2 Cara Mengganti Username Twitter via HP (Android) dan PC

 

Informasi mengenai cara mengganti username Twitter juga perlu kamu ketahui agar nantinya bisa dipraktikkan di kemudian hari. Terutama kamu yang memiliki akun sosial media Twitter di dunia maya. Kamu bisa mengganti username di akunmu.

Caranya juga tidak begitu sulit karena mengganti nama akun dalam platform sosial media juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Bahkan, kamu juga dapat mengganti username tersebut setiap hari. Tentu saja ada alasannya jika kamu mau melakukannya, bukan?

Nah, semua informasi seputar mengganti nama username di akun Twitter akan dijelaskan secara gamblang disini. Oleh karena itu, kamu sekalian jangan sampai melewatkan informasinya karena siapa tahu membutuhkannya di kemudian hari.

Mengapa Username di Twitter Perlu Diganti?

Tentu saja ada alasannya hingga mau mengganti username di platform sosial media Twitter. Mungkin kamu yang sekarang sedang galau karena ingin mengganti username di Twitter, tetapi belum mengetahui caranya.

Sebelum mengetahui cara mengganti username Twitter yang direkomendasikan, tidak ada salahnya kamu sekalian mengenal alasan-alasan yang melatarbelakangi pergantian nama akun di Twitter tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut.

1. Sudah Bosan dan Kurang Keren

Sudah Bosan dan Kurang Keren

Tidak sedikit pemilik akun di Twitter yang bosan dengan username miliknya karena alasan bosan dan namanya kurang keren saat dibaca. Oleh karena itu, mereka ingin mengganti usernamenya dengan pilihan nama yang lebih keren.

Tujuannya sudah pasti agar lebih populer dan eksis di dunia maya melalui Twitter. Adapun username baru yang dipakai bisa menggunakan nama samaran yang belum dimiliki akun lain.

Baca juga: Cara Mendapatkan Like Banyak di FB

2. Sudah Dipakai Orang Lain

Sudah Dipakai Orang Lain

Dikarenakan para pengguna Twitter sudah banyak di seluruh dunia, sehingga tidak heran jika ada username yang sama dipakai. Mungkin kamu salah satunya yang mengalami hal tersebut. Tidak diketahui pihak mana duluan yang menggunakan nama tersebut.

Namun yang pasti, kamu harus segera mengganti username milikmu di Twitter agar tidak dicap plagiator di dunia maya. Lagipula, masih ada pilihan nama keren yang bisa dicari maupun didesain untuk username tersebut.

3. Terlibat Masalah

Terlibat Masalah

Ada juga dikarenakan terlibat kasus tertentu hingga harus mengganti username di Twiiter agar tidak diketahui akun miliknya. Biasanya berkaitan dengan pelanggaran pasal Undang-Undang ITE, seperti pencemaran nama baik di dunia maya, menyebar hoaks atau berita bohong, dan lain sebagainya.

Pemilik akun Twitter yang ketahuan melanggarnya bisa dilaporkan kepada aparat kepolisian dalam hal ini Unit Cybercrime agar bisa diproses ke ranah hukum. Nah, tidak sedikit yang ingin mengganti username Twiiter miliknya karena kesandung masalah atau kasus semacam itu.

Itulah beberapa alasan hingga banyak orang ingin mengganti usernamenya di Twitter. Semua alasannya masih masuk akal dan menjadi hak tiap pemilik akun Twitter bisa mengganti username mereka sesuka hati.

Cara Mengganti Username Twitter

Selanjutnya, kamu sangat membutuhkan informasi yang satu ini. Cara yang direkomendasikan untuk mengganti username di akun Twittermu. Kamu mungkin belum mengetahuinya, sehingga harus membacanya hingga tuntas.

Secara umum, cara mengganti username Twitter bisa dilakukan di personal computer (PC) atau laptop dan smartphone berbasis Android milikmu. Pasalnya, bersosial media Twitter dapat diaplikasikan melalui beragam jenis dan macam gadget yang ada sekarang.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya yang semoga bermanfaat untukmu.

