Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi – Saat ini pemerintah Indonesia sudah menetapkan sebuah aplikasi PeduliLindungi untuk menjadi sebuah aplikasi yang harus di gunakan oleh seluruh masyarakat dalam hal persyaratan yang harus di miliki jika masyarakat tersebut ingin melakukan sebuah perjalanan yang sedang di butuhkan.

Persyaratan ini wajib di miliki oleh seluruh masyarakat indonesia yang saat ini ingin melakukan sebuah perjalanan baik menggunakan sebuah transportasi darat, laut maupun udara. Lalu banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui tentang hal membuat sebuah akun pedulilindungi dan cara menggunakannya.

Oleh karena itu, di artikel ini mimin akan membagikan sebuah tutorial lengkap mengenai aplikasi PeduliLindungi dan Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi untuk kamu yang saat ini belum mengetahui tentang membuat akun dan cara menggunakannya yang bisa langsung saja simak di ulasan sebagai berikut.

Cara Membuat Akun PeduliLindungi

Cara Membuat Akun PeduliLindungi

Sebelum kamu menyimak sebuah Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang cara membuat sebuah akun pedulilindungi agar kamu bisa dengan mudah menggunakan aplikasi tersebut jika sudah memiliki akun.

Lalu bagaimana cara membuat akun pedulilindung ? Tenang karena mimin sudah membagikan sebuah cara dan tutorial yang bisa kamu simak di ulasan sebagai berikut.

  1. Pertama kamu download atau Unduh terlebih dahulu aplikasi pedulilindungi di Google PlayStore atau AppStore
  2. Setelah terinstall kamu bisa langsung untuk membuka aplikasi tersebut
  3. Kemudian kamu bisa langsung izinkan akses lokasi, penyimpanan dan kamera
  4. Lanjut kamu bisa membuat sebuah akun dengan Nama lengkap dan asli sesuai KTP, isi nomor ponsel dan NIK ( nomor KTP )
  5. Klik daftar, masukan kode OTP yang terkirim ke dalam nomor ponsel
  6. Klik Confrim
  7. Selesai, kamu sudah berhasil memiliki akun pedulilindungi

Nah jika kamu sudah memiliki sebuah akun tersebut, kamu hanya memerlukan login di aplikasi pedulilindungi dengan sebuah nomor ponsel yang sudah terdaftar, kemudian masukan kode OTP untuk melakukan sebuah verifikasi yang terkirim melalui SMS.

Itu lah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah akun pedulilindungi, jika kamu sudah memiliki akun pedulilindungi kini kamu bisa langsung untuk menyimak Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi yang sudah mimin bagikan di tutorial berikut.

Baca juga: Aplikasi JMO

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di HP

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di HP

Cara memakai atau menggunakan sebuah aplikasi pedulilindungi untuk syarat perjalanan itu sebuah hal yang tidak sulit untuk kamu lakukan. Oleh karena itu kamu bisa langsung simak cara dan tutorial nya di bawah ini.

  1. Buka perangkat ponsel yang kamu miliki
  2. Masuk ke aplikasi pedulilindungi dan login menggunakan nomor ponsel yang sudah kamu daftarkan
  3. Masukan Kode OTP yang di kirim melalui via SMS
  4. Jika kamu sudah berhasil login, maka kamu akan melihat sebuah tampilan awal aplikasi tersebut
  5. Ada beberapa tombol Menu seperti Scan QR Code, Pendaftaran Vaksin, Info Penting, Diary Perjalanan, Teledokter dan Paspor Digital
  6. Nah jika kamu ingin menggunakan aplikasi pelindung sebagai syarat perjalanan kamu bisa langsung tekan menu paspor digital
  7. Setelah itu akan muncul sebuah sub menu Hasil test covid dam sertifikat vaksin
  8. Kemudian kamu bisa tekan sub menu hasil test covid untuk memberikan sebuah bukti hasil test covid-19 yang sudah kamu lakukan
  9. Selesai

Lalu bagaimana untuk cara scan barcode di aplikasi pedulilindungi tersebut, tenang cara scan barcode di dalam aplikasi pedulilindungi sebuah hal yang tidak sulit untuk kamu lakukan karena mimin sudah membagikan sebuah cara yang bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi

Cara scan barcode di aplikasi pedulilindungi sebenarnya tidak sulit, namun masyarakat masih banyak yang belum mengetahui tentang hal tersebut, oleh karena itu mimin sudah membagikan sebuah cara dan tutorial yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut.

  1. Pertama seperti biasa, kamu buka terlebih dahulu aplikasi dan login dengan akun yang sudah kamu miliki
  2. Setelah kamu masuk ke dalam aplikasi tersebut dengan menggunakan akun yang sudah kamu miliki, kamu pilih Menu Scan QR Code
  3. Kemudian kamu bisa Scan QR code tersebut yang berada di lokasi pintu masuk dan bisa langsung kamu berikan hasil Scan QR Code tersebut ke petugas yang tersedia
  4. Selanjutnya kamu tinggal menunggu sebuah hasil apakah kamu di izinkan untuk masuk atau tidak.
  5. Jika kamu memiliki sebuah hasil yang berwarna hijau, maka kamu akan di izinkan untuk masuk, tetapi jika lampu tersebut warna kuning, maka kamu harus melakukan sebuah verifikasi QR Code ulang, dan jika hasil nya berwarna merah, secara otomatis kamu tidak akan di izinkan untuk masuk.

Baca juga: Asuransi Kesehatan

Bagaimana ? Apakah cukup membantu dan bisa di mengerti, semoga ulasan yang sudah mimin bagikan bisa berguna dan menjadi pengetahuan baru yang kamu dapat, kamu juga bisa simak artikel terbaru lainnya hanya di loop.co.id sampai jumpa kembali terimakasih.