Ukuran Kartu Nama

Ukuran Kartu Nama – Disini akan memberikan penjelasan mengenai standart kartu nama yang sesuai SNI (Standar Negara Indonesia) baik itu dalam inchi, cm, pixellab, coreldraw, photoshop dan lain-lainnya.

Kartu nama adalah jenis kartu yang biasanya dipakai untuk penyampaian informasi baik dari pribadi atau perusahaan. Fungsi dari kartu nama adalah untuk memperkenalkan diri secara formal. Ukuran kartu nama yang digunakan biasanya berbeda-beda bergantung pada fungsi atau kebutuhannya.

Misalnya untuk para pebisnis, kartu nama ini tidak hanya sebagai identitas diri saja. Namun bermanfaat juga untuk hal lainnya misalnya memudahkan calon pembeli mengontak pebisnis tersebut, untuk kepentingan jual beli.

Sedangkan fungsi utama dari kartu nama itu sendiri adalah menjadi personal branding yang sifatnya eksklusif. Adanya kartu nama tersebut akan menunjukkan nilai profesionalitas kamu, sebagai pemilik kartu nama.

Kartu Nama dan Fungsinya

Kartu Nama dan Fungsinya

Klien atau konsumen pun akan lebih percaya pada pemberi kartu nama, karena ada identitas yang jelas di sana.

Pada saat kamu membuat desain untuk kartu nama maka pastikan bahwa di dalamnya sudah memuat beberapa aspek penting seperti tujuan, komitmen, dan juga kepribadian dari kualitas dan layanan produk yang kamu jual dalam bidang bisnis yang dijalankan saat ini.

Ukuran kartu nama yang kamu buat juga akan menjadi keputusan utama yang harus kamu tetapkan, saat akan membuat kartu nama. Maka pilih jenis kartu yang bahannya bagus, tebal, berkualitas, dan sesuai dengan brand produk yang kamu jual.

Kartu nama juga menjadi salah satu benda yang sifatnya esensial dan diperlukan oleh para pebisnis, atau bisa juga oleh para pekerja. Khususnya dalam hal tukar informasi ketika kamu membuat sebuah networking yang berkaitan dengan pekerjaan.

Maka sebelum kamu membuat ID Card pastikan dulu berapa standar ukuran yang tepat dari kartu nama, yang sesuai dengan profesi atau pekerjaan kamu saat ini.

Walaupun saat ini produk yang digunakan untuk berbisnis sudah berupa digital, tetapi pemakaian kartu nama masih digunakan sampai saat ini. Terutama dalam bidang bisnis, karena kartu nama tetap penting sebagai perkenalan diri.

Mencetak kartu nama tidak boleh dilakukan sembarangan atau begitu saja. Ketahui dulu standar ukuran dalam membuat kartu nama dan sesuaikan dengan kebutuhan atau jenis pekerjaannya.

Ukuran Kartu Nama yang Paling Banyak Digunakan

Jadi, ukuran berapa saja yang biasa digunakan pada kartu nama? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Ukuran 2″ x 3.5 ″ (5 cm x 8.8 cm)

Ukuran 2 x 3.5 (5 cm x 8.8 cm)

Ukuran yang satu ini adalah ukuran utama dalam pembuatan kartu nama dan yang paling populer atau terkenal di Amerika. Ukuran untuk kartu nama yang satu ini menjadi ukuran standar dari para perancang atau desainer kartu nama ternama.

Jika kamu bekerja di perusahaan yang masih mempertahankan cara kerja yang tradisional maka ukuran kartu nama ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Biasanya sebagian perusahaan telah menyediakan ukuran untuk kartu nama yaitu 2” x 3.5” secara khusus.

Ukuran tersebut memang dibuat khusus untuk para karyawannya. Hal itu disebabkan oleh ukuran untuk kartu tersebut memang ukuran kartu pada umumnya, yang biasanya memang digunakan oleh orang-orang yang bekerja di profesional industri.

2. Ukuran 2” x 2” (5 cm x 5 cm)

Ukuran 2 x 2 (5 cm x 5 cm)

Ukuran  2” x 2” yang satu ini merupakan ukuran pada kartu nama yang bentuknya kotak. Kartu ini juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin kartu nama untuk bisnis, atau jenis kartu nama yang berbeda dengan yang lainnya dan tampak lebih menonjol.

Ukuran untuk kartu nama ini akan sangat cocok jika digunakan oleh orang-orang yang bekerja di bidang industri seni, kreatif, fotografi, butik, film, desain grafis dan sebagainya.