1. Cara Mengganti Username Twitter di PC atau Laptop

Kamu yang sudah terbiasa menggunakan Twitter di PC atau laptop bisa mengganti username milikmu dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  • Siapkan PC atau laptopmu terlebih dulu. Lalu, buka aplikasi Twiiter.
  • Setelah itu, masuk ke halaman Timeline Twitter dan login dengan menggunakan username dan password yang kamu miliki. Dikarenakan username belum diganti, berarti kamu menggunakan yang lama.
  • Setelah berhasil login, kamu bisa mengklik foto profil di sebelah kanan atas layar Twitter. Pilih saja menu Setting and Privacy. Melalui menu inilah kamu bisa memulai mengganti username lama dengan yang baru.

Setelah berhasil login, kamu bisa mengklik

  • Pilih opsi Account dan akan dimunculkan kolom username. Silahkan kamu hapus username yang lama, lalu ketikkan saja nama yang baru di kolom tersebut.
  • Jika nama yang kamu ketikkan belum ada yang memakai, maka akan muncul status Available. Namun jika sebaliknya, nama yang kamu ketikkan sudah dipakai akun lain. Status akan bertuliskan Username has already been taken.

Jika nama yang kamu ketikkan belum

  • Jadi, kamu harus benar-benar menemukan username baru yang unik, original, serta keren. Dengan begitu, belum ada akun Twitter lain yang menggunakannya.
  • Setelah berhasil menemukan username baru dan berstatus Available, kamu klik saja Save Changes. Artinya, perubahan pergantian username sudah berhasil dan disimpan oleh sistem di Twitter. Akhirnya, kamu sudah memiliki username baru di Twitter yang akun lain belum menggunakannya.
  • Untuk dapat melihat pergantian username tersebut, kamu bisa logout atau keluar dari Twitter dulu. Lalu, login lagi dengan nama username baru.

2. Cara Mengganti Username Twitter di Smartphone Android

Selain di PC atau laptop, kamu juga dapat mengganti username Twitter di smartphone berbasis Android. Caranya juga tidak sulit bahkan lebih mudah karena penggunaan smartphone jauh lebih mudah dalam mengoperasikan berbagai aplikasi di dalamnya, tak terkecuali Twitter.

Beberapa langkah yang bisa kamu praktikkan untuk mengganti username di Twitter, yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan smartphonemu terlebih dulu. Lalu, buka aplikasi Twitter.
  • Setelah itu, login akun yang kamu miliki dengan mengetikkan username dan passwordnya. Dengan begitu, kamu bisa masuk ke halaman utama Twitter.
  • Selanjutnya, klik foto profil kecil di bagian kiri atas. Lalu, pilih menu Settings and Privacy.

Selanjutnya, klik foto profil kecil di bagian kiri atas.

  • Setelah itu, klik menu Account untuk masuk ke dalam akunmu di Twitter. Di dalamnya terdapat data pribadi yang hanya kamu sendiri yang bisa menggantinya. Tak terkecuali, username yang ada di dalam Account dan bisa diganti.
  • Klik di bagian Change Username, lalu kamu dapat memasukkan nama baru pada kolom New. Silahkan mencari dan mengetikkan username yang benar-benar baru, original, unik, dan keren di kolom yang disediakan.

Klik di bagian Change Username

  • Jika statusnya sudah Available, berarti username baru yang kamu ketikkan belum dipakai oleh akun orang lain di Twitter. Oleh karena itu, kamu langsung klik Done saja sehingga pergantian username selesai.
  • Untuk memeriksa username sudah diganti atau belum, kamu bisa logout atau keluar dulu dari Twitter. Setelah itu, kamu login lagi dengan username yang baru saja dibuat. Jika berhasil, berarti username sudah diterima dan disimpan oleh sistem di Twitter.

Itulah cara mengganti username Twitter di PC, Laptop, maupun smartphone yang berbasis Android. Caranya cukup mudah dan direkomendasikan untuk kamu praktikkan.

Baca juga: Download Video Twitter

Setelah membaca informasi perihal cara mengganti username Twitter secara lengkap seperti yang diuraikan diatas, kamu sekarang bisa mengetahui lebih banyak mengenai aplikasi sosial media Twitter. Selanjutnya, kamu bisa mempraktikkan info yang bermanfaat tersebut. Selamat mencoba.