Telegram Punya Fitur Terjemahkan Chat Secara Langsung, Ini Cara Aktifkannya

Rohmat Ardiyansyah

Loop, Jakarta – Dengan aplikasi chatting seperti Telegram, tidak jarang kita bertemu pengguna dari berbagai negara dan bahasa yang berbeda tentunya. Lalu bagaimana caranya agar bisa ngobrol dengan leluasa jika tidak fasih berbahasa asing?

Beberapa orang biasanya menyalin pesan ke Google Translate secara manual untuk memahami maksudnya. Namun ternyata Telegram memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda menerjemahkan pesan ke dalam bahasa Anda.

Seperti dikutip Android Police, Minggu (31/12/2023), Telegram mendukung terjemahan lintas perangkat, baik itu aplikasi seluler maupun situs web. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi lebih leluasa dengan teman-teman dari seluruh dunia.

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini: Pertama, Anda perlu mengaktifkannya di aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan terjemahan di Telegram

Telegram memiliki bagian untuk memilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk terjemahan. Anda dapat mengaktifkan fitur terjemahan pesan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Setelah mengaktifkan fitur ini di aplikasi Telegram Anda, Anda juga dapat memilih bahasa yang ingin Anda terjemahkan. Berikut cara mengaturnya:

Cara mengecualikan bahasa dari terjemahan

Dengan mengaktifkan fitur terjemahan di aplikasi, Anda dapat menerjemahkan pesan secara real-time hanya dengan beberapa ketukan, yang bisa sangat berguna saat Anda berada dalam percakapan pribadi, obrolan grup, atau saluran.

Berikut langkah-langkah untuk menerjemahkan pesan:

Perlu diketahui bahwa Telegram versi premium memiliki lebih banyak fitur terjemahan. Berlangganan memberi Anda akses ke banyak fasilitas tambahan dan fitur baru.

Ini akan secara otomatis menerjemahkan semua pesan dalam obrolan itu alih-alih menerjemahkannya satu per satu.

Anda juga akan melihat opsi baru di bawah Pengaturan Bahasa yang disebut Terjemahan Obrolan Lengkap.

Baca Juga  Cara Mengunci Aplikasi Telegram di HP Android/iPhone dan Pc

Jika diaktifkan, Anda dapat memberikan opsi terjemahan di bagian atas jendela untuk obrolan yang tidak menggunakan bahasa asli pengguna, atau mengubah preferensi seperti bahasa terjemahan.

Sementara itu, aplikasi Telegram untuk Android dan iOS memiliki opsi terjemahan, namun versi iPhone sudah menawarkan lebih banyak fitur, dan Android baru saja menerima fitur tersebut.

Misalnya, aplikasi Telegram untuk Android memungkinkan Anda mengubah bahasa terjemahan jendela obrolan, yang sebelumnya hanya dapat dilakukan melalui aplikasi iOS.

Anda juga dapat menyalin teks terjemahan dengan satu ketukan panjang, dan aplikasi iOS menyediakan tombol langsung dengan satu ketukan.

Telegram juga tidak mengizinkan Anda mengganti teks asli dengan terjemahan saat Anda mengetik. Ini berbeda dengan fitur terjemahan aplikasi iMessage di iPhone.

Telegram sebelumnya merilis pembaruan signifikan pada aplikasi iOS dan Android-nya, menghadirkan serangkaian fitur baru dan peningkatan untuk memperkaya pengalaman pengguna.

Salah satu pembaruan besar adalah rekaman audio dan pesan video kini tersedia untuk semua pengguna, tidak hanya pelanggan premium.

Meskipun fitur ini terbatas, pengguna gratis dapat dengan mudah mentranskripsikan beberapa pesan per minggu.

Untuk melakukan ini, tekan ikon →A di pesan suara Anda dan Anda akan segera menerima versi teks dari catatan tersebut. Fitur ini diluncurkan secara bertahap sehingga mungkin tidak langsung tersedia untuk semua pengguna Telegram.

Telegram juga meningkatkan fitur penemuan salurannya dengan memberikan rekomendasi saluran publik serupa setiap kali Anda bergabung dengan suatu saluran.

Rekomendasi tersebut, dikutip dari Engadget, Kamis (7/12/2023), didasarkan pada kesamaan basis pelanggan Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih personal.

Fitur Telegram baru lainnya mencakup kemampuan untuk menyertakan komentar atau reaksi video dalam cerita Anda. Anda dapat mengubah ukuran pesan video, memindahkannya di sekitar layar, dan menambahkan pesan video untuk memberikan sentuhan pribadi pada cerita Anda.

Baca Juga  Cara Nonton Bareng di Telegram Online di HP Android (Lengkap)

Selain itu, proses repost story orang lain menjadi lebih mudah dengan menekan tombol share dan memilih opsi repost. Penting untuk diingat bahwa Anda hanya dapat memublikasikan ulang cerita yang tersedia untuk umum.

Berbagai fitur baru yang dihadirkan Telegram pada pembaruan kali ini sepertinya hanya ditujukan untuk memperkaya pengalaman pengguna.

Originally posted 2024-01-04 01:48:51.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya

Leave a Comment