Apa Itu Monetary Telkomsel? Ini Fungsi & Cara Menggunakannya

Loop.co.id – Sebagai salah satu provider seluler terbesar yang ada di Indonesia, Telkomsel mampu memberikan banyak sekali layanan bagi para penggunanya. Beberapa di antaranya seperti hiburan, internet, SMS, telepon, jaringan yang kuat, hingga saldo Monetary Telkomsel.

Layanan Monetary Telkomsel ini dinilai memiliki banyak kegunaan dan mampu memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna Telkomsel. Namun, ini berlaku apabila kamu paham cara untuk memanfaatkannya. Ini adalah sebuah layanan bentuk apresiasi bagi para pengguna Telkomsel yang loyal.

Apa Itu Monetary Telkomsel?

Apa Itu Monetary Telkomsel

Melalui layanan Monetary Balance, para pengguna Telkomsel memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain sesama Telkomsel tanpa pulsa yang dimiliki berkurang sedikitpun. Tentu saja ini adalah sebuah layanan yang tidak bisa ditemukan para operator lainnya kan?

Ya, bisa dibilang jika ini adalah sebuah cashback berupa pulsa Telkomnsel yang bisa digunakan untuk mengirimkan SMS dan melakukan panggilan telepon ke sesama pengguna Telkomsel lainnya. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk mengetahui nominal monetary yang dimiliki.

Jadi secara sederhananya, Monetary Telkomsel merupakan bonus pulsa yang diberikan oleh operator Telkomsel bagi para penggunanya. Dan bonus pulsa ini akan diberikan setelah pengguna melakukan pembelian suatu produk dari Telkomsel.

Bonus pulsa dari Telkomsel ini akan terlihat dalam bentuk nominal Rupiah dengan jelas seperti (Rp.10.000,00). Nantinya pulsa tersebut bisa kamu gunakan seperti pulsa pada umumnya, yakni melakukan panggilan telepon, mengirimkan SMS, dan lain sebagainya.

Apa Fungsinya?

Apa Fungsinya

Dapat dikatakan jika fungsi dari monetary ini kurang lebih seperti pulsa reguler yang kamu beli. Hanya saja pulsa monetary ini tidak bisa kamu beli dan diubah menjadi berbagai macam layanan Telkomsel yang lain seperti SMS, telpon, dan juga paket data.

Baca Juga  Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat Ponsel Terbaru 2023

Namun monetary ini juga bernilai atau bernominal sama halnya seperti pulsa reguler. Nah, fungsi nyata dari monetary ini untuk melakukan mengirim SMS dan juga melakukan panggilan untuk sesama pengguna Telkomsel.

Jadi pada saat kamu memiliki pulsa monetary, maka pulsa yang digunakan untuk menelpon dan SMS adalah pulsa monetary ini terlalu dulu. Dan jika pulsa monetary sudah habis, baru kemudian yang digunakan adalah pulsa reguler.

Untuk tarif telepon, SMS, serta internet juga masih sama seperti penggunaan pulsa reguler. Ya, terbilang nilai dari pulsa monetary ini setara (1:1) dengan pulsa reguler. Jadi banyaknya pulsa monetary yang dikeluarkan untuk telpon atau SMS, akan sama seperti ketika menggunakan pulsa reguler.

Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kelebihan dari monetary ini yaitu dapat kamu gunakan untuk melakukan panggilan dan juga mengirimkan SMS. Namun panggilan dan SMS tersebut hanya berlaku untuk sesama pengguna operator Telkomsel.

Jadi selama kamu masih punya pulsa monetary yang cukup, maka bisa melakukan telepon dan mengirim SMS tanpa perlu takut pulsa utama atau pulsa reguler yang dimiliki akan berkurang.

Sedangkan untuk kekurangannya, yakni pulsa monetary tidak bisa digunakan untuk membeli paket telpon, paket SMS, paket internet, dan paket combo. Tidak hanya itu, monetary ini juga tidak berlaku untuk aktivitas menelpon dan mengirimkan SMS ke nomor yang berbeda operator.

Bagaimana Cara Penggunaannya?

Bagaimana Cara Penggunaannya

Sebenarnya cara untuk menggunakan Monetary Telkomsel ini tidak sulit. Ya, kamu bisa menggunakannya layaknya menggunakan pulsa Telkomsel reguler. Jadi misalnya kamu ingin mengirim SMS, maka pulsa yang digunakan adalah pulsa dari monetary terlebih dahulu.

Apabila kuota monetary habis, barulah biaya akan dibebankan pada pulsa reguler di nomor Telkomsel kamu. Akan tetapi pulsa dari monetary ini juga memiliki masa aktifnya sendiri, dan masa aktif tersebut berbeda dengan masa aktif pulsa reguler.

Baca Juga  Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang Atau Sudah Mati

Jadi apabila masa aktif pulsa monetary sudah habis, maka kamu sudah tidak bisa menggunakannya lagi. Sisa pulsa monetary yang masih ada, juga akan hilang alias hangus. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu selalu mengecek pulsa monetary ini secara berkala agar tidak sia-sia.

Bagaimana Cara Mengeceknya?

Seperti yang tadi sudah dikatakan untuk mengecek pulsa monetary ini bisa kamu lakukan melalui aplikasi MyTelkomsel. MyTelkomsel sendiri adalah aplikasi resmi dari Telkomsel yang menyediakan berbagai macam layanan yang diberikan. Berikut cara mengecek monetary dengan menggunakan MyTelkomsel.

  • Langkah pertama, download terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel dari Google Play Store atau App Store.
  • Setelah MyTelkomsel berhasil diinstall, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian silahkan login dengan nomor Telkomsel yang kamu gunakan.
  • Jika sudah berhasil masuk ke dalam aplikasi MyTelkomsel, kamu bisa tap pada menu Monetary Telkomsel yang terletak di bagian bawah keterangan identitas kartu Telkomsel dan di samping sisa kuota.
  • Apabila kamu masih memiliki bonus pulsa monetary, maka jumlahnya akan terlihat di bagian tersebut.
  • Nah, lakukan setiap langkah di atas dengan benar, agar kamu tidak gagal.

Berapakah Bonus Pulsa Monetary Telkomsel?

Berapakah Bonus Pulsa Monetary Telkomsel

Bagi para pengguna operator Telkomsel, tentu saja penasaran dengan jumlah bonus pulsa yang akan diberikan dalam bentuk monetary ini kan? Untuk jumlah pulsa yang diberikan, yakni sebesar 15 ribu rupiah. Nantinya bonus pulsa monetary akan langsung masuk setelah kamu melakukan pembelian produk.

Namun ada beberapa produk Telkomsel yang memberikan jumlah bonus lebih banyak lagi. Selain itu, ada juga produk-produk yang tidak menyediakan bonus pulsa monetary. Semua itu, tergantung dengan ketentuan dari pihak Telkomsel, dan bisa berubah kapan saja.

Baca Juga  Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Terbaru 2022 dengan Mudah

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Bagaimana Cara Mendapatkannya

Sebelumnya sudah dijelaskan, jika tidak semua produk Telkomsel akan memberikan bonus berupa monetary ini. Namun untuk yang pasti, kamu bisa mendapatkannya dengan cara membeli kuota dengan nominal yang besar.

Bahkan jika beruntung, kamu masih bisa menggunakan promo khusus bagi yang berhasil mendapatkan bonus pulsa monetary. Promo yang dimaksud dalam hal ini, adalah kesempatan untuk mengirim monetary ke nomor yang lainnya. Tentu saja ini hanya berlaku untuk sesama nomor Telkomsel.

Cara Lain Mendapatkan Pulsa Gratis Telkomsel

Bicara soal Monetary Telkomsel, tentu saja kamu menjadi tertarik untuk tahu cara lain dalam mendapatkan pulsa gratis dari Telkomsel. Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

1. Situs ssl.excite.co.id

Situs ssl excite co id

ssl.excite.co.id merupakan sebuah website yang akan memberikan pulsa bagi para penggunanya. Hanya dengan melakukan registrasi, kamu akan memperoleh 3000 point. Nah, point tersebut yang nantinya bisa ditukarkan dengan pulsa Telkomsel.

2. Menukar Poin Telkomsel

Menukar Poin Telkomsel

Hampir sama seperti kebanyakan operator seluler lainnya, Telkomsel akan memberi kamu poin setelah melakukan pembelian produknya. Setelah poin yang dikumpulkan cukup, kamu bisa menukarkannya dengan pulsa atau produk lain dari Telkomsel.

3. Promo Pulsa Gratis

Promo Pulsa Gratis

Beberapa waktu lalu, Telkomsel memang sedang mengadakan promo bagi-bagi pulsa gratis untuk para penggunanya. Bahkan mungkin saja kamu juga sudah pernah mendapatkannya, namun tidak jeli ketika membaca SMS dari operator Telkomsel yang masuk.

Mungkin hanya itu beberapa informasi mengenai Monetary Telkomsel yang bisa dijelaskan untuk saat ini. Jadi jika kamu mendapatkan bonus pulsa tersebut, gunakanlah semaksimal mungkin. Jangan sampai bonus pulsa yang didapatkan terbuang begitu saja.