Cara Menghitung Umur di Excel

Di Microsoft Excel kamu juga bisa menghitung umur. Ada cara menghitung umur di Excel, yang bisa diterapkan saat menghadapi data-data mengenai umur seseorang atau hewan. Oleh karenanya supaya kemampuan menggunakan Excel semakin maksimal kamu harus tahu juga rumus untuk hitung umur Excel.

Belajar mengenai Excel jangan setengah-setengah. Kalau bisa kamu harus menguasai banyak rumus mulai dari rumus persen hingga rumus untuk menghitung umur. Tujuannya agar kamu bisa lebih siap ketika menghadapi berbagai tugas situasi. Pasalnya kamu tidak tahu karir kamu ke depannya. Tugas selanjutnya.

Di dunia kerja kegiatan bekerja sangat dinamis. Bisa saja kamu disuruh mengerjakan A hari ini, dan B keesokan harinya. Untuk itu kamu harus paham betul mengenai cara menghitung umur di Microsoft Excel. Supaya jika ada tugas menghitung umur, kamu tidak bingung dan sudah siap dengan berbagai tugasnya.

Belajar Cara Menghitung Umur di Excel

Selama kamu hidup, alangkah baiknya mengisi waktu untuk terus belajar. Agar kamu bisa mengetahui berbagai ilmu baru yang pastinya sangat berguna bagi karir dan kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja kalau kamu tidak belajar hal-hal baru. Maka kamu akan ketinggalan zaman dan kemampuan tidak ada.

Salah satu hal yang perlu dipelajari adalah cara menghitung umur. Tujuannya agar kamu bisa lebih maksimal dalam membuat laporan khususnya laporan mengenai data-data umur di dalam laporan. Kalau saja kamu tidak mengetahuinya maka dikhawatirkan kamu akan kesulitan untuk menghitung data umur.

1. Menghitung Umur di Excel Dengan Hasil Tahun

Menghitung Umur di Excel Dengan Hasil Tahun

Kamu harus tahu kalau di Excel, ada 2 jenis cara untuk menghitung umur. Pertama menghitung umur dengan data tahun saja. Kedua umur dengan hasil data berupa tahun, bulan dan hari. Kedua jenis ini sama-sama menggunakan tanggal lahir dan tanggal hari ini sebagai patokan untuk melakukan perhitungan umur.

Pertama tentang umur berdasarkan tahun. Nantinya kamu harus membuat Cell yang berisi tanggal lahir dan tanggal hari ini, atau tanggal saat perhitungan umur berlangsung. Semua akan disusun berdasarkan sistem angka, karena Microsoft Excel adalah aplikasi yang melakukan penghitungan dengan data angka.

  • Tulis kolom tanggal lahir, tanggal hari ini, dan umur di cell B1, lalu B2 dan B4.
  • Berikutnya di kolom tanggal lahir kamu tulis tanggal lahir kamu dengan lengkap. Formatnya adalah angka tanggal, garis miring bulan dan garis miring tahun. Misalnya saja 25/04/1995 dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan usia yang ingin kamu hitung.
  • Berikutnya kamu beranjak ke kolom usia atau B4. Pada B4 silakan kamu tulis rumus yakni =DATEDIF(B1;B2; “Y”).
  • Nantinya akan keluar mengenai usia kamu, namun hanya bertuliskan umur saja. Misalnya usia 25 tahun, 26 tahun atau 40 tahun. Tergantung dengan data tanggal lahir yang kamu isi.

Catatan Tambahan Mengenai Cara Menghitung Umur Berdasarkan Tahun

Catatan Tambahan Mengenai Cara

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui saat melakukan cara menghitung umur di Excel. Khususnya argumen mengenai cara menghitung dengan metode ini. Pertama fungsi ini berfungsi jika tidak ada atau nihilnya IntelliSense untuk fungsi ini. Jadinya perlu dihitung sintaksnya dan berapa banyak argumennya.

Ini merupakan fungsi dari rumus DATEDIF yang digunakan untuk menghitung umur. Adapun dalam DATEDIF terdapat beberapa argument yang wajib untuk diketahui. Beberapa argument ini menyangkut isi rumus dan bisa menambah pemahaman kamu mengenai cara hitung umur dengan hasil tahunnya saja.

