Cara Mengganti Tema Windows 10

 

Cara Mengganti Tema Windows 10-Penggunaan laptop yang sering dan dalam waktu lama, terkadang membuat kita merasa bosan dengan tampilan antarmuka yang terkesan itu-itu saja. Namun, Windows telah menyediakan opsi untuk mengganti tema agar para pengguna tidak cepat bosan.

Terlebih lagi pada Windows 10, yang memungkinkan penggunanya bisa mengatur tampilan antarmuka secara penuh. Jadi jika Anda pengguna OS Windows 10, maka jangan terburu-buru beranjak. Simak cara mengganti tema pada Windows 10 yang akan dijelaskan padaulasan kali ini.

Mungkin anda pikir akan menjadi hal yang sulit. Padahal tidak, karena dengan menerapkan beberapa langkah, maka tampilan tema anda akan berubah.

cara ganti tema windows 10

 

Cara Mengganti Tema Windows 10

Sebenarnya cara mengganti tema Windows 10 ini tidak terlalu susah. Anda hanya perlu masuk menu Personalize, pilih tema, dan terapkan tema tersebut. Namun agar tidak ada kesalahan, alangkah baik Anda mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Langkah pertama, klik kanan di area kosong yang ada di desktop dan pilih opsi Personalize.
  • Jika jendela Personalize sudah muncul, klik pada menu Themes untuk masuk ke pengaturan tema Windows 10.
  • Setelah itu, klik pada tulisan “Get more themes in Microsoft Store”.
  • Nantinya jendela Microsoft Store akan terbuka, dan Anda akan menemukan banyak sekali opsi tema gratis yang dapat digunakan.
  • Pilih salah satu tema yang Anda inginkan, lalu klik pada tombol Get untuk memasang tema tersebut di Windows 10 Anda.
  • Ketika Anda sudah berhasil download tema dari Microsoft Store, maka tinggal mengaktifkannya melalui menu Themes.
  • Selamat, tema pada Windows 10 yang digunakan sudah berhasil diganti.

Gruvy

Rekomendasi Tema Custom Windows 10

Jika semua tema yang ada pada Microsoft Store merupakan tema resmi, maka Anda juga bisa menggunakan tema custom. Tentu saja tema custom tersebut tidak tersedia di Microsoft Store, melainkan di website lain di internet. Nah, berikut ini rekomendasi beberapa tem custom Windows 10 terbaik.

1. Gruvy

Tema Windows 10 yang pertama yakni bernama Gruvy. Hal yang menonjol dari tema yang satu ini adalah bagian tepinya yang terkesan bulat. Sedangkan gaya yang dibawakan lebih ke regular dengan warna galap atau dark mode. Untuk jendela explore terlihat agak transparan yang terlihat sangat keren.

2. Matte

Banyak bilang jika Matte adalah tema untuk Windows 10 yang terbaik dan paling keren. Hal ini karena tema tersebut mampu memberikan nuansa elegan pada laptop Anda. Dengan tampilan gelap dengan highlight berwarna cyan, membuat Anda betah berlama-lama menatap antarmuka Windows 10.

3. Nord

Nord adalah tema untuk Windows 10 lain yang menarik untuk dicoba karena tampilan antarmukanya terlihat sangat keren. Tidak hanya pada tampilannya saja, kelebihan dari tema ini juga terletak pada berbagai fitur yang dimilikinya.

Lovelace

4. Lovelace

Bagi wanita pengguna Windows 10 yang mengionkan tampilan yang elegan dan indah, maka bisa mencoba tema yang bernama Lovelace. Dalam tema Lovelace ini, Anda akan mendapatkan banyak package. Salah satunya yakni pilihan untuk memilih jenis tema (dark atau normal), dock skin, dan fitur menarik yang lain.

5. Apple MacOS Sierra

Jika Anda ingin tampilan Windows 10 di laptop sama seperti Apple MacOS X, maka penggunaan tema Apple MacOS Sierra bisa menjadi opsi yang menarik. Dengan paket yang ditawarkan olehnya, antarmuka Windows 10 Anda akan diubah hampir secara keseluruhan hingga menyerupai MacOS X.

6. Goon

Anda sedang mencari tema yang bisa membantu meningkatkan pengalaman dalam menggunakan Windows 10, maka bisa menjadikan Goon sebagai pilihan yang paling ideal. Tampilan yang dibawakan oleh tema ini terlihat sangat bersih, namun semua fiturnya bersifat fungsional.

7. Elegre

Elegre adalah opsi lain untuk menjadikan tampilan Windows 10 Anda menjadi terlihat sangat bagus. Tidak hanya memberikan tampilan interface yang elegan, namun tema yang satu ini juga menyediakan banyak opsi penyesuaian bagi para penggunanya.

Nvidia

8. Ubuntu Theme

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum pernah menggunakan OS Ubuntu. Nah, bagi Anda yang penasaran rasanya menggunakan OS tersebut, maka bisa mencoba tema Ubuntu di Windows 10 sebagai alternatif. Banyak fitur dari Ubuntu yang juga disematkan pada tema ini.

9. Start Is Back

Anda meras rindu dengan tampilan menu Start yang ada pada Windows 7? Jika iya, maka cobalah menggunakan tema Start Is Back. Bisa dibilang jika tema ini merupakan sebuah perpaduan dari antarmuka Windows 7 dan Windows 10, yang menghasilkan sebuah antarmuka baru unik.

Baca juga: Cara Mengubah JPG ke PDF

10. Vanilla

Jika kebanyakan tema custom menggunakan latar belakang warna hitam atau dark, berbeda dengan tema yang bernama Vanilla ini. Tampilan dari tema ini menyerupai layanan cloud online. Hal ini akan membuat antarmuka Windows 10 Anda terlihat bersih dan elegan.

11. MacOS X El Capitan

Selain MacOS X Sierra yang tadi sudah disebutkan, ternyata ada juga MacOS X El Capitan yang bisa Anda ambil temanya untuk diterapkan pada Windows 10. Hampir 80% fitur pada MacOS turut dibawakan pada tema ini untuk menghiasi Windows 10 yang Anda gunakan.

12. Oxford

Tema Oxford dibuat dengan mengutamakan tampilan yang sederhana. Jika dibandingkan dengan kebanyakan tema Windows 10 lain, tema ini lebih sedikit menampilkan animasi. Selain itu, setiap ikon pada Windows 10 Anda akan diubah dengan ikon baru yang terlihat unik.

13. Ades Dark

Meskipun pada namanya terdapat kata Dark, namun sebenarnya Ades Dark menggunakan kombinasi warna abu-abu tua, biru, dan juga hijau. Menurut para pengguna dari tema ini, mereka mengaku bahwa Ades Dark adalah tema yang sangat nyaman dilihat dalam waktu lama sekalipun.

14. Nemo

Nemo adalah tema Windows 10 keren yang mampu menghadirkan sebuah tampilan hebat para layar laptop Anda. Dengan antarmuka yang simpel, dijamin mampu meningkatkan produktivitas Anda dan juga tetap menjaga agar desktop tetap terlihat bersih.

15. Flattastic

Ingin sebuah tema Windows 10 yang sederhana namun menyediakan banyak pilihan? Maka bisa menggunakan Flattastic. Jika Anda menggunakan tema ini, maka bisa memilih salah satu antara delapan versi tema Flattasitc seperti versi normal, dark, dan masih banyak lainnya.

16. Nvidia

Banyak orang yang mengaku bahwa mereka suka dengan kombinasi warna yang dimiliki oleh Nvidia. Warnanya yang terkesan modern, membuat tampilan Windows 10 menjadi lebih keren. Jika Anda merupakan salah satunya, maka bisa memilih tema yang satu ini untuk diterapkan pada Windows 10.

17. Simply 10

Sesuai dengan namanya, Simply 10 merupakan tema yang memiliki tampilan paling sederhana diantara tema-tema Windows 10 lainnya. Penggunaan warna terang juga akan membuat tampilan antarmuka Windows 10 menjadi lebih bersih dan nyaman dipandang.

Baca juga:Safe Mode Windows 10

Akhir Kata

Mungkin masih ada banyak lagi tema 10 lain yang bisa Anda temukan. Namun beberapa tema di atas, merupakan tema yang direkomendasikan. Cara mengganti tema Windows 10 custom juga sangat mudah. Setelah berhasil didownload, Anda hanya perlu menginstallnya dan kemudian restart laptop.