6 Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Wifi di HP dan PC Berhasil

Loop.co.id – Masih ada informasi mengenai cara mengatasi masalah autentikasi Wifi yang bisa kamu dapatkan pengetahuannya disini. Masih seputar di bidang teknologi. Dimana ada jaringan Wifi yang bisa digunakan untuk internetan.

Wifi sendiri sudah umum saat ini sebagai jaringan internet yang dipasang di berbagai tempat. Mulai dari perkantoran, rumah, taman terbuka, dan lain sebagainya. Wifi juga semakin murah biaya pemasangannya, sehingga tidak heran makin banyak orang memasangnya.

Namun dalam proses penggunaannya sehari-hari, Wifi juga tidak luput dari masalah. Salah satu masalahnya, yaitu autentikasi yang dapat terjadi pada saat menuliskan atau mengetikkan password. Kamu pernah merasakannya? Jika iya, ketahui dulu cara mengatasinya berikut.

Apa Itu Autentikasi Wifi?

Apa Itu Autentikasi Wifi

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah autentikasi Wifi, kamu harus memahami dulu apa itu autentikasi. Selain itu, apa kaitannya autentikasi dengan jaringan Wifi. Apakah keduanya bisa diatasi dengan mudah atau tidak?

Disini akan dijelaskan satu per satu secara gamblang. Dimulai dari autentikasi adalah sebuah cara memasukkan password atau kata sandi pada suatu sistem untuk dapat memulai kegiatan tertentu. Autentikasi dapat diterapkan di segala bidang kehidupan manusia.

Asalkan ada komponen digital yang mengharuskan pemilik atau penggunanya memasukkan kata sandi tertentu untuk memulai ataupun menyalakan sesuatu yang saling terhubung. Autentikasi sangat identik dengan sistem komputerisasi secara keseluruhan beserta semua komponennya.

Nah, autentikasi juga diberlakukan pada jaringan Wifi. Dimana kamu sebagai orang yang memasang Wifi tersebut harus memasukkan password tertentu agar bisa masuk serta mendapatkan pelayanan jaringan internet.

Dalam praktiknya, memasukkan password di Wifi terkadang juga bermasalah atau diistilahkan gagal autentikasi. Ada beberapa hal yang menyebabkannya, yaitu sebagai berikut.

1. Salah Memasukkan Password

Inilah hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna Wifi hingga dinyatakan gagal autentikasi. Password yang seharusnya sudah diketahui dan dihapalkan di luar kepala, ternyata masih salah saat mengetikkannya. Akibatnya, autentikasi harus dilakukan lagi hingga password yang diketik benar.

2. Perangkat Gadget yang Sudah Diblokir

Bisa jadi perangkat gadget yang digunakan untuk mengoperasikan jaringan Wifi tersebut sudah diblokir oleh router. Jika seperti itu, kamu tidak dapat autentikasi meskipun password yang dimasukkan sudah benar. Solusinya adalah mencabut blokir itu dulu, lalu autentikasi lagi.

3. Setting Jaringan Wifi Dibatasi

Hal ini juga bisa dikatakan gagal autentikasi di jaringan Wifi. Pasalnya, di bagian setting atau pengaturan jaringannya sudah dibatasi. Mungkin dibatasi oleh pihak penyedia jasa Wifi atau pemiliknya sendiri dengan tujuan tertentu.

4. Terjadi Masalah pada Sistem Operasinya

Sistem operasi berbasis Android yang mendukung jaringan Wifi. Jika sistem operasinya rusak atau terjadi masalah, maka jaringan Wifinya juga bermasalah dan bisa menyebabkan gagal autentikasi. Maka dari itu, harus diperiksa sistem operasi dari perangkat gadget yang digunakan.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Wifi yang Efektif

Kamu sudah mengetahui beberapa penyebab gagal autentikasi yang bisa menimpa siapa saja. Terutama para pengguna Wifi di seluruh Indonesia. Selanjutnya, kamu harus mengetahui cara mengatasi masalah tersebut agar bisa dicarikan solusinya.

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa cara mengatasi masalah autentikasi Wifi yang bisa kamu praktikkan saat mengalaminya sendiri. Lalu, apa saja caranya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut selengkapnya.

1. Forget Network atau Lupakan Jaringan

Forget Network atau Lupakan Jaringan

Solusi pertama saat gagal autentikasi adalah Forget Network. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika memilih Forget Network, yaitu sebagai berikut.

  • Pilih menu Setting atau pengaturan di gadgetmu, lalu klik Koneksi.
  • Setelah muncul halaman koneksi, kamu pilih Wi-fi. Lalu, pilih nama jaringan yang dihubungkan. Kamu pilih saja Network Forget atau lupakan jaringan.
  • Selanjutnya, password akan tersimpan secara otomatis saat direset. Kamu bisa coba memasukkan passwordnya lagi.

2. Airplane Mode

Airplane Mode

Cara mengatasi masalah autentikasi Wifi yang kedua, yaitu menggunakan Airplane Mode. Dimana kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan mode tersebut. Fitur Airplane ada di semua smartphone berbasis Android apapun mereknya.

Adapun caranya yang bisa kamu praktikkan, yaitu sebagai berikut.

  • Masuk ke bagian Setting atau pengaturan di smartphone milikmu.
  • Setelah itu, kamu klik menu Koneksi dan pilih Airplane Mode atau mode terbang.
  • Kamu juga dapat masuk melalui Notification Bar, lalu mengklik Mode Terbang. Setelah Airplane Mode diaktifkan, kamu dapat coba melakukan autentikasi lagi di jaringan Wifi.

3. Merestart Modem Router Wifi

Merestart Modem Router Wifi

Cara ketiga yang bisa kamu praktikkan saat gagal autentikasi, yaitu merestart modem router Wifinya. Cara ini sangat sederhana dan mudah melakukannya. Pasalnya, kamu hanya mematikan modemnya, lalu menghidupkan kembali dengan prosedur restart yang benar.

Setelah modem menyala lagi, kamu dapat coba memasukkan password Wifi lagi dan biasanya berhasil. Dengan catatan, tidak ada masalah berarti pada modem atau bagian autentikasinya. Selain modem router, kamu juga dapat merestart perangkat gadget atau smartphonenya.

Cara merestart ini cukup efektif bagi orang awam saat menghadapi gagal autentikasi ataupun smartphone yang sedang error. Silahkan kamu praktikkan sendiri.

Baca juga: Cara Login Wifi Id

4. Mereset Pengaturan Jaringan

Mereset Pengaturan Jaringan

Cara keempat untuk mengatasi gagal autentikasi, yaitu mereset pengaturan jaringan di smartphone yang digunakan. Caranya juga cukup mudah dan sederhana, yaitu sebagai berikut.

  1. Siapkan smartphonemu dan masuk ke bagian Setting atau pengaturan. Lalu, kamu klik Manajemen Umum.
  2. Setelah itu, pilih Reset dan pilih saja option Reset Pengaturan Jaringan. Tunggu beberapa saat agar smartphonemu mereset penagturan jaringannya dulu. Setelah itu, kamu bisa autentikasi lagi dengan memasukkan password Wifinya.

5. Reset Data Pabrik

Reset Data Pabrik

Cara mengatasi masalah autentikasi Wifi yang kelima, yaitu mereset data pabrik. Apa itu data pabrik? Maksudnya, smartphone akan direset ke pangaturan awal default dari pabrik atau pengembangnya.

Dengan begitu, kondisi smartphonemu sama seperti baru di bagian sistem operasinya serta pengaturannya. Mulai dari pengaturan kecil hingga besar dikembalikan ke default pabrik.

Oleh karena itu, kamu disarankan membackup atau mencadangkan data-data penting di smartphonemu sebelum melakukan reset defaul tersebut. Adapun caranya yang bisa dilakukan untuk mereset data pabrik, yaitu sebagai berikut.

  • Masuk ke Setting atau pengaturan, lalu klik Manajemen Umum.
  • Setelah itu, pilih Reset Data Pabrik. Tunggu saja beberapa saat hingga proses resetnya selesai. Setelah selesai, kamu juga disarankan merestart smartphone tersebut sebelum melakukan autentikasi lagi.

6. Mengupdate Sistem Operasi Android

Mengupdate Sistem Operasi Android

Cara lain yang bisa kamu lakukan saat gagal autentikasi, yaitu mengupdate sistem operasi Android di smartphone tersebut. Pastikan bahwa sistem operasinya sudah mengaplikasikan versi Android yang terbaru, sehingga bisa meminimalisir kesalahan saat melakukan autentikasi.

Adapun cara mengupdate sistem operasi Android, kamu dapat mengunjungi gerai atau konter resmi dari merek smartphone yang kamu miliki. Dengan memiliki Android terbaru, kesalahan dan kegagalan dalam menjalankan fungsi Wifi dapat dihindari.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi ID Tidak Bisa Login

Kamu sudah mengetahui perihal autentikasi serta cara mengatasi masalah autentikasi Wifi dengan solusinya masing-masing. Jadi, kamu tak perlu panik lagi saat mengalami gagal autentikasi karena dapat mempraktikkan beberapa caranya seperti yang diinformasikan diatas. Selamat mencoba.