Rumus Terbilang Excel

 

Rumus Terbilang Excel – Dalam sebuah penulisan laporan bersifat matematis, ada yang disebut dengan nominal, ada juga yang disebut dengan terbilang. Nominal adalah angka mulai dari 1 sampai dengan 10. Sedangkan terbilang adalah kalimat penyebut huruf tersebut. Di Microsoft Excel sendiri ada namanya rumus terbilang Excel.

Sebuah rumus yang memungkinkan kamu untuk menulis sebuah data angka, menjadi kalimat. Rumus yang pastinya dapat mempermudah kegiatan pembuatan laporan atau tugas sekolah dan kuliah. Jadi tidak perlu lagi menulis secara manual mengenai kalimat bilangan karena semua bisa dilakukan dengan rumus Excel.

Kamu bisa menjadi lebih produktif, ketika mengetahui rumus terbilang Excel. Proses kerja juga cepat karena tinggal memasukkan rumus-rumus saja maka hasil akan keluar. Cara yang cenderung lebih cepat dibandingkan mengetik tulisan secara manual di cell Excel. Alhasil kinerja kamu semakin baik di mata bos.

Rumus Terbilang Excel

Saat mempelajari rumus terbilang Excel, kamu akan mempelajari ilmu yang berguna. Pasalnya rumus terbilang memang sengaja dibuat untuk mempermudah seluruh kegiatan kamu. Untuk itu tidak ada ruginya belajar mengenai rumus terbilang. Apalagi ini ilmu baru yang dapat menambah pengetahuan soal rumus.

Ada banyak sekali rumus di Excel. Kamu tidak bisa belajar sekaligus dalam satu malam. Semuanya butuh proses sehingga harus mempelajarinya satu per satu. Misalnya dengan belajar mengenai rumus terbilang Excel. Rumus yang membantu penulisan laporan di lembar kerja Excel, dengan menulisnya dalam kalimat.

1. Manfaat Belajar Rumus Terbilang Microsoft Excel

Manfaat Belajar Rumus Terbilang Microsoft Excel

Belajar rumus terbilang di Excel banyak manfaatnya. Selain menambah ilmu berbagai manfaat rumus terbilang, ada banyak manfaat ketika mengetahui rumus terbilang. Manfaat yang kamu rasakan ketika mempelajarinya, lalu menghapalnya di luar kepala. Manfaat yang berdampak pada kinerja atau pendidikan.

Lalu manfaat yang berkaitan dengan kemampuan kamu dalam mengoperasikan Excel. Baik di perangkat PC atau laptop. Jadi bisa dibilang ada cukup banyak manfaat yang diperoleh, ketika mempelajari rumus terbilang di Excel. Berikut ini informasi lengkap mengenai manfaat dari rumus terbilang di Excel.

  • Membantu kamu ketika menuliskan lembar kerja untuk lembar kwitansi. Pasalnya di lembar kwitansi ada kolom terbilang. Pastinya saat kamu sudah bisa menguasai rumus terbilang maka proses penulisan kalimat terbilang untuk kwitansi bisa dilakukan dengan baik dan juga maksimal.
  • Manfaat lainnya adalah pada penulisan nota pembelian. Ketika menulis nota pembelian, diperlukan juga mengenai kalimat angka atau terbilang. Solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan rumus terbilang. Proses penulisan jadi lebih cepat kalau menggunakan rumus terbilang Excel.
  • Membantu kamu dalam penulisan faktur pajak dan faktur pembelian. Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan adalah membantu penulisan faktur pajak dan pembelian. Dengan rumus, kamu tidak perlu lagi menulis secara manual karena hasil terbilang akan terjadi otomatis di laporan kamu.

Baca juga: Rumus Akar di Excel

2. Rumus Terbilang Microsoft Excel Kombinasi Rumus

Rumus Terbilang Microsoft Excel Kombinasi Rumus

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni menggunakan kombinasi rumus. Bisa dibilang kombinasi rumus adalah cara yang umum dalam rumus terbilang. Banyak orang yang menggunakan rumus ini untuk ketika menggunakan Excel. Walaupun begitu rumus terbilang, lewat kombinasi rumus memiliki kekurangan.

Kekurangannya adalah rumus ini lebih rumit dibandingkan rumus-rumus lain. Jadi rumus kombinasi rumus banyak digunakan, tidak sedikit yang enggan menggunakan cara tersebut karena terlalu rumit. Supaya lebih jelas berikut ini rumus beserta cara menggunakan rumus terbilang Excel, rumus kombinasi.

