Cara Transfer Kuota Telkomsel

Dengan kondisi yang semakin tidak menentu seperti saat ini, terlebih kondisi pandemi yang belum juga mereda membuat banyak sekali kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan via daring atau dengan cara online. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara transfer kuota Telkomsel untuk mendapatkan bantuan kuota.

Terkadang, bahkan tanpa disadari kuota internet ini bisa habis atau menipis, sehingga Anda pun harus menambahnya. Selain dengan cara membeli, Anda juga bisa menggunakan cara transfer kuota, salah satunya adalah dengan menggunakan provider Telkomsel.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Anda tidak perlu membeli kuota saat keadaan sedang terdesak. Sebab, teman atau saudara Anda bisa dengan mudah melakukan proses transfer kuota ke nomor Anda. Begitupun dengan sebaliknya, Anda pun bisa melakukan hal tersebut.

cara transfer kuota telkomsel

Cara Transfer Kuota Telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu jenis provider yang memiliki beberapa jenis kartu perdana sekaligus, yang diantaranya adalah Simpati, AS, dan Kartu Halo. Ketiga jenis kartu ini tentunya memiliki perbedaannya masing-masing.

Namun, jika Anda ingin melakukan proses transfer data, maka Anda tidak perlu khawatir karena ketiga jenis kartu ini masih sama-sama satu provider, yakni Telkomsel.

Transfer Kuota Telkomsel Melalui Kode Dial

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan kuota dari orang lain adalah dengan menggunakan kode dial di nomor *500*2#. Kode ini bisa Anda ketikkan di dial number atau panggilan telepon pada smartphone Anda tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, silahkan Anda buka dial number atau panggilan telepon pada handphone Kemudian, silahkan Anda ketik kode *500*2#.
  • Setelah kode tersebut Anda ketikkan, maka silahkan klik ok atau klik panggil. Jika sudah, maka silahkan Anda tunggu beberapa saat.
  • Nantinya, akan muncul sebuah menu pop up yang berisikan sebuah pertanyan, “mau transfer kuota internet tarif Rp. 5000 per transaksi?”

Setelah itu, silahkan Anda ketikkan angka satu pada menu pop up tersebut, dimana angka satu  menyatakan bahwa Anda setuju untuk melanjutkan transaksi tersebut.

  • Jika pop upnya sudah berganti, maka silahkan ana lanjutkan dengan memasukkan nomor tujuan dari orang yang Anda tuju untuk mentransfer kuota tersebut ke orang lain.
  • Setelah itu silahkan Anda klik kirim.
  • Beberapa saat kemudian, akan muncul lagi menu pop up berikutnya. Dimana silahkan Anda masukkan jumlah kuota yang ingin Anda transfer tersebut.

Anda bisa mengetikkan kuota dalam kelipatan 50MB dengan maksimalnya adalah 500 MB saja. Untuk penulisannya, silahkan Anda gunakan angka atau numerik, misalnya adalah 50, 100, dan seterusnya.

  • Kemudian, silahkan Anda konfirmasi menu pengiriman kuota tersebut dengan mengetikkan angka 1 untuk menyetujui poses pengiriman dilakukan.
  • Dan proses pun selesai Anda lakukan.

Jika proses pengiriman sudah selesai dilakukan dan berhasil, maka Anda akan mendapatkan SMS berupa notifikasi. SMS yang diterima itu akan menyatakan bahwa kuota tersebut sudah berhasil ditambahkan pada nomor tujuan Anda sebelumnya.

Selain itu, nomor orang yang Anda kirimi kuota tersebut juga akan mendapatkan pesan berupa notifikasi yang menyatakan bahwa telah menerima sejumlah kuota dari nomor Anda.  Untuk proses transfer kuota ini juga memiliki aturan minimal masa aktif kuota.

Artinya, dimana untuk pihak pengirim harus memiliki minimal 4 hari masa aktif kuota. Lalu, untuk pihak kuota yang akan ditransfer tersebut akan memilki masa aktif selama 3 hari.

Baca juga: Kuota Media Telkomsel

Transfer Kuota Telkomsel Melalui Aplikasi My Telkomsel

Jika memang sebelumnya Anda melakukan proses transfer kuota dengan menggunakan menu dial up atau panggilan telepon, maka Anda pun bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi My Telkomsel.

Dimana aplikasi My Telkomsel ini bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store. Untuk langkahnya sendiri silahkan Anda simak penjelasan berikut ini.

  • Pertama, jika memang Anda belum memiliki aplikasi My Telkomsel di handphone Anda, maka silahkan Anda install terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store.
  • Kedua, jika aplikasi sudah terpasang di ponsel Anda, maka silahan Anda buka aplikasinya serta silahkan Anda daftarka nomor Telkomsel Anda tersebut.
  • Setelah itu, maka Anda pun akan diarahkan ke menu dashboard atau menu
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik menu beri hadiah.
  • Kemudian, akan muncul beberapa pilihan pada menu yang ada di layar aplikasi My Telkomsel Anda. Barulah silahkan Anda pilih transfer kuota.
  • Setelahnya, Anda pun akan diminta untuk memasukkan nomor tujuan dari penerima kuota yang akan Anda kirimkan tersebut.
  • Silahkan Anda ketikkan jumlah dari kuota yang ingin Anda kirimkan.
  • Setelah itu, silahkan Anda tunggu saja hingga akhirnya notifikasi pun muncul dengan menyatakan bahwa transaksi yang Anda lakukan sudah berhasil.

Notifikasi ini akan masuk melalui SMS ke nomor handphone Anda tersebut. Selain itu, pesan ini juga akan dirikimkan ke pihak penerima dari operator Telkomsel itu sendiri.

Selain kedua cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa melakukan proses pengiriman kuota ini melalui kode USSD maupun melalui layanan SMS yang tentunya bisa Anda lakukan langsung dengan menggunakan ponsel Anda sendiri.

Cara-cara ini pun masih tergolong mudah untuk dilakukan, karena lebih sering digunakan oleh para pengguna Telkomsel dalam mengirimkan kuota ke nomor telepon lain yang masih sesama Telkomsel.

Transfer Kuota Telkomsel 1GB Gratis Tanpa Pulsa, Apa Bisa?

Kuota sudah menjadi sebuah kebutuhan saat ini, terkadang para pengguna smartphone lebih memilih mempunyai kuota dibandingkan dengan pulsa. Sehingga tidak jarang mereka yang memiliki banyak kuota namun tidak memiliki pulsa.

Walaupun anda melakukan transfer kuota dibawah 10GB, contohnya saja 1GB maka anda akan tetap dikenakan biaya untuk setiap transaksinya. Jadi hingga saat ini Telkomsel belum memiliki layanan transfer kuota gratis atau bebas bayar.

Baca juga:  Harga Voucher Kuota Telkomsel

Akhir Kata

Itulah beberapa cara transfer kuota Telkomsel yang bisa Anda lakukan. Silahkan pilih cara mana yang lebih mudah untuk dilakukan dan sesuai dengan keinginan Anda. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba!