Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang bisa menghasilkan barang ataupun jasa. Pekerjaan yang menghasilkan jasa cukup banyak saat ini dan disukai oleh banyak orang. Bahkan pekerjaan ini bisa digunakan sebagai salah satu mata pencaharian utama.

Meski sebagian besar orang sudah mengetahui jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Ternyata ada beberapa jenis pekerjaan baru yang muncul di era digital dan bisa menghasilkan beberapa jasa menarik. Bahkan bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Untuk mengetahui pekerjaan yang menghasilkan jasa ada baiknya untuk menyimak beberapa ulasan akan dibahas di bawah ini. Dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan jenis pekerjaan baru yang kemungkinan besar bisa berkembang di masa depan.

Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa ternyata cukup banyak di luar sana. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang kemungkinan besar masih bisa dilakukan.

1. Layanan Ojek dan Delivery

Layanan Ojek dan Delivery

Pekerjaan pertama yang bisa menghasilkan jasa adalah layanan objek atau delivery. Zaman sekarang layanan ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat khususnya yang ingin berpergian ke banyak tempat tanpa harus menggunakan kendaraan pribadinya sendiri.

Misal saat mereka berada di kota lain, layanan ojek online ataupun layanan transportasi online lainnya bisa dimanfaatkan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih mudah dan cepat.

Selanjutnya untuk mereka yang memiliki rumah makan atau tempat berjualan juga bisa menggunakan layanan serupa dalam bentuk delivery service. Layanan seperti ini sudah mudah ditemukan di Indonesia sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Baca juga: Bonus Demografi Adalah

2. Layanan Pengelolaan Medsos

Layanan Pengelolaan Medsos

Selanjutnya adalah pelayanan pengelolaan medsos yang saat ini jika menjadi naik daun. Media sosial sangat penting khususnya untuk mereka yang memiliki usaha dan berjualan secara online. Media itu digunakan untuk melakukan promosi dan penjualan secara langsung.

Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan hal itu sehingga ada layanan yang bisa melakukan pengelolaan dan juga pembuatan kontennya. Jadi media sosial bisa dikelola dengan baik sehingga pemilik hanya perlu fokus untuk melakukan penjualan dan menyediakan konten untuk di posting.

3. Dokter

Dokter

Dokter juga merupakan salah satu pekerjaan yang menghasilkan jasa karena pekerjaan mereka adalah melakukan diagnosa lalu memberikan resep yang sesuai. Mereka juga bisa memberikan saran-saran medis yang nantinya bisa dilakukan oleh para pasien.

Pada tindakan medis tertentu dokter tidak hanya memberikan resep saja tetapi juga memberikan tindakan yang lebih besar. Salah satunya adalah melakukan operasi atau tindakan medis lain yang invasif atau non invasif.

Setiap dokter biasanya memiliki spesifikasi tersendiri mulai dari dokter umum hingga ke dokter spesialis. Jadi layanan jasa yang nantinya diberikan juga bisa bervariasi.

4. Guru atau Trainer

Guru atau Trainer

Selanjutnya adalah guru atau trainer yang mengajarkan ilmu atau kemampuan tertentu kepada banyak orang. Guru yang berada di sekolah atau lembaga pendidikan memberikan kemampuan mereka sehingga bisa melakukan transfer ilmu atau membimbing siswa dengan baik.

Sementara itu trainer juga memberikan hal yang sama meski dilakukan pada lembaga non formal. Misal seorang trainer mengajarkan kemampuan tertentu yang tidak diberikan pada sekolah. Jadi semacam kursus dalam jangka waktu pendek.

5. Layanan SEO

Layanan SEO

Layanan SEO atau search engine optimization juga sangat dibutuhkan saat ini. Bahkan sebagian besar perusahaan sudah memiliki pegawai yang secara khusus akan melakukan proses SEO agar website mereka mudah dicari di internet. Kondisi ini bisa menyebabkan jumlah penjualan semakin meningkat.

Layanan ini bisa juga diberikan tanpa menjadi seorang pegawai dari suatu perusahaan. Biasanya pekerja lepas bisa menawarkan jasa SEO kepada beberapa perusahaan sehingga mereka bisa memaksimalkan penjualannya secara online.

6. Jasa Bersihkan Rumah

Jasa Bersihkan Rumah

Tidak sempat membersihkan rumah bukan halangan bagi seseorang untuk mendapatkan rumah yang bersih. Bahkan tanpa harus menggunakan jasa dari pembantu rumah tangga kebersihan dari rumah masih bisa terjaga dengan baik apabila menggunakan jasa pembersihan rumah.

Saat ini Jasa bersih rumah sudah bisa ditemukan di kota besar. Jadi setiap seminggu sekali kamu bisa menggunakan layanan ini untuk membersihkan rumah sehingga masih terlihat sangat rapi dan bersih.

7. Servis Elektronik

Servis Elektronik

Servis elektronik menghasilkan jasa yang bisa memperbaiki berbagai jenis barang yang mengalami kerusakan. Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan servis elektronik khususnya yang berhubungan dengan gadget yang dipakai sehari-hari seperti ponsel ataupun laptop.

8. Personal Shopper

Personal Shopper

Karena tidak memiliki waktu yang banyak untuk berbelanja atau membeli kebutuhan lainnya seseorang selalu membutuhkan personal shopper. Akhirnya mereka meminta seseorang untuk berbelanja dan mengirimnya esok hari atau hari itu juga.

Layanan personal shopper ini sudah banyak ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Bahkan ada beberapa aplikasi yang mempertemukan banyak sekali personal shopper untuk melakukan perbelanjaan sesuai dengan keinginan dari customer.

Meski nantinya yang dikirim adalah barang atau dalam bentuk. Pekerjaan ini adalah jasa untuk membelikan suatu barang. Jadi mereka tidak akan menghasilkan barang tetapi membelikan dan nantinya apa yang sudah dilakukan atau jasa ini akan diberi upah yang sesuai.

Baca juga: Contoh Surat peringatan

9. Endorsement Barang

Endorsement Barang

Tidak bisa dipungkiri lagi jika endorsement barang juga merupakan salah satu layanan atau pekerjaan yang menghasilkan jasa. Seseorang yang memiliki pekerjaan ini akan menawarkan atau melakukan ulasan terkait dengan barang itu lalu dilihat oleh banyak orang.

Secara umum pekerjaan ini akan melakukan promosi secara langsung ataupun tidak langsung. Hasil dari pekerjaan ini adalah promosi yang nantinya akan membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk.