Nama Nama Alat Make Up

Make up merupakan alat tata rias wajah yang biasanya digunakan oleh wanita untuk mempercantik wajah dengan menutupi kekurangan pada wajah sehingga wajah tampak lebih cantik dan menarik. Kebanyakan wanita menggunakannya untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Bahkan terkadang ada wanita yang tidak merasa percaya diri jika tidak menggunakan make up. Selain itu, terdapat pula wanita yang tidak suka menggunakan make up dan lebih memilih untuk tampil natural.

Untuk pemula yang ingin menggunakan make up pasti bingung dengan banyaknya jenis alat make up di pasaran. Terdapat berbagai macam jenis alat make up dari mata, hidung, pipi, wajah, bibir, alis, hingga lekukan-lekukan wajah. Untuk yang masih bingung, berikut merupakan nama- nama alat make up yang penting diketahui untuk pemula.

Kumpulan Nama-Nama Alat Make Up

Dalam dunia kecantikan anda akan menemukan berbagai macam alat make up kecantikan. Terkadang bagi kaum hawa tidak mengetahui apa nama dari alat tersebut. Berikut ini diantaranya.

Brush Make Up Dengan Berbagai Ukuran

Brush make up merupakan kuas yang digunakan untuk mengambil produk dan disapukan pada wajah. Brush make up terdiri dari berbagai bentuk sesuai dengan fungsinya. Misal brush yang berukuran kecil digunakan untuk bagian kelopak mata, brush besar digunakan untuk bagian pipi, dan sebagainya.

Jangan menggunakan satu brush untuk semua kebutuhan wajah karena dapat merusak kuas dan hasil make up yang didapatkan tidak maksimal. Kuas make up dibedakan berdasarkan bentuknya dan fungsinya. Berikut merupakan daftar nama- nama brush make up sesuai dengan bentuk dan fungsinya.

  • Foundation Brush

Brush Foundation pada dasarnya digunakan untuk membubuhkan foundation pada wajah. Brush foundation dapat menghasilkan sapuan foundation yang lebih halus dibanding menggunakan jari. Selain itu, foundation akan lebih melekat pada kulit sehingga hasil make up terlihat lebih bagus. Brush ini cocok untuk pengguna dengan wajah yang tidak rata karena dapat menjangkau lekukan-lekukan dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan brush foundation, produk yang digunakan akan lebih sedikit dibanding menggunakan beauty blender sehingga lebih hemat. Brush foundation terdiri dari dua jenis yakni bulat dan pipih. Untuk brush yang bulat digunakan ketika menggunakan foundation padat. Untuk brush pipih digunakan untuk foundation cair.

  • Beauty Blender

Beauty Blender merupakan spons yang berbentuk seperti telur dengan fungsi yang sama seperti brush foundation. Beauty blender digunakan untuk mengaplikasikan foundation pada wajah. Bagian bawah yang lebar dapat digunakan untuk area wajah yang luas seperti pipi dan dahi. Sedangkan bagian atas yang lancip dapat digunakan untuk area wajah yang sulit dijangkau.

Cara menggunakan beauty blender adalah dengan membasahinya dengan air terlebih dahulu. Kemudian ambil produk foundation dan tepuk-tepuk pada wajah menggunakan beauty blender. Jangan menyeretnya pada wajah karena dapat merusak beauty blender. Setelah pemakaian, beauty blender harus dibersihkan untuk menjaga kebersihan dan merawat beauty blender.

  • Kabuki Brush

Kabuki Brush merupakan kuas yang berbentuk bulat seperti jamur yang berfungsi untuk menaburkan bubuk pada wajah. Ciri-ciri brush ini adalah memiliki bulu tebal, padat, berukuran pendek, dan bagian ujung melengkung, bulat, atau datar sehingga produk dapat diaplikasikan secara merata pada wajah. Brush ini mirip dengan rambut palsu pada pementasan Kabuki di Jepang sehingga diberi nama Brush Kabuki. Brush ini cocok untuk produk make up dengan tekstur krim atau bubuk.

  • Powder Brush

Powder Brush merupakan kuas yang berfungsi untuk membubuhkan bedak pada wajah. Powder brush merupakan kuas dengan bulu yang tebal sehingga dapat menghasilkan sapuan bedak yang lebih natural. Selain itu, brush ini dapat digunakan untuk membaurkan contour dan foundation. Powder brush terdiri dari tiga jenis berdasarkan ukurannya yakni large, medium, dan small.

  • Angled Blush Brush

Angled Blush Brush merupakan kuas yang berfungsi untuk mengaplikasikan bronzer dan powder blush on. Kuas ini memiliki sudut yang miring dan runcing pada bagian ujung sehingga dapat menghasilkan blush dan bronzer yang baik dan mengikuti tulang pipi. Selain itu, brush ini dapat digunakan untuk membubuhkan highlight dan contour pada tulang pipi, area rahang, area dahi, dan dagu agar terlihat tirus.

  • Concealer Brush

Concealer Brush merupakan brush dengan bentuk yang agak panjang dengan ujung yang bulat dan runcing. Kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan concealer pada wajah. Concealer digunakan untuk menutupi noda-noda pada wajah seperti bekas jerawat, mata panda, hingga tanda lahir. Pada umumnya kuas ini memiliki jenis bulu yang sama dengan kuas foundation.

  • Eyeshadow Brush

Eyeshadow Brush merupakan kuas berbentuk pipih dengan ujung kuas yang cembung dan tebal. Brush ini berfungsi untuk membentuk sudut mata dengan menggunakan eyeshadow. Selain itu, brush ini dapat digunakan untuk memadupadankan berbagai macam warna eyeshadow pada mata dan membaurkan highlighter pada tulang pipi dan tulang alis..

  • Blending Eyeshadow Brush

Blending Eye Shadow Brush merupakan kuas berukuran kecil dengan bentuk bulat pada ujungnya. Kuas ini dapat menghasilkan lipatan mata dengan menggunakan eyeshadow. Selain itu, kuas ini cocok untuk membaurkan warna eyeshadow sehingga dapat memberi hasil gradasi warna yang terlihat natural dan lembut karena ukurannya yang kecil.

  • Smudge Brush

Smudge Brush adalah brush yang digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow pada mata. Brush ini memiliki ciri berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Brush ini dapat menghasilkan sapuan yang lembut pada kelopak mata. Selain itu, kuas ini dapat digunakan untuk tampilan style efek smoky eyes.

  • Angled Eyeliner Brush

Angled Eyeliner Brush merupakan kuas yang berbentuk asimetris di salah satu sisinya. Kuas ini memiliki tekstur yang lebih keras dan digunakan untuk mempercantik pada bagian mata. Kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan eyeliner baik tekstur gel atau tekstur bubuk sehingga terlihat lebih rapi. Selain itu, kuas ini dapat mempermudah pengaplikasian eyeliner sesuai keinginan baik tipis maupun tebal.

  • Fan Brush

Fan Brush merupakan brush yang berbentuk seperti kipas dengan bulu kuas yang mirip seperti kipas yakni pipih dan melebar. Brush ini terdiri dari dua jenis berdasarkan bentuknya. Fan brush yang kecil digunakan untuk mengaplikasikan hightlighter pada tulang pipi bagian atas. Sedangkan fan brush yang besar digunakan untuk membersihkan sisa powder yang berjatuhan pada wajah.

  • Lip Brush

Lip Brush adalah kuas yang berfungsi untuk membubuhkan lipstik pada bibir. Bulu kuas ini berbentuk tipis, lancip, dan sedikit keras atau kasar. Kuas ini dapat membentuk garis bibir dengan baik dan mampu menghasilkan hasil yang lebih natural. Kuas ini biasanya digunakan pada lipstik pallete atau lipstik pada umumnya.

Eyebrow Comb

Eyebrow Comb merupakan kuas yang berbentuk seperti sikat gigi dan sisir pada masing-masing sisi. Kuas ini berfungsi untuk menyisir alis dan menyisir bulu mata. Pada bagian yang berbentuk seperti sikat gigi digunakan untuk alis dan bagian yang berbentuk seperti sisir digunakan untuk bulu mata. Sisir pada alis dapat membaurkan warna alis yang digunakan sehingga akan tampak lebih natural.

Eyelash Curler

Eyelash Curler atau dikenal dengan penjepit bulu mata merupakan alat yang dapat membuat bulu mata terlihat lentik. Alat ini biasanya digunakan sebelum menggunakan maskara untuk hasil maskara yang lebih maksimal. Penjepit bulu mata hanya digunakan pada bagian bulu mata atas. Pengguna dapat menjepit bulu mata mulai dari tengah hingga pangkal bulu mata.

Baca juga: Aplikasi Al Composite Video

Foundation

Foundation merupakan make up wajah yang berfungsi untuk meratakan warna kulit pada wajah dan menutup pori-pori sehingga wajah akan tampak mulus. Foundation terdiri dari berbagai macam jenis berdasarkan teksturnya seperti cair, krim, compact, mousse-y hingga  BB Cream dan CC cream yang saat ini sedang populer. Selain itu foundation juga memiliki beragam shade dan tone yang dapat disesuaikan dengan shade dan tone pengguna.

Shade adalah warna kulit wajah seperti putih, kuning langsat, sawo matang, dan sebagainya. Sedangkan tone adalah jenis kulit seperti warm, cool, atau neutral, yang dapat dilihat dengan mengecek warna urat nadi pada pergelangan. Urat nadi berwarna hijau adalah tone warm, biru adalah tone cool, hijau dan biru adalah neutral. Pastikan jika membeli foundation belilah sesuai tone yang dimiliki. Jika salah shade foundation dapat diatasi dengan menggunakan concealer atau bronzer. Namun jika salah tone kemungkinan besar tidak dapat menggunakan foundation tersebut karena akan tampak abu-abu.

Blush On

Blush on merupakan produk make up yang disapukan pada bagian pipi sehingga wajah akan telihat lebih segar dan merona. Blush on terdiri dari berbagai tekstur seperti creamy, gel, tint blush, hingga powder. Selain itu blush on terdiri dari berbagai macam warna seperti merah muda, orange, purple, brown, red, dan sebagainya. Warna yang paling sering digunakan adalah merah muda untuk efek tersipu.

Produk Bibir

Produk untuk bibir terdiri dari berbagai macam jenis, tekstur, warna, bentuk, dan fungsi. Produk bibir terdiri dari lipbalm yang berfungsi untuk melembapkan, lipgloss  dengan tekstur gel dan berkesan glossy, lipstik, lipcream dengan tekstur cream untuk memberi warna pada bibir, liptint dengan tekstur seperti air, hingga lipbutter dengan tekstur seperti butter. Selain itu finishing yang ditawarkan pun beragam seperti matte, glossy, butter, hingga super matte.

Eyeshadow

Eyeshadow merupakan produk makeup yang digunakan untuk memberi warna pada kelopak mata sehingga tampilan mata dapat lebih menarik dan dramatis. Eyeshadow biasanya berbentuk pallete dengan tekstur powder. Namun, saat ini sudah tersedia eyeshadow dengan tekstur yang creamy. Warna eyeshadow dapat disesuaikan dengan look yang diinginkan oleh si pemakai seperti eye korean look, smoke eyes, dan sebagainya.

Eyeliner

Area mata merupakan salah satu bagian yang penting dalam make up. Bagian mata dapat menentukan akan seperti apa tampilan yang terlihat.  Untuk menampilkan mata yang besar dan tegas dapat menggunakan eyeliner pada bagian garis mata. Eyeliner terdiri dari beberapa jenis yakni eyeliner cair, eyeliner pensil, eyeliner gel, dan eyeliner spidol. Jenis eyeliner yang dipakai dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Maskara dan Bulu Mata

Kebanyakan wanita mendambakan bulu mata yang panjang dan lentik. Untuk tampilan bulu mata yang panjang dan lentik dapat menggunakan maskara atau bulu mata palsu. Gunakan maskara jika ingin bulu mata terlihat lentik natural. Untuk acara-acara yang lebih spesial dapat menggunakan bulu mata palsu agar tampilan terlihat lebih mewah. Untuk penggunaan maskara hanya perlu menyapukan maskara dari pangkal bulu mata hingga ujung bulu mata.

Eyebrow Kits

Selain mata, alis juga merupakan salah satu bagian yang penting dalam make up. Untuk membuat alis tampak simetris dan lebih bagus dapat menggunakan eyebrow kits. Eyebrow kits berupa sisir alis, pallete warna alis, brush, pensil alis, dan sebagainya.

Contour dan Highlight

Contour dan highlight merupakan produk yang digunakan untuk memberikan shade pada area tertentu pada wajah untuk mempertegas bagian-bagian wajah yang ingin ditonjolkan. Teknik ini biasanya digunakan untuk memberikan kesan tirus pada pipi, mancung pada hidung, dan sebagainya. Bagian yang biasanya diberi efek ini adalah T Zone, pipi, mata, hidung, rahang, dan dagu.

Bedak

Bedak merupakan produk make up yang dibubuhkan pada wajah setelah foundation atau tanpa foundation. Bedak terdiri dua macam yakni bedak tabur dan bedak padat. Bedak biasanya digunakan sebagai finishing make up. Jenis bedak yang digunakan dapat disesuaikan dengan keinginan. Untuk bedak padat terdiri dari dua jenis yakni compact powder dan two way cake powder. Two way cake powder merupakan campuran bedak dengan foundation.

Baca juga: Aplikasi Make Up Pengantin Viral

Penutup

Demikianlah artikel mengenai nama-nama alat make up untuk mempermudah para pemula dalam mengenal jenis-jenis alat make up. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkannya sebelum tidur dengan menggunakan make up remover. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai alat make up. Semoga bermanfaat!