  • Pertama-tama, silakan kamu buka aplikasi Microsoft Excel.
  • Berikutnya mohon kamu buat tabel yang terdiri dari 3 kolom. Masing-masing kolom diberikan keterangan yaitu nomor, nominal, dan terbilang.
  • Lalu mohon isilah satu data di kolom nomor dan nominal di dalam tabel tersebut.
  • Kemudian di kolom terbilang, silakan kamu masukkan rumus sebagai berikut:

=IF(B2=0;”nol”;IF(B2<0;”minus “;””)& SUBSTITUTE(TRIM(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE( IF(–MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);1;3)=0;””;MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);1;1)&” ratus “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);2;1)&” puluh “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);3;1)&” trilyun “)& IF(–MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);4;3)=0;””;MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);4;1)&” ratus “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);5;1)&” puluh “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);6;1)&” milyar “)& IF(–MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);7;3)=0;””;MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);7;1)&” ratus “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);8;1)&” puluh “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);9;1)&” juta “)& IF(–MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);10;3)=0;””;IF(–MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);10;3)=1;”*”;MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);10;1)&” ratus “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);11;1)&” puluh “)&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);12;1)&” ribu “)& IF(–MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);13;3)=0;””;MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);13;1)&” ratus “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);14;1)&” puluh “&MID(TEXT(ABS(B2);”000000000000000″);15;1));1;”satu”);2;”dua”);3;”tiga”);4;”empat”);5;”lima”);6;”enam”);7;”tujuh”);8;”delapan”);9;”sembilan”);”0 ratus”;””);”0 puluh”;””);”satu puluh 0″;”sepuluh”);”satu puluh satu”;”sebelas”);”satu puluh dua”;”duabelas”);”satu puluh tiga”;”tigabelas”);”satu puluh empat”;”empatbelas”);”satu puluh lima”;”limabelas”);”satu puluh enam”;”enambelas”);”satu puluh tujuh”;”tujuhbelas”);”satu puluh delapan”;”delapanbelas”);”satu puluh sembilan”;”sembilanbelas”);”satu ratus”;”seratus”);”*satu ribu”;”seribu”);0;””));” “;” “)).

  • Nantinya akan muncul terbilang di dalam tabel kamu.

3. Rumus Terbilang Microsoft Excel Menggunakan Add In

Cara berikutnya yang bisa menjadi opsi adalah menggunakan aplikasi Add In. Cara ini berbeda dengan cara yang pertama, karena membutuhkan aplikasi tambahan. Namun, menggunakan Add In cenderung lebih praktis dibandingkan menggunakan kombinasi rumus. Jadi banyak orang yang suka pakai cara ini.

Selain itu ada keunggulan cara Add In, dibandingkan dengan kombinasi rumus yang manual. Saat menggunakan rumus manual, untuk melakukan copy paste kamu harus melakukannya secara manual. Namun kalau lewat Add In, kamu melakukan copy paste dengan otomatis. Berikut ini cara selengkapnya.

  • Langkah pertama kamu harus download aplikasi Add In nya terlebih dahulu. Kalau bingung cari link downloadnya dimana, bisa menggunakan link ini.
  • Selanjutnya mohon untuk melakukan Extract file terhadap aplikasi Add In yang kamu unduh tadi.
  • Lalu mohon untuk buka aplikasi Microsoft Excel terlebih dahulu, dan buat dokumen baru.
  • Selanjutnya kamu klik File pada Menu Bar, dan tekan Option.
  • Kamu mohon untuk tekan Trust Center yang posisinya berada di bagian kiri bawah.
  • Langkah selanjutnya, dimohon untuk kamu tekan menu Trust Center Setting.
  • Berikutnya kamu klik pilihan Macro Setting
  • Mohon untuk kamu pilih Enable all macros, lalu tekan Ok
  • Tekan Ok lagi.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk klik File pada Menu Bar, lalu klik Option.
  • Mohon untuk Tekan Add-Ins, dan pada bagian bawah, silakan untuk tekan tombol GO

Mohon untuk Tekan Add-Ins,

  • Tekan tombol Browse, lalu kamu pilih file yang telah di ekstrak.
  • Setelah itu, kamu tekan Ok.
  • Kamu buatlah tabel dengan 3 kolom, yaitu Nomor, Nominal, dan Terbilang
  • Isikan data di kolom Nomor dan Nominal.
  • Sedangkan untuk kolom Terbilang, ketikkan rumus =Terbilang(B2).
  • Nanti kamu akan melihat hasilnya bahwa angka-angka yang ada di data kamu ada juga versi terbilangnya, yakni kalimat jelas mengenai angka-angka tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup

4. Rumus Terbilang Excel Untuk Mengubah Huruf Jadi Huruf Besar

Rumus Terbilang Excel Untuk Mengubah

Cara yang satu ini bisa dipakai mengubah huruf depan saat rumus terbilang keluar. Pasalnya saat huruf yang keluar hurufnya kecil-kecil. Kalau kamu ingin mengubahnya menjadi huruf besar atau huruf kapital. Caranya gampang. Ada rumus tersendiri yang bisa dilakukan untuk melakukan perubahan pada huruf.

  • Pertama-tama kamu buka aplikasi Microsoft Excel.
  • Berikutnya kamu bisa buat daftar kata yang akan diubah menjadi huruf kapital.
  • Lalu kamu klik sel lain di sembarang kolom, lalu masukkan rumus uppercase, yaitu: “=upper(kalimat)“.
  • Nantinya huruf akan berubah menjadi besar.

Mempelajari rumus terbilang Excel ternyata susah-susah gampang. Namun semua orang, termasuk kamu bisa melakukan dan menguasainya kalau mau terus berlatih dan berusaha. Jadi jangan menyerah untuk terus belajar.