Urutan film Marvel Cinematic Universe [MCU] Lengkap

 

Loop.co.id – Film Marvel Cinematic Universe belakangan ini sedang ramai diperbincangkan oleh para penggemar. Terlebih lagi film terbarunya yaitu Thor: Love and Thunder yang baru saja rilis tanggal 6 Juli 2022 kemarin.

Seluruh film Marvel Cinematic Universe (MCU) saling berkaitan satu sama lain. Sehingga apabila kamu ketinggalan salah satu filmnya maka kamu akan kebingungan dengan alur ceritanya.

Sejauh ini film film marvel sudah ada sebanyak 28 judul film mulai dari Iron Man (2008) hingga yang baru saja rilis Thor: Love and Thunder (2022). Apakah kamu merasa belum menonton seluruh filmnya?

Jangan khawatir karena disini kami akan membahas mengenai urutan film Marvel Cinematic Universe (MCU) secara lengkap dan sesuai dengan urutannya.

Bagaimana Urutan Film Marvel Cinematic Universe

Bagaimana Urutan Film Marvel Cinematic Universe

Seperti yang kita ketahui bahwa jika Marvel Studios merilis sebuah film, kita tidak tahu film tersebut ada pada timeline yang mana. Karena cerita yang diangkat sangat berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

Terdapat dua urutan film Marvel Cinematic Universe yang pertama berdasarkan tahun rilisnya dan berdasarkan timeline ceritanya. Untuk itu langsung saja simak urutannya berikut ini.

Urutan Berdasarkan Tanggal Tahun Rilisnya

1. Iron Man (2008)

1. Iron Man (2008)

Film Marvel Cinematic Univeres yang pertama ini bercerita mengenai awal dari Iron Man ada dan dibuat. Karakter utamanya bernama Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. Ia merupakan seorang pemilik dari Stark Industries, sebuah Kontraktor Militer utama dan mewarisi mendiang ayahnya yaitu Howard Stark.

Tony adalah penemu yang jenius dan ajaib. Suatu saat dia pergi ke Afghanistan untuk mendemonstrasikan senjata terbarunya yaitu “Jericho”. Tetapi keadaan menjadi kacau ketika mobil yang dikendarai diserang oleh kelompok teroris.

Tony diculik oleh sekawanan teroris tersebut dan dengan tubuh penuh luka akibat pecahan peluru Jericho. Di tempat itu dia diselamatkan oleh seseorang bernama Dokter Yinsen. Yinsen membuat dan menanam benda elektromagnetik di dadanya.

Kelompok teroris tersebut akan membebaskannya jika Tony mau membuat “Jericho” untuk kelompok mereka. Tony setuju tetapi ia malah membuat prototype Iron Man yang akan dipakai untuk kabur.

Da berhasi keluar dan membakar camp teroris tersebut. Setelah selamat sampai rumahnya dia mengembangkan kembali Iron Man tersebut sehingga memiliki banyak fungsi dan fitur yang lebih canggih.

2. The Incredible Hulk (2008)

2. The Incredible Hulk (2008)

Film Marvel Cinematic Universe kedua yaitu The Incredible Hulk. Bruce Banner adalah seorang profesor yang berubah menjadi sebuah makhluk hijau raksasa dan sangat kuat. Akibat paparan sinar gamma karena kecelakaan yang terjadi di laboratorium. Makhluk tersebut diberi panggilan Hulk.

Perubahan tersebut akan terjadi ketika ia marah dan emosinya tinggi. Tetapi Bruce tidak suka dengan kepribadian ganda. Da berusaha untuk menemukan obat penyembuh bagi dirinya.

Banner pun menjadi tak terkontrol dan membuat hal bertambah buruk. Salah satunya menimpa Betty Ross yang merupakan wanita pujaan hatinya. Hulk pun diketahui pihak militer dan berniat memburunya untuk tujuan militer.

3. Iron Man 2 (2010)

3. Iron Man 2 (2010)

Tony Stark mengungkapkan identitas dirinya sebagai Iron Man kepada seluruh dunia (di dunia film Marvel Cinematic Universe). Ayahnya Ivan Vanko bernama Anton Vanko baru saja meninggal. Melihat kejadian ini, Ivan mulai membuat reaktor arc untuk membalas dendam kepada Tony.

Setelah enam bulan Tony telah memakai kostum Iron Man dalam rangka menjaga perdamaian dunia. Walau pun terkadang Tony hanya ingin pamer saja dengan mesin buatannya.

Senator Stern menuntut Tony atas teknologi pada Iron Man kepada pemerintah. Tony pun menolak dan memenangkan tuntutan itu. Tetapi Ivan berhasil membuat Whiplash dan siap untuk membunuh Tony.

4. Thor (2011)

4. Thor (2011)

Film Marvel Cinematic Universe kedua yaitu Thor. Thor putra Odin akan diangkat menjadi Raja dari Asgard. Tetapi pengangkatannya terhenti ketika Frost Giants menyusup ke dalam Asgard dan mengambil sebuah kotak bernama Casket of Ancient Winters.

Odin pun menyuruh Thor untuk mengambil kembali kotak tersebut di Jotunheim. Dia ditemani adiknya yang bernama Loki dan juga teman temannya. Volstagg, Sif, Fandral, dan Hogun.

Namun Thor sangat sombong dan melakukan kesalahan sehingga Odin turun tangan dan menyelamatkan orang orang Asgard. Akibat kesombongannya, Thor dihukum ke bumi dan kekuatan dewanya hilang. Odin juga mengutuk palu Thor agar bisa digunakan oleh yang layak.

5. Captain America First Avenger (2011)

5. Captain America First Avenger (2011)

Steve Rogers sangat ingin untuk membela negaranya. Meskipun fisiknya lemah, dia memiliki keberanian yang sangat besar dan rela berkorban demi kebenaran. Hal tersebut yang membuat Dr. Abarhan Erskine memilih dia menjadi subjek dalam penelitiannya.

Steve Rogers menjadi subjek eksperimen dalam proyek Super Soldier dan berubah menjadi sosok prajurit gagah dan dengan kekuatan super. Steve sangat kecewa ketika Ia diperintahkan untuk berkeliling dan berparade untuk mengenalkan Captain America.

6. Marvel’s The Avengers (2012)

Film Marvel Cinematic Universe yang selanjutnya adalah Marvel’s The Avengers. Film ini berkisah tentang orang orang yang mempunyai kekuatan super bersatu dalam mengalahkan musuh dari luar angkasa di bawah pimpinan Thanos.

7. Iron Man 3 (2013)

Film Marvel Cinematic Universe yang ketujuh yaitu Iron Man 3. Film ini mengisahkan tentang Tony Stark saat menyelamatkan kekasihnya yang diculik oleh organisasi rahasia dengan kekuatan super. Hingga akhirnya Tony tidak lagi menggunakan arc reactor pada tubuhnya.

8. Thor: The Dark World (2013)

Selanjutnya yaitu Thor: the Dark World. Bercerita tentang Thor yang menyelamatkan bumi dari ancaman yang dapat menghancurkan sembilan planet sekaligus. Kisah cinta Thor juga mulai disini ketika ia bertemu dengan wanita yang bernama Jane Foster.

9. Captain America Winter Soldier (2014)

Lalu Captain America: the winter Soldier. Film ini mengisahkan tentang seorang sahabat Steve Rogers yang berubah menjadi salah satu dari Winter Soldier. Stever berusaha menyadarkan temannya itu dari pengaruh cuci otak orang Rusia yang memperalatnya.

10. Guardians of The Galaxy (2014)

Film Marvel Cinematic Universe yang satu ini sangat seru karena terdapat nuansa komedi di dalamnya. Star Lord dan teman temannya berkeliling galaksi dan bertugas menjaga kedamaian di dalamnya. Film ini adalah film Marvel Studios pertama yang penuh gelak tawa.

11. Avengers Ultron (2015)

Berkisah mengenai anggota Avengers yang bersatu kembali melawan ancaman bumi yaitu Ultron. Dimana dia merupakan sebuah AI atau Kecerdasan Buatan yang dapat berbuat semaunya sehingga mengacaukan bumi. Pertarungannya pun sengit dan dimenangkan oleh anggota Avengers.

12. Ant Man (2015)

Ant Man mengisahkan tentang Scott Lang yang menggunakan kostum dan dapat mengubah ukuran tubuhnya menjadi sangat kecil seperti semut. Selain itu Scott juga bisa membesar seperti ukuran ikan paus.

13. Captain America Civil War (2016)

Pada film Marvel Cinematic Universe ini terdapat perbedaan pendapat tentang Avengers. Sehingga kelompok Avengers menjadi terpecah belah dan terjadi perang sipil antara kedua belah pihak. Hingga pada akhirnya Tony sadar bahwa apa kata Steve Roger adalah benar.

14. Doctor Strange (2016)

Doctor Strange hadir dengan nuansa sihir di dalamnya. Visual dalam filmnya pun sangat menarik sehingga membuat kita ingin menontonnya kembali. Strange harus melawan Dormammu yang ingin melahap bumi.

15. Guardians of The Galaxy Vol. 2 (2017)

Ini adalah seri kedua film Guardians of The Galaxy. Dimana Star Lord harus melawan ayahnya sendiri (Ego The Living Planet) karena tidak menurut. Ayahnya pun berhasil dikalahkan dan Star Lord melanjutkan hidup dengan pilihannya.

16. Spiderman: Homecoming (2017)

Film Marvel Cinematic Universe ini yang paling ditunggu pada saat itu. Bagaimana tidak, pasalnya Spiderman sendiri sudah ada 2 versi sebelumnya yaitu Spiderman 1, 2, 3, dan The Amazing Spiderman 1 & 2. Karakter Spiderman disini lebih muda dari pendahulunya.

17. Thor: Ragnarok (2017)

Thor bermimpi mengenai kiamat yang terjadi di Asgard dan berusaha mencegahnya. Tetapi mimpi itu ternyata adalah sebuah pertanda bahwa kiamat harus terjadi di Asgard agar dapat mengalahkan kakaknya sang dewi kematian, Hela.

18. Black Panther (2018)

Film Marvel Cinematic Universe ini menjadi salah satu film terbaik karena membawa karakter orang kulit hitam pertama yang menjadi tokoh utamanya. Berlatar di sebuah negara maju di Afrika akibat banyaknya kandungan vibranium di Wakanda.

19. Avenger Infinity War (2018)

Avengers Infinity War menjadi film Marvel Cinematic Universe terlaris sepanjang masa mengalahkan film Avatar pada saat itu. Bagaimana tidak, separuh dari seluruh manusia di bumi hilang begitu saja dengan 1 jentikan jari Thanos sang musuh utama.

20. Ant Man and The Wasp (2018)

Film ini merupakan sekuel dari Ant Man pertama. Dikisahkan bahwa selain Ant Man juga ada The Wasp yang merupakan kostum khusus perempuan yang juga dapat menciut sepertinya dan melawan sang musuh yang juga mencuri teknologi Pym.

21. Captain Marvel (2019)

Captain Marvel menjadi karakter superhero perempuan pertama di Marvel Cinematic Universe. Ia mendapat kekuatan akibat paparan Tesseract sehingga memiliki kekuatan dari salah satu Infinity Stone.

22. Avengers: Endgame (2019)

Setelah Infinity War, Endgame menjadi film Marvel Cinematic Universe terlaris sepanjang masa selanjutnya. Hal ini karena banyak terjadi hal yang tidak diduga yang membuat penonton kegirangan saat menyaksikannya. Salah satunya dimana Captain America dapat mengangkat Palu Thor.

23. Spiderman: Far From Home (2019)

Dikisahkan Peter Parker sebagai Spiderman sedang melaksanakan karya wisata yang jauh dari rumahnya. Sehingga ia harus melakukan aksi heroiknya sendirian tanpa pengawasan sang mentor Tony Stark.

24. Black Widow (2021)

Berkisah tentang asal mula Natasha Romanoff menjadi seorang agen rahasia dengan latar cerita di Rusia. Ternyata banyak juga orang yang menjadi agen rahasia “The Widow”. Namun organisasi tersebut dicurigai oleh Natasha sehingga ia memberontak.

25. Shang-Chi (2021)

Shang Chi merupakan film Marvel Cinematic Universe pertama yang memerankan sebagian banyak aktor dari Asia. Sepertinya Marvel Studios sengaja memasukkan segala unsur untuk menghargai seluruh perbedaan yang ada di dunia ini.

26. Marvel’s Eternals (2021)

Eternals ini bercerita mengenai makhluk dari luar bumi yang memiliki misi untuk menjaga sesuatu yang akan lahir dan menghancurkan bumi. Namun para eternals tersebut menolak sehingga menimbulkan kekacauan.

27. Spiderman: No Way Home (2021)

Pada film Spiderman ini ekspektasi para penggemar pun sangat puas karena berhasil menampilkan karakter Spiderman dari universe yang berbeda (konsep multiverse). Jika kamu sangat senang dengan film Spiderman terdahulu maka kamu wajib menonton film ini.

28. Doctor Strange Multiverse of Madness (2022)

Film ini menjadi akibat dari sebuah kecelakaan tingkat multiverse yang terjadi pada film Spiderman No Way Home. Juga Strange memaksakan kehendak untuk terus bersama dengan kekasihnya yang tak pernah sampai.

29. Thor Love and Thunder (2022)

Film ini baru saja rilis pada 6 Juli 2022 kemarin dan penonton sangat menantikan aksi dari karakter Lady Thor. Kekasih Thor yang dulu saat di bumi memiliki kekuatannya juga sebagai dewa petir. Tentu saja sangat menarik untuk ditonton dan saat ini masih ada penayangannya di bioskop kesayangan anda.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Urutan Film Marvel Cinematic Universe berdasarkan waktu perilisannya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa.