Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Play Store

Sebenarnya, untuk bisa menghapus riwayat pencarian yang ada di Google Play Store sangatlah mudah untuk Anda lakukan. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di playstore.

Mungkin bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara menghapus riwayat pencarian yang ada di Play Store akan bingung untuk melakukannya. Tentunya ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin menghapus riwayat pencarian di Plat Storenya.

Bisa jadi salah satu alasannya adalah agar orang lain tidak mengetahui dan melihat riwayat pencarian di Play Store Anda.

Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara-cara dalam menghapus hasil pencarian pada Google Play Store dengan mudah.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Play Store

Untuk menghapus riwayat pencarian pada Google Play Store, maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Goole Play Store yang ada di perangkat Android Anda.
  2. Selanjutnya, silahkan Anda lakukan proses login ke akun Google yang Anda miliki.
  3. Kemudian, silahkan Anda pilih menu yang ada di bagian ujung kiri atas layar.
  4. Setelah itu, silahkan Anda pilih setelan.
  5. Kemudian, silahkan pilih hapus history riwayat penelusuran lokal yang ada di menu setelan tersebut.
  6. Setelah selesai, maka riwayat pencarian yang ada di Google Play Store Anda pun akan terhapus semuanya secara otomatis dan cara ini dirasa lebih efektif untuk dilakukan.

Itulah tadi beberapa langkah yang dapat anda coba untuk bisa menghapus riwayat pencarian pada google play store, masih ada lagi cara lain yang dapat anda pergunakan, yaitu seperti dibawah ini.

menghapus pencarian play store

Cara Hapus History Pencarian di Google Play Store

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain bagi yang memang menggunakan mode Google Play Store terbaru. Untuk lebih detailnya, silahkan saja Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah buka aplikasi Google Play Store yang ada di ponsel Anda tersebut.
  2. Setelahnya, silhkan Anda login dengan akun yang Anda miliki.
  3. Kemudian, silahkan Anda klik foto profil pada akun tersebut, lalu pilih setelan yang ada pada bagian pojok kanan atas tampilan aplikasinya.
  4. Langkah selanjutnya, silahkan Anda pilih umun, dan klik pada opsi preferensi akun dari perangkat Anda tersebut.
  5. Langkah terakhir, silahkan Anda konfirmasi hapus histori yang Anda lakukan. Dengan begitu, maka semua hasil pencarian yang sudah Anda lakukan sebelumnya di Google Play Store ini aan terhapus secara otomatis.

Jika Anda memang sudah mengikuti tutorial yang sudah dijelkan diatas, maka selanjutnya silahkan Anda buka saja menu pencarian yang ada di Google Play Store pada ponsel Anda. Pastikan apakah riwayat pencarian Anda sebelumnya memang sudah terhapus atau belum.

Jika memang riwayat pencarian Anda sebelumnya sudah terhapus, maka Anda pun tidak akan melihat hasilnya lagi ketika membuka Google Play Storenya. Namun, jika memang hasil pencariannya masih ada, maka Anda bisa mengulangi lagi cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya hingga berhasil.

Metode Hapus Riwayat Pencarian Bersifat Permanen

Perlu Anda ketahui juga bahwa memang tidak ada cara untuk menghapus riwayat pencarian di Google Play Store satu per satu. Jika memang Anda ingin menghapusnya, maka Anda akan menghapus seluruh riwayat pencarian yang ada di Google Play Store, seperti dengan cara yang sudah dijelaskn sebelumnya.

Untuk Google Play Store versi lama, mungkin Anda bisa menghapus riwayat pencarian secara bertahap atau satu per satu. Caranya adalah dengan menekan lama pada riwayat yang ingin Anda hapus. Kemudian, silahkan pilih hapus dari riwayat. Cara ini tidak akan menghapus keseluruhan dari hasil riawayat Anda.

Jika nantinya Anda memang ingin melihat lagi hasil pencarian yang sdah Anda lakukan sebelumnya dan sudah sempat Anda hapus dengan menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan bisa meemukan dan mengembalikan riwayat pencarian yangg sudah dihapus.

Untuk itu, silahkan Anda pasikan terlebih dahulu ketika hendak menghapus riwayatt pencarian Anda di Google Play Store. Karena, jika sudah Anda hapus, maka metode penghapusan tersebut akan berlaku secara permanen dan tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Jika memang Anda masih tidak bisa menghapus riawayat pencarian yang ada di Google Play Store, itu artinya kemungkinan ada langkah yang Anda lewati. Jadi, ketika memang Anda ingin menghapus riwayat pencarian dengan cara diatas, maka silahkan Anda perhatikan dengan seksama langkah-langkahnya.

Baca juga: Apakah History Web Pengguna Wifi Bisa Dilihat Oleh Pemilik Wifi

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus riwayat pencarian di Google Play Store yang ada di ponsel Anda. Proses penghapusan hasil pencarian ini bisa Anda lakukan secara bertahap atau secara menyeluruh.

Jika memang Anda tidak ingin menghapus semua hasil pencarian Play Store Anda, maka Anda bisa menghapusnya secara bertahap dengan memllih satu per satu hasil pencarian mana yang memang ingin Anda hapus.

Namun, jika memang Anda sudah tidak membutuhkan semua hasil pencarian tersebut, maka Anda bisa menghapus keseluruhan riwayat pencarian tersebut secara langsung.

Lalu, perlu diingat lagi, bahwa memang proses penghapusan riwayat pencarian ini tidak bisa Anda kembalikan lagi. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa memang riwayat yang akan Anda hapus memang sudah tidak diperlukan lagi.

Jika memang Anda sudah yakin, maka Anda bisa melanjutkan proses penghapusan tersebut sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.