Pengertian Twibbon, Manfaat dan Cara Membuat Sendiri

Pengertian Twibbon-Twibbon merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan postingan foto dengan menggunakan bingkai menarik. Twibbon merupakan salah satu media untuk promosi, pamflet, banner, dukungan, dan sebagainya. Twibbon merupakan bentuk frame atau border yang didesain dan diedit sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan bagus.

Twibbon merupakan salah satu media penting dalam melakukan promosi karena dapat disebarluaskan melalui media-media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Karena disebarluaskan melalui media sosial, promosi yang dilakukan dapat dilihat orang banyak.

Pembuatan twibbon bertujuan untuk memperindah tampilan foto serta digunakan sebagai media promosi. Promosi yang dibuat pun bisa berbagai macam, seperti promosi event, promosi produk, social campaing, dan sebagainya.

Semakin menarik twibbon yang dibuat maka akan semakin menarik orang – orang untuk menggunakannya. Sehingga promosi yang disertakan pada twibbon dapat tersebar luas dengan mudah.

Manfaat Twibbon

Saat ini twibbon merupakan salah satu alternative yang banyak digunakan oleh orang – orang dalam melakukan sebuah promosi. Twibbon sangat bermanfaat bagi kebanyakan orang dalam menyebarkan promosi.

Contohnya ketika akan membuat sebuah olimpiade, penyelenggara membuat twibbon dengan semenarik mungkin. Twibbon tersebut kemudian akan dipakai oleh orang-orang dan diunggah di social media sehingga akan ada banyak orang yang akan melihat dan mengikutinya. Berikut merupakan beberapa fungsi dari twibbon.

  • Dapat digunakan untuk membuat poster
  • Sebagai banner pada halaman Facebook
  • Sebagai alat media promosi
  • Sebagai media support suatu event.

Tips Membuat Twibbon yang Menarik

Untuk menarik banyak perhatian orang – orang biasanya dibuat twibbon yang menarik. Twibbon yang menarik orang lain akan mendapatkan respon seperti twibbon akan tersebar luas, meningkatnya penggunaan twibbon, banyak orang yang mendapatkan informasi melalui twibbon yang tersebar, dan sebagainya.

Untuk membuat twibbon yang menarik dan bagus agar banyak digunakan oleh orang – orang dapat menggunakan beberapa tips berikut. Berikut terdapat beberapa tips untuk membuat twibbon yang menarik.

Menyesuaikan warna

Dalam pemilihan warna dapat disesuaikan dengan warna pada logo. Gunakanlah 2 atau 3 warna saja. Jangan menggunakan terlalu banyak warna pada twibbon. Gunakan hanya warna – warna yang sesuai. Penggunaan warna yang terlalu banyak dapat membuat twibbon menjadi kurang menarik.

Memilih foto yang terbaik

Untuk hasil twibbon yang bagus, pilih foto yang bagus untuk mendukung hasil twibbon yang bagus. Pilih foto yang pas untuk digunakan dengan twibbon. Gunakan foto dengan kualitas baik pula sehingga tampilan hasil akan lebih menarik.

Hindari desain yang kaku dan kuno

Bagian desain pada twibbon memang sangat penting untuk menghasilkan twibbon yang menarik. Untuk menghasilkan twibbon yang menarik gunakan desain yang menarik, tidak kaku, dan tidak kuno. Untuk mendapatkan desain yang menarik dapat menggunakan aplikasi Canva.  Desain yang kaku dan kuno cenderung tidak menarik untuk dilihat.

Carilah referensi sebanyak mungkin

Untuk mencari desain yang menarik dapat menggunakan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya. Contoh referensi desain dapat ditemukan pada internet untuk mendapat inspirasi desain yang menarik dan tidak kaku. Pada aplikasi Canva dapat ditemukan berbagai desain twibbon yang menarik.

Aplikasi Untuk Membuat Twibbon

Twibbon merupakan sebuah bingkai foto vector sehingga pembuatannya memerlukan software editing seperti Corel Draw atau Photoshop. Dalam membuat twibbon diperlukan kreativitas dan keahlian.

Namun seiring perkembangan zaman, saat ini sudah ada banyak bingkai foto menarik dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ada. Pembuatan twibbon menggunakan  aplikasi sangat mudah hanya perlu menambahkan foto. Berikut merupakan beberapa aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk membuat twibbon.

PicsArt

Aplikasi pertama adalah aplikasi PicsArt. Untuk menggunakan aplikasi PicsArt dapat diunduh pada Google Play Store. PicsArt merupakan aplikasi edit foto yang sangat lengkap dan cukup ringan pada smartphone. Banyak fitur yang tersedia pada aplikasi ini seperti membuat kolase, memberi teks, memberi label, dan sebagainya untuk membuat twibbon. Aplikasi ini memerlukan ukuran penyimpanan memori sebesar 30 MB.

Canva

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi Canva. Pada aplikasi Canva ini dapat digunakan pada smartphone baik berupa aplikasi maupun pada website. Jika menggunakan website dapat diakses pada browser.

Jika menggunakan smartphone aplikasi dapat diunduh pada Google Play Store. Pengguna perlu melakukan login dengan menggunakan email. Baik Canva maupun PicsArt terdapat banyak pilihan twibbon yang tersedia. Selain itu, pengguna bahkan bisa merancang desain twibbon sendiri untuk berlatih. Aplikasi ini tergolong aplikasi gratis.

Twibbon.com

Sesuai dengan nama di atas, aplikasi ini berbasis web dan dapat diakses dengan menggunakan browser. Untuk mengaksesnya juga diperlukan koneksi internet. Hasil edit yang diberikan juga tidak kalah menarik dari Canva maupun PicsArt.

Pengguna twibbon juga harus menggunakan akun Facebook atau Twitter untuk Login. Setelah login pengguna harus mengisi data campaign seperti nama, promosi, serat deskripsi. Setelah selesai, baru pengguna dapat menambahkan foto serta memilih frame.

Bagaimana Cara Membuat Twibbon?

Pastinya sudah banyak twibbon yang muncul di berbagai media sosial. Namun, pernahkah kalian berpikir bagaimana cara membuat twibbon? Twibbon dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi tertentu ataupun tanpa aplikasi.

Pembuatan twibbon termasuk mudah bagi pengguna baru yang ingin belajar cara membuat twibbon. Twibbon dapat dibuat dengan menggunakan perangkat saja seperti smartphone atau PC. Selain itu twibbon juga dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi tambahan yang diinstall. Berikut merupakan beberapa cara untuk membuat twibbon.

Menggunakan Twibbon.com

Untuk cara pertama ini hanya membutuhkan smartphone atau PC serta koneksi internet yang lancer. Cara pertama ini tidak perlu melakukan install aplikasi pada perangkat. Pengguna hanya perlu membuka browser pada perangkat karena cara ini hanya mengandalkan website saja. Berikut merupakan tutorial cara membuat twibbon dengan menggunakan twibbon.com.

  • Pastikan koneksi internet sudah hidup dan lancar
  • Buka browser seperti Chrome, Firefox, Safari, dan sebagainya.
  • Ketik alamat website www.twibbon.com
  • Kemudian klik tombol “Login” yang tertera pada pojok kanan atas. Login dapat dilakukan dengan menggunakan akun Facebook atau akun Google.
  • Setelah Login, klik “Start Campaign”
  • Setelah itu akan muncul halaman “Campaign Details”. Kemudian isi Email, Nama, Deskripsi, dan Checklist kolom untuk mendapatkan notifikasi dari twibbon.com. Setelah itu, klik “I’m Happy” dan klik Continue.
  • Selanjutnya akan muncul kotak “Add File”, pilih foto dan gambar yang diinginkan. Setelah foto selesai di upload, edit twibbon sesuai keinginan. Setelah itu hasil editan tersebut dapat disimpan pada perangkat.

Menggunakan Twibbonize.com

Cara kedua ini hampir mirip dengan cara pertama. Namun, cara ini sedikit berbeda dari cara pertama. Cara ini masih menggunakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan browser. Akan tetapi cara ini menggunakan aplikasi twibbonize. Berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat twibbon.

  • Hidupkan koneksi internet.
  • Buka aplikasi Browser seperti Chrome, Firefox, dan sebagainya.
  • Buka alamat website www.twibbonize.com
  • Kemudian pilih desain twibbon yang mau digunakan. Dapat menggunakan kotak search untuk mencari keyword twibbon.
  • Kemudian klik pada desain yang ingin digunakan
  • Klik “Browse Image” dan upload, tunggu hingga selesai.
  • Sesuaikan tata letak foto pada desain twibbon sesuai keinginan.
  • Kemudian klik “Upload”
  • Setelah itu klik “Download” untuk mendownload hasil edit twibbon

Baca juga: Twibbon Hari Kemerdekaan 2022

Menggunakan Canva

Cara selanjutnya yakni menggunakan Canva. Canva  dapat diakses melalui browser dengan membuka website canva atau dengan menggunakan aplikasi yang terinstall pada smartphone. Untuk menggunakan website canva dapat mengakses canva.com. Selain itu dapat menginstall canva melalui Google Play Store. Berikut merupakan cara membuat twibbon dengan menggunakan canva.

  • Hidupkan koneksi internet.Buka aplikasi Browser deperti Chrome atau Firefox. Kemudian buka alamat website canva.com dan “Login” dengan menggunakan akun google.
  • Pada halaman utama akan terdapat fitur seperti banner, card, Instagram, dan sebagainya. Pilih salah satu pilihan
  • Selanjutnya akan berada pada halaman desain. Klik tombol “Search” dan tombol “Frame”. Kemudian akan muncul beberapa pilihan frame. Pilih salah satu frame yang diinginkan
  • Klik tombol Text untuk menambah teks, upload foto atau background.
  • Kemudian klik download jika sudah selesai.

Cara Memasukan Foto ke Twibbon

Cara – cara di atas dapat digunakan untuk membuat twibbon secara lengkap baik bingkai maupun memasukkan foto ke dalam bingkai. Setelah itu pengguna dapat menyimpannya dan menguploadnya ke dalam social media.

Selain itu twibbon dapat digunakan untuk kampanye juga. Lalu bagaimana jika mendapatkan twibbon dengan format png? Bagaimana cara memasukkan foto ke dalam bagian lingkaran twibbon?

Untuk memasukkan foto ke dalam twibbon saat ini sudah tidak perlu membuat desain sendiri dari awal lagi. Pengguna hanya perlu memasukkan foto ke dalam desain bingkai yang sudah jadi. Berikut merupakan langkah – langkah cara memasukkan foto ke dalam bingkai dengan menggunakan PicsArt.

  • Pertama, gunakan file twibbon dengan format file png.
  • Buka file tersebut dengan menggunakan aplikasi PicsArt.
  • Pada aplikasi PicsArt pengguna akan diarahkan langsung pada tempat editing.
  • Pada halaman akan ditampilkan beberapa menu edit.
  • Pilih menu gambar untuk melakukan edit.
  • Kemudian klik menu layer pada pojok kanan bawah.
  • Lalu klik ikon plus dan pilih “Lapisan Foto”
  • Pilih salah satu foto dari galeri yang diinginkan. Atur ukuran foto sesuai keinginan.
  • Buat ukuran foto persegi dengan ukuran 853X853 supaya hasil akhir menjadi rapi.
  • Setelah itu klik foto dan masuk ke aplikasi PicsArt. Lihat pada pengaturan layer foto.
  • Geser foto pada bagian paling atas ke arah paling bawah.
  • Secara otomatis foto yang telah dipilih akan masuk ke bingkai twibbon.
  • Checklist untuk menyimpan foto twibbon.

Keuntungan menggunakan aplikasi PicsArt adalah tidak hanya dalam hal membuat frame atau bingkai saja, tetapi pengguna juga dapat mengisi foto dengan frame yang sudah dibuat atau sudah dimiliki.

Selain itu jika ingin membagi foto yang selesai diedit dapat langsung menggunakan fitur share pada aplikasi PicsArt.  Aplikasi PicsArt merupakan salah satu aplikasi edit foto yang recommend untuk digunakan dalam mengedit foto. Terdapat banyak fitur yang tersedia pada aplikasi ini.

Baca juga: Twibbon Kibarkan Bendera Merah Putih

Penutup

Demikianlah artikel mengenai pengertian twibbon beserta cara membuatnya. Dengan ini pengguna sudah dapat membuat twibbon sendiri dengan menggunakan smartphone atau PC. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. Selamat mencoba!