Daftar Shopee Food

 

Saat ini aplikasi belanja shopee tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian barang saja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membeli berbagai jenis makanan atau daftar Shopee Food. Dengan begitu kamu bisa berjualan secara online.

Saat ini aplikasi Shopee mulai banyak digunakan untuk membeli berbagai jenis makanan. Apalagi trend pembelian makanan secara online sedang mengalami kenaikan di Indonesia. Ikut daftar Shopee Food akan meningkatkan pendapatan selama pandemi.

Untuk mengetahui cara daftar di Shopee Food bisa kamu simak selengkapnya di bawah. Dengan mengikuti acara tersebut kamu bisa melakukan pendaftaran dengan lebih mudah dan akhirnya menjadi salah satu merchant yang dimiliki oleh aplikasi Shopee.

Cara Daftar Shopee Food

Cara Daftar Shopee Food

Apabila ingin melakukan pendaftaran ikuti beberapa langkah di bawah ini secara runut.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengisi formulir pendaftaran dengan mengakses tautan ini: https://shopee-support.formstack.com/forms/shopeefood_and_shopeepay_merchant_registration
  • Setelah mengisi dengan benar maka kamu harus menunggu terlebih dahulu pihak dari Shopee untuk menghubungi. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk menghubungi sekitar 3 x 24 jam.
  • Setelah menelpon biasanya tim dari Shopee akan mengirimkan formulir perjanjian kerja sama atau PKS yang harus diisi oleh calon merchant yang bekerja sama.
  • Setelah diisi dengan baik maka harus dikirim kembali melalui email sesuai dengan alamat yang dikirim sebelumnya.
  • Saat melakukan pengiriman kamu juga harus melengkapi dengan berbagai persyaratan yang dibutuhkan seperti identitas dan juga beberapa menu makanan.
  • Setelah mengirimkan biasanya Tim shopee akan melakukan proses pemeriksaan dokumen dan verifikasi lainnya maksimal hingga 20 hari setelah dokumen dikirim.
  • Disetujui atau tidak biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi pada email untuk mengetahui status dari pengajuan tersebut.
  • Apabila sudah diaktifkan maka akan ada petunjuk untuk memasang aplikasi hingga beberapa langkah lain.

Syarat Daftar Shopee Food

Syarat Daftar Shopee Food

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seseorang apabila ingin daftar shopee food khususnya menjadi merchant atau mitra. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi atau disiapkan.

1. Perorangan

Apabila suatu usaha dikelola oleh perorangan maka persyaratan yang harus disiapkan terdiri dari.

  1. KTP/ KITAS.
  2. NPWP.
  3. Foto dari buku rekening atau tabungan.
  4. Menyiapkan sebanyak lima foto menu cari restoran yang paling populer. Foto harus memiliki dimensi 720 x 720 pixel dengan format JPEG/JPG/PNG, dan resolusi tinggi.

2. Badan Hukum atau Perusahaan

Sementara itu apabila merchant merupakan badan hukum atau perusahaan, mereka harus menyiapkan persyaratan di bawah ini.

  • KTP/KITAS.
  • SIUP/TDUP.
  • TDP/NIB.
  • Surat keterangan domisili apabila berada di luar Jakarta.
  • Akta pendirian perusahaan.
  • Gambar atau foto dari buku tabungan.
  • Menyiapkan sebanyak lima foto menu cari restoran yang paling populer. Foto harus memiliki dimensi 720 x 720 pixel dengan format JPEG/JPG/PNG, dan resolusi tinggi.

Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik apabila kamu memutuskan untuk melakukan pendaftaran sebagai merchant di Shopee Food.

1. Mempertahankan Kualitas

Mempertahankan Kualitas

Hal pertama yang harus dilakukan apabila sudah berhasil melakukan pendaftaran dan mulai berjualan adalah selalu mempertahankan kualitas. Jika berjualan secara langsung mungkin enak atau tidaknya tidak akan diketahui oleh orang lain termasuk rating yang diberikan.

Apabila menggunakan aplikasi ini maka semua pengguna bebas memberikan rating sesuai dengan apa yang sedang mereka dapatkan. Jika makanan tidak sesuai atau kualitasnya rendah maka bisa diberi rating yang buruk. Dampaknya adalah toko yang kamu miliki tidak akan laku.

Itulah kenapa mempertahankan kualitas sangat penting. Bahkan meski harga sedikit mahal sekalipun tidak akan menjadi masalah karena selama perasa enak semua orang akan tetap mencarinya. Jadi selalu pertahankan hal ini dengan baik sehingga jumlah pembeli meningkat dan setingan diberikan cepat tinggi.

2. Perbaiki Halaman Jualan

Perbaiki Halaman Jualan

Setelah mendaftar dan disetujui atau baiknya untuk selalu memperbaiki halaman saat melakukan. Perbaikan ini dilakukan untuk memberikan informasi yang lebih rinci kepada calon pembeli.

Hal pertama yang harus diperbaiki adalah foto yang digunakan untuk menampilkan kondisi dari menu yang nantinya dijual. Selanjutnya juga mengubah nama menu dan memberikan deskripsi sehingga pembeli bisa memahami menu apa yang akan mereka pesan.

Berapa orang tidak memperbaiki hal ini sehingga tampilannya terkesan biasa saja. Akhirnya begitu ada calon pembeli masuk mereka Jadi tidak tertarik untuk melakukan transaksi pembelian di sini.

3. Potongan Dana dari Shopee

Potongan Dana dari Shopee

Satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat akan daftar shopee food adalah potongan harga yang nantinya akan diambil oleh pihak dari shopee. Karena sudah menyediakan platform untuk jual beli mereka akan mendapatkan sekitar 20% dari harga yang dijual.

Apabila kamu menjual dengan harga yang sama kemungkinan besar akan mengalami kerugian. Itulah kenapa harga yang nantinya muncul merupakan harga yang sudah ditambahkan 20% dari harga bersih yang dijual secara langsung di warung atau toko.

Baca juga: Cara Mendapat Saldo ShopeePay Gratis

Kelebihan Daftar di Shopee Food

Apabila kamu melakukan pendaftaran di shopee food, akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut beberapa keuntungan selengkapnya.

1. Promosi Gratis

Promosi Gratis

Kelebihan pertama yang bisa didapatkan apabila melakukan pendaftaran di sini adalah mendapatkan promosi secara gratis. Biasanya toko-toko terdekat dari para pengguna aplikasi shopee akan muncul di bagian depan secara langsung.

Jadi mereka bisa langsung melihat toko tersebut. Apabila memiliki nama yang unik dan juga foto yang menarik kemungkinan besar akan dipilih sehingga mereka akan melakukan transaksi di sana.

2. Penjualan Meningkat

Penjualan Meningkat

Meski mendapatkan potongan sebanyak 20% dari harga yang dipajang pada aplikasi tersebut. Apabila menggunakan shopee food kamu akan mengalami peningkatan penjualan dalam jumlah yang cukup signifikan.

Alasan peningkatan penjualan ini terjadi karena jumlah orang yang melakukan transaksi tidak hanya di area itu saja. Bahkan orang yang awalnya tidak mengetahui ada warung atau tempat makan itu pun bisa juga melakukan transaksi pembelian.

3. Transaksi Aman

Transaksi Aman

Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan shopee akan berjalan dengan aman. Semua dan akan tersimpan dan akhirnya bisa diambil setiap harinya setelah mendapatkan potongan sekitar 20%.

Jadi kamu masih bisa mendapatkan untung dalam jumlah banyak apalagi jika jumlah pelanggan sudah semakin meningkat serta rating dari restoran cukup tinggi. Jadi tidak ada salahnya mencoba untuk memulai bisnis makanan dengan cara ini.

Cara daftar shopee food ternyata cukup mudah untuk dilakukan bahkan pada semua jenis usaha. Kamu tidak perlu memiliki toko ataupun warung untuk melakukan pendaftaran. Bahkan di rumah sekalipun masih bisa melakukannya asalkan terdapat tanda pengenal.

Baca juga: Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee

Selain itu pedagang kaki lima yang hanya buka pada sore hingga malam hari juga bisa melakukan pendaftaran. Intinya adalah selalu memperlihatkan logo dari shopee dan juga memiliki banner sehingga para driver tidak akan mengalami kesulitan untuk datang ke sana dan menyelesaikan order.

Saat ini layanan yang dimiliki oleh Shopee Food sudah menyebar di hampir semua kota besar yang ada di Indonesia. Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk melakukan pendaftaran dan berbisnis di ranah makanan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.