5 Rumus Excel Sum untuk Semua Kolom, 1 Range, Kolom Aktif, dll

Informasi tentang bagaimana rumus Excel sum serta panduan cara menggunakannya memang diperlukan oleh banyak orang. Baik itu untuk kalangan pelajar, pengusaha, maupun kebutuhan pekerjaan rumus ini diperlukan dalam operasi Excel.

Dengan menggunakan rumus SUM perhitungan dapat dilakukan lebih cepat. Oleh karenanya, pada kesempatan ini, akan dijabarkan bagaimana cara menggunakan rumus SUM ini. Disini kamu bisa membaca ulasan selanjutnya.

Pengertian Fungsi SUM Excel

Pengertian Fungsi SUM Excel

Penjumlahan merupakan proses perhitungan yang sering digunakan untuk bisa memperoleh hasil yang kita inginkan dari beberapaangka. Biasanya, pada saat kamu akan memproses angka-angka menggunakan Excel, maka SUM bisa membantu menjumlahkan mereka dengan cepat.

Dalam hal, ini kamu juga bisa menggabungkan SUM sekaligus dengan banyak rumus lainnya untuk memaksimalkan fungsinya, baik itu untuk data yang lebih rumit sekalipun. Lalu, bagaimana cara menjumlahkannya di Excel? Cara menjumlahkan yang umum digunakan yaitu dengan menggunakan Fungsi SUM.

Fungsi SUM merupakam fungsi Excel yang dipakai untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang ditentukan sebagai argumen. Dengan kata lain, kegunaan SUM pada Excel yaitu untuk menjumlahkan angka yang ada pada beberapa sel atau range yang ditentukan.

Sementara cara menghitung jumlah di Excel memakai rumus SUM bisa berupa range, array, juga hasil dari fungsi lain. Fungsi ini punbisa dibilang salah satu fungsi Excel yang paling banyak dipakai oleh pengguna Microsoft Excel.

Lalu bagaimana cara menggunakan fungsi atau rumus SUM Excel jika ingin menjumlahkan angka yang kita tentukan? Berikut penjabarannya.

Simak juga: Rumus Index Excel

Penggunan Umum dalam Menulis Rumus Excel Sum

Untuk masalah menyelesaikan hitungan sederhana sehari-hari, biasanya kamu mungkin hanya memerlukan kalkulator atau alat penghitung lainnya.

Namun, kalau yang dilakukan adalah perhitungan dengan melibatkan banyak data dan angka, tentu saja kamu perlu yang namanyaMicrosoft Excel karena di dalamnya terdapat banyak fungsi rumus otomatis dimana ini pasti akan memudahkan perhitungan.

Sebelum masuk ke contoh penggunaan rumus excel SUM, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi rumus. Secara umum, rumus ini bisa ditulis sebagai berikut:

Tulis Rumus / Fungsi:

=SUM(number1,[number2], …)

Arti rumus tersebut adalah menghitung jumlah mulai dari number 1, [number2] dan selanjutnya.

Setelah mengetahui aturan menulis rumus seperti di atas, berikutnya adalah memahami contoh penggunaannya di dalam rumus. Dalam hal ini, kamu bisa langsung mempraktekannya di lembar kerja Microsoft Excel.

1. Rumus Excel Sum Digunakan untuk Semua Kolom/baris

Rumus Excel Sum Digunakan untuk Semua Kolom baris

Rumus SUM dapat diartikan juga sebagai rumus penjumlahan pada Microsoft Excel. Akan tetapi, dengan rumus ini jauh lebih mudah untuk menjumlahkan data data yang ada. Misalnya, pada contoh pertama akan menjumlahkan data di kolom A.

Sumber : mjurnal.com

  • Langkah pertama, kamu bisa mengetikkan rumus SUM pada sel D2 berikut ini =SUM (
  • Berikutnya arahkan kursor ke bagian header kolom A hingga kursornya berubah menjadi panah bawah. Berikutnya kamu bisa klik. Jika benar maka rumus SUM berubah menjadi =SUM(A:A)
  • Selanjutnya, ketik tutup kurung ) yang berfungsi untuk menutup rumus. Tekan enter dan hasilnya akan muncul di sel D2.

Simak juga: Rumus Pembulatan Excel

2. Rumus SUM Digunakan Untuk 1 Range

Rumus SUM Digunakan Untuk 1 Range

Berikutnya, tentang rumus excel SUM untuk 1 range. Dalam contoh berikut ini, akan dijumlahkan nilai mulai dari sel A1 hingga A10. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Ketikkan rumus SUM di sel D2 yaitu =SUM(
  • Berikutnya, kamu bisa blok data yang ingin dihitung dalam hal ini adalah dari mulai A1 sampai A10. Kalau sudah benar, rumus SUM akan berubah menjadi =SUM(A1:A10
  • Berikutnya, kamu bisa menutup rumus dengan tanda kurung ). Selanjutnya, hasilnya akan muncul.

Sumber : mjournal.com

3. Menggunakan Rumus Excel Untuk Lebih Dari Satu Range

Menggunakan Rumus Excel Untuk Lebih Dari Satu Range

Cara ini bisa kamu gunakan apabila ingin menjumlahkan data rumus excel SUM dari dua range atau lebih. Dalam contoh yang diberikan, misalnya kamu ingin menjumlahkan range A1 sampai A10 dan range C1 sampai C10. Berikut ini tahapannya:

  • Pertama, ketik SUM seperti sebelumnya yaitu =SUM (
  • Selanjutnya, kamu bisa blok data mulai dari range A1-10.
  • Berikutnya, ketik kanlah pemisah rumus yang tergantung dari pengaturan di komputer. Kamu dapat memakai koma (,) terlebih dahulu. Jika belum berhasil bisa menggunakan titik koma ( ;).
  • Berikutnya, blok range antara C1-10. Jika sudah, tambahkan ) untuk menutup rumus dan tekan enter.
  • Hasil penjumlahan kedua range tersebut maka akan muncul.

4. Rumus SUM Excel Untuk Sel Yang Saling Berjauhan

Rumus SUM Excel Untuk Sel Yang Saling Berjauhan

Berikutnya, yaitu bagaimana rumus excel SUM dalam menjumlahkan sel yang saling berjauhan. Contohnya, akan dijumlahkan sel yang saling berjauhan yaitu A1, C2 serta F1. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Ketikkan rumus SUM pada sel yang kamu inginkan seperti cara-cara sebelumnya yaitu =SUM(
  • Berikutnya, tekan dan tahan tombol CTRL di papan keyboard.
  • Langkah berikutnya, klik data yang pertama, kedua dan ketiga dalam hal ini adalah sel A1,F1, dan C2 secara bergantian.
  • Berikutnya, lepaslah tombol ctrl dan berikan tanda kurung tutup ). Maka, hasilnya akan muncul pada sel yang kamu inginkan.

5. Rumus Excel Otomatis Menjumlahkan (Autosum)

Rumus Excel Otomatis Menjumlahkan Autosum

 Melalui contoh ini akan dijabarkan tentang cara menggunakan rumus excel SUM dalam menjumlahkan otomatis. Dan berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama klik pada sel c12 untuk tempat menampilkan jumlah data.
  • Berikutnya klik tab home dan kemudian klik Autosum.
  • Berikutnya secara otomatis Excel akan langsung mengisi argumen rumus SUM. Ini merupakan penjumlahan data pada baris di atasnya karena disusun secara vertikal.
  • Jika pola datanya tersusun horizontal, Excel otomatis akan mengisi argumen fungsi SUM. Datanya akan diisi dengan data pada kolom kiri.
  • Selanjutnya, kamu bisa tekan enter untuk melihat hasilnya.

Simak juga: Rumus SUMIFS Excel

Beberapa Rumus Excel SUM yang Sering Dipakai

Beberapa Rumus Excel SUM yang Sering Dipakai

Rumus Excel SUM, secara umum merupakan rumus yang dipakai untuk menjumlah atau menghitung nilai data tertentu dalam suatu range. Dan ada beberapa jenis rumus Excel SUM yang bisa dipakai dalam mengelola data kamu saat ini. Diantaranya:

Rumus Excel SUMIF

Sama seperti rumus SUM, rumus SUMIF juga bisa dikatakan sebagai fungsi Matematika dan Trigonometri. Fungsi dari rumus ini yaitu dipakai untuk menjumlahkan data numeric pada suatu range sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Fungsi ini juga hampir sama dengan rumus SUMIFS.

Rumus Excel SUMPRODUCT

SUMPRODUCT merupakan salah satu rumus dari Matematika dan Trigonometri. Rumus ini berperan untuk melakukan penjumlahandan perkalian terhadap data dalam suatu range.

Rumus Excel SUMSQ

Secara sederhana, fungsi dari rumus ini dipakai untuk menentukan jumlah nilai kuadrat dari data yang dimasukkan.

Rumus excel SUM yang telah dijelaskan diatas, tentunya akan sangat berguna dalam membantu pekerjaan kamu sehari-hari. Baik untuk para pemula sekalipun, menggunakan rumus SUM ini tentunya akan semakin mempercepat proses perhitungan.