Download Story Instagram

Salah satu fitur Instagram yang paling sering digunakan adalah story. Ya, mereka kerap menggunakan fitur ini untuk membagikan cerita keseharian ataupun hal-hal lain. Mungkin Anda pernah melihat story Instagram seseorang dan ingin menyimpannya ke dalam memori ponsel?

Seperti yang telah diketahui, bahwa Instgram tidak menyediakan fitur download story di dalamnya. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara download story Instagram yang bisa Anda lakukan.

Pada ulasan kami kali ini, kami akan membagikan dua cara yaitu dengan menggunakan aplikasi dan selanjutnya lewat online. Dari kedua cara tersebut, maka anda bisa memilih cara mana yang anda anggap paling mudah. Oleh sebab itu, simak info tentang bagaimana cara menyimpan video story IG yang akan kami bagikan berikut ini.

Cara Download Story Instagram Dengan dan Tanpa Aplikasi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk download dan menyimpan story Instagram di ponsel Anda, baik itu dengan atau tanpa bantuan aplikasi ketiga. Untuk penjelasan secara lebih lengkapnya lagi, simak beberapa cara download story Instagram yang ada di bawah ini.

download story ig

1. Dengan Aplikasi Story Saver App

Sesuai dengan namanya, Story Saver App merupakan sebuah aplikasi khusus yang dibuat untuk download story Instargram, story Facebook, dan story media sosial yang lain berupa video maupun foto. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengguna, dan berikut ini cara menggunakan Story Saver App.

  • Pertama, silahkan download dan install aplikasi Story Saver App dari Google Play Store.
  • Jika Story Saver App sudah berhasil dipasang, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian lakukan login dengan menggunakan akun Instagram atau Facebook yang Anda miliki.
  • Setelah itu, tap pada akun Instagram pemilik story yang akan didownload.
  • Nantinya akan muncul semua story yang dimilikinya, dan pilihlah satu story Instagram yang diinginkan.
  • Terakhir, tap pada tombol Save untuk menyimpan story tersebut ke dalam memori ponsel.

Selain download story IG, dengan aplikasi yang satu ini Anda juga bisa repost story orang lain. Cara yakni dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Kemudian pada langkah yang ke 6, tinggal pilih tombol untuk repost story Instagram.

story instagram

Baca juga: Cara Download Reels Instagram

2. Dengan Aplikasi Story Saver for Instagram

Jika dilihat dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa memastikan, jika Story Saver for Instagram adalah aplikasi yang dibuat untuk menyimpan story Instagram dengan mudah. Tidak perlu khawatir, karena aplikasi bisa digunakan secara gratis, dan berikut cara menggunakannya.

  • Langkah pertama, download dan install aplikasi Story Saver for Instagram dari Google Play Store.
  • Jika sudah diinstall, langsung saja buka aplikasi tersebut dan login dengan menggunakan akun Instagram yang Anda miliki.
  • Nantinya, Anda akan melihat daftar yang berisikan story Instagram dari akun yang diikuti.
  • Kemudian pilih dengan tap pada satu akun pemilik story yang akan didownload.
  • Lalu pilih menu Cerita yang berada di bagian menu atas, maka akan muncul semua story Instagram yang dimiliki oleh akun tersebut.
  • Nah, pilih salah satu story IG yang ingin disimpan.
  • Tunggu hingga proses download selesai, story tadi sudah berhasil didownload.

Kelebihan dari aplikasi ini, adalah adanya fitur untuk download postingan Instagram milik orang lain. Hal yang lebih menarik lagi, yakni Anda dapat mendownload atau menyimpan story Instagram orang lain dalam jumlah banyak sekaligus.

cara download story instagram

3. Dengan Situs Instadp.com

Jika dua cara yang sebelumnya dijelaskan adalah cara download story instagram dengan bantuan aplikasi, maka tidak dengan yang satu ini. Dengan ini, maka Anda bisa melakukannya di ponsel atau PC. Nah, layanan pertama yang bisa digunakan adalah situs Instadp.com, dan berikut caranya.

  • Tahap pertama, buka aplikasi web browser yang ada di HP atau PC Anda.
  • Setelah itu, kunjungi situs yang bernama com.
  • Kemudian tulislah nama akun Instagram yang story-nya akan disimpan, pada kolom kosong yang tersedia.
  • Nantinya akan muncul beberapa referensi akun, dan Anda perlu memilih akun yang benar.
  • Nah, setelah akun tersebut terbuka, silahkan masuk ke dalam menu Stories.
  • Lalu akan muncul semua story Instagram yang dimiliki oleh akun tersebut.
  • Tekan tombol Download di bagian story Instagram yang akan disimpan.
  • Proses download akan berjalan, dan story akan disimpan di memori HP atau PC Anda.

Dengan cara yang satu ini, Anda tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi tambahan yang akan membuat kapasitas memori ponsel berkurang. Namun, kelemahan dari metode ini, yakni Anda tidak dapat download story dari akun Instagram yang di-private.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Password Instagram

4. Dengan Situs Storysaver.net

Masih ada satu situs lagi yang bisa Anda andalkan untuk menyimpan story Instagram orang lain. Situs ini bernama Storysaver, dan bisa digunakan untuk download story Instagram dalam bentuk foto maupun video. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk download story IG dengan Storysaver.

  • Langkah pertama, silahkan salah satu aplikasi web browser yang ada di HP atau PC Anda.
  • Setelah itu, kunjungi situs dengan alamat net.
  • Ketika halaman utama situs sudah terbuka, tulislah nama akun atau username Instagram yang story-nya ingin didownload.
  • Lalu tekan pada tombol Download yang ada di kolom username tadi.
  • Kemudian tunggu selama beberapa saat hingga proses selesai.
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan story Instagram yang ada di bagian bawah.
  • Nah, pilihlah satu story yang akan disimpan dengan klik pada tombol Save as Photo untuk story IG berbentuk foto. Atau Save as Video untuk story IG berbentuk video.
  • Jika sudah, maka proses download file akan berjalan dan tunggu hingga story berhasil disimpan.

Keuntungan dari menggunakan situs Storysave.net ini adalah bersifat gratis dan tidak ada batasan bagi para penggunanya. Jadi Anda bisa download story IG sebanyak apapun, tanpa perlu memikirkan batasan jumlah story yang masih bisa didownload.

5. Dengan Fitur Screenshot dan Rekam Layar

Bisa dibilang jika yang satu ini bukanlah metode resmi, melainkan trik yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan story Instagram ke dalam memori ponsel. Nah, dalam trik ini, yang diperlukan adalah fitur screenshot atau perekam layar yang ada di ponsel Anda.

Trik ini cukup mudah dilakukan dan juga efektif, ketika Anda tidak ingin repot untuk menyimpan story Instagram milik orang lain. Nah, apabila story yang akan disimpan berbentuk foto, gambar, atau teks, maka Anda bisa menggunakan fitur screenshot sesuai dengan ponsel yang digunakan.

Sedangkan untuk story Instagram yang berbentuk video, Anda bisa menggunakan aplikasi perekam layar bawaan pada ponsel. Akan tetapi jika ponsel Anda tidak mempunyai aplikasi ini, maka bisa mendownload dan install aplikasi perekam layar tambahan dari Google Play Store terlebih dahulu.

Baca juga: Ukuran Story Instagram

Akhir Kata

Untuk saat ini, memang hampir semua hal bisa dilakukan dengan smartphone yang ada di genggaman Anda. Ini termasuk juga dengan cara untuk download story Instagram. Ada banyak metode yang bisa dilakukan, dan Anda hanya perlu memilih salah satu metode yang dirasa paling cocok.