Cek Kuota 3

 

Salah satu provider dengan paket internet beragam dan hemat adalah 3. Bagi kamu yang belum lama menggunakan 3, mungkin ingin mengetahui cara cek kuota 3. Mengecek kuota penting dilakukan agar tidak kebablasan ketika menggunakannya.

Yang menjadi kelebihan dari operator ini dibandingkan dengan lainnya ialah tidak memakan pulsa sewaktu kuota tersebut sudah habis. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir pulsa anda terpotong sewaktu internetan, karena operator ini hanya menggunakan kuota yang sudah anda paketkan saja.

Seperti provider pada umumnya, operator yang satu ini juga memberikan berbagai opsi untuk penggunanya mengecek kuota. Bagi kamu yang penasaran metode apa saja yang bisa digunakan untuk cek kuota Tri, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Cek Kuota 3 yang Mudah dan Praktis

3 memang bisa menjadi teman sejati untuk kamu menjelajah dunia maya. Paket internet yang ditawarkan tergolong besar dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong. Bahkan tidak sedikit pengguna yang memakai  operator ini khusus untuk internetan saja.

Lalu, bagaimana cara mengecek kuota 3 yang mudah dilakukan, berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

cara cek kuota 3

 

1. Menggunakan Kode USSD

Metode ini termasuk yang paling banyak digunakan pengguna smartphone. Kamu hanya perlu hafal nomor USSD yang digunakan operator terkait untuk mengecek kuota, pulsa, dan paket lainnya.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Panggilan atau Dial Telepon di smartphone.
  • Ketikkan *111# lalu tekan Panggil atau OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai ditampilkan beberapa pilihan menu.
  • Silahkan pilih menu untuk Cek Kuota di nomor 4.
  • Ketikkan 4 lalu Kirim.
  • Pilih nomor 2 berupa Kuota Data lalu
  • Selanjutnya, ketik 1 untuk Cek Kuota lalu
  • Nantinya, akan muncul satu atau beberapa paket internet yang pernah kamu aktifkan.
  • Misalnya untuk mengetahui Kuota Data Reguler, ketik 1 lalu
  • Pilih Status&Info, ketik 8 lalu
  • Setelah itu, ketik 1 untuk Cek Kuota lalu
  • Tunggu sebentar sampai SMS konfirmasi dikirimkan berisi informasi kuota internet yang tersisa.

Melalui kode USSD *111# di atas, kamu juga bisa melihat berbagai menu lainnya. Misalnya untuk membeli paket, mengecek saldo pulsa, mengaktifkan paket internet, dan lain sebagainya.

Untuk cek kuota, cukup sesuaikan paket internet mana yang diaktifkan, jadi nomor yang dipilih pada langkah-langkah di atas tidak mutlak.

kuota 3 memiliki masa aktif lebih panjang

Baca juga: Cara Dapatkan Kuota Kemendikbud

2. Cek Kuota3 Menggunakan SMS

Cara ini tidak mengharuskan kamu menggunakan internet. Menu SMS mungkin saat ini sudah jarang digunakan. Namun, manfaatnya akan terasa jika hendak mengecek kuota. Pastinya, kamu sudah tidak asing dengan cara melakukan SMS ke suatu nomor bukan?

Perbedaannya adalah pengguna harus memakain format tertentu untuk mengecek kuota. Pastikan format yang digunakan benar agar mendapat balasan dari sistem, berikut langkah-langkah cek kuota 3 dengan sms.

  • Nyalakan smartphone lalu buka aplikasi
  • Ketikkan SMS menggunakan format berikut: INFO <spasi> DATA.
  • Setelah itu, kirim ke nomor 234.
  • Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan SMS balasan mengenai informasi paket dan masa berlakunya.
  • Selesai.

aplikasi bima 3

3. Menggunakan Aplikasi Bima+

Pengguna 3 memang dimudahkan dengan hadirnya aplikasi mobile bernama Bima+. Melalui aplikasi ini kamu bisa menikmati berbagai layanan yang diberikan 3 dengan lebih mudah. Bahkan banyak promo yang bisa didapatkan dan hadiah menarik dengan cara menukar poin Bonstri.

Jadi apabila kamu belum menggunakannya, sebaiknya unduh sekarang juga. Fitur-fitur di dalamnya akan sangat memudahkan, termasuk untuk mengecek kuota.

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi Bima+ di Google Playstore atau AppStore.
  • Setelah berhasil terinstall, buka aplikasi Bima+.
  • Pada tampilan utama, masukkan nomor HP 3 kamu lalu tekan
  • Sistem akan mengirimkan kode verifikasi yang bisa dilihat melalui SMS.
  • Masukkan kode verifikasi lalu tap Lanjutkan.
  • Setelah itu, akan langsung ditampilkan berbagai informasi mengenai nomor 3 kamu. Termasuk sisa kuota dari paket internet yang diaktifkan dan masa berlakunya.

Dengan menginstall aplikasi resmi dari 3 tersebut, berbagai informasi mengenai kartu prabayar 3 bisa langsung dilihat pada aplikasi. Baik untuk pengguna Android ataupun iOS, langkah-langkahnya memang tidak jauh berbeda.

4. Menggunakan Website Bima+

Metode ini mengharuskan kamu menggunakan browser untuk mengunjungi website resmi 3. Sebenarnya langkah-langkahnya tidak sulit seperti yang diuraikan berikut ini.

  • Buka aplikasi browser lalu kunjungi website Bima+ melalui tautan berikut ini: https://www.tri.co.id
  • Setelah itu, masukkan nomor HP 3 yang digunakan lalu Login.
  • Dapatkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui SMS ke nomor 3 kamu.
  • Masukkan kode verifikasi pada kolom yang disediakan.
  • Setelah itu, klik
  • Sisa kuota 3 dari paket internet yang diaktifkan akan langsung terlihat berserta masa aktifnya.

kuota 3 memiliki masa aktif lebih panjang

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Axis

Keuntungan Menggunakan Paket Internet 3

Pada dasarnya, setiap operator seluler memang banyak yang berlomba menawarkan paket internet murah. Nah, paket internet yang ditawarkan 3 menjadi salah satu yang banyak menarik perhatian. Hal ini karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut.

1. Paket Internet Bisa Diakumulasi

Saat masa aktif kuota internet sudah habis, biasanya kamu memang harus merelakannya begitu saja. Namun, hal ini tidak berlaku jika kamu menggunakan paket internet 3. Jadi, tidak akan ada istilah kuota hangus karena masa berlaku yang sudah habis.

Dibanding provider lainnya, hal ini memang menjadi nilai plus tersendiri untuk 3. Kamu bisa mengakumulasikan paket data yang sudah habis masa aktifnya menjadi paket data yang bisa dipakai berikutnya.

Dengan demikian, kuota yang belum habis pun tidak akan mubazir. Terlebih jika jumlahnya masih cukup banyak sementara kamu belum sempat menghabiskannya. Oleh karena itu, paket data sisa tersebut bisa diakumulasikan untuk periode berikutnya ketika mengaktifkan paket internet 3.

2. Masa Aktif Paket Internet Lebih Panjang

Provider 3 dikenal tidak pelit dalam memberikan masa aktif pulsa dan kuota pada penggunanya. Seperti yang telah diketahui, provider lain mungkin hanya memberikan masa berlaku selama 60 hari saja. Sementara itu, 3 memberikan masa berlaku yang lebih lama, bahkan hingga satu tahun.

Meskipun pada dasarnya tidak mungkin paket internet baru habis dalam waktu terlalu lama. Namun, kamu tetap bisa merasakan manfaatnya karena tidak perlu khawatir paket data akan cepat habis masa berlakunya.

Penggunaan paket internet pun jadi lebih leluasa tanpa rasa was-was. Namun, pastikan juga kuota yang tersisa masih cukup untuk menjelajahi dunia maya.

3. Kualitas Koneksi yang Baik

3 menjadi salah satu provider yang menyediaka layanan 4G Lite yang cuup mumpuni. Jadi, kamu bisa melakukan kegiatan berselancar di dunia internet dengan lebih mudah dan lancar. Adanya jaringan yang stabil tentunya dapat mempermudah urusan penggunanya terkait berinternet.

Seiring berjalannya waktu, operator 3 memang senantiasa meningkatkan kualitas koneksi internetnya. Salah satunya dengan melakukan pemerataan jaringan 4G LTE. Hingga detik ini, jaringan 3 sudah tersebar di lebih dari 200 kabupaten/kota di tanah air.

Baca juga: Kuota Media Telkomsel

Akhir Kata

Beberapa cara cek kuota 3 yang sudah diulas di atas bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pilihlah cara yang sekiranya paling mudah untuk mengetahui sisa kuota yang digunakan. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol penggunaan kuota dengan lebih baik dibanding tanpa melakukan pengecekan kuota.