Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar – Kamu yang sering menggunakan Microsoft Excel terkadang mengalami kesulitan karena banyaknya fitur di Excel. Di sisi lain kamu dituntut untuk bekerja dengan cepat, agar laporan keuangan atau laporan yang sifatnya angka bisa selesai tepat waktu. Solusi dari masalah tersebut adalah lewat Quick Access Toolbar.

Access Toolbar merupakan solusi bagi kamu yang selalu menggunakan Excel. Kamu bisa bekerja lebih cepat sehingga lebih produktif mengerjakan berbagai laporan. Atau dengan bantuan Access Toolbar proses input data menjadi semakin cepat, dibandingkan tanpa menggunakan Access Toolbar di Excel.

Mengetahui Access Toolbar sangat penting bagi yang sering menggunakan Excel. Pasalnya pengetahuan seputar Toolbar menjadikan kamu lebih efisien saat bekerja atau menggunakan Excel untuk berbagai kebutuhan. Bayangkan jika tidak menggunakannya. Bisa-bisa kamu tidak bisa cepat dan produktif bekerja.

Mengenal Quick Access Toolbar

Ketika kamu memulai sesuatu, penting untuk mengetahui soal pengertian dari konsep atau sebuah fitur. Tujuannya supaya kamu bisa lebih paham soal apa yang dikerjakan dan bisa lebih semangat, untuk menyelesaikan atau menggunakan sebuah fitur. Termasuk untuk memahami pengertian Access Toolbar.

Berikutnya, kamu harus memahami mengenai fungsinya. Memahami fungsi Access Toolbar juga merupakan sesuatu yang wajib kamu mengerti. Bagaimana tidak, jika tidak memahami fungsinya maka akan sulit untuk menggunakan fitur. Lalu yang terakhir kamu harus paham mengenai cara penggunaanya.

1. Pengertian Access Toolbar

Pengertian Access Toolbar

Pertama-tama perlu tahu dahulu apa itu Quick Access Toolbar. Secara umum Access Toolbar merupakan fitur yang isinya adalah shortcut mengenai berbagai tombol perintah yang ada di Excel. Dengan menggunakan Access Toolbar, akan lebih mudah untuk menemukan berbagai tombol perintah pada Excel.

Memang hal ini sangat membantu menunjang produktivitas. Jadinya mata kamu tidak perlu sibuk mencari berbagai shortcut yang ada di Excel dengan mengitari layar laptop dan PC. Cukup mencari Access Toolbar dan masalah tersebut bisa teratasi. Oleh karenanya Access Toolbar adalah fitur penting untuk diketahui.

2. Posisi Access Toolbar

Posisi Access Toolbar

Berikutnya penting untuk mengetahui soal posisi Access Toolbar. Percuma saja kamu mengetahui pengertian mengenai Access Toolbar, tetapi tidak mengetahui posisi Access Toolbar. Maka kamu pastinya akan kesulitan untuk menggunakan fitur tersebut, karena terlalu lama untuk mencari dimana letak fitur.

Padahal letak Access Toolbar cukup strategis dan bisa dihapal. Sekedar informasi bahwa letak Access Toolbar berada di sebelah kiri atas tepatnya di bagian File. Jadi kamu mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui letak Access Toolbar. Letaknya di bagian kiri atas dan kamu klik disana.

Simak juga: Kegunaan Microsoft Excel

3. Fungsi Access Toolbar

Fungsi Access Toolbar

Tidak kalah penting untuk diketahui adalah fungsi dari Quick Access Toolbar. Sebagai pengguna Microsoft Excel, baik untuk kepentingan bekerja, kuliah atau berwirausaha, kamu harus mengetahui mengenai fungsi dari Access Toolbar. Tujuannya agar lebih paham lagi mengenai fungsi dari fitur tersebut.

Ada beberapa fungsi yang wajib kamu ketahui dari Toolbar. Berbagai fungsi dari Access Toolbar harus ketahui secara seksama agar kamu bisa lebih maksimal lagi dalam menggunakan Access Toolbar. Supaya lebih paham mengenai fungsinya, berikut ini beberapa poin mengenai fungsi dari Access Toolbar.

  • Mempermudah kamu untuk mendapatkan tombol akses perintah.
  • Menunjang produktivitas dan efisiensi kerja.
  • Memungkinkan kamu untuk menyusun berbagai poin perintah yang bisa dimasukkan ke dalam Access Toolbar.

Cara Memindahkan Posisi Access Toolbar

Mungkin kamu merasa kurang nyaman dengan posisi Quick Access Toolbar yang telah disesuaikan secara otomatis, oleh Microsoft Excel. Alasannya mungkin karena kamu tidak suka dengan benda yang berada di posisi kiri, atau menilai kalau letak dari Access Toolbar terlalu menjorok ke atas solusinya mudah.

Kamu bisa memidahkan posisi Toolbar agar terlihat. Ada opsi yang memungkinkan kamu untuk memindahkan Access Toolbar sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Caranya tergolong mudah dan bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan, atau tanpa menggunakan jaringan internet. Berikut ini caranya.

  • Langkah pertama, kamu klik tanda panah ke bawah atau dropdown di bagian Access Toolbar. Letaknya berada di bagian paling kanan Access Toolbar.
  • Berikutnya di dropdown ada banyak sekali menu yang tersedia. Karena kamu ingin memindahkan Access Toolbar maka harus pilih Show Below The Ribbon.
  • Nantinya posisi Access Toolbar akan berubah. Letaknya menjadi di bagian bawah yang lebih terlihat dari jangkauan mata.

Nantinya posisi Access Toolbar akan berubah. Letaknya menjadi di bagian bawah yang lebih terlihat dari jangkauan mata.

  • Lantas apakah bisa untuk mengembalikan ke posisi semula? Tentu saja bisa. Caranya dengan klik tanda panah ke bawah atau dropdown yang terletak di bagian Access Toolbar.
  • Lalu pilih menu Show Above The Ribbon, yang letak menunya berada di bagian terbawah dibandingkan menu-menu lain.
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya Access Toolbar kembali di posisi semula.

Simak juga: Rumus Pembulatan Excel

Cara untuk Menambahkan Shortcut di Access Toolbar

Ternyata shortcut di dalam Quick Access Toolbar bisa ditambahkan. Ada cara yang memungkinkan kamu untuk menambahkan berbagai shortcut sehingga kerja di Excel menjadi lebih mudah, dan lebih produktif. Cara menambahkannya juga mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa tahapan cara saja.

Memang dengan menambahkan banyak shortcut di Access Toolbar, menjadikan produktivitas kerja meningkat pasalnya beberapa shortcut yang sering digunakan bisa langsung diakses lewat Access Toolbar sehingga proses kerja kamu semakin praktis. Jadinya performa kamu di kantor semakin meningkat tajam.

  • Pertama kamu klik tanda panah ke bawah atau dropdown yang posisinya berada di sebelah kiri atas. Persisnya berada di bagian kiri atas menu File.
  • Berikutnya kamu berikan tanda panah untuk beberapa shortcut yang ingin kamu tambahkan. Kamu bisa menambah 2 atau 3 shortcut baru sehingga shortcut semakin banyak.
  • Cara kedua dengan mengambil langsung dari bagian ribbon pada Microsoft Excel kamu. Caranya dengan klik kanan pada tombol ribbon yang ingin dimasukkan di Access Toolbar.
  • Lantas kamu pilih menu Add to Quick Access Toolbar.

Lantas kamu pilih menu Add to Quick Access Toolbar.

  • Nantinya berbagai tombol ribbon yang kamu pilih, akan otomatis masuk ke dalam fitur Access Toolbar. Untuk membuktikannya, kamu silakan masuk ke menu Access Toolbar untuk melihat apakah shortcut sudah masuk atau belum.

Cara Menghilangkan Shortcut di Access Toolbar

Cara Menghilangkan Shortcut di Access Toolbar

Terakhir adalah cara menghilangkan shortcut di Access Toolbar. Bisa dibilang cara untuk menghilangkan shortcut sangat mudah dan kamu hanya perlu melakukan berbagai tahapan-tahapan saja. Seperti berikut ini cara selengkapnya.

  • Cara pertama, silakan kamu klik dropdown pada Access Toolbar dan kamu hilangkan tanda centang yang berada di shortcut. Silakan hilangkan tanda centang yang ada, sehingga kamu bisa menghilangkan shortcut.
  • Cara kedua dengan klik kanan pada shortcut yang ingin kamu hilangkan. Selanjutnya kamu klik menu Remove From Quick Access Toolbar.

Simak juga: Cara Menjumlahkan Di Excel

Berbagai informasi seputar Quick Access Toolbar, membuktikan bahwa fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna Excel. Lalu informasi mengenai Access Toolbar tidak hanya cocok untuk pengguna yang berstatus sebagai pekerja saja. Siapa pun yang sering mengakses Excel wajib tahu soal Access Toolbar.