Hanya 4 Cara Mengatasi Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon

Nizar Change

Hanya 4 Cara Mengatasi Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon

Loop.co.id – Kenapa telegram tidak bisa telepon akhir-akhir ini menjadi topik yang dicari oleh para pengguna aplikasi messaging ini. Kendala telepon memang menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi sebagian besar pengguna Telegram.

Untuk itulah, di dalam artikel ini kami akan membahas beberapa kendala Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon voice call atau telepon yang seringkali dialami oleh pengguna Telegram. Kami juga akan memberikan solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Namun sebelum membahas Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon sering dialami oleh pengguna Telegram. Ada baiknya kamu terlebih dahulu berkenalan dengan aplikasi messaging asal Rusia ini.

Apa Itu Telegram?

Apa Itu Telegram

Telegram adalah aplikasi perpesanan yang menyediakan layanan pengiriman pesan instan, foto, video, file dan percakapan grup yang dapat diakses dari smartphone, tablet, atau komputer. Telegram memprioritaskan privasi dan keamanan penggunanya.

Per Januari 2021, Telegram memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan. Angka itu tumbuh pesat di bulan-bulan berikutnya, dan per Juni 2022, telah mencapai 700 juta pengguna.

Lonjakan popularitas ini kemungkinan besar disebabkan oleh deplatforming Parler oleh beberapa perusahaan teknologi terbesar. Mulai Juni 2022 Telegram Premium diperkenalkan sebagai langganan berbayar opsional yang menawarkan beberapa fitur tambahan.

Telegram adalah aplikasi perpesanan paling populer di banyak negara. Seperti Belarus, Moldova, Yordania, Armenia, Azerbaijan, Kazakstan, Kyrgyzstan, Kamboja, Ethiopia, Rusia, dan Ukraina. Popularitas Telegram di negara tersebut bahkan mengalahkan Whatsapp dan Messenger.

Fitur-Fitur Yang Sangat Berguna Di Telegram

Fitur-Fitur Yang Sangat Berguna Di Telegram

Telegram memiliki banyak fitur yang sangat membantu penggunanya untuk berkomunikasi atau berkirim pesan. Berikut adalah beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Telegram yang bisa kamu nikmati di dalamnya.

  • Chat privat dan grup: Telegram memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan privat atau dalam grup besar hingga 200.000 anggota.
  • Enkripsi end-to-end: Telegram menawarkan enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi pesan.
  • Bot: Telegram memiliki platform bot yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menggunakan bot untuk berbagai keperluan, seperti membuat quiz, mengirimkan notifikasi, dll.
  • Channel: Telegram memiliki fitur channel yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan bergabung dalam channel publik untuk berbagi informasi dan konten dengan jumlah pengguna yang tidak terbatas.
  • Stiker dan media: Telegram memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima foto, video, file, serta menggunakan berbagai stiker dan animasi.
  • Cloud-based: Telegram disimpan di cloud sehingga data dan pesan tetap tersedia meskipun perangkat diganti atau hilang.
  • Gratis dan tanpa batasan: Telegram gratis dan tidak ada batasan jumlah pesan atau ukuran file yang dapat dikirim.
  • Akses dari berbagai perangkat: Telegram dapat diakses dari smartphone, tablet, atau komputer, sehingga pengguna dapat melakukan percakapan dari berbagai perangkat.
Baca Juga  Apa Itu Bot Telegram? Berikut Panduan Cara Mengggunakannya

Keunggulan Telegram

Keunggulan Telegram

Telegram menjadi salah satu aplikasi populer karena memiliki beberapa keunggulan di dalamnya yang tidak dimiliki oleh aplikasi perpesanan lainnya.

Karena keunggulan tersebut, Telegram menjadi pilihan populer bagi pengguna yang mencari aplikasi perpesanan yang cepat, aman, dan fungsional. Keunggulan tersebut meliputi meliputi beberapa hal di bawah ini.

  • Kecepatan dan stabilitas: Telegram memiliki kecepatan dan stabilitas yang baik dalam mengirim dan menerima pesan.
  • Perlindungan privasi: Telegram memiliki enkripsi end-to-end sehingga pesan yang dikirimkan tersimpan dengan aman dan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima.
  • Grup besar: Telegram memperbolehkan pengguna untuk bergabung dalam grup besar hingga 200.000 anggota, yang membuatnya cocok untuk komunikasi dalam skala besar.
  • Banyak fitur tambahan: Telegram menyediakan banyak fitur tambahan seperti bot, channel, sticker, dll.

Alasan Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon Dan Solusinya

Alasan Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon Dan Solusinya

Ada beberapa masalah Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon yang seringkali dihadapi oleh pengguna Telegram. Masalah tersebut meliputi tidak dapat tersambung ke dalam panggilan atau tidak ada suara yang muncul ketika melakukan panggilan telepon.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang masalah Kenapa Telegram tidak bisa telepon beserta dengan solusi yang kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Koneksi internet

Panggilan telepon melalui Telegram membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internet buruk, panggilan telepon mungkin gagal atau terputus.

Salah satu hal Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon yang mungkin kamu lewatkan adalah pengaturan penggunaan jaringan. Bisa jadi kamu hanya mengaktifkan opsi Wi-Fi dan telah menonaktifkan opsi Data Seluler dari menu Pengaturan Telegram.

Alasan tersebut akan membuatmu tidak bisa menggunakan Telegram saat kamu tidak terhubung dengan Wi-Fi. Berikut adalah cara mengaktifkan data seluler pada aplikasi telegram.

Baca Juga  Cara Menghapus Akun Telegram Yang di Hack Orang Lain

Buka Pengaturan > menu Telegram.
Aktifkan Data Seluler untuk Telegram.

2. Pembaruan perangkat lunak

Seringkali alasan kenapa Telegram tidak bisa telepon adalah karena kamu masih menggunakan versi lama dari Telegram. Untuk itu, pastikan perangkat kamu telah diperbarui ke versi terbaru dari Telegram.

Untuk melakukan pembaruan Telegram, buka PlayStore di perangkat Androidmu dan cari Telegram. Setelah muncul, klik tombol perbarui. Untuk memperbarui Telegram di iPhone kamu, buka aplikasi Pengaturan atau App Store, dan temukan Telegram.

Setelah kamu memperbarui Telegram, versi terbaru kemungkinan besar tidak akan mengalami masalah. Kamu dapat dengan mudah melakukan panggilan Telegram tanpa mengalami masalah lagi.

3. Aplikasi bermasalah

Beberapa masalah dapat terjadi pada aplikasi Telegram, seperti bug atau error, yang dapat menyebabkan panggilan telepon gagal. Jika kamu memiliki masalah ini, restart ulang aplikasi untuk memperbaikinya.

Caranya adalah tutup aplikasi dan pergi ke pengaturan. Setelah kamu keluar, masuk kembali, dan mulai lakukan panggilan. Jika panggilan kamu tidak tersambung, mungkin ada masalah dengan ponsel atau koneksi internet kamu. Jika tidak berhasil, coba perbarui aplikasi Telegram kamu.

4. Perangkat Tidak Kompatibel

Untuk memastikan apakah perangkat kamu kompatibel dengan Telegram, pertama-tama pastikan perangkatmu memenuhi spesifikasi sistem minimum berikut.

OS Minimal Android 4.1
iOS 9.0
Windows Phone 8.1
RAM 1 GB atau lebih
Ruang Penyimpanan 100 MB atau lebih

Jika perangkatmu memenuhi spesifikasi sistem minimum tersebut, maka kamu dapat memasang Telegram dari Google Play Store atau App Store. Setelah memasang, coba buka dan gunakan aplikasi untuk memastikan bahwa perangkatmu kompatibel dengan aplikasi Telegram.

FAQ Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon

FAQ

Apakah Telegram Gratis?

Ya, Telegram gratis untuk digunakan. Aplikasi ini tidak memungut biaya untuk mengunduh atau menggunakan fitur apapun. Beberapa fitur premium mungkin dikenakan biaya di masa depan, tetapi penggunaan aplikasi secara umum tetap gratis.

Baca Juga  Kenapa Telegram Connecting Terus atau Menghubungkan Terus?

Mungkinkah Batasan Wilayah Adalah Alasan Kenapa Telegram Tidak Bisa Telepon?

Telegram tidak memiliki batasan wilayah tertentu. Aplikasi ini tersedia secara global dan bisa digunakan di seluruh dunia. Namun, beberapa negara membatasi atau melarang penggunaan aplikasi ini karena alasan keamanan atau politik. Misalnya, Iran, Rusia, dan Arab Saudi melarang penggunaan Telegram.

Akhir Kata

Alasan kenapa Telegram tidak bisa telepon menjadi topik yang banyak dicari oleh pengguna yang kesulitan melakukan panggilan di aplikasi Telegram. Untuk itulah kami sudah menyediakan beberapa solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal ini.

Simak Tutorial Lainnya

Originally posted 2023-02-05 19:32:32.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya