Cara Mengurus Kehilangan STNK dengan Mudah dan Cepat

loop.co.id – Kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah masalah yang sering dialami oleh pemilik kendaraan. Tidak hanya merugikan secara finansial, kehilangan STNK juga dapat menyebabkan kesulitan saat melakukan aktivitas berkendara dan berpotensi terkena sanksi hukum. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengurus kehilangan STNK dengan mudah dan cepat. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda mengurus kehilangan STNK dengan lancar.


1. Melaporkan Kehilangan ke Kepolisian

Langkah pertama yang perlu dilakukan setelah kehilangan STNK adalah melaporkannya ke kantor polisi terdekat. Segera kunjungi pos polisi terdekat dan berikan informasi lengkap tentang kehilangan STNK Anda. Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dokumen kepemilikan kendaraan (BPKB). Pihak kepolisian akan memberikan Anda laporan kehilangan yang akan menjadi bukti bahwa Anda telah melaporkan kejadian ini.

2. Membuat Pengaduan Kehilangan ke Samsat

Setelah melaporkan kehilangan ke polisi, langkah selanjutnya adalah membuat pengaduan kehilangan ke Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap). Samsat adalah lembaga yang bertanggung jawab atas administrasi kendaraan bermotor. Kunjungi kantor Samsat terdekat dengan membawa laporan kehilangan dari kepolisian, dokumen pribadi, dan dokumen kepemilikan kendaraan lainnya. Berikan informasi yang jelas dan lengkap tentang kehilangan STNK Anda. Petugas di Samsat akan membantu Anda dalam proses pembuatan STNK baru.

3. Mengurus Penggantian STNK Baru

Setelah membuat pengaduan kehilangan, Anda perlu mengurus penggantian STNK baru. Biasanya, Samsat akan memberikan Anda formulir pengajuan penggantian STNK. Isi formulir tersebut dengan informasi yang benar dan lengkap. Selain itu, Anda juga perlu melengkapi dokumen-dokumen yang diminta, seperti fotokopi KTP, fotokopi BPKB, laporan kehilangan dari kepolisian, dan bukti pembayaran pajak kendaraan terakhir. Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah disiapkan dengan benar untuk mempercepat proses penggantian STNK.

4. Pembayaran Biaya Penggantian

Setelah mengisi formulir dan melengkapi dokumen-dokumen, Anda akan diminta untuk membayar biaya penggantian STNK. Biaya ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan Samsat setempat. Pastikan untuk menanyakan jumlah yang harus dibayarkan dan metode pembayaran yang diterima. Setelah membayar biaya penggantian, Anda akan menerima bukti pembayaran yang perlu disimpan sebagai bukti.

5. Pengambilan STNK Baru

Setelah proses pembayaran selesai, Anda akan diberikan tanggal pengambilan STNK baru. Pastikan untuk mencatat tanggal tersebut dan kunjungi kembali kantor Samsat sesuai jadwal yang telah ditentukan. Saat mengambil STNK baru, Anda mungkin diminta untuk menyerahkan bukti pembayaran dan dokumen-dokumen lainnya sebagai verifikasi. Periksa kembali STNK yang baru Anda terima untuk memastikan bahwa semua informasi yang tertera adalah benar dan sesuai.

Kesimpulan: Kehilangan STNK bisa menjadi pengalaman yang menyusahkan, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurus STNK Hilang dengan mudah dan cepat. Pastikan untuk melapor ke kepolisian, membuat pengaduan kehilangan ke Samsat, mengurus penggantian STNK baru, membayar biaya penggantian yang ditetapkan, dan mengambil STNK baru sesuai jadwal. Dengan proses yang tepat dan lengkap, Anda akan segera mendapatkan STNK baru dan dapat kembali berkendara dengan aman dan legal.

Originally posted 2023-06-11 16:52:39.