Rumus Hlookup Excel: Cara Menggunakan, Contoh, dan Solusi Jika Eror

 

Kamu mau belajar rumus hlookup excel lengkap? Tepat sekali karena di sini kami akan membahas rumus hlookup dengan menggunakan bahasa sesederhana mungkin agar mudah dipahami dan dipraktekan.

Selain pengertian rumus hlookup kami juga akan membimbing kamu untuk mempelajari langkah-langkah penulisan rumus. Setelah langkah-langkah kami juga memberikan gambaran manfaat ms. Excel di kehidupan sehari-hari. Kami buat selengkap dan sebisa mungkin untuk bahan pembelajaran.

Rumus Hlookup Excel atau Horizontal lookup adalah salah satu rumus fungsi pada ms. excel. Rumus tersebut digunakan untuk menghitung data yang nilainya tersusun secara horizontal. Selain rumus Hlookup ada juga Vlookup fungsinya menghitung data yang angkanya disusun secara vertikal.

Pengertian dan Struktur Rumus Hlookup Excel

Pengertian dan Struktur Rumus Hlookup Excel

Kedua rumus tersebut memang sedikit rumit dan berbeda dari rumus fungsi excel yang lain. Namun, meski terlihat agak susah, kegunaan kedua rumus itu banyak sekali. Jadi, penting bagi kamu untuk mempelajari lebih lengkap lagi mengenai rumus hlookup excel ini.

Bila fungsi excel yang lain hanya memiliki dua struktur rumus, maka rumus hlookup excel memiliki empat struktur rumus. Keempat struktur rumus tersebut adalah sebagai berikut :

=HLOOKUUP(Patokan-cari;table-referensi;urutan-baris-hasil;mode-pencarian)

  1. Patokan cari : nilai yang sedang dicari, penentuan posisi untuk isi data
  2. Tabel referensi : tabel tempat kita melakukan proses cari data
  3. Urutan baris hasil : urutan baris pada tabel tempat hlookup akan mendapat nilai yang cocok
  4. Mode pencarian : untuk mengatur hlookup apakah mau mencari nilai yang sama persis atau hanya mendekati, berisi True/False. Ini bersifat pilihan mau dipakai atau tidak.

True : mencari data nilai yang sesuai dan mendekati

False : mencari nilai yang sesuai saja

Apakah kamu sudah paham mengenai struktur rumus di atas? Struktur rumus atau sintaks adalah rangkaian yang harus ada ketika kamu akan menggunakan rumus hlookup. Jadi, bila kamu belum paham mengenai struktur rumusnya enggak akan bisa menggunakan fungus hlookup.

Pahami dulu struktur rumusnya baru setelah itu kamu akan pandai menggunakan hlookup dan menyelesaikan pekerjaan pun gampang. Bila masih belum mengetahui struktur rumus hlookup excel baca langkah-langkah penulisan rumusnya yang akan dijabarkan di bawah.

Simak juga: Rumus Standar Deviasi Excel

Langkah-langkah Penulisan Rumus Hlookup

Langkah-langkah Penulisan Rumus Hlookup

Di sini kami akan membahas sedetail dan sebisa mungkin mengenai langkah-langkah penulisan rumus hlookup excel. Langkah-langkah ini yang akan menjelaskan secara jelas mengenai fungsi dari struktur rumus di atas. Simak baik-baik dan semoga bisa membantu kamu dalam memahami.

Untuk lebih memahami hlookup, baca baik-baik langkah penulisan di bawah ini :

  • Ketik sama dengan (=) di kolom tempat kamu ingin menyimpan hasil nanti
  • Setelah itu lanjut ketik hlookup (boleh pakai huruf kecil atau huruf kapital) di sebelah tanda sama dengan.
    Contoh : =HLOOKUP
  • Jangan lupa tambahkan tanda kurung setelah tulisan hlookup dan jangan pakai spasi
    Contoh : =HLOOKUP(
  • Masukan patokan nilai untuk pencarian. Biasanya hlookup akan cari nilai di baris awal, missal koordinat cell-nya ada di A2. Jangan lupa sisipkan koma.
    Jadi, tulisnya =HLOOKUP(A2,
  • Masukan sel range di mana tabel kamu berada atau tempat di mana kamu ingin menemukan data. Misal tabelmu mulai dari sel D3 sampai I6.
    Rumusnya menjadi : =HLOOKUP(A2,D3:I6,
  • Masukan nomor urut baris tempat hlookup harus dapatkan hasil dari table tersebut. Missal hlookup harus menemukan hasil di baris kedua tabel. Bila hlookup menemukan beberapa angka yang sesuai nilai patokanmu, yang diambil adalah data paling kiri.
    Maka rumusnya menjadi : =HLOOKUP(A2,D3:I6,2
  • Untuk yang satu ini pilihan bisa dipakai atau ditinggal. Gunakan True atau False untuk menentukan apakah hlookup harus mencari nilai yang sama persis seperti nilai patokanmu atau hanya mendekati.
    True untuk mencari nilai yang sama persis dan mendekati, sedangkan False hanya untuk mencari nilai yang sama persis. Misal sekarang kita mencari data nilai yang sama persis, maka rumusnya menjadi :
    =HLOOKUP(A2,D3:I6,2,FALSE)
  • Setelah menjadi rumus lengkap seperti itu, lalu tinggal klik enter dan jadilah hasilnya.

Begitulah kira-kira penulisan dan penggunaan rumus hlookup excel. Apakah kamu sudah paham? Bila sudah dijelaskan seperti itu jadi lebih mudah bukan, tidak seribet kelihatannya. Asah terus kemampuan kamu dalam memfungsikan rumus hlookup agar menjadi ahli.

Ketika sudah bisa menggunakannya saatnya kamu mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari. Selanjutnya kami akan sedikit membahas permasalahan yang sering dialami yaitu hasil hlookup salah atau error.

Simak juga: Rumus Excel Sum

Faktor Hlookup Menghasilkan Nilai yang Salah (Error) dan Solusinya

Faktor Hlookup Menghasilkan Nilai yang Salah (Error) dan Solusinya

Tidak jarang banyak yang komplain mengenai hasil hlookup yang tidak sesuai atau error. Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi tidak lupa dengan solusinya. Di bawah adalah beberapa faktor utama yang mungkin pernah kamu alami juga :

  • Bisa jadi ketika mode pencarian hlookup kamu malah menginput true atau malah tidak memberi input sama sekali. Kamu lupa mengurutkan baris awal pada tabel referensi dari yang terkecil ke terbesar (A ke Z).

Solusinya :

Urutkan baris awal terlebih dulu di tabel referensimu dari terkecil ke terbesar. Bila kamu tidak keberatan hlookup hanya cari data yang sama persis, ubah inputnya jadi false. True membuat hlookup mencari nilai yang mendekati dan malah membuat hasil kurang tepat.

  • Mungkin kamu lupa tidak menyimpan nilai patokan di baris awal tabel referensi.

Solusinya :

Sesuaikan input cell range agar hlookup bisa menemukan patokan nilai pencarian kamu di baris awal. Alternative lain, kamu pindahkan baris yang dalamnya berisi nilai patokan menjadi baris kesatu cell range.

  • Seringkali bila tabel referensi berukuran besar, kamu kadang keliru memberi input urutan baris sehingga hlookup menampilkan hasil yang salah.

Solusinya :

Permasalahan seperti ini seringkali terjadi bila tabel berukuran besar, akibat kurang ketelitian. Cek urutan baris di hasil hlookup dan pastikan kamu sudah masukan urutan baris yang tepat. Namun, jika ternyata salah segera ganti inputnya dengan yang benar.

Dari permasalahan di atas bisa kita simpulkan itu terjadi karena kekurang telitian kita dalam mengetikan rumus fungsi. Karena ms. Excel hanya akan menampilkan hasil dari intruksi rumus fungsi yang kita ketik.

Ketiga poin di atas hanyalah beberapa yang sering terjadi, masih banyak juga faktor lainnya. Namun, ketiga di atas bisa dibilang yang paling sering terjadi. Cek lebih dulu ketiga faktor di atas bila terjadi kesalahan hasil hlookup.

Bila ketiga faktor di atas tidak terjadi padamu, kemungkinan ada kesalahan lain pada rumus yang ditulis. Selalu cek kembali hasil input-mu untuk memastikan kamu sudah menuliskannya dengan tepat.

Simak juga: Rumus Index Excel

Rumus hlookup excel dan vlookup excel salah satu yang harus lebih dulu kamu pelajari karena kegunaanya sangat banyak. Semoga beberapa tulisan yang kami berikan di atas dapat membantu kamu lebih mudah mempelajari hlookup.