Pengertian Buku Digital

 

Pengertian buku digital menjadi salah satu yang dapat kamu ketahui dan pelajari kaitannya dengan perkembangan teknologi di bidang publishing atau penerbitan. Dimana penerbitan buku konvensional sudah mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh penerbitan buku yang lebih modern.

Tentu saja ada manfaat, kelebihan, serta kekurangannya karena apapun yang diciptakan manusia tidak mungkin sempurna. Namun dalam proses perkembangannya, memang sangat diinginkan dan didambakan oleh mayoritas orang.

Terutama mereka yang berkecimpung di bidang ini, seperti guru, dosen, siswa, mahasiswa, penggiat atau hobi membaca buku, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kemunculan buku digital menjadi sesuatu yang tidak bisa ditolak karena perkembangan zaman sekarang yang serba digitalisasi.

Apa Pengertian Buku Digital Itu?

Buku digital atau ebook (electronic book) ataupun buku elektronik dapat diartian buku yang disusun, dikonversikan, dan dipublikasikan dalam format digital. Disini ada beberapa hal yang dapat dibahas atau diuraikan satu per satu agar kamu sekalian lebih mudah memahaminya.

1. Buku Disusun secara Digital

Buku Disusun secara Digital

Pertama, buku yang disusun secara digital. Maksudnya, buku tersebut disusun dengan cara-cara lebih modern melibatkan beragam hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak) dalam sebuah sistem komputerisasi.

Dengan kata lain, buku tersebut dibuat dan diciptakan secara komputerisasi dengan menggunakan gadget dalam wujud personal computer (PC), laptop, tablet, smartphone, atau apapun jenisnya.

Di dalam gadget tersebut terdapat software atau aplikasi yang digunakan untuk mengetik huruf atau kata-kata dalam proses penyusunan bukunya. Bukan hanya huruf saja, tetapi juga tidak menutup kemungkinan memasukkan gambar, tabel, grafik, dan elemen pendukung untuk buku tersebut.

Semua itu, bisa dilakukan dengan satu perangkat komputer yang di dalamnya ada beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah buku digital. Jadi, buku tersebut tidak dibuat dengan cara manual atau konveksional, seperti menulis tangan atau memakai mesin ketik.

Pembuatan buku manual semacam itu sudah ditinggalkan karena tidak praktis dalam banyak hal.

2. Buku Dikonversikan secara Digital

Buku Dikonversikan secara Digital

Selanjutnya, buku dikonversikan secara digital. Maksudnya, buku yang sudah dibuat dan diciptakan secara komputerisasi tersebut tidak dicetak menjadi wujud buku hardcopy atau lembaran-lembaran cetakan buku.

Namun, buku tersebut tetap disimpan dalam komputer dengan sebuah file yang nantinya dapat dilihat lagi untuk dibaca, diedit, atau disimpan. Proses konversi tersebut juga masih melibatkan perangkat komputer yang di dalamnya ada aplikasi-aplikasi khusus untuk bisa melakukannya.

3. Buku Dipublikasikan secara Digital

Buku Dipublikasikan secara Digital

Terakhir, buku dipublikasikan secara digital. Maksudnya, buku digital yang sudah jadi dan selesai diedit bisa dipublkasikan dengan tujuan mempromosikannya, menjualnya, atau membagikannya secara gratis kepada banyak orang di luar sana.

Caranya juga masih melibatkan sistem komputerisasi, tetapi ditambah dengan teknologi internet karena melibatkan jaringan di dunia maya. Dengan kata lain, mempublikasikan buku digital melalui platform beragam sosial media yang populer sekarang.

Dengan begitu, makin banyak orang yang mengetahui eksistensi buku tersebut di dunia maya. Selanjutnya, buku digital tersebut bisa dibaca maupun diunduh oleh banyak orang untuk diambil manfaatnya.

Itulah pengertian buku digital dengan sedikit alur atau proses pembuatan buku digital secara garis besar yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memberi Halaman pada Word

Manfaat Buku Digital

Setelah mengetahui pengertian buku digital yang sudah diuraikan diatas, kamu sekalian mungkin akan bertanya apa manfaatnya. Hal itu wajar untuk membandingkan antara buku konvensional dengan buku digital, dimana ada manfaat di dalamnya tersendiri.

Setelah mengetahui manfaatnya, kamu tentu dapat mempertimbangkan sendiri untuk memilih buku digital, buku konvensional, atau keduanya. Secara umum, manfaat dari buku digital sebagai berikut.

1. Membaca Buku Lebih Mudah dan Praktis

Membaca Buku Lebih Mudah

Inilah manfaat utama saat kamu membaca buku digital. Pasalnya, buku tersebut bisa kamu buka di gadgetmu dalam bentuk file tertentu menggunakan aplikasi komputer. Selanjutnya, buku digital dapat kamu baca sepuasnya.

Apalagi kamu yang menggunakan smartphone yang ukurannya lebih kecil dan dapat dibawa kemana saja. Kamu juga dapat membuka dan membaca buku digital melalui smartphone milikmu. Dengan begitu, membaca buku menjadi lebih mudah dan praktis.

2. Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

Kamu yang mau belajar dengan membaca banyak buku tak perlu lagi membawa ataupun menenteng buku berukuran besar. Kamu juga tak perlu jauh-jauh mengunjungi toko buku hanya untuk membeli sebuah buku yang diinginkan.

Pasalnya, keberadaan buku digital yang berwujud softcopy sangat membantu banyak orang untuk bisa membaca dimana dan kapan saja. Jadi, belajar menjadi lebih menyenangkan tanpa terbebani ukuran serta harga buku tersebut.

3. Proses Belajar Mengajar Lebih Menarik

Proses Belajar Mengajar Lebih

Terutama di jenjang bangku sekolah, mulai dari SD sampai SMA/K. Guru tak perlu lagi membagikan buku-buku kepada semua muridnya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan buku tersebut tidak gratis alias dijual.

Sebagai gantinya, guru hanya memberikan file buku digital yang nantinya bisa dibuka dan dibaca di smartphone, tablet, ataupun laptop yang dibawa para murid. Meskipun hanya menggunakan buku digital, tetapi proses belajar mengajar tetap interaktif dan bertambah menarik.

Kelebihan dan Kekurangan dari Buku Digital

Ternyata, buku digital juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Kamu jangan hanya mengetahui pengertian buku digital saja, tetapi juga hal lainnya. Dengan begitu, kamu bisa semakin paham mengenai buku digital sekaligus sebagai bahan pertimbangannya.

Lalu, apa saja kelebihan serta kekurangan dari buku digital? Berikut informasi selengkapnya.

1. Kelebihan Buku Digital

Kelebihan Buku Digital

  • Buku digital lebih mudah untuk diakses oleh banyak orang yang ingin membacanya. Tidak peduli keberadaannya dimana dan waktunya kapan, masih bisa membaca buku asalkan ada gadget. Oleh karena itu, banyak orang beralih ke buku digital.
  • Buku digital harganya lebih murah. Bahkan, tidak sedikit buku digital yang dibagikan atau diunduh secara gratis. Kamu yang ingin mengunduhnya harus mencari situs atau website yang menyediakan unduhan buku digital gratis.

Sepertinya cukup mudah menemukannya karena ada banyak situs yang menawarkan buku digital gratis untuk dibaca dan diunduh banyak orang.

Baca juga: Situs Download Buku Gratis

2. Kekurangan Buku Digital

Kekurangan Buku Digital

  • Buku digital hanya bisa diakses dan dibaca dengan peralatan gadget. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkannya terlebih dulu. Selain itu, kamu harus menginstal aplikasi khusus untuk bisa membaca file buku digital tersebut.

Jika gadget atau aplikasinya bermasalah ataupun rusak, sudah pasti kamu tidak dapat mengakses buku digital.

  • Buku digital juga rawan terserang virus atau malware yang menjangkitinya. Pasalnya, filenya diunduh dari situs atau website yang belum terjaga keamanannya 100 persen. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati agar perangkat gadgetmu tidak ikut-ikutan tertular virus.

Untuk mengantisipasinya, kamu dapat menginstal antivirus terupdate di gadgetmu. Jadi, kamu harus scaning dulu file unduhan buku digital sebelum membuka dan membacanya.

Informasi perihal pengertian buku digital beserta manfaat, kelebihan, dan kekurangannya seperti yang diuraikan diatas semoga menambah pengetahuanmu di bidang ini. Selanjutnya, kamu dapat mencari dan membaca buku digital yang diinginkan. Selamat membaca.