Ide Bisnis Rumahan

Di saat pandemi melanda seperti saat ini, banyak orang yang mengalami pengurangan atau bahkan kehilangan penghasilannya. Jika ini terjadi pada kamu, mungkin ide bisnis rumahan menjadi salah satu cara alternatif yang perlu untuk dipikirkan.

Berkaitan dengan adanya pembatasan untuk keluar rumah, tentunya membuat kita harus memutar otak dalam mencari solusi terkait masalah keuangan yang dialami.

Nah, dengan beberapa ide bisnis rumahan yang akan diberikan ini, mungkin bisa menjadi solusi yang bisa kamu coba.

Ide Bisnis Rumahan Modal Sedikit

Bisa dikatakan ada beberapa bisnis rumahan yang bisa kamu coba untuk saat ini. Namun tidak perlu khawatir, karena ide bisnis rumahan yang akan dibagikan ini tidak mengharuskan kamu untuk mengeluarkan banyak uang sebagai modal.

1. Bisnis Cemilan

Bisnis Cemilan

Walaupun terkesan sederhana, namun ternyata bisnis cemilan ini mampu mendatangkan keuntungan yang lumayan banyak. Hal ini dikarenakan hampir semua orang pasti suka cemilan atau snack. Apalagi ketika mereka harus dipaksa di rumah, maka cemilan menjadi teman wajib untuk menemani aktivitasnya.

Supaya usaha cemilan yang dilakukan berhasil, tentu saja kamu perlu memastikan bahwa cita rasa yang dimiliki enak. Jika kamu belum mahir membuat cemilan, maka bisa meminta bantuan orang yang dikenal. Atau tidak, kamu juga bisa belajar dari internet dan melakukan uji coba rasa terlebih dahulu.

2. Bisnis Dropshipper

Bisnis Dropshipper

Banyak orang yang memilih untuk menjalankan bisnis dropshipper, baik itu untuk pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama. Seperti yang telah diketahui, bahwa kamu tidak membutuhkan banyak modal untuk membangun sebuah bisnis dropshipper.

Selain itu, bisnis yang satu ini bisa kamu jalankan di rumah dan tidak memakan banyak waktu. Hal yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan laptop atau smartphone. Kamu juga bisa bergabung dengan forum-forum dropshipper untuk lebih memahami bisnis ini.

2. Penulis Freelance

Penulis Freelance

Ide bisnis rumahan yang berikutnya adalah menjadi penulis konten lepas atau freelance. Dapat dikatakan jika bisnis ini hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet saja. Kamu juga bisa menjalankan bisnis ini di rumah kapan saja.

Jadi bagi kamu yang memiliki hobi menulis artikel, bisa mencoba bisnis yang satu ini. Jika artikel yang kamu tulis berkualitas, bisa saja mendapatkan bayaran yang tinggi. Untuk mengawali bisnis ini, kamu bisa mencari pengalaman dengan menjual jasa melalui sosial media yang dimiliki terlebih dahulu.

3. Bisnis Ikan Hias

Bisnis Ikan Hias

Mungkin bisnis ikan hias adalah bisnis yang dari dulu tidak pernah ada matinya. Jadi jika kamu adalah pecinta hewan khususnya ikan, wajib mencoba bisnis ini. Bayangkan saja, satu ikan hias bisa harganya mencapai angka jutaan.

Nah, untuk jenis ikan yang dibudidayakan, kamu bisa menyesuaikan dengan trend yang sedang berlangsung. Misalnya saja, saat ini jenis ikan hias yang sedang trend dan banyak diminati adalah ikan cupang. Kamu bisa mencoba membudidayakan dan menjual jenis ikan tersebut.

4. Bisnis Toko Online

Bisnis Toko Online

Bagi kamu yang suka berjualan, ternyata tetap bisa melakukannya di rumah secara online. Sedangkan untuk metode pemasarannya, kamu dapat menggunakan berbagai macam cara seperti menggunakan blog maupun sosial media yang dimiliki.

Untuk membuat bisnis kamu terlihat lebih serius dan profesional, maka dianjurkan untuk membuka toko online. Seperti yang kamu tahu, untuk saat ini metode belanja online jauh lebih dimintai daripada belanja offline. Dengan memanfaatkan kesempatan ini, maka kamu bisa mendapat banyak keuntungan di rumah.

5. Guru Privat Online

Guru Privat Online

Jika kamu memiliki kemampuan untuk membagikan ilmu yang dimiliki, maka bisa menjadi guru les privat. Tidak perlu datang langsung ke rumah murid, kamu bisa melakukan les privat ini dari rumah melalui aplikasi Zoom atau Google Meet.

Untuk saat ini, ada banyak sekali orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, sehingga mereka tidak sempat untuk belajar bersama anak-anak mereka. Dengan ini, tentu saja mereka membutuhkan solusi terbaik di saat pandemic, yakni dengan menggunakan jasa guru les privat online.

6. Bisnis Tanaman Hias

Bisnis Tanaman Hias

Apa kamu memiliki hobi mengoleksi tanaman hias? Jika iya, maka manfaatkan hobimu tersebut dengan membuka usaha tanaman hias. Tahukan kamu, ketika pandemi seperti saat ini, banyak orang yang tiba-tiba suka mengoleksi tanaman hias.

Nah, kamu perlu memanfaatkan peluang emas ini dengan mengembangkan tanaman hias milikmu agar bisa dijual dan mendapat banyak keuntungan. Akan tetapi, kamu perlu tahu bahwa harga dari tanaman ini tidak terlalu stabil. Belum lagi kamu perlu mempertimbangkan biaya untuk perawatan setiap harinya.

7. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha Kerajinan Tangan

Ide bisnis rumahan yang selanjutnya ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi berkesenian. Dalam bisnis ini, kamu bisa membuat berbagai macam kerajinan tangan seperti patung kecil, miniatur, tas sederhana, hingga kaos.

Hal yang terpenting dalam usaha kerajinan tangan ini, yakni penguasaan teknik pemasaran yang dilakukan secara online. Tidak hanya pembeli dari dalam negeri saja, namun kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari berbagai negara lain alias luar negeri.

Baca juga: Marketing Plan

8. Jasa Menjahit Kain

Jasa Menjahit Kain

Kamu bisa memanfaatkan keterampilan menjahit yang didapatkan dari kursus, ekskul, maupun otodidak untuk mendapatkan penghasilan. Peluang dari bisnis ini tentunya sangat menjanjikan, karena setiap orang pasti membutuhkannya.

Nah, kamu bisa mencoba untuk membuat beberapa produk jahitan sederhana seperti pita rambut, selimut bayi, gaun boneka, topi anak, celana anak, baju bayi, kaus kaki bayi, dan lain sebagainya. Yang pasti, tunjukkan kualitas jahitan kamu untuk mendapatkan banyak pelanggan.

9. Menjadi Konten Kreator

Menjadi Konten Kreator

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di rumah sembari menjadi terkenal, maka bisa menjadi konten kreator. Kamu bisa memanfaatkan beberapa platform video yang saat ini banyak digemari masyarakat seperti YouTube, TikTok, hingga Instagram.

Untuk kontennya sendiri, kamu bisa memikirkan apa konten yang bisa dibuat di rumah dengan peralatan sederhana. Jika kamu masih bingung, maka saran tema konten yang bisa dibawakan yakni seputar rumah tangga, kesehatan, gaya hidup, dan makanan.

10. Bisnis Kue

Bisnis Kue

Bisa dibilang jika ini merupakan bisnis investasi rendah yang dapat kamu jalankan dari rumah. Kamu hanya perlu membeli beberapa bahan baku dan peralatan membuat kue yang dibutuhkan saja. Setelah itu, lakukan uji coba membuat kue terlebih dahulu sebelum menjualnya.

Jika kamu ingin hasil lebih maksimal, maka bisa mengikuti beberapa pelatihan bakin hingga benar-benar siap untuk membuka bisnis kue. Baik itu rasa dan kualitas, keduanya sangat menentukan kredibilitas dari produk kue yang kamu buat.

11. Usaha Lilin Homemade

Usaha Lilin Homemade

Rekomendasi usaha rumahan yang terakhir adalah pembuatan lilin. Mungkin pada tahun 90-an ke bawah, penggunaan lilin ini adalah sebagai alat penerangan karena listrik masih minim. Akan tetapi, saat ini lilin beralih fungsi menjadi elemen dekorasi dan juga media relaksasi.

Baca juga: Usaha Sampingan

Sebenarnya cara membuat lilin ini sangat mudah. Namun meskipun begitu, usaha ini mampu mendatangkan banyak uang bagi kamu yang giat melakukannya. Jika belum tahu cara membuat lilin, kamu bisa melihatnya di internet dan membuat inovasi sendiri sesuai keterampilan yang dimiliki.

Masih ada banyak lagi ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Namun beberapa ide bisnis di atas, adalah ide yang paling direkomendasikan. Selain resiko kerugiannya cukup rendah, hasilnya juga terbilang lumayan.