Cara Update iOS

Hampir semua perangkat lunak yang kita gunakan saat ini, disarankan untuk selalu update jika pembaruan tersebut tersedia. Hal ini juga berlaku untuk pengguna iPhone, yang perlu update iOS-nya setiap ada update baru. Berhubungan dengan hal itu, pada kesempatan kali ini kita bahas tentang cara update iOS.

Update versi terbaru ini, diberlakukan untuk mengatasi bug dan juga menambahkan atau melakukan penyesuaian pada fitur-fitur yang ada pada versi sebelumnya. Jadi bagi para pengguna iOS, simak informasi tentang update iOS berikut ini.

Tentang Update iOS

Tentang Update iOS

Bukan hanya jajaran iPhone keluaran terbaru saja, namun Apple juga menyarankan para pengguna iPhone lama untuk memperbarui iOS-nya. Bisa dikatakan jika hal ini akan berpengaruh pada ketepatan lokasi, tanggal, dan juga waktu.

Update iOS ini telah diumumkan oleh pihak Apple sendiri beberapa waktu lalu. Menurut salah satu sumber terpercaya, Apple menyarankan agar semua iPad dan iPhone yang dirilis pada tahun 2012 atau sebelum itu, iOS yang digunakan perlu untuk di-update.

Pihak Apple menyatakan jika pembaruan iOS ini dibutuhkan untuk mempertahankan lokasi GPS secara akurat serta menjaga waktu dan juga tanggal agar tetap selaras. Jadi bisa dibilang j pembaruan iOS ini dilakukan karena ada masalah GPS dan waktu yang mulai mempengaruhi iPhone dan iPad keluaran lama.

Maka dari itu, Apple menyarankan bagi para pengguna iPad dan iPhone keluaran tahun 2012 atau sebelumnya untuk update iOS. Dengan melakukan update pada iOS yang digunakan, maka fitur-fitur seperti kalender, GPS, dan juga waktu bisa tetap bekerja normal seperti biasanya.

Apabila pengguna tetap tidak mengupdate iOS-nya, maka kemungkinan besar fitur-fitur lain yang mengandalkan waktu seperti email dan sinkronisasi iCloud tidak akan berfungsi. Selain itu, pengguna juga tidak akan memperoleh pembaruan untuk setiap software yang digunakan lagi.

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan jika satu-satunya cara agar iPad dan iPhone yang kamu gunakan tetap berfungsi secara normal adalah dengan mengupdate iOS-nya. Nah, bagi kamu yang ingin update iOS, maka terus simak informasi yang akan dijelaskan selanjutnya.

Baca juga: Emulator iOS Terbaik

Cara Update iOS

Nah, ada tiga cara untuk update iOS yang bisa kamu coba. Ketiga cara tersebut adalah update iOS secara wireless, update secara otomatis, dan update dengan komputer. Untuk lebih jelasnya lagi, simak beberapa cara untuk update iOS yang ada di bawah ini.

1. Update iOS Secara Wireless

Cara update iOS yang pertama adalah tanpa kabel atau sering disebut dengan istilah wireless. Cara yang satu ini sangat mudah, karena kamu tidak butuh perangkat tambahan apapun. Untuk itu, langsung saja ikuti petunjuk update iOS sebagai berikut.

  • Apabila muncul notifikasi yang berkata pembaruan tersedia, langsung saja tapa pada tombol Install Now.
  • Jika tidak ada, maka tancapkan perangkat dengan charger, dan nyalakan koneksi internet menggunakan wifi.
  • Setelah itu, buka aplikasi settings yang ada di perangkat kamu.
  • Lanjut dengan membuka menu general, dan tap pada opsi Software Update.

Lanjut dengan membuka menu general, dan tap pada opsi Software Update

  • Kemudian tekan pada tombol Download and Install.
  • Jika muncul pesan bahwa kamu harus menghapus aplikasi sementara karena software butuh ruang lebih, tap saja pada tombol Lanjutkan.
  • Tidak perlu khawatir, karena iOS akan secara otomatis menginstall ulang aplikasi yang dihapus.
  • Langkah yang berikutnya, tap pada tombol Install untuk mulai proses update iOS.
  • Selain itu, kamu juga bisa memilih opsi waktu lain untuk proses update iOS seperti Install Tonight dan Remind Me Later.
  • Terakhir, masukkan kata sandi apabila diminta untuk enter passcode.

2. Update iOS Secara Otomatis

Jika kamu menggunakan perangkat Apple dengan iOS 12 atau yang lebih baru, maka bisa melakukan update iOS secara otomatis. Update iOS ini bisa ditentukan dan dilakukan di malam hari pada saat kamu tidur, agar aktivitas harian tidak terganggu. Nah, kamu bisa mengatur update otomatis dengan cara berikut.

  • Tahap pertama, silahkan buka aplikasi pengaturan atau settings yang ada di perangkat kamu.
  • Setelah itu, buka menu general dan pilih menu pembaruan perangkat lunak.

Setelah itu, buka menu general dan pilih menu pembaruan perangkat lunak.

  • Kemudian tap pada opsi sesuaikan pembaruan otomatis, dan nyalakan opsi install pembaruan iOS. Nantinya perangkat Apple yang kamu gunakan akan diperbarui ke versi iOS terbaru secara otomatis.

Namun perlu untuk kamu tahu, jika pembaruan secara otomatis ini hanya berlaku pada sistem operasi iOS-nya saja. Pada beberapa perangkat tertentu, pembaruan lain seperti aplikasi dan fitur perlu untuk kamu install secara manual.

3. Update iOS Menggunakan Komputer (Tanpa WiFi)

Apabila kamu tidak bisa mengupdate iOS secara wireless pada perangkat, maka bisa melakukannya dengan menggunakan komputer secara manual. Jika PC kamu menggunakan koneksi hotspot pribadi, pastikan dulu terhubung dengan ethernet atau Wifi yang berbeda dengan perangkat yang akan di-update.

  • Langkah pertama, buka terlebih dahulu Finder (untuk macOS Catalina 10.15) atau buka iTunes (untuk macOS Mojave 10.14 atau versi yang lebih lama).
  • Setelah itu, hubungkan perangkat iPhone atau iPad kamu ke PC dengan menggunakan kabel data/
  • Kemudian, temukan perangkat kamu di dalam komputer.
  • Lanjut dengan mengklik pada menu Pengaturan, dan kemudian tap menu Umum.
  • Berikutnya, klik pada menu Periksa Pembaruan, dan klik pada tombol Unduh dan Perbarui.

Berikutnya, klik pada menu Periksa Pembaruan, dan klik pada tombol Unduh dan Perbarui.

  • Jika diminta untuk memasukkan kata sandi, silahkan masukkan.

Baca juga: Check Coverage iPhone

4. Cara Cek versi iOS/Tanpa App

Setelah kamu berhasil mengupdate iOS yang ada di perangkat, ada satu hal yang perlu untuk diketahui. Hal tersebut adalah versi dari iOS yang digunakan pada perangkat iPhone atau iPad kamu. Ikuti  langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek versi iOS di perangkat Apple.

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi pengaturan atau settings yang ada di perangkat kamu.
  • Setelah itu, buka menu umum atau general.
  • Langkah yang berikutnya, tap pada menu tentang ponsel atau about phone.
  • Nah, sekarang kamu bisa melihat nomor atau angka yang terdapat di bagian samping tulisan Software Version. Angka tersebut menunjukkan versi iOS dari perangkat yang saat ini kamu gunakan.

Nah, sekarang kamu bisa melihat nomor atau angka yang terdapat di bagian samping tulisan

Untuk mengecek apakah update iOS yang dilakukan berhasil atau tidak, kamu bisa melihat dan mengeceknya apakah angka tersebut. Coba saja sesuaikan apakah sama seperti yang ada pada daftar Sdi bawah ini atau tidak.

iOS 10.3.4

  1. iPad generasi keempat (Wifi + seluler)
  2. iPhone 5

iOS 9.3.6

  1. iPad Mini generasi pertama (Wifi + seluler)
  2. iPhone 4S
  3. iPad 2 (Wifi + seluler model CDMA)
  4. iPad generasi ketiga (Wifi + seluler)

Mungkin hanya itu sedikit informasi tentang cara update iOS yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Yang paling penting, kamu perlu mengupdate iOS yang digunakan ketika update terbaru tersedia. Hal ini dilakukan agar perangkat kamu tetap terjaga dan bisa digunakan dengan semestinya.