  • Pertama adalah start_date. Argumen ini merepresentasikan tanggal sebuah periode. Dalam penulisan rumus di Excel, tanggal dapat ditulis dalam bentuk rangkaian teks didukung oleh tanda kutip ganda, lalu ganda nomor seri, dan berbagai fungsi lain yang mendukung penghitungan umur.
  • Berikutnya adalah end_date. Di dalam rumus ini, end_date merepresentasikan tanggal berakhirnya sebuah periode. Hampir sama dengan start_date, tanggal dapat ditulis dalam bentuk teks, tanda kutip ganda, nomor seri, dan lain sebagainya.
  • Maksudnya hasil yang seperti apa yang kamu dapatkan dengan menggunakan fungsi ini. Ada 6 hasil yang diperoleh yakni Y atau jumlah tahun, M atau jumlah bulan, D atau jumlah hari, MD atau jumlah bulan dalam periode, YM tahun periode, dan YD atau jumlah tahun dalam periode.

Baca juga: Cara Menghitung Persen di Excel

2. Cara Menghitung Umur di Microsoft  Excel dengan Hasil Tahun, Bulan dan Hari

Cara Menghitung Umur di Microsoft

Kalau kamu ingin spesifik dalam menghitung umur, maka coba cara ini. Cara menghitung umur di Excel dengan hasil tahun, bulan dan hari. Sebuah hasil perhitungan yang lebih spesifik dan rinci sehingga kamu bisa mendapatkan data yang maksimal. Ketika menghitung data, kamu harus melakukan dengan spesifik.

Dalam mendapatkan hasil perhitungan umur yang rinci, kamu harus membuat cell B1 dan B2 yang berisi tanggal lahir dengan format tanggal garis miring, bulan, garis maring tahun. Sedangkan untuk data tahun, bulan dan tanggal, kamu bisa masukkan ke dalam cell B4, B5, dan B6. Berikut ini cara selengkapnya.

  • Masukkan tanggal lahir kamu di cell B1, dan tanggal hari ini di B2. Pastikan kamu mengisi data yang benar supaya proses perhitungan pada Microsoft Excel hasilnya benar dan bagus juga.
  • Berikutnya silakan arahkan kursor ke B4 atau cell tahun dan lakukan perhitungan. Caranya dengan menerapkan rumus =DATEDIF(B1;TODAY();”Y”). Nanti akan muncul hasil perhitungan umur berdasarkan tahun sekarang. Misalnya 25, 40 atau 15. Sesuai tahun masing-masing.
  • Selanjutnya cara menghitung bulan. Silakan arahkan kursor ke cell B5 dan masukkan rumus =DATEDIF(B1;TODAY();”YM”). Nanti akan terhitung mengenai bulan, misalnya 5, 6 atau 8. Itu artinya data menunjukan berusia 25 tahun lebih 5 bulan, atau 30 tahun lebih dari 7 bulan.
  • Sekarang membahas data yang lebih spesifik lagi yakni hari. Kamu bisa juga untuk menghitung hari untuk umur. Caranya juga gampang. Pertama-tama kamu arahkan kursor ke B6. Lalu kamu masukkan rumus =DATEDIF(B1;TODAY();”MD”). Nanti akan keluar hasil akhirnya.
  • Sama seperti data lainnya, hasil akhir akan menggunakan angka mulai dari 1 sampai 29. Angka ini menunjukkan kalau usia kamu lebih berapa hari. misalnya 25 tahun, 7 bulan, 25 hari. jadi dengan perhitungan seperti itu, kamu bisa lebih rinci menjelaskan data mengenai usia di dalam Excel.
  • Terakhir adalah mengkombinasikan semuanya. Kamu bisa menuliskan semua data tersebut ke dalam satu cell. Cara ini cenderung lebih mudah dan praktis, sehingga kamu bisa lebih mudah dalam menyajikan data.
  • Pertama-tama, silakan kamu pilih cell B7, yang merupakan cell baru. Lalu kamu masukkan rumus yakni =DATEDIF(B1;TODAY();”Y”)&” Tahun “&DATEDIF(B1;TODAY();”YM”)&” Bulan “&DATEDIF(B1;TODAY();”MD”)&” Hari”.
  • Nantinya akan muncul secara lengkap mengenai data mulai dari data tahun, bulan dan cell di dalam satu cell. Hal ini membuat proses penyajian data cenderung lebih mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Rumus Hlookup Excel

Cara menghitung umur di Excel, terbagi dalam 2 cara baik yang secara umum yakni data tahun saja, atau yang lebih spesifik yaitu data tahun, bulan dan tanggal. Semua cara tersebut bisa kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan laporan pekerjaan dan juga tugas kuliah.