Cara Menulis Alamat Paket Semua Kurir Agar Sampai Tujuan

Loop.co.id – Pernahkah kamu terpikirkan bagaimana Cara Menulis Alamat Paket yang benar? Hal ini secara tidak langsung membantu pihak ekspedisi dalam pengiriman. Biasanya dalam sebuah paket harus tertera beberapa informasi yang dibutuhkan oleh pihak ekspedisi untuk memudahkan proses pengiriman.

Dengan menuliskan alamat paket yang baik dan lengkap, seperti nama penerima, nama pengirim, nomor telepon, alamat tujuan, dan lain sebagainya. Membantu meringankan tugas kurir dalam mengirimkan paket-paket agar diterima oleh penerima yang sebenarnya. Jangan sampai paket yang seharusnya milik kamu malah diterima oleh orang lain, hih jangan sampai ya.

Mau tahu bagaimana cara menulis alamat paket yang tepat? Pas banget Loop mau bagikan beberapa informasi penting terkait hal tersebut. Nah, oleh karena itu simak baik-baik artikel Cara Menulis Alamat Paket yang akan Loop bagikan ini ya.

Cara Menulis Alamat Paket

Cara Menulis Alamat Paket

Dalam menulis alamat paket yang tepat sebenarnya mudah, bahkan bisa dibilang sederhana. Namun, sebagian orang mungkin lupa atau kurang tepat dalam menuliskan informasi yang dibutuhkan oleh pihak ekspedisi. Loop telah menyiapkan informasi-informasi penting terkait penulisan alamat paket yang baik dan tepat.

1. Nama dan Alamat Penerima Paket

Kamu harus menuliskan alamat penerima selengkap-lengkapnya mulai dari nomor rumah, nomor RT/RW, kelurahan, kecamatan, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar paket yang kamu kirimkan tidak tersasar atau diterima oleh orang lain.

Dengan menulis alamat penerima dengan lengkap secara tidak langsung kamu membantu meringankan beban kurir ekspedisi loh. Paket yang kamu kirim bisa diterima dengan cepat tanpa kendala.

Nah, untuk struktur cara menulis alamat paket yang benar sebagai berikut:

  1. Nama jalan, kemudian lengkapi dengan nomor rumah serta nomor RT dan RW (jika ada).
  2. Tuliskan kecamatan dan kelurahan alamat penerima paket.
  3. Cantumkan juga Kota dan Provinsi alamat penerima paket.
  4. Kode pos bisa kamu tambahkan setelah nama provinsi alamat si penerima.
  5. Kamu juga boleh menambahkan patokan tertentu untuk memudahkan kurir.
  6. Tuliskan negara tujuan jika kamu ingin mengirimkan paket tersebut ke luar negeri.

Itulah struktur cara menulis alamat paket yang tepat menurut Loop. Sebagai contoh Loop akan menuliskan sebuah alamat di suatu tempat.

  • Jl. Ir. H. Juanda No. 68, RT/RW 01/13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, 16122.

Dalam cara menulis alamat paket, selain alamat penerima kamu juga perlu mencantumkan nama si penerima paket tersebut loh. Karena bisa saja kurir yang mengirimkan paket tersebut tidak sengaja memberikanya ke tetangga sang penerima.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi kamu cukup menambahkan nama si penerima paket. Namun, perlu diingatkan jangan sekali-kali menggunakan nama panggilan yang mungkin hanya kamu saja yang tahu.

Karena suatu ketika nama penerima tersebut dibutuhkan untuk berjaga-jaga jika alamat penerima yang kamu tulis tidak lengkap atau tidak jelas. Kamu bisa mencantumkan nama penerima paket tersebut diatas alamat penerima.

2. Nama dan Alamat Pengirim Paket

Selain alamat dan nama penerima kamu juga perlu mencantumkan alamat dan nama pengirim paket tersebut. Apalagi kalau kamu saat ini sedang membuka bisnis online shop di media sosial atau e-commerce.

Tentunya untuk mengirimkan pesanan ke pembeli alamat dan nama kamu perlu dicantumkan juga. Hal ini bertujuan jika sewaktu-waktu pembeli produk kamu ingin melakukan mengirimkan kembali paket tersebut karena suatu hal.

Alamat pengirim yang kamu tulis juga harus lengkap ya, agar paket tersebut tidak tersasar atau diterima oleh orang lain. Cara menulis alamat pengirim paket punya struktur yang kurang lebih sama kok.

Kamu perlu mencantumkan alamat selengkap-lengkapnya, seperti nama jalan, nomor rumah, kelurahan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mencantumkan nama kamu atau dengan kata lain nama pengirim paket tersebut ya.

3. Nomor Telepon

Hal yang tidak kalah penting dalam cara menulis alamat paket yang tepat adalah adanya nomor telepon. Kamu sebagai pengirim perlu mencantumkan nomor telepon milik penerima dan pengirim.

Jika si penerima sedang berada diluar dan tidak ada dari pihak keluarganya yang menerima paket tersebut. Nomor telepon penerima tersebut bisa digunakan oleh kurir ekspedisi untuk dihubungi.

Untuk nomor telepon pengirim ada baiknya kamu menggunakan nomor telepon khusus toko atau online shop milikmu. Hal ini supaya kamu tidak terganggu jika sewaktu-waktu pembeli mencoba untuk menghubungimu di waktu yang tidak tepat.

Contoh Format Cara Menulis Alamat Paket

Cara Menulis Alamat Paket

Sebagai contoh Loop akan memberikan salah satu format penulisan alamat paket yang tepat. Cara menulis alamat paket yang Loop bagikan ini dilengkapi alamat, nama, dan nomor telepon.

  • Penerima: Asep Bustomi
  • Jl. Ir. H. Juanda No. 68, RT/RW 01/13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, 16122.
  • 0812345678

Untuk pengirim sama saja kok, kamu bisa mengikuti struktur atau format diatas tersebut. Namun, untuk letak penulisan informasi penerima dan pengirim harus dibedakan ya.

Letak penulisan informasi penerima berada di sebelah kiri pojok atas paket. Sedangkan letak penulisan informasi kamu sebagai pengirim berada di sebelah kanan pojok bawah.

Frequently Asked Questions (FAQ)

FAQ

1. Hal Penting Dalam Menulis Alamat Paket Yang Baik?

Penulisan alamat paket yang tepat sebenarnya tidak terlalu ribet, bahkan bisa dibilang sangat sederhana. Kamu hanya perlu mencantumkan informasi penerima dan pengirim paket, seperti alamat, nama, dan nomor telepon.

Pada bagian alamat, tuliskan selengkap-lengkapnya, seperti nama jalan, nomor rumah, nomor RT/RW, kelurahan, dan kecamatan. Jika perlu kamu juga bisa mencantumkan Kota, Provinsi dan kode pos tujuan paket tersebut.

Nama penerima dan pengirim juga diperlukan agar paket yang akan dikirimkan tidak diterima oleh orang lain. Selain itu, nomor telepon perlu kamu cantumkan untuk memudahkan kurir dalam menghubungi si pemilik paket.

Perlu diketahui, untuk peletakan informasi penerima dan pengirim paket harus berbeda. Lebih tepatnya, letak penulisan informasi penerima berada di sebelah kiri pojok atas paket. Sedangkan letak penulisan informasi kamu sebagai pengirim berada di sebelah kanan pojok bawah.

2. Bagaimana Format Cara Menulis Alamat Paket?

Format atau struktur penulisan alamat paket yang tepat sangat sederhana kok. Nah, untuk format penulisan alamat paket yang tepat sebagai berikut:

  • Penerima: Asep Bustomi
  • Jl. Ir. H. Juanda No. 68, RT/RW 01/13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, 16122.
  • 0812345678

Untuk pengirim sama saja kok, kamu bisa mengikuti struktur atau format diatas tersebut. Namun, untuk letak penulisan informasi penerima dan pengirim harus dibedakan ya.

Letak penulisan informasi penerima berada di sebelah pojok kiri atas. Sedangkan letak penulisan informasi kamu sebagai pengirim berada di sebelah pojok kanan bawah.

Akhir Kata

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Cara Menulis Alamat Paket yang baik dan tepat. Dengan membaca artikel ini mudah-mudahan kamu jadi lebih tahu mengenai penulisan alamat paket yang baik dan tepat.

Sekian pembahasan dari artikel Cara Menulis Alamat Paket yang telah Loop bagikan. Terima kasih sudah berkunjung di artikel Cara Menulis Alamat Paket ini ya, sampai jumpa.


Posted

in

by

Tags: