Cara Mengganti Background Zoom di HP dan PC tanpa Green Screen

 

Cara Mengganti Background Zoom-Akibat menyebarnya virus covid-19 di setiap negara, hampir seluruh pemerintah dari setiap negara menerapkan sistem lockdown. Masyarakat tidak diperkenankan keluar dari rumahnya agar tidak terkena virus dari pandemi ini dan tidak ikut menyebarkan ke orang lain. Kondisi seperti ini menyebabkan para pekerja, pelajar, maupun pekerjaan lainnya menjadi terhambat. Selain itu, hampir seluruh aspek kehidupan sosial manusia dibatasi dan semuanya beralih menjadi digital.

Karena tidak diperkenankan keluar rumah jika tidak ada hal mendesak, semua kegiatan pun dilakukan di dalam rumah. Mulai dari memenuhi kebutuhan hidup utama seperti makan dan minum hingga kehidupan sosial. Bahkan, pekerjaan dan sistem belajar mengajar pun berubah drastis. Pekerja diwajibkan untuk menjalankan WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah, termasuk tenaga pengajar baik di sekolah negeri maupun swasta. Imbasnya, seluruh murid juga harus mengikuti kegiatan belajar-mengajar dari rumah melalui perangkat elektronik yang dimiliki.

Homeschooling mungkin merupakan suatu sistem pembelajaran yang tidak umum bagi pelajar di seluruh dunia. Namun, akibat pandemi virus ini, seluruh siswa sekarang belajar dari rumahnya masing – masing. Tidak seperti homeschooling yang bertemu langsung dengan guru seperti les privat, pembelajaran online ini dilakukan dari jarak jauh untuk mengurangi kontak antar manusia. Hal ini dilakukan demi menghindari penyebaran virus covid 19. Salah satu media favorit yang digunakan untuk sistem belajar – mengajar secara online adalah Zoom. Mari simak mengenai aplikasi Zoom secara lebih detail pada ulasan di bawah ini.

mengganti background di zoom

Zoom, Aplikasi Video Call Multi Pengguna

Jika kalian adalah pelajar yang mengikuti kelas secara online atau pekerja yang sering menghadiri rapat online, pasti kalian tidak asing dengan aplikasi yang bernama Zoom ini. Sejak pandemi menyerang, Zoom menjadi populer untuk digunakan sebagai media pertemuan online. Walaupun Zoom dirilis sejak tahun 2012, penggunaan Zoom secara drastis meningkat sejak awal pandemi di tahun 2020. Pengguna mulai memanfaatkan aplikasi Zoom untuk segala keperluan seperti belajar – mengajar, bekerja, rapat, bahkan sekedar mengobrol bersama teman layaknya video call biasa.

Penggunaan aplikasi ini berpusat pada komunikasi melalui video call multi pengguna. Namun, jika pengguna tidak ingin menggunakan video, pengguna tersebut bisa mematikan video dan berbicara melalui audio saja. Jika pengguna tidak ingin menggunakan video dan audio, atau terkendala karena perangkat kamera dan mic yang rusak, bisa menggunakan teks seperti aplikasi chat. Semuanya bisa dilakukan dengan aplikasi ini sehingga bisa digunakan untuk pembelajaran maupun rapat membahas pekerjaan. Baik pelajar hingga CEO perusahaan besar, semuanya menggunakan aplikasi Zoom ini karena fiturnya yang sangat berguna.

Di antara banyaknya aplikasi video call massal atau video conference, Zoom merupakan yang paling populer. Mengapa demikian? Zoom menjadi salah satu yang paling populer karena fiturnya yang sangat powerful dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Bahkan, Google Meet yang dikembangkan oleh Google sang perusahaan raksasa di bidang teknologi pun masih kalah saing dibandingkan Zoom.

ganti background zoom

Fitur Zoom Meeting

Sebagai aplikasi yang digunakan sebagai media video call massal atau video conference, Zoom merupakan salah satu platform yang paling populer. Tidak bisa dipungkiri, pengembangan aplikasi selama hampir satu dekade membuahkan hasil berupa aplikasi video conference dengan fitur unggulan. Beberapa fitur dari Zoom yaitu:

Kapasitas Pengguna Yang Besar

Jika pada Whatsapp kalian hanya bisa melakukan video call dengan beberapa orang saja, pada platform Zoom kalian bisa melakukannya bersama 1000 orang secara bersamaan di dalam satu ruang yang sama. Biasanya, untuk kelas online di bangku perkuliahan saja hanya memerlukan puluhan hingga sekitar seratus slot pengguna saja. Jumlah 1000 pengguna tersebut tentu saja sudah lebih dari cukup, bahkan terlalu besar untuk pengguna biasa seperti kita. Namun, berbeda dengan suatu organisasi, perusahaan, atau webinar nasional yang memang memerlukan kapasitas hingga lebih dari 500 pengguna. Jumlah ini sangat membantu bagi event atau kuliah umum yang dihadiri oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Audio Dan Video Jernih

Jika kalian pernah mengalami video call yang terputus-putus akibat jaringan internet yang tidak begitu baik, mungkin Zoom bisa menjadi penyelamat bagi kalian. Zoom memiliki kualitas video streaming yang sangat baik. Bahkan, audio dari pengguna yang sedang berbicara pada Zoom sendiri bisa didengar dengan sangat jelas karena audio clarity yang juga baik. Hebatnya, meskipun internet tidak begitu stabil, suara serta video yang dihasilkan tetap lancar sehingga Zoom sering digunakan sebagai aplikasi pembelajaran sekolah maupun perkuliahan.

Support Multi Device

Apakah Zoom hanya bisa digunakan pada perangkat smartphone saja? Tentu tidak. Zoom bisa digunakan pada komputer atau laptop serta smartphone dan tablet dengan sistem operasi Windows, Linux, Android, dan iOS. Jika kalian mengalami kesulitan atau tidak ingin menginstall aplikasi Zoom pada perangkat, kalian juga bisa menggunakan browser saja. Cara seperti ini tentu lebih hemat ruang penyimpanan dan lebih praktis.

Gratis

Salah satu faktor utama selain fitur unggulan dalam kualitas, Zoom menjadi sangat populer karena penggunaan Zoom tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengguna cukup mendownload dan menginstall aplikasi Zoom pada perangkat, setelah itu pengguna sudah bisa menggunakan ruang bicara dengan gratis. Layanan dengan fitur unggulan seperti ini tentu saja sangat berguna untuk kehidupan sosial serta pekerjaan saat sedang menjalani WFH (Work From Home), apalagi tanpa adanya tambahan pengeluaran saat masa kritis seperti ini.

Tanpa Perlu Berlangganan

Zoom menyediakan fitur premium bagi pengguna yang berlangganan sebagai member premium. Namun, tanpa perlu berlangganan pun pengguna sudah bisa menggunakan fitur unggulan dari Zoom ini. Dengan segala layanan gratis yang diberikan, Zoom sudah bisa digunakan sebagai media video conference dengan lancar meskipun ruang bicara yang digunakan hanya dibatasi selama kurang lebih 30 menit saja.

zoom background

Fitur Ganti Background Zoom

Selain fitur dalam bentuk layanan, ada juga fitur Zoom yang diberikan melalui teknis penggunaan saat menggunakan kamera perangkat untuk menangkap video. Fitur tersebut berguna untuk mengganti Background dari video yang sedang ditangkap oleh kamera perangkat. Jika kalian sedang duduk di depan laptop dan sedang membelakangi sebuah tembok, kamera laptop menangkap segala pergerakan kalian beserta tembok kamar atau ruangan kalian. Kemudian, Zoom mengubah tampilan video kalian dengan menghilangkan tembok serta segala objek selain wajah dan tubuh kalian lalu menggantinya dengan gambar atau video lainnya.

Fitur ini tersedia secara default atau bawaan pada aplikasi Zoom itu sendiri, jadi pengguna tidak perlu repot – repot menginstall aplikasi atau plugin tambahan untuk menggunakannya. Selain itu, fitur ini juga tidak menaikkan kinerja perangkat kalian secara signifikan, perangkat kalian hanya perlu bekerja dengan usaha lebih namun tidak sampai memaksa kinerja sampai batas maksimal. Karena fitur ini ringan dan berguna, banyak pengguna yang menggunakannya hampir dalam setiap kesempatan saat melakukan video conference. Namun, bagi kalian yang tidak tahu cara mengganti Background pada aplikasi Zoom, kalian tidak perlu khawatir, ikuti terus ulasan di bawah ini.

background zoom

Baca juga: Kamera WA Ngezoom

Cara Mengganti Background Zoom

Zoom memberikan akses untuk mengganti Background dengan sangat mudah. Kalian hanya perlu mengaksesnya melalui pengaturan saja. Ada dua tipe Background yang bisa kalian gunakan, yaitu Background Default serta Background Custom. Untuk mengganti Background, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini:

Background Default

Buka aplikasi Zoom pada komputer

  1. Login ke dalam akun Zoom yang kalian miliki
  2. Masuk ke “Settings”
  3. Klik “Background & Filters”
  4. Klik bagian “Virtual Backgrounds”
  5. Pilih Background yang kalian inginkan lalu klik tombol exit

Jika kalian sedang berada di dalam ruang bicara dan video call atau video conference sedang berlangsung, kalian bisa langsung mengganti background dengan cara di bawah ini:

  1. Perhatikan pojok kiri bawah layar
  2. Pada bagian Video, klik tombol menu berupa icon panah ke atas
  3. Klik menu “Choose Video Background…”
  4. Pilih Background yang kalian inginkan lalu klik tombol exit

Secara default, Zoom menyediakan tujuh background yang bisa kalian gunakan. Background tersebut yaitu None (tanpa background), Blur, jembatan San Francisco, Grass (rerumputan), Earth (tampilan bumi dari luar angkasa), Beach (pantai), dan Northern Lights (cahaya aurora). Background default ini cukup berguna untuk mengganti tampilan tembok rumah atau ruangan kalian jika dirasa kurang cocok untuk ditampilkan pada saat acara formal.

Background Custom

Kalian bisa menambahkan foto dan video lain sebagai background dari tangkapan kamera kalian. Fitur ini bisa digunakan dengan mudah tanpa adanya tambahan aplikasi lainnya sehingga pergantian background custom ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Untuk mengganti background dengan foto atau video custom, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Sama seperti sebelumnya, buka aplikasi Zoom lalu login ke dalam akun
  2. Masuk ke “Settings”
  3. Klik “Background & Filters”
  4. Klik bagian “Virtual Backgrounds”
  5. Di bagian pojok kanan, di bawah video, klik icon plus (+)
  6. Pilih “Add Image” untuk memilih foto, pilih “Add Video” untuk memilih video
  7. Akan muncul jendela File Explorer, silakan cari file foto maupun video yang ingin kalian gunakan sebagai background
  8. Pilih file tersebut lalu klik “Open” pada bagian bawah File Explorer
  9. Pilih foto atau video yang sudah kalian tambahkan tadi lalu klik tombol exit

Sama seperti sebelumnya, jika kalian sedang berada di dalam ruang bicara, kalian bisa menggunakan shortcut dengan menggunakan menu Video. Setelah itu, kalian bisa langsung masuk ke dalam Virtual Backgrounds dan menambahkan foto atau video dari perangkat kalian. Perlu diingat, cara tersebut kurang lebih sama untuk semua perangkat, hanya berbeda pada bagian “File Explorer” saja karena perangkat dengan sistem operasi yang berbeda memiliki nama yang berbeda untuk mengatur file perangkat.

Baca juga: Cara Video Call WhatsApp Web di Laptop

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara mengganti background Zoom pada perangkat kalian. Jika kalian ingin mengganti background, sangat disarankan untuk menggunakan green screen sebagai latar dari ruangan kalian agar memudahkan aplikasi dalam mengidentifikasi background. Jika tidak ada green screen, cobalah untuk berada pada ruangan dengan tembok atau latar yang memiliki satu warna solid. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!