Bentuk kartunya simetris, unik, dan akan memungkinkan pengguna untuk lebih mengekspresikan kreativitas dalam jenis atau bidang pekerjaan yang dijalankan saat ini.

Kartu persegi dengan ukuran 2” x 2” tersebut juga akan menjadi jenis kartu modern dan tampak lebih menarik.

3. Ukuran 2.17” x 35” (5.5 cm x 8.5 cm)

Ukuran 2.17 x 35 (5.5 cm x 8.5 cm)

Ukuran pada kartu nama berikutnya jauh lebih besar dibanding kartu dengan ukuran standar yang dimiliki oleh kartu nama Amerika Serikat. Namun ukuran kartu ini lebih populer atau dikenal di Eropa.

Ukuran tersebut juga akan menjadi pilihan terbaik untuk orang-orang yang sering melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Kamu bisa pertimbangkan kembali bagian pupa kartu yang ukurannya 2” x 3.5” dan juga kartu yang berukuran 2.17” x 3.35”.

Tambahkan juga sentuhan kreatif pada desain kartunya misalnya dengan membuat sebuah pernyataan secara vertikal, atau menambahkan fitur yang secara khusus misalnya membulat. Bisa juga dengan memilih bahan dasar kertas yang mengandung tekstur.

Baca juga: Ukuran Video Youtube

4. Ukuran 3.5“ x 4” (8.8 cm x 10.1 cm) dilipat menjadi 2” x 3.5” (5 cm x 8.8 cm)

Ukuran 3.5 x 4 (8.8 cm x 10.1 cm) dilipat menjadi 2 x 3.5 (5 cm x 8.8 cm)

Beberapa orang yang pekerjaannya sudah profesional, biasanya ingin memasukkan/menambahkan informasi yang lebih lengkap di kartu nama yang mereka gunakan.

Jenis kartu nama lipat yang trendi juga bisa menjadi pilihan yang gayanya modern, dengan menambahkan ruangan ekstra yang akan memberi pernyataan misalnya berupa foto, misi, ataupun detail lainnya yang lebih penting.

Kartu nama dengan ukuran ini juga bisa dimanfaatkan untuk kertas pengingat, dalam hal janji temu. Contohnya kartu nama yang biasa digunakan oleh sejumlah profesi misalnya dokter gigi, dokter kecantikan, dokter hewan, dan sebagainya.

Cantumkan juga detail kontak di salah satu bagian sisinya kemudian tambahkan kalender janji temu pada sisi yang lainnya.

5. Ukuran 1.75” x 3.5” (4.4 cm x 8.8 cm)

Ukuran 1.75 x 3.5 (4.4 cm x 8.8 cm)

Ukuran pada kartu nama ini lebih ramping bahkan menjadi pilihan yang populer untuk orang-orang yang ingin lebih fleksibel dalam menggunakan kartu bisnis. Kartu dengan ukuran dan model ini memang lebih ramping, serba guna dan juga modern.

Desainnya memang lebih kecil dan juga ramping, sehingga di dalamnya hanya akan memuat informasi yang terbatas dan sedikit sentuhan desain grafis.

Jika kamu ingin menggunakan kartu nama dengan ukuran ini tapi juga ingin menarik sedikit perhatian, tanpa harus menambahkan detail informasi pada produk/layanan yang kamu jual maka ukuran dan modelnya akan lebih pas.

Ukuran pada Kartu Nama yang Ideal dari Berbagai Negara

Setiap negara memiliki ukuran kartu nama yang standarnya berbeda-beda, seperti ukuran standar berikut ini:

1. Standar Nasional Indonesia

Standar Nasional Indonesia

Kartu nama dengan ukuran 9×5,5 cm atau 90×55 mm menjadi kartu nama yang ukurannya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia atau SNI.

2. Standar Jepang

Standar Jepang

Ukuran pada kartu dengan standar dari Negara Jepang hanya berbeda sedikit saja bagian lebarnya sekitar 1 mm, dengan ukuran standar SNI. Ukuran pada kartu nama Jepang adalah 91 x 55 mm.

Ketika kartunya dicetak maka tidak akan terlihat perbedaan antara standar kartu nama Jepang dengan Indonesia.

Baca juga: Ukuran Story Instagram

Masih banyak lagi standar ukuran kartu nama dari berbagai negara yang ada di dunia, yang biasa digunakan dalam pembuatan kartu nama di negara masing-masing. Perbedaan standar tersebut menjadi variasi yang unik antar standar ukuran di beberapa negara tersebut.