Data Primer Adalah, dan Perbedaannya Dengan Data Sekunder

halimah

Data Primer Adalah

Loop.co.id – Dalam sebuah penelitian baik itu penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif, data sekunder dan data primer adalah hal atau informasi yang wajib adanya. Dengan data ini, maka kamu bisa melihat gambaran secara luas terkait suatu keadaan yang sedang diteliti.

Seperti yang tadi dikatakan, bahwa data sendiri adalah salah satu komponen yang penting dalam sebuah penelitian. Data tersebut dibagi menjadi dua jenis menurut cara pengambilannya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara lebih mendetail tentang data primer.

Data Primer Adalah..

Definisi-Data-Primer-1

Data primer adalah sumber data penelitian yang didapatkan dari sumber aslinya secara langsung. Untuk mendapatkan informasi, peneliti harus melakukan wawancara langsung kepada narasumber. Ini merupakan hasil observasi dari suatu objek berdasarkan pendapat dari kelompok maupun individu.

Nantinya hasil observasi tersebut akan mempengaruhi hasil pengujian berupa benda. Jika dilihat dari definisi di atas, maka bisa disimpulkan bahwa peneliti memerlukan pengumpulan data dengan metode survei (tanya jawab riset) dan bisa juga dengan metode observasi (penelitian benda).

Originally posted 2023-01-22 13:04:50.

Baca Juga  Arti Kurve di Tiktok dan Twitter Itu Apa? Ini Maksud dan Artinya

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya