Contoh Mind Mapping

Tentunya kamu pernah dengar tentang teknik mind mapping kan, salah satu teknik yang kerap digunakan dalam pembelajaran di sekolah atau kampus. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pengertian, cara membuat, hingga contoh mind mapping.

Pada umumnya, mind mapping ini berisikan diagram gambar berisikan informasi yang diatur secara visual. Pembuatan diagram gambar tersebut bertujuan untuk membantu representasi ide dan gagasan yang ada di dalam pikiran kita, agar pada audience bisa lebih mudah memahaminya.

Agar lebih paham lagi, simak penjelasannya di bawah ini:

Pengertian Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping

Mind mapping merupakan sebuah ilustrasi visual yang dibuat dari ide atau konsep dengan menggunakan lingkaran atau kotak untuk beberapa cabang sub topik. Beberapa cabang ini, nantinya akan digabungkan dengan menggunakan kata, frasa, atau garis yang diatur di sekitar topik pembahasan utama.

Biasanya struktur pada mid mapping ini mempunyai hubungan yang hirarki, dimana lingkaran atau kotak akan mewakili sub topik dengan ekspresi dan deskripsi sebagai penghubung. Nantinya deskripsi yang diberikan tersebut akan menjelaskan hubungan timbal balik secara lebih jelas.

Secara singkat, mind mapping ini akan membantu orang-orang untuk bisa menggambarkan ide atau pemikiran yang mereka punya. Selain itu, mind mapping juga bisa menganalisa apa yang mereka tahu dan yang tidak. Dengan adanya mind mapping, maka mereka bisa mempresentasikan ide secara terstruktur.

Contoh Mind Mapping

Mungkin sampai di sini, apakah kamu masih belum paham secara pasti apakah itu mind mapping? Jika iya maka tidak perlu bingung, karena di bawah ini akan diberikan beberapa contoh mind mapping yang bisa kamu pahami satu persatu.

1. Brainstorming

Brainstorming

Brainstorming adalah model mind mapping bisa menjadi jalan keluar pada saat kamu diminta untuk memikirkan suatu ide, konsep, maupun gagasan tertentu. Dengan model ini, maka kamu bisa lebih mudah mengembangkan ide-ide yang ada di dalam pikiran.

Nah, kamu dapat membuat brainstorming dengan cara membuat sebuah mind mapping yang berisikan gagasan utama ide di bagian tengah halaman. Kemudian setiap ide-ide dari topik, diletakkan di sekitar gagasan utama.

2. Presentasi

Presentasi

Hampir semua orang pasti pernah merasa kesulitan pada saat hendak mempresentasikan suatu materi. Jika kamu sedang menghadapi situasi semacam ini, maka alternatif yang bisa dipilih adalah dengan membuat mind mapping.

Dengan mind mapping ini, maka kamu bisa membagi materi yang akan dipresentasikan menjadi beberapa sub bagian. Kamu bisa mulai mengembangkan materai dari sub bab tersebut, hingga nantinya seluruh materi bisa disimpulkan menjadi satu.

3. Daftar Tugas

Daftar Tugas

Bagi kamu yang sering kewalahan karena kelupaan akan tugas yang dimiliki, maka bisa menggunakan mind mapping sebagai salah satu solusi permasalahan tersebut. Pada saat masuk ke semester baru, kamu dapat mulai membuat mind mapping tentang daftar tugas yang harus dilakukan selama satu semester.

Kamu bisa menuliskan berbagai macam hal yang perlu ditulis mulai dari materi ujian, tugas rumah, daftar bacaan, research, agenda khusus, dan berbagai macam hal yang perlu diingat. Dengan ini, maka kamu tidak perlu khawatir akan kelupaan dengan tugas-tugas yang perlu dikerjakan selama satu semester.

4. Essay

Essay

Bisa dikatakan bahwa mind mapping ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Tidak hanya untuk mengembangkan gagasan atau ide terkait suatu topik tertentu saja, namun kamu bisa menggunakannya untuk membuat essay.

Bahkan banyak yang mengatakan jika penggunaan mind mapping dalam pembuatan essay ini dinilai membuat essay terlihat lebih menarik. Beberapa hal dalam essay yang bisa kamu buat mind mapping seperti kutipan dan argumen dari sumber-sumber tertentu.

5. Hafalan

Hafalan

Apa kamu mempunyai kesulitan dalam menghafalkan sesuatu? Tidak perlu khawatir, kamu bisa membuat mind mapping untuk membantumu dalam menghafalkan berbagai macam info yang diperlukan. Diagram dan visual grafis yang dilihat oleh mata, akan lebih mudah diingat oleh otak.

Jadi jika kamu ingin mencoba membuat mind mapping hafalan, maka bisa memberikan banyak gambar, simbol, dan warna yang mampu memberikan efek visualisasi lebih baik. Dengan ini, informasi yang diperlukan akan lebih mudah untuk dihafalkan.

Baca juga: Apa Itu Stakeholder

Cara Membuat Mind Mapping

Cara Membuat Mind Mapping

Mungkin sampai disini kamu sudah bisa membayangkan bentuk dari sebuah mind mapping. Meskipun begitu, tentunya kamu ingin membuat tampilan mind mapping yang bagus kan? Untuk itu, berikut ini langkah-langkah untuk membuat mind mapping yang baik dan benar.

  • Langkah pertama, silahkan gambarkan sebuah bentuk lingkaran atau kotak di bagian tengah halaman yang kosong. Agar pembuatan mind mapping lebih mudah, disarankan untuk menggunakan halaman dengan bentuk landscape.
  • Setelah itu, langsung saja tuliskan gagasan atau ide utama yang ada di pikiranmu ke dalam bentuk tadi.
  • Jika gagasan utama sudah berhasil dibuat, maka kamu bisa mengembangkan ide tersebut menjadi beberapa sub topik yang masih berkaitan.
  • Kemudian hubungkan masing-masing sub topik dengan ide utama yang ada di tengah, dengan menggunakan sebuah garis penghubung.
  • Dari beberapa sub topik yang tadi sudah dibuat, kamu bisa membuat lagi sub topik yang lebih kecil dari sebelumnya. Buatlah semacam hierarki sub topik sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Usahakan agar kamu tidak menulis topik yang terlalu panjang, mungkin satu atau dua kata sudah cukup. Selain itu, kamu juga tidak perlu menulis frasa secara lengkap karena ini hanya akan membuat mind mapping terlihat kurang efektif.
  • Nah, kamu bisa mengulangi langkah nomor 4 hingga nomor 6 tersebut hingga semua gagasan dan ide yang ada di pikiranmu tertuang ke dalam mind mapping tersebut.
  • Jika semua ide sudah dituliskan, kamu bisa menggunakan simbol, warna, maupun gambar yang disukai untuk mempercantik dan meningkatkan kualitas visual dari tampilan mind mapping.
  • Tidak hanya sampai disitu, gunakan saja ukuran teks, warna teks, bentuk gambar, dan warna simbol yang bervariasi agar mind mapping terlihat lebih indah.
  • Oh iya, jangan lupa juga untuk memberi penekanan pada setiap poin penting dengan memberi garis bawah atau menebalkan teks untuk topik yang kamu butuhkan.

Baca juga: Segmentasi Pasar

Manfaat Mind Mapping

Manfaat Mind Mapping

Pada intinya, mind mapping ini memiliki manfaat agar kamu ataupun orang lain bisa lebih mudah memahami suatu topik. Namun jika hal tersebut dijabarkan lagi, maka akan muncul beberapa poin penting dari manfaat mind mapping sebagai berikut ini.

  • Bisa mendefinisikan topik atau tema utama dengan sangat jelas, karena ditulis dan dinyatakan di tengah-tengah sub topik.
  • Dapat mengidentifikasi informasi utama dengan sangat baik. Hal ini dilakukan dengan mendekatkan informasi berkadar kepentingan lebih tinggi dengan topik atau tema utama.
  • Proses pencatatan bisa dilakukan secara lebih cepat, karena kamu hanya perlu menuliskan kata kuncinya saja.

Mungkin hanya itu informasi seputar pengertian, manfaat, cara membuat, dan contoh mind mapping yang bisa dijelaskan untuk saat ini. Jadi kesimpulan dari informasi di atas, yakni mind mapping akan mempermudah kamu dalam berbagai hal yang menyangkut pemikiran.