3 Langkah Mudah Atasi Tokopedia Server Error Tanpa Ribet

 

Loop.co.id – Tokopedia Server Error memang terkadang sering terjadi yang disebabkan oleh berbagai hal. Tidak hanya di dalam aplikasi Tokopedia saja akan tetapi ini juga berlaku di semua aplikasi.

Ada masa dimana aplikasi menjadi error, jadi tidak hanya Tokopedia Server Error saja yang bisa terjadi. Untuk mengatasi hal yang sudah terjadi tersebut kamu harus mengetahui penyebab terjadinya error.

Hal mudah dapat diatasi dengan mudah pula jika kamu mengerti bagaimana cara mengatasi Tokopedia Server Error. Baca penjelasan lengkap yang membahas mengenai Tokopedia Server Error di artikel ini.

Aplikasi Belanja Online Tokopedia

Aplikasi Belanja Online Tokopedia

Siapa yang tidak pernah mengenal atau menggunakan toko belanja online saat ini. Dimana semua dunia perbelanjaan kebanyakan sudah digantikan dengan jual beli secara online karena pilihan yang mudah.

Tidak perlu pergi ke sesuatu tempat lagi untuk mendapatkan barang yang sangat diidamkan oleh kamu. Hanya dengan menggunakan toko online kamu bisa langsung memenuhi keinginan kamu.

Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan dan juga paling banyak digunakan adalah aplikasi Tokopedia. Sebuah aplikasi yang menjadi salah satu jembatan antara para penjual dan para pembeli.

Tokopedia sudah menjadi sebuah aplikasi yang sangat nyaman digunakan dan juga terbilang aman. Kenyamanan dan keamanan para pembeli akan barangnya sudah dijaga ketat oleh Tokopedia.

Tidak perlu lagi kamu takut barang kamu tidak akan sampai ke tangan kamu karena sesuatu hal. Tenang saja, Tokopedia hingga saat ini masih menjadi aplikasi terpercaya bagi masyarakat terutama Indonesia.

Sebuah aplikasi yang didominasikan oleh warna hijau dengan gambar burung kecil yang sangat lucu. Di dalam sebuah aplikasi ini banyak yang bisa kamu lakukan tidak hanya membeli sebuah barang.

Untuk kamu yang baru sebagai pengguna Tokopedia harus mengetahui satu hal bahwa Tokopedia juga menjual banyak barang. Tidak hanya alat elektronik saja yang Tokopedia jual kepada pelanggan.

Memang sebagian orang sangat mengenal Tokopedia karena menjual barang elektronik yang sangat baik. Pengemasannya yang aman menjadikan Tokopedia aplikasi yang tepat untuk membeli elektronik.

Sebagai aplikasi jual online yang sangat dipercaya oleh banyak masyarakat terutama dikalangan masyarakat Indonesia. Menjadikan aplikasi ini banyak diminati oleh masyarakat hingga saat ini.

Sehingga aplikasi Tokopedia masih bisa bersaing hingga saat ini dengan aplikasi belanja online lainnya. Akan tetapi, pastinya Tokopedia Server Error juga pernah terjadi saat aplikasi digunakan.

Jangan heran jika aplikasi yang banyak penggunanya juga pernah mengalami error saat digunakan. Akan selalu ada yang namanya perubahan di dalam sebuah aplikasi atau biasa disebut dengan update.

Fitur Yang Diberikan Oleh Tokopedia Untuk Penggunanya

Fitur Yang Diberikan Oleh Tokopedia Untuk Penggunanya

Berbagai hal lain yang ingin kamu gunakan saat membuka sebuah aplikasi terutama saat membukanya. Maka dari itu, aplikasi Tokopedia juga menyediakan fitur menarik yang akan sangat memiliki fungsi.

Dengan begitu pengguna akan selalu betah saat membuka aplikasi Tokopedia saat ingin membeli barang. Penjual juga akan lebih senang jika banyak pengguna yang menggunakannya.

Bahkan tidak hanya pembeli saja, penjual juga memberikan fasilitas baik oleh para penjual. Fitur yang membantu para pengguna dengan para penjual adalah sebagai berikut:

1. Jangkauan Pasar Sangat Luas

Penggunanya yang banyak dapat diartikan bahwa Tokopedia memiliki cangkupan yang luas untuk penggunaan aplikasi ini.

Hampir diseluruh Indonesia bisa melakukan transaksi jual beli, sehingga kamu bisa membeli di daerah yang jauh sekalipun.

Dengan jangkauan pasar yang luas sangat membantu para penjual yang sedang mencoba jual barang dagangnya. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkan calon pembeli.

2. Dapat Membalas Melalui Notifikasi

Saat kamu sedang melakukan percakapan dengan penjual dan kamu tidak ingin membuka aplikasinya. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk kamu lakukan dengan Tokopedia.

Tokopedia saat ini sudah mengeluarkan fitur yang dapat digunakan untuk membalas pesan hanya lewat notifikasi. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot membuka aplikasinya.

3. Sebuah Fitur Tokopedia Play

Fitur terbaru yang ada di Tokopedia adalah sebuah fitur Tokopedia Play. Dimana fitur ini seperti fitur yang menyajikan berbagai video singkat menarik untuk disajikan ke pengguna.

Sehingga saat membuka aplikasi Tokopedia pengguna juga bisa menonton short video. Dengan begitu pengguna akan lebih lama membuka aplikasi Tokopedia ini.

Baca juga:Cara Isi Saldo Tokopedia

Penyebab Umum Yang Mengakibatkan Tokopedia Server Error

Penyebab Umum Yang Mengakibatkan Tokopedia Server Error

Beberapa dari kamu mungkin bingung dikarenakan Tokopedia Server Error saat menggunakan aplikasinya. Dikarenakan Tokopedia sendiri jarang error saat membuka aplikasinya.

Akan tetapi, ada suatu saat dimana Tokopedia Server Error yang dikarenakan oleh berbagai hal. Beberapa hal tersebut mungkin terlihat sepele tapi memang itulah yang menjadi penyebabnya.

Perhatikan penyebab yang menyebabkan aplikasi Tokopedia Server Error ini sehingga kamu bisa menghindarinya. Berikut merupakan penyebab umum dari Tokopedia saat sedang error aplikasinya:

1. Sinyal Internet Tidak Stabil Membuat Tokopedia Server Error

Salah satu hal yang paling umum terjadi yaitu dikarenakan oleh sinyal internet yang tidak bagus. Hal ini bisa saja mungkin di tempat kamu sedang hujan atau baru selesai hujan.

Mengakibatkan sinyal kamu sedikit lambat dan tidak stabil yang mengakibatkan Tokopedia Server Error. Dengan begitu kamu harus menunggu hingga sinyal internet tidak lagi jelek.

Baru kamu bisa membuka aplikasi Tokopedia kembali tanpa adanya sebuah gangguan. Hal lain bisa dikarenakan kamu lupa mengisi kuota kamu atau kuota yang kamu miliki sudah habis.

Ini merupakan hal yang sepele akan tetapi sangat sering terjadi oleh kita saat membuka sebuah aplikasi. Dengan memeriksa sebuah jaringan internet mungkin bisa menjadi solusinya.

2. Tokopedia Server Error Saat Memori Handphone Terlalu Penuh

Penyebab lain yang menyebabkan tokopedia tidak bisa dibuka adalah memori handphone kamu yang penuh. Saat memori handphone penuh biasanya akhirnya aplikasi menolak untuk terbuka.

Dengan memaksakan terbukanya aplikasi mengakibatkan keburukan bagi handphone. Oleh karena itu, biasanya dibuat agar aplikasi tidak bisa dibuka untuk mengurangi beban memori.

Hal ini sangat sering terjadi karena terkadang memori yang digunakan sudah penuh dan tidak ada memori cadangan. Ketika memori penuh maka handphone menjadi sangat berat.

3. Adanya Pembaharuan Di Dalam Aplikasi Tokopedia

Setiap aplikasi memiliki sebuah pembaharuan karena semua ini ditujukan untuk para pengguna agar bisa tetap setia menggunakan Tokopedia.

Aplikasi yang sangat baik adalah aplikasi yang selalu memenuhi semua kebutuhan penggunanya. Tak hanya itu, aplikasi juga harus mengikuti alurnya zaman yang berkembang.

Tidak boleh yang namanya ada ketinggalan saat mengoperasikan sebuah aplikasi terutama aplikasi belanja online. Sebuah aplikasi penting yang harus dimiliki saat ini dalam berbelanja.

Hal ini menjadikan terjadinya sebuah Error saat kamu ingin menggunakan aplikasi Tokopedia ini. Sehingga kamu harus menunggu beberapa saat sebelum menggunakan kembali aplikasinya.

4. Aplikasi Tidak Mendukung Di Handphone

Handphone yang kamu miliki tidak mendukung aplikasi Tokopedia ini juga bisa terjadi. Biasanya handphone yang kamu gunakan sudah lumayan lama sehingga spesifikasi tidak mendukung.

Saat aplikasi ini tidak bisa digunakan mungkin salah satu hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan web. Kamu bisa membuka aplikasi Tokopedia melalui webnya.

Sehingga kamu tidak perlu membeli handphone baru hanya untuk menggunakan tokopedia. Kamu bisa dengan nyaman menggunakan sebuah web.

Baca juga: Cara Memberikan Ulasan Di Tokopedia

Mengatasi Tokopedia Server Error Dengan Mudah

Mengatasi Tokopedia Server Error Dengan Mudah

Kesalahan yang terjadi sehingga Tokopedia tidak bisa dibuka atau Tokopedia Server Error masih bisa kamu tangani. Menangani hal ini juga bukanlah sebuah hal yang sangat sulit dilakukan sendiri.

Kamu bisa menangani ini hanya dengan melihat penjelasan di bawah ini bahkan hanya dengan beberapa langkah saja.

Dengan langkah itu, kamu bisa menggunakan kembali aplikasi Tokopedia seperti semula. Sehingga kamu tidak perlu lagi pergi menggunakan Web.

1. Kosongkan Memori Handphone Agar Tidak Terlalu Penuh

Saat kamu mengosongkan memori handphone biasanya aplikasi bisa langsung terbuka. Hal ini dikarenakan jika memori penuh maka handphone semakin berat sehingga aplikasi sulit dibuka.

Kamu bisa menghapus memori handphone kamu atau kamu juga bisa memindahkan beberapa file foto yang kamu miliki atau video.

Setidaknya kamu harus membiarkan handphone kamu hingga tidak ada sebuah pemberitahuan memori full. Jika masih muncul notif tersebut kamu harus tetap menghapus lagi file-file.

2. Lakukan Update Aplikasi Jika Tokopedia Server Error

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan update untuk aplikasi Tokopedia. Biasanya update yang tidak dilakukan juga membuat aplikasi ini tidak bisa digunakan sepenuhnya.

Dikarenakan aplikasi yang kamu buka bukan aplikasi yang paling terbarunya, sedangkan telah disediakan aplikasi terbarunya. Dengan begitu kamu tidak bisa membuka aplikasinya.

3. Menghapus Cache Aplikasi Tokopedia Saat Tokopedia Server Error

Cara terbaik yang sering digunakan yaitu menghapus cache dari Tokopedianya sendiri. Dengan menghapus cache aplikasi Tokopedia maka pengaturan akan terlihat seperti semula.

Tidak adanya histori pembelian, bahkan akun kamu akan keluar dengan sendirinya karena telah di hapus cache. Semua pengaturan menjadi diubah seperti pengaturan pabriknya.

Sehingga nantinya aplikasi ini bisa kamu gunakan kembali dengan baik dan benar. Untuk itu kamu bisa lihat bagaimana caranya:

  1. Pertama kamu pergi ke pengaturan yang ada di halaman handphone kamu
  2. Lalu cari menu aplikasi biasanya terdapat di bagian perawatan perangkat
  3. Pergi ke aplikasi Tokopedia setelah kamu menekan menu aplikasi
  4. Setelah itu kamu tinggal langsung tekan menu Hapus Cache, maka aplikasi sudah seperti awal di download

Baca juga:Cara Hapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Akhir Kata

Tidak perlu khawatir jika Tokopedia Server Error karena hal itu bisa saja terjadi di dalam penggunaan aplikasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan baca juga judul menarik lainnya di artikel ini!