Cara Membuat Opor Ayam Santan Kuning Yang Lezat Dan Mudah!

 

Loop.co.id – Opor Ayam Kuning adalah salah satu masakan yang wajib ada saat hari-hari raya besar, khususnya pada perayaan lebaran yang diperingati oleh seluruh umat Muslim. Jadi, banyak yang mengatakan bahwa opor ayam sangat identik dengan perayaan lebaran.

Pada saat ini, umat Muslim di seluruh dunia sedang memperingati hari raya Idul Adha. Di Indonesia sendiri, hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 9 Juli dan 10 Juli 2022.

Sebagai hari raya besar umat Muslim, opor ayam tidak lupa untuk disajikan. Ada banyak jenis dan kreasi masakan opor yang bisa kamu buat, salah satunya adalah opor ayam santan kuning. Ingin tau bagaimana cara membuatnya? Ikuti pembahasan ini ya.

Opor Ayam Kuning Yang Identik Dengan Lebaran

Opor Ayam Kuning Yang Identik Dengan Lebaran

Opor ayam adalah masakan dengan kuah santan yang sudah terkenal di seluruh Indonesia terutama di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Hidangan ini terdiri dari bahan utama yakni ayam yang dimasak dengan berbagai bumbu dan ditambah santan kental yang terbuat dari kelapa.

Sebenarnya, opor ayam ada dua jenis yakni opor ayam santan putih dan opor ayam santan kuning. Opor ayam santan putih identik dengan kalangan emak-emak yang merupakan sebutan untuk ibu-ibu keturunan Tionghoa.

Sedangan jenis lainnya yakni opor ayam santan kuning adalah kreasi ibu-ibu asli Jawa. Warna kuning ini diperoleh dengan tambahan kunyit. Katanya, dengan penambahan kunyit ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan badan.

Dalam budaya orang Jawa, saat perayaan hari lebaran wajib ada hidangan opor ayam. Biasanya opor ayam dihidangkan bersama dengan lontong ataupun ketupat. Tidak lupa ditambahkan dengan bawang goreng dan juga bahan pelengkap lainnya agar hidangan ini makin menggugah selera.

Ternyata, pasangan hidangan antara opor dan ketupat ini memiliki makna yakni permohonan maaf atas perbuatan ataupun pikiran yang buruk atas orang ataupun sesuatu.

Berdasarkan makna itulah yang membuat opor ayam sangat identik dengan hari raya lebaran umat Muslim. Hal ini dikarenakan hari raya lebaran juga dilaksanakan maaf-maafan.

Cara Membuat Opor Ayam Santan Kuning

Cara Membuat Opor Ayam Santan Kuning

Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum memasak opor ayam kuning, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk olahannya. Berikut ini daftar bahan yang bisa kamu persiapkan.

  • 1 ekor ayam, bisa ayam kampung ataupun ayam negeri. 1 ekor ayam ini bisa kamu potong-potong dan cuci bersih hingga tidak ada lagi darah yang tersisa.
  • 3 sendok makan minyak.
  • 500 mili liter air
  • 1  liter santan. Kamu bisa membuat santan ini dari 1 butir kela[a
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai yang sudah dicuci bersih kemudian dimemarkan
  • 1 ruas lengkuas yang juga sudah dicuci bersih dan memarkan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu bubuk. Untuk mendapatkan rasa yang lebih selaras, gunakan kaldu bubuk rasa ayam

Bumbu Halus

Selain bahan diatas, kamu juga perlu menyiapkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan dalam masakan ini. Berikut bahan yang bisa kamu haluskan.

  • 8 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan merica
  • Jahe sebesar ibu jari
  • Kunyit sebesar ibu jari
  • sekitar 50 gram kemiri
  • 2/4 sendok teh jintan
  • 2/4 biji pala
  • Garam
  • Gula

Step By Step Membuat Opor Ayam Santan Kuning

  1. Pertama-tama, kamu perlu menumis semua bumbu yang sudah dihaluskan bersamaan dengan serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Tumis denganh sedikit minyak dan tunggu hingga berbau harum
  2. Jika sudah harum, masukan ayam dan aduk sedikit hingga ayam berubah warna
  3. Kemudian tuangkan air, gula pasir, asam jawa, dan kaldu ayam. Aduk hingga rata
  4. Masak dengan menggunakan api sedang hingga ayam menjadi empuk dan air bumbu surut
  5. Selanjutnya, masukan santan dan masak lagi hingga bumbu meresap dan ayam matang dengan sempurna.
  6. Jika ayam sudah empuk. angkat dan opor ayam kuning sudah siap disajikan
  7. Tidak lupa untuk menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti bawang gorang, telur rebus, hingga ketupat ataupun lontong

Pilihan Antara Ayam Kampung Vs Ayam Negeri

Pilihan Antara Ayam Kampung Vs Ayam Negeri

Cara Perawatan

Ada dua jenis ayam yang bisa kamu gunakan untuk membuat opor ayam kuning yakni ayam kampung dan juga ayam negeri. Apakah lebih baik menggunakan ayam kampung ataukah ayam negeri?

Pertanyaan diatas seringkali dilontarkan oleh banyak orang. Ada kelompok yang memilih ayam kampung karena dirasa lebih sehat. Ada pun kelompok yang memilih menggunakan ayam negeri karena lebih terjangkau.

Sebenarnya, protein yang ada dalam kedua jenis ayam ini sama-sama baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kamu. Perbedaan diantara kedua ayam ini adalah cara pemeliharaannya.

Biasanya proses pemeliharaan ayam negeri ini menggunakan suntikan hormon dan juga antibiotik. Hal ini yang menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih ayam negri atau yang dikenal dengan ayam broiler.

Hormon yang disuntikan ke ayam negeri ini adalah hormon estrogen, progesteron, streoid, dan juga testosteron. Katanya, apabila mengkonsumsi ayam negeri yang sudah disuntikan hormon akan bisa mempengaruhi masa haid pada perempuan.

Sebenarnya, suntikan antibiotik dan hormon itu memiliki tujuan. Dengan menyuntikan hormon, ayam broiler bisa lebih cepat dalam perkembangannya. Sedangan suntikan antibiotik diberikan agar tidak ada bakteri yang bisa mengganggu pekembangan ayam.

Berbeda dengan ayam negeri yang dirawat dalam kandang, ayam kampung justru tidak. Ayam kampung dibiarkan bebas dan biasanya diberikan makanan seperti nasi kering karena biasanya ayam kampung akan dapat mencari makanannya sendiri.

Tekstur Daging

Diatas sudah dijelaskan mengenai perawatan kedua jenis ayam, sekarang kamu juga perlu tau bedanya tekstur dari kedua jenis ayam ini. Ayam negeri dagingnya lebih gemuk dan banyak lemak. Dagingnya juga dinilai bisa matang lebih cepat sehingga cocok untuk berbagai olahan makanan yang tidak diungkep.

Lain halnya dengan ayam kampung yang memiliki daging yang tidak setebal dan sebesar ayam negeri. Daging ayam kampung cenderung lebih padat dan juga lebih keras dibandingkan dengan ayam negeri. Hal ini yang membuat ayam kampung biasanya harus melalui proses ungkep baru tekstur dagingnya empuk.

Kamu pasti sudah mengetahui perbedaan kedua jenis ayam ini. Jadi, kamu lebih memilih ayam negeri ataukah ayam kampung untuk diolah menjadi opor ayam kuning di hari lebaran ini?

Satu hal yang harus kamu ketahui yaitu ayam negeri maupun ayam kampung sama-sama baik untuk kamu konsumsi. Namun menjadi berbahaya jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Rekomendasi Masakan Untuk Hari Raya Lebaran

Rekomendasi Masakan Untuk Hari Raya Lebaran

Selain masakan opor ayam kuning, ternyata masih ada beragam jenis masakan yang cocok untuk kamu hidangkan saat hari raya. Berikut ini rekomendasi beberapa masakan dan cara membuatnya.

1. Gulai

Hidangan bersantan yang mirip dengan opor ayam kuning ini juga merupakan masakan yang biasa dihidangkan saat hari raya lebaran tiba. Bedanya, biasanya gulai ini menggunakan daging dengan santan yang lebih kental dibandingkan opor ayam kuning. Berikut ini cara untuk membuat gulai.

Bahan Yang Dibutuhkan

  • 500 gram daging atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu
  • 500 mililiter santan
  • 5 lmbr daun jeruk
  • Lengkuas secukupnya
  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 6 kemiri
  • Jahe secukupnya
  • Jinten secukupnya
  • Pala secukupnya

Langkah-Langkah Membuat

  1. Pertama-tama kamu perlu merebus daging dengan air yang cukup hingga matang dan teksturnya berubah menjadi empuk.
  2. Tiriskan daging yang sudah kamu rebus untuk membuang air sisa rebusan
  3. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak. Tumis hingga bumbu harum
  4. Masukan bahan lainnya seperti jade, daun jeruk, jintan, serai, daun salam, dan cengkeh
  5. Tambahkan sedikit air dan tambahkan garam, gula, lada sesuai selera kamu
  6. Masukan daging dan santan kemudian terus aduk hingga bumbu meresap
  7. Jika sudah, gulai bisa langsung kamu sajikan

2. Sate

Lebaran Idul Adha juga identik dengan daging kurban yang dimasak menjadi sate. Makanan ini juga pas disajikan untuk momen berkumpul bersama dengan keluarga, teman, ataupun orang terkasih. Inilah resep yang bisa kamu ikuti jika ingin mencoba mengolah daging menjadi sate.

Bahan Yang Diperlukan

  • Daging sesuai dengan kebutuhan kamu
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • ketumbar secukupnya
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • Bumbu kacang yang sudah diolah

Langkah-Langkah Membuat

  1. Cuci daging hingga bersih kemudian potong-potong dengan ukuran sesuai selera kamu
  2. Siapkan bumbu-bumbu dan haluskan dengan cara diulek ataupun diblender
  3. Siapkan wadah yang sudah dialasi dengan daun pepaya
  4. Jika tidak ingin dagingnya keras, kamu bisa mengungkepnya terlebih dahulu hingga setengah matang
  5. Tusuk potongan-potongan daging yang sudah diungkep tersebut dengan tusukan sate
  6. Baluri dengan bumbu yang sudah kamu haluskan
  7. Selanjutnya kamu tinggal panggang sate diatas bara api hingga warna daging berubah menjadi coklat tua
  8. Bila ingin lebih lezat, tambahkan bumbu kacang dan kecap setelah sate kamu diangkat
  9. Sate siap dihidangkan

Akhir Kata

Sampai disini dulu pembahasan tentang cara membuat opor ayam santan kuning. Kiranya kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk memasak di hari raya lebaran nanti. Terima kasih karena sudah mengikutinya dan mohon maaf bila masih terdapat kekurangan.