2 Cara Restart HP Oppo via Aplikasi dan Factory Reboot

Loop.co.id – Pernah nggak sih dari kamu yang mengalami ponsel terasa lemot atau lag? Untuk itu kamu perlu tahu yang namanya cara restart HP Oppo. Bisa dibilang ini solusi paling gampang namun mampu untuk mengatasi masalah tersebut.

Meskipun ponsel Oppo tidak membekali pilihan untuk melakukan restart dan hanya ada opsi dimatikan dan dinyalakan secara manual. Teruntuk kamu yang pengguna ponsel Oppo tidak perlu khawatir. Karena di bawah ini sudah saya bahas secara lengkap dan detail.

Seperti yang sudah disinggung di atas jika ponsel Oppo tidak bisa dilakukan restart. Akan tetapi ada dua metode alternatif restart ponsel Oppo yang bisa kamu terapkan.

Cara Restart HP Oppo

Berikut dibawah ini pembahasannya:

1. Dengan Aplikasi Fast Reboot

Dengan Aplikasi Fast Reboot

Cara restart HP Oppo yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Fast reboot. Aplikasi ini adalah aplikasi simulasi restart HP dengan menutup semua pemrosesan data di dalam ponsel kamu. Artinya tidak secara fisik ponsel mengalami restart.

Hal yang harus kamu tahu adalah cara ini bisa menghilangkan pemrosesan yang menjadikan ponsel kamu menjadi lebih lemot. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan cheat aplikasi yang masih terbuka di background app.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah sekali, bagi kamu yang belum paham dengan langkah-langkahnya silahkan ikuti panduannya di bawah ini:

  • Pertama download terlebih dahulu aplikasi Fast Reboot ponsel yang kamu gunakan. Sekedar informasi jika menggunakan aplikasi ini kamu tidak harus melakukan rooting terhadap ponsel kamu.
  • Setelah itu kamu klik aplikasi tersebut dan nantinya aplikasi itu akan melakukan restart terhadap ponsel Oppo kamu. Untuk sebagian aplikasi yang terbuka akan segera ditutup, sementara lainnya akan melakukan restart.
  • Kemudian kamu akan melihat beberapa memori yang dibebaskan di dalam pemberitahuan atau notifikasi.

2. Dengan Factory Data Reset

Dengan Factory Data Reset

Cara restart HP Oppo selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset data. Bagaimana dengan kamu menggunakan cara ini berarti akan menghapus semua data yang terdapat di dalam HP kamu serta melakukan reboot.

Cara ini bisa dipakai apabila kamu merasa ponsel sedang dalam masalah. Dan sebelum kamu melakukan factory data reset pastikan kamu menyimpan data-data yang penting supaya tidak hilang.

Untuk melakukan factory data reset sebagai berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu masuk terlebih dahulu ke pengaturan di ponsel kamu.
  • Kemudian kamu pilih Additional Setting.
  • Setelah itu kamu pilih Factory Data Reset.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih beragam pilihan seperti konten, SMS, kontak dan Erase All App Data.

Penyebab HP Android Lemot

Penyebab HP Android Lemot

Setelah kamu tahu cara restart HP Oppo Tidak ada salahnya jika kamu harus memahami beberapa penyebab yang menjadikan HP Android bisa lemot, seperti:

Terlalu banyak menginstal aplikasi di ponsel Android. Dengan hal kayak gini hp Android akan kekurangan ruang untuk menyimpan aplikasi tersebut.

Terlalu banyak memakan RAM bahkan sampai mau melebihi batas maksimal. Jadi lebih baik tidak membuka aplikasi yang dimiliki berat secara bersamaan apabila RAM di ponsel Android kamu kecil.

Ada banyak aplikasi yang berjalan. Terkadang banyak pengguna ponsel yang lupa atau tidak mematikan aplikasi yang sedang berjalan sehingga menyebabkan memori RAM menjadi penuh dan mengakibatkan ponsel kamu menjadi lambat.

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Untuk mengatasi HP Android yang lemot ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan seperti dibawah ini:

1. Perhatikan Jumlah Memori

Perhatikan Jumlah Memori

Setiap ponsel Android dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda-beda. Udah hanya RAM namun kapasitas memori internal juga berpengaruh terhadap performa ponsel.

Ketika memori internal yang ada tinggal sedikit maka mengakibatkan HP Android kamu menjadi lemot. Males begitu untuk mengatasi ponsel Android yang lemot ada bekasnya kamu menghindari menyimpan berbagai macam data sampai memenuhi ROM.

Apabila kamu terlalu sering menyimpan banyak data di ponsel kalau bisa supaya membeli ponsel yang dibekali dengan kartu memori berkapasitas besar.

2. Selalu Update Software

Selalu Update Software

Tiap kali kamu memperoleh notifikasi pembaruan software segera langsung dilakukan update. Siapa tahu dengan hal ini bisa memperbaiki masalah yang mungkin dibawa oleh sistem sebelumnya.

Karena dapat dipastikan pembaruan itu bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya. Walaupun terkadang kenyataannya setelah dilakukan pembaruan malah semakin buruk.

Namun kamu jangan khawatir pasalnya pihak pengembang tentu tidak akan tinggal diam jika memang sudah mulai ada masalah di bagian sistemnya.

Pastikan kamu selalu meluangkan waktu untuk memeriksa di menu setting > about system update > dan check for updates.

Ini juga berlaku pada setiap aplikasi yang kamu pakai ketika ada notifikasi pembaruan aplikasi di Google Play Store. Silahkan langsung melakukan pembaruan. Periksa aplikasi yang memerlukan pembaruan di My Apps & Games di Google Play Store.

3. Mengurangi Penggunaan Widget

Mengurangi Penggunaan Widget

Tiket yang terlalu banyak juga salah satu penyebab kenapa ponsel Android kamu mengalami lemot. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya kamu mengurangi pemakaian Widget.

WeChat sendiri tidak hanya mempercantik penampilan full screen ponsel kamu namun tidak bisa berfungsi jalan pintas untuk memantau berbagai macam aplikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut.

Meskipun menjadikan tampilan Android semakin indah dan mempercepat akses ke aplikasi, namun akan memakan banyak RAM sehingga HP Android kamu mengalami lemot atau lambat.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi ponsel Android yang lambat adalah dengan menghentikan aplikasi yang tidak terpakai. Memang di aplikasi Google Play Store selalu ada aplikasi baru yang memikat hati untuk dicoba.

Tetapi tanpa kami sadari banyak aplikasi yang hanya menarik di awal saja Bahkan tidak mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi yang kamu install sebelumnya.

Sehingga akan berdampak di ruang penyimpanan ponsel Android kamu. Maka memori internal akan termakan oleh aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai.

Untuk menjaga supaya ponsel Android kamu tetap cepat maka salah satu caranya adalah dengan menghapus atau menghentikan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

5. Bersihkan Cache Data

Bersihkan Cache Data

Cara selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi ponsel Android lambat adalah dengan membersihkan cache data. Sendiri sebagai tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu pakai sebelumnya.

Dengan cheat di HP Android akan mempercepat kamu dalam membuka aplikasi yang sebelumnya pernah dipakai. Akan tetapi dibalik manfaatnya ada juga dampak buruknya yakni membuat HP Android kamu menjadi lemot akibat cache yang menumpuk.

Untuk menghapus cache dari setiap aplikasi yang sering kamu pakai berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu masuk terlebih dahulu ke menu Pengaturan.
  • Kamu hujan kamu pilih Apps.
  • Selanjutnya cari aplikasi yang Akan dibersihkan cache-nya.
  • Setelah itu kamu pilih clear cache.
  • Atau bisa juga dengan menghapus sekaligus cache di Android lewat menu Setting > Storage > Cached Data dan pilih opsi Ok ketika ada Pop Up.

Kurang lebih seperti itu ulasan kali ini mengenai cara restart HP Oppo. Buat kamu yang belum paham bisa membaca artikel ini dan pahami langkah-langkahnya secara cermat.