Psiphon Pro

Psiphon Pro – Era digital sangat bergantung kepada internet. Mengapa? Karena internet mengandung beragam jenis informasi yang berguna bagi manusia. Informasi yang bisa didapat oleh manusia dari internet bisa dalam bentuk teks, suara, bahkan video.

Banyak sekali tutorial Youtube yang menjelaskan tentang pelajaran sekolah hingga cara – cara menggunakan alat tertentu yang berguna pada kehidupan sehari – hari. Tidak hanya Youtube, beragam situs juga menyediakan berbagai informasi penting lainnya. Bahkan forum obrolan di internet mampu memberikan informasi yang lebih dalam daripada pelajaran di sekolah atau di universitas.

Tidak hanya situs berisi konten edukasi dan hal positif lainnya, perkembangan era digital yang semakin pesat juga mengakibatkan semua situs mengalami perkembangan. Situs dengan konten negatif pun ikut berkembang.

Mau tidak mau, suatu lembaga di daerah, misalnya pemerintah, harus mengambil tindakan. Tindakan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah mencegah penyebaran situs bermuatan negatif dengan cara membatasi akses pengguna ke situs tersebut. Situs tersebut diblokir oleh provider internet di Indonesia atas perintah dari pemerintah Indonesia.

Sayangnya, beberapa situs dianggap sebagai situs yang negatif, padahal situs tersebut sangat berguna bagi sebagian besar orang. Contohnya adalah Reddit. Reddit adalah sebuah situs berbasis forum dan komunitas yang bisa diakses oleh semua orang di seluruh negara. Situs Reddit ini mirip dengan Kaskus, namun dengan pengguna dari berbagai belahan dunia.

Yang disayangkan adalah, Reddit yang biasa digunakan sebagai forum diskusi teknologi dengan lebih dalam ini malah ikut dibatasi atau diblokir oleh provider internet di Indonesia. Namun, ada cara untuk membuka situs yang diblokir oleh provider di Indonesia seperti Reddit ini. Kali ini kita akan menggunakan VPN Psiphon Pro sebagai alatnya. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Apa itu VPN?

VPN memiliki kepanjangan (Virtual Private Network), yang berarti jaringan internet pribadi menggunakan jalur sendiri yang sudah disiapkan. Cara menggunakannya mirip dengan proxy, kalian cukup menggunakan suatu alat untuk menyambungkan internet kalian dengan jaringan pribadi. Alat yang dimaksud berupa software dari berbagai situs dan aplikasi yang menyediakannya.

Jaringan VPN memiliki cara kerja sendiri yang sedikit berbeda dengan jaringan internet pada umumnya. Cara kerjanya yaitu dengan membuat koneksi pribadi pada jaringan internet publik. Cara ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet biasanya seperti internet dari kartu seluler, wifi Indihome dan provider lain, internet dari kabel LAN, dan lain – lain.

Hebatnya adalah, penyedia jaringan internet atau internet provider tidak bisa mengetahui data apa yang keluar masuk saat kalian menggunakan jaringan VPN. Hal inilah yang menyebabkan kalian bisa membuka situs tertentu yang diblokir oleh internet provider tersebut.

Perbedaan Proxy dan VPN

Selain VPN, kalian juga bisa menggunakan proxy. Cara kerjanya cukup mirip. Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang berbeda antara Proxy dengan VPN, yaitu:

  1. Penggunaan proxy lebih instan, hanya perlu mengakses situs tertentu yang menyediakan layanan proxy. Contohnya hide.me dan proxysite.com. Sedangkan untuk menggunakan VPN, kalian harus menginstallnya pada perangkat yang kalian gunakan untuk mengakses internet terlebih dahulu.
  2. Karena proxy “menumpang” suatu situs untuk membuka suatu halaman internet yang diblokir, koneksi pengguna menjadi berkurang, bahkan bisa sangat lambat jika situs proxy yang digunakan sedang ramai pengguna. Sedangkan jika menggunakan VPN, kecepatan internet tidak terlalu berkurang karena tidak begitu mempengaruhi koneksi dasarnya.
  3. Konsep penggunaan proxy dengan menumpang suatu situs memiliki kelemahan. Kelemahan paling utama adalah tidak semua fitur dari situs yang terblokir bisa ditampilkan saat menggunakan proxy. Contohnya adalah Reddit. Kalian tidak bisa membaca kolom komentar karena fitur tersebut tidak ter-load saat menggunakan proxy.

Apa Itu Aplikasi Psiphon Pro?

Apa Itu Aplikasi Psiphon Pro

Setelah mengetahui apa itu VPN, kita akan membahas salah satu tools berupa aplikasi yang digunakan untuk mengakses situs yang diblokir. Aplikasi ini bernama Psiphon Pro. Psiphon Pro ini merupakan salah satu aplikasi VPN gratis populer yang bisa kalian gunakan pada smartphone kalian, bahkan pada komputer sekalipun. Intinya, jaringan internet pada smartphone kalian bisa digunakan untuk menerobos situs yang diblokir dengan menggunakan Psiphon Pro ini.

Jika sebelumnya kalian harus menggunakan aplikasi VPN yang kurang bersahabat, Psiphon Pro ini bisa kalian gunakan sebagai VPN andalan. Kalian bisa mengakses situs yang diblokir dari mana saja selama ada jaringan internet yang bisa kalian gunakan.  Bahkan, kalian juga bisa menggunakannya pada komputer atau laptop Windows kalian.

Psiphon Pro berbeda dari aplikasi VPN Android lainnya yang mengharuskan kalian menggunakan emulator Android seperti Nox Player dan Bluestacks. Psiphon Pro juga hadir dengan versi desktop pada sistem operasi Windows. Artinya, kalian sebagai pengguna komputer maupun laptop juga bisa menggunakan layanan VPN Psiphon Pro pada komputer dan laptop kalian. Bahkan, kedua versi aplikasi ini memiliki layanan dan sistem yang serupa sehingga kalian tidak perlu mempelajarinya lagi jika sudah menggunakan salah satu versinya.

Bahkan, ada keunikan sendiri dari aplikasi ini. Psiphon Pro bisa digunakan sebagai tools untuk internet gratis. Jika kuota kalian habis, kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk tetap dapat mengakses internet. Namun tidak semua operator bisa menggunakan aplikasi ini, hanya Telkomsel, Xl atau Axis, Indosat, Smartfren, dan 3 saja yang

Cara Download Psiphon Pro

Karena ada dua versi dari Psiphon Pro, kita akan membahas keduanya. Berikut adalah cara mendownload Psiphon Pro pada Android maupun komputer Windows:

1. Download Melalui Android

  1. Buka Google Play Store
  2. Ketik Psiphon Pro
  3. Klik hasil pencarian teratas
  4. Klik Install
  5. Tunggu hingga selesai

Cara lainnya adalah dengan mengunjungi situs resminya lalu mendownload file apk dari Psiphon Pro. Di situs resmi, kalian akan disuguhkan beberapa jenis download, silakan pilih “Psiphon for Android direct download”. Kalian bisa menggunakan smartphone maupun komputer untuk mendownload file apk tersebut. Jika menggunakan komputer, jangan lupa untuk memindahkan file apk tersebut ke smartphone menggunakan kabel data kalian.

Download Melalui Android

2. Download Melalui Komputer

  1. Buka situs resmi Priphon Pro ( https://www.psiphon3.com/en/download.html )Download Melalui Komputer
  2. Pilih file yang sesuai, yaitu “Psiphon for Windows” pada bagian “Direct Downloads”
  3. Tunggu hingga download selesai

Cara Install Psiphon Pro

Setelah selesai mendownload, instalasi dari Psiphon Pro ini sangatlah mudah. Namun, jika kalian kesulitan dalam instalasi, kalian bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini:

1. Instalasi pada Android

Jika kalian menggunakan Google Play Store, kalian tidak perlu mengikuti langkah – langkah berikut karena sudah terinstall otomatis saat selesai download. Cara ini diperuntukkan bagi kalian yang mendownload melalui situs resminya. Biasanya, pengguna smartphone Android kesulitan dalam menginstall aplikasi dari luar Google Play Store karena sistem akan menolak saat kalian menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Untuk mengatasi Psiphon Pro yang tidak bisa diinstall pada smartphone Android, ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke “Pengaturan” atau “Settings
  2. Masuk ke bagian “Keamanan” atau “Security
  3. Cari pengaturan bertuliskan “Sumber Tidak Diketahui” atau “Unknown Source”, beri centang pada pengaturan tersebut
  4. Masuk ke File Manager smartphone
  5. Cari file aplikasi dari Psiphon Pro yang sudah kalian download, file tersebut bernama “PsiphonAndroid.apk
  6. Tekan file tersebut untuk memulai instalasi
  7. Tunggu hingga instalasi selesai

2. Instalasi pada Komputer

Untuk pengguna komputer atau laptop Windows, kalian tidak perlu menginstall Psiphon Pro lagi. Hal ini dikarenakan file yang didownload melalui situs resmi Psiphon Pro adalah aplikasi portable, artinya aplikasi ini bisa langsung kalian gunakan tanpa perlu instalasi terlebih dahulu. Kalian bisa langsung membuka dan menggunakan aplikasi ini dengan menjalankan file aplikasi “psiphon3.exe”.

Baca juga: Cara Membobol WiFi

Cara Menggunakan Aplikasi Psiphon Pro

Setelah kalian mendownload dan menginstall Psiphon Pro pada perangkat kalian, kalian sudah bisa langsung menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini tidak memerlukan akun seperti kebanyakan VPN populer lainnya. Namun, bagi kalian yang awam mengenai aplikasi VPN seperti ini, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini:

Cara Menggunakan Aplikasi Psiphon Pro

  1. Buka aplikasi Psiphon Pro
  2. Akan muncul dua pilihan, pilih “Use Psiphon Browser Only” supaya hanya internet pada browser saja yang menggunakan Psiphon Pro
  3. Berikan izin aplikasi saat diminta
  4. Cek log jaringan ponsel untuk melihat apakah jaringan dari Piphon Pro ini sudah aktif atau belum

Internet Gratis Menggunakan Psiphon Pro

Internet Gratis Menggunakan Psiphon Pro

Cara di atas adalah cara untuk menjalankan aplikasi secara normal (default). Jika kalian ingin menggunakan Psiphon Pro untuk internet gratis dan cara di atas belum berhasil, ada beberapa step yang harus kalian lakukan terlebih dahulu. Ada satu provider yang disukai banyak orang saat menggunakan Psiphon Pro untuk internet gratis yaitu provider XL. Pastikan kalian menggunakan kartu XL, selanjutnya silakan ikuti cara – cara di bawah ini:

  1. Install aplikasi Psiphon Pro dengan mode Tunnel Whole Device di awal instalasi, atau ubah pengaturan di saat aplikasi terbuka
  2. Pilih “options” lalu pilih server yang akan kalian gunakan. Pilih berdasarkan region atau wilayah kalian
  3. Aktifkan “Disable Times Out for Slow Networks
  4. Pada bagian “Proxy Settings”, aktifkan “Connect Through an HTTP Proxy” dengan cara memberi centangcara setting Psiphon Pro
  5. Kemudian, klik pengaturan “Custom HTTP Headers”, setelah itu aktifkan menu “Add Custom HTTP Headers”
  6. Pada bagian header 1, isi bagian header name dengan “X-Online-Host” dan bagian header value “123.xl.co.id/min_balance8”
  7. Setelah selesai mengatur, klik mulai

Bagaimana dengan provider seluler lainnya? Tentu setingan yang dimasukkan pada Proxy Settings berbeda karena server tiap provider berbeda. Berikut adalah beberapa pengaturan untuk beberapa kartu seluler (provider) lainnya:

  • Kartu 3

Cukup ubah Header saja. Pada header 1, masukkan “X-Online-Host”, masukkan value: “line.me”. Pada header 2, masukkan: “X-Online-Host”, masukkan value: “wechat.com”. Pada header 3, masukkan “Connection”, masukkan value: “Keep Alive”.

  • Kartu Indosat

  1. Masuk ke pengaturan APN pada smartphone, isi sesuai APN yang bisa digunakan (bisa dicari di Google)
  2. Masuk ke Psiphon Pro, pastikan mode Psiphon Pro yang digunakan adalah Tunnel Whole Device
  3. Seperti kartu XL dan kartu 3, kalian harus mengubah Header. Pada header 1, masukkan “X-Online-Host”, masukkan value: “mibiiindonsat.com”.

Baca juga: WiFi Selain IndiHome

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara menggunakan Psiphon Pro pada perangkat smartphone Android. Dengan Psiphon Mod Apk, kalian bisa membuka situs yang terblokir oleh provider, bahkan bisa digunakan sebagai internet gratis dengan cara yang tepat.

Pastikan bahwa kalian menggunakan kartu dengan kuota yang sudah habis untuk mengecek penggunaan internet gratis ini. Semoga artikel loop.co.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!

Leave a Comment