-buru, tidak sabar, serta impulsif. Untuk itu, diperlukan komunikasi yang baik untuk meredam amarah yang mungkin saja muncul dari orang-orang dengan zodiak Aries.

2 – Taurus ( 20 April – 20 Mei)

Taurus ( 20 April – 20 Mei)

Periode yang berikutnya, yaitu 20 April sampai dengan 20 Mei merupakan periode dari zodiak Taurus. Zodiak dengan lambang banteng ini mencerminkan sifat tenang, namun bisa sangat marah jika sampai ketenangannya diganggu. Karena itu, jangan coba untuk membuat dirinya terganggu.

Selain itu, seseorang dengan zodiak Taurus juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, sabar terhadap berbagai hal, serta cakap dalam mengerjakan sesuatu. Meski begitu, mereka juga memiliki sikap-sikap yang dapat merugikan orang lain seperti keras kepala, posesif, serta susah untuk diajak berkompromi.

3 – Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Urutan zodiak berikutnya yang berada di periode 221 Mei sampai dengan 20 Juni merupakan zodiak berlambang manusia kembar. Zodiak ini sangat suka dengan kebebasan serta merupakan seorang komunikator yang andal sehingga sangat wajar jika mereka mudah bergaul dan memiliki banyak teman.

Seorang Gemini juga mudah untuk beradaptasi dan suka dengan hal-hal baru, sangat penyayang, dan memiliki kemampuan belajar yang cepat. Meski begitu, mereka memiliki beberapa kelemahan seperti mudah grogi atau gugup serta kurang konsisten dalam menjalani sesuatu.

4 – Cancer (21 Juni – 22 Juli)

Cancer (21 Juni – 22 Juli)

Mereka yang lahir mulai dari tanggal 21 Juni sampai dengan 22 Juli akan memiliki zodiak Cancer. Dilambangkan dengan kepiting, seseorang dengan zodiak Cancer memiliki ciri yang tenang, sedikit pemalu dan juga setengah introvert.

Meski begitu, seorang Cancer sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi, tidak masalah bagi mereka untuk berada di mana saja karena kemampuan beradaptasi tersebut. Di samping itu, Cancer juga memiliki sifat perhatian, setia, serta persuasif atau pintar membujuk.

5 – Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Periode Leo adalah mulai dari tanggal 23 Juli sampai dengan 22 Agustus. Urutan zodiak setelah Cancer ini dilambangkan dengan wujud si raja hutan atau singa. Seperti simbolnya, seorang Leo memiliki karakter pemimpin yang penuh dengan rasa percaya diri.

Leo juga dikenal lucu, ceria dan senang berinovasi. Namun, di balik sifat-sifat tersebut, seorang Leo jika tidak bisa mengendalikan diri cenderung akan terlihat sombong, arogan, dan tidak bisa fleksibel. Untuk itu, perlu pengendalian diri agar sifat-sifat negatif dari Leo justru bisa membuatnya lebih baik.

6 – Virgo (23 Agustus – 22 September)

Virgo (23 Agustus – 22 September)

Zodiak berikutnya ada Virgo yang dilambangkan dengan sosok seorang perempuan. Zodiak yang berada di periode 23 Agustus sampai dengan 22 September ini dikenal tenang jika dilihat dari luar, tetapi memiliki banyak hal yang dipikirkan dari dalam dirinya.

Selain itu, seseorang dengan zodiak Virgo juga cenderung menjadi orang yang perfeksionis, berpikir sistematis, dan suka dengan hal-hal praktikal. Sisi lain dari Virgo yaitu memiliki sifat yang misterius dan juga sensitif untuk hal-hal tertentu.

7 – Libra (23 September – 22 Oktober)

Libra (23 September – 22 Oktober)

Seorang Libra lahir antara tanggal 23 September sampai dengan 22 Oktober. Zodiak ini dilambangkan dengan simbol timbangan yang tercermin juga pada sifat orang-orangnya. Mereka yang berzodiak Libra sangat memperhatikan keseimbangan dari berbagai aspek kehidupan.

Mereka juga selalu berusaha untuk menghindari konflik, tidak perlu berpikir lama untuk membantu orang lain, serta sangat suka untuk bersosialisasi. Semua itu mereka lakukan sesuai dengan porsinya, tedak lebih ataupun tidak kurang.

8 – Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Urutan Zodiak selanjutnya setelah Libra adalah Scorpio yang memiliki periode antara 23 Oktober hingga 21 November. Nama Scorpio sudah sangat populer dan hampir semua orang tahu jika zodiak ini identik dengan simbol kalajengking.

Karakteristik dari zodiak Scorpio adalah tangguh, menghargai persahabatan, ambisius dan pekerja keras. Di sisi lain, seorang Scorpio suka mengungkit-ungkit sesuatu yang sudah terjadi. Jadi, jangan sampai kamu membuat dia terluka karena hal itu akan membekas di dalam dirinya.

9 – Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Berikutnya ada zodiak Sagitarius yang dimiliki oleh orang dengan kelahiran di tanggal 22 November sampai dengan 21 Desember. Zodiak ini memiliki lambang Centaur atau sosok setengah manusia dan setengah kuda yang memegang panah.

Sagitarius memiliki karakteristik yang kreatif dan suka kebebasan, menyukai hal-hal baru, tidak suka dengan rutinitas. Di sisi lain, Sagitarius juga memiliki sisi lemah, yaitu tidak sabar yang kerap membuatnya salah dalam mengambil keputusan.

10 – Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

Periode dari zodiak ini berada di tanggal 22 Desember sampai dengan 19 Januari. Di posisi ke sepuluh ada Capriocorn yang merupakan zodiak berlambang kambing gunung, yaitu hewan yang akan terus berjalan sampai menuju puncak. Hal itu pula yang juga dimiliki oleh mereka yang memiliki zodiak ini.

Mereka sangat teguh dengan tujuannya dan selalu bekerja keras untuk mendapatkannya. Sayangnya, Capricorn cenderung tidak memperhatikan keadaan sekitar sehingga akan membuat usahanya sulit tercapai.

11 – Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

Kamu yang lahir pada tanggal 20 Januari sampai dengan 18 Februari akan memiliki zodiak Aquarius. Zodiak ini dilambangkan dengan sosok seorang laki-laki yang menumpahkan air dari wadahnya. Lambang ini menggambarkan bahwa seorang Aquarius rela melakukan sesuatu untuk orang di sekitarnya.

12 – Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Zodiak yang terakhir dan berada di periode 19 Februari – 20 Maret yaitu Pisces. Zodiak ini memiliki lambang ikan yang mencerminkan ketenangan sehingga mereka yang memiliki zodiak Pisces bisa menjadi seorang pendengar yang baik, serta bisa membuat orang lain merasa nyaman.

Simak juga: Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islami yang Cantik

Bagi sebagian orang, zodiak sangat sesuai dengan kepribadian seseorang yang digambarkannya. Meski begitu, sebagian orang lainnya merasa itu semua hanya kebetulan saja. Apapun itu, kamu bisa mempercayainya ataupun tidak. Kamu bisa membaca urutan zodiak di atas untuk mempelajarinya.