Cara Reset HP OPPO Paling Cepat & Mudah Tanpa Aplikasi

 

Loop.co.id – Cara Reset HP OPPO Paling Cepat & Mudah Tanpa Aplikasi adalah cara – cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan reset ulang pada HP Oppo yang kamu gunakan, tanpa menggunakan aplikasi yang membantu dalam proses reset tersebut dengan cepat dan mudah.

Pada umumnya, cara ini digunakan karena ada beberapa masalah yang terjadi pada HP Oppo yang digunakan. Tujuan utama melakukan proses ini adalah untuk mengembalikan semua setelan pada HP menjadi dasar/bawaan pabrik kembali.

Seperti aplikasi, sistem dan juga menghapus semua data pada HP Oppo kamu beserta semua aplikasi bukan bawaan yang telah kamu download pada HP Oppo yang kamu gunakan.

Disini kami akan memberikan informasi tentang hal tersebut dan juga akan memandu kamu mengenai langkah – langkah cara melakukannya.

Alasan Adanya Cara Reset HP Oppo Tanpa Aplikasi

Alasan Adanya Cara Reset HP Oppo Tanpa Aplikasi

Adanya cara reset HP Oppo tanpa aplikasi ini memiliki beberapa alasan dalam menggunakannya. Dengan adanya berbagai situasi pada ponsel Oppo kamu, beberapa cara yang akan kami jelaskan dapat membantu dalam menyelesaikannya.

Tentunya dengan situasi yang berbeda, maka solusi nya pun akan berbeda. Kami akan menjelaskan beberapa alasan utama, kamu perlu melakukan cara reset HP Oppo tanpa aplikasi pada HP Oppo yang kamu gunakan.

1. HP Oppo Kamu Terasa Lemot

Alasan pertama adalah HP Oppo kamu terasa lemot. Pada dasarnya HP Oppo tidak akan lemot jika tidak ada file atau aplikasi yang menyebabkannya. Jika HP Oppo yang kamu gunakan sudah terasa lemot saat digunakan, kami menyarankan untuk melakukan reset ulang pada HP tersebut.

Karena dengan adanya proses reset ulang, HP tersebut akan kembali pada setelan awal dan juga aplikasi serta file yang mengganggu kineja HP Oppo kamu akan terhapus. Sehingga lemot yang kamu rasakan pada HP Oppo mu akan hilang.

2. Terjadinya Lupa Pola/Password

Alasan berikutnya adalah jika terjadi lupa pola/password. Tentunya pola atau password yang kamu buat adalah untuk mengunci HP Oppo kamu agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Tapi bagaimana jika kamu lupa pola/password yang telah kamu buat untuk HP Oppo kamu ?.

Jangan khawatir, karena dengan adanya cara reset HP Oppo tanpa aplikasi kamu dapat membuka HP Oppo kamu kembali. Dengan melakukan cara – cara yang akan kami jelaskan, kamu dapat membuka kembali dan mereset pola/password pada HP Oppo yang kamu gunakan.

3. Aplikasi Keluar Sendiri Saat Digunakan

Alasan selanjutnya adalah aplikasi pada HP Oppo keluar sendiri saat kamu gunakan. Jika terjadi hal seperti ini tandanya ada ketidakmampuan HP Oppo kamu saat menjalankan aplikasi tersebut. Namun, hal ini juga dapat terjadi karena adanya aplikasi atau file yang berjalan di belakang layar.

Dengan adanya beberapa aplikasi atau file yang sedang berjalan di belakang layar tanpa kamu ketahui. Hal tersebut dapat menjadi alasan utama aplikasi yang kamu gunakan force close/keluar dengan sendirinya. Dengan cara reset HP Oppo ini kamu dapat memperbaiki masalah tersebut.

4. HP Oppo Terkena Virus

Alasan selanjutnya adalah HP Oppo terkena virus. Bagi kamu yang sering mendownload aplikasi yang tidak dikenal dari browser, atau adanya virus dari file dan juga aplikasi yang ada. Cara ini merupakan solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

Dengan dilakukannya cara – cara yang akan kami jelaskan, kamu dapat menghilangkan semua virus yang ada pada HP Oppo kamu. Sehingga HP Oppo dapat berjalan dengan normal kembali pada saat kamu gunakan.

5. HP Oppo Menjadi Cepat Panas

Alasan berikutnya adalah HP Oppo menjadi cepat panas. Hal ini dapat terjadi karena adanya aplikasi atau file yang berjalan tanpa kamu perintahkan pada HP Oppo yang kamu gunakan. Terjadinya penumpukan tugas yang ada pada HP Oppo kamu, maka tentunya HP akan menjadi cepat panas.

Adanya cara -cara yang akan kami jelaskan, dapat menjadi solusi dari permasalahan yang satu ini. Dengan mereset HP Oppo kamu, maka aplikasi atau file yang berjalan di belakang layar tanpa kamu ketahui akan hilang. HP Oppo kamu akan menjadi normal kembali.

Alasan yang paling umum dari adanya cara reset HP Oppo tanpa aplikasi adalah terjadinya freeze, hang atau stuck pada logo. Puncak dari berbagai masalah yang kami jelaskan diatas adalah kejadian ini. Dengan terjadinya freeze, hang atau stuck pada logo menandakan HP Oppo kamu sedang dalam masalah yang serius.

Tapi kamu jangan khawatir, solusi pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan cara reset HP Oppo tanpa aplikasi yang akan kami jelaskan. Setelah dilakukan reset, HP Oppo kamu akan dapat menyala dan kembali seperti normal.

Cara Reset HP Oppo Tanpa Aplikasi

Cara Reset HP Oppo Tanpa Aplikasi

Setalah mengetahui alasan dari adanya cara reset HP Oppo Tanpa Aplikasi, disini kami akan memberikan informasi dan juga memandu kamu tentang bagaimana cara melakukannya.

1. Cara Reset HP Oppo Tanpa Aplikasi Melalui Pengaturan

Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan dan termasuk mudah dalam melakukannya. Karena cara ini dapat digunakan saat HP Oppo kamu masih bisa menyala.

Kami akan memberikan penjelasan tentang bagaimana langkah – langkah yang harus kamu lakukan pada cara reset HP Oppo tanpa aplikasi melalui pengaturan.

  1. Langkah pertama adalah buka menu Settings atau Pengaturan pada HP Oppo kamu.
  2. Selanjutnya, klik pilihan “Additional settings/Setelan Tambahan”
  3. Lalu kamu pilih “Back up and Reset” dan pilih “Factory data reset“.
  4. Lalu akan disediakan 3 pilihan factory reset yang memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain.
  5. Pilih opsi “Erase All Content And Settings” untuk menghapus semua file yang ada pada ponsel dan membuat ponsel menjadi seperti baru kembali. Pilihlah “Erase All Contacts And Call History” untuk menghapus kontak dan histori panggilan yang terdapat pada kartu SIM. Pilih “Erase All SMS And MMS Messages” untuk menghapus semua SMS dan MMS yang terdapat pada HP Oppo yang kamu gunakan.
  6. Setelah memilih salah satu fungsi diatas, tunggu proses factory reset HP Oppo yang kamu gunakan selesai.
  7. Setelah proses diatas selesai, maka HP Oppo kamu sudah dapat digunakan kembali.

2. Cara Reset HP Oppo Tanpa Aplikasi Melalui Recovery Mode

Cara yang satu ini termasuk sulit dilakukan karena cara ini dilakukan jika HP Oppo sudah mengalami Hardbrick, terjadi lupa pola/password, Bootloop (mentok padalogo), HP Oppo sudah mati total dan HP Oppo hanya bergetar saat dihidupkan .

Asalkan HP Oppo kamu dapat masuk pada menu Oppo ColorOS Recovery, maka kamu dapat melakukan hard reset melalui Recovery Mode ini. Kami akan memandu kamu mengenai bagaimana langkah – langkah dalam melakukannya.

  1. Langkah pertama, pastikan HP Oppo kamu ada pada keadaan mati. Apabila terjadi bootloop atau HP Oppo mati total, coba lepaskan lalu pasang kembali baterai pada HP Oppo. Jika baterai pada HP Oppo kamu berjenis baterai tanam, maka biarkan saja.
  2. Setelah sudah dipastikan HP Oppo kamu dalam keadaan mati, lalu kamu tekan tombol tombol power + volume bawah secara bersamaan. Hal tersebut dilakukan untuk masuk kedalam Recovery Mode pada HP Oppo kamu.
  3. Dalam Recovery Mode ini, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk bergerak keatas kebawah atau navigasi, dan tombol power yang berfungsi untuk memilih opsi yang ada. Tapi ada beberapa HP Oppo yang dapat menggunakan fitur layar sentuhnya dalam Recovery Mode.
  4. Setelah berhasil masuk pada Recovery Mode pada HP Oppo kamu, pilihlah opsi bahasa yaitu English.
  5. Lalu pilih opsi “Wipe data and cache“ untuk hard reset HP Oppo kamu.
  6. Kemudian kamu pilih lagi opsi “Wipe data and cache” yang tersedia. Pada beberapa HP Oppo ada juga yang memiliki pilihan opsi “Wipe all data and removable application“ yang memiliki fungsi yang sama.
  7. Langkah terkahir yang harus kamu lakukan adalah pilih “OK” atau “Yes” yang tertera pada layar, untuk melakukan proses hard reset HP Oppo yang kamu gunakan.

Langkah – Langkah Setelah Selesai Pada Recovery Mode

Setelah melakukan langkah – langkah diatas, lakukan hal ini pada HP Oppo kamu.

  1. Tunggu hingga proses yang dilakukan selesai. Jika sudah ada tulisan “Data and cache wiped succesfully“, maka kamu sudah berhasil melakukan proses reset pada HP Oppo yang kamu gunakan.
  2. Lalu pilih opsi “Reboot”, setelah memilih opsi tersebut lalu pilih opsi “OK”.
  3. Tunggu hingga proses ini selesai.
  4. Setelah HP Oppo menyala maka akan diminta melakukan pengaturan seperti pertama kali kamu membeli dan memakai HP tersebut. Seperti melakukan setting bahasa, setting jaringan, setting wilayah dan pengaturan/setting dasar lainnya.
  5. Selesai, sekarang HP Oppo kamu sudah siap digunakan dan dapat hidup kembali seperti normal.

Akhir Kata

Setelah kamu membaca ulasan tentang Cara Reset HP OPPO Paling Cepat & Mudah Tanpa Aplikasi diatas semoga kamu dapat lebih mengetahui tentang keadaan dan juga cara mereset HP Oppo yang kamu gunakan. Dan juga semoga artikel ini dapat